Seiring perkembangan Era, kemajuan visual pada video game pun juga semakin meningkat. Berawal hanya dari beberapa pixel yang dibentuk menyerupai sesuatu seperti Watak Mario pada game Super Mario Bros. (1985), kini video game sudah memanfaatkan teknologi 3D dan Motion Capture dalam pengembangannya agar Watak terlihat lebih modern. Maka Bukan heran bahwa mungkin di masa mendatang grafis dalam video game akan menyerupai dunia Konkret.

Banyaknya game yang Mempunyai Watak ikonis di konsol PS1 Membangun para developer Maju melanjutkan seri game tersebut dengan merilis lanjutannya dalam bentuk sekuel, spin-off, atau bahkan dibuat ulang dalam bentuk remake. Tentunya, Watak pada game tersebut juga didesain ulang seiring perkembangan grafis pada video game. Para developer juga berusaha Demi mempertahankan Ciri dari beberapa tokoh legendaris tersebut seiring menambahkan beberapa aspek Demi terlihat lebih modern. Agar lebih jelasnya, kalian dapat Menonton Komparasi beberapa Watak ikonis dari game PS1 dengan versi modernnya pada list berikut ini.

9. Spyro

Watak Spyro pertama kali muncul pada tahun 1998 dalam game Spyro the Dragon. Watak ini diciptakan oleh Insomniac Games yang kini dikenal sebagai developer dari Marvel’s Spider-Man dan Marvel’s Spider-Man: Miles Morales. Berkat kesuksesan dari game pertamanya, Insomniac pun merilis dua sekuel Ialah Spyro 2: Ripto’s Rage! dan Spyro: Year of the Dragon. Setelah absen beberapa tahun Bukan muncul, developer Toys for Bob merilis game Spyro terbaru berjudul Spyro: Reignited Trology yang merupakan versi remaster dari tiga game pertamanya.

Komparasi antara Spyro pertama dengan versi modernnya Bukan terlalu berbeda. Hanya saja terlihat Corak yang sedikit berubah dari biru-keunguan menjadi ungu terang. Selain itu, Ciri lainnya seperti tanduk sayap ekor dan bentuk tubuh keseluruhan Tetap terlihat mirip meskipun pada versi remaster terlihat lebih detail.

8. Jin Kazama

Wp2568148

Seri Tekken pastinya sudah Bukan asing bagi para penggemar fighting game. Pertama kali rilis pada tahun 1994 di platform arcade, Tetapi Tekken mulai Terkenal Ketika game tersebut di-port ke konsol Playstation 1. Tekken sendiri Terkenal karena Mempunyai banyak Watak yang ikonis, diantaranya adalah Jin Kazama. Jin sendiri merupakan salah satu Watak Primer yang pertama kali diperkenalkan di Tekken 3 (1997). Berkat penampilannya yang ikonis, Jin Kazama Tetap menjadi  tokoh yang banyak digemari oleh banyak fansnya.

Semenjak Tekken 3, Jin Kazama Maju menjadi Watak Primer pada game selanjutnya. Penampilannya pun Bukan terlalu berbeda pada setiap game. Hanya saja ditambahkan beberapa detail agar terlihat lebih realistis dan modern. Penampilan pertama Jin pada Tekken 3 terlihat cukup sederhana seperti sarung tangan merah, rambut yang melancip, serta tato Devil Gene di lengan kirinya.

Pada versi modernnya di Tekken 7, penampilan Jin cukup similiar dengan versi klasiknya. Hanya saja ditambahkan beberapa detail pada bagian sarung tangan, rambut, serta model Paras sehingga terlihat lebih realistis.

7. Cloud Strife

Screen Shot 2020 04 16 At 7.57.34 Am 1

Final Fantasy VII merupakan game karya SquareSoft yang pertama kali rilis pada tahun 1997. Game yang bergenre JRPG ini meraih kesuksesan besar hingga menjadi salah satu game andalan Playstation 1 pada masanya. Dengan cerita yang menarik serta tokoh-tokoh yang influensial Membangun Final Fantasy VII Maju dikenang oleh para fans nya. Hal ini tentunya juga didukung oleh protagonis dari game tersebut Ialah Cloud Strife dengan senjata pedangnya yang ikonis.

Kesuksesan tersebut pun membuahkan remake yang kini tersedia di platfrom Playstation 4. Tentunya, terdapat perbedaan yang signifikan dari segi grafis, gameplay dan juga desain dari Cloud Strife sendiri. Penampilan Cloud pada versi PS1 terlihat seperti gambar Animasi Tetapi tetap Mempunyai Ciri yang khas. Seperti rambut sasak berwarna pirang, Pakaian berwarna ungu serta senjata pedang yang besar.

Pada versi remake-nya, penampilan Cloud terlihat lebih realistis tetapi tetap Mempunyai model rambut yang sama. Selain itu, Pakaian pada versi remake juga terlihat lebih detail dengan beberapa aspek tambahan seperti armor shoulder pad di bahu bagian kiri.

6. Jill Valentine

3613537 Art Img01

Resident Evil merupakan salah satu franchise game horror tersukses hingga Ketika ini. Pertama kali rilis pada tahun 1996 di platfrom Playstation 1, Capcom selaku developer Maju merilis game lainnya berupa sekuel serta spin-off. Selain game, Resident Evil juga dikenal melalui Gambar hidup live-action serta beberapa Gambar hidup animasi 3D. Terdapat banyak Watak ikonis pada seri game tersebut, seperti salah satunya Ialah Jill Valentine yang pertama kali muncul pada game perdananya.

Penampilan Jill terlihat cukup berbeda dari versi PS1 dengan versi modernnya. Pada versi PS1 dapat dilihat Jill memakai seragam polisi berwarna biru serta memakai topi baret. Lampau, pada versi modernnya Jill Bukan memakai seragam polisi melainkan baju kaus Standar, Tetapi tetap Mempunyai Corak biru yang Dekat sama. Meskipun penampilan terlihat berbeda, terdapat beberapa aspek yang similiar seperti Paras dan model rambut yang tetap sama.

5. Crash Bandicoot

Z1vic2l42x651

Sebelum seri Uncharted dan The Last of Us, developer Naughty Dog lebih dikenal sebagai pencipta dari Watak Crash Bandicoot. Pertama kali muncul pada tahun 1996, Crash Bandicoot sukses memikiat hati para pemilik Playstation 1 hingga membuahkan sekuel serta beberapa game spin-off lainnya. Watak ini juga Mempunyai banyak versi karena beberapa kali berganti developer sehingga desain Watak sempat berubah-ubah beberapa kali.

Meskipun sering kali didesain ulang, Crash Bandicoot tetap Mempunyai Ciri khas yang sama Ialah kepala besar berwarna jingga, celana biru serta sepatu berwarna merah. Versi PS1 dengan versi terkini terlihat cukup similiar. Hanya saja pada versi terbarunya, Crash terlihat lebih detail Tetapi karakteristiknya tetap sama

4. Tifa Lockhart

Show

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Final Fantasy VII merupakan game PS1 tersukses pada masanya. Hal tersebut didukung oleh berbagai Watak yang influensial seperti Cloud Strife sebagai protagonis dari game tersebut. Tetapi, bukan hanya Cloud saja yang dikenal oleh para fans, rekan dari Cloud yang bernama Tifa Lockhart juga menjadi perhatian para gamer dengan penampilannya yang serta karakternya yang ikonis.

Sama halnya dengan Cloud, Tifa pada versi PS1 dengan versi modernnya terlihat Dekat sama, hanya saja terdapat beberapa detail yang ditambahkan pada versi remake. Penampilannya pada versi klasik terlihat sederhana dengan rambut coklat gelap serta Pakaian berwarna putih. Dan Demi versi modernnya cukup mirip dengan versi terdahulunya, Tetapi dengan beberapa tambahan detail seperti sedikit Corak hitam pada bagian baju serta rambut yang berwarna hitam pekat.

3. Leon S. Kennedy

Maxresdefault

Berkat kesuksesan dari game pertamanya, Capcom selaku developer pun langsung mengembangkan sekuelnya yang berjudul Resident Evil 2. Sama halnya dengan game pertamanya, sekuel ini juga meraih kesuksesan hingga pada tahun 2019 dibuatkan versi remake Demi platform modern. Berbeda dengan game pertamanya, kini Resident Evil 2 berlatar di kantor polisi dengan hadirnya Watak terbaru Ialah Leon S. Kennedy. Leon sendiri merupakan seorang polisi yang baru pertama kali bertugas dan terpaksa harus bertahan diri dari serangan makhluk zombie akibat adanya penyebaran virus.

Terdapat beberapa perbedaan detail pada versi klasik dan versi remake. Tetapi, secara keseluruhan penampilan Leon Bukan jauh berbeda. Kedua versi Tetap Mempunyai model rambut yang sama dengan armor polisi bertuliskan RPD. Hanya saja pada versi modern terdapat beberapa tambahan detail seperti sebuah simbol di bagian lengan.

2. Lara Croft

Sottr Path Home

Nama Lara Croft pastinya sudah Bukan asing Tengah bagi para gamer. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996, hingga kini Lara Croft tetap menjadi salah satu Watak fiksi legendaris dalam video game. Lara Croft pertama kali muncul dalam game Tomb Raider yang menceritakan seorang arkeolog dalam misi menemukan harta karun dengan mengeksplorasi makam-makam Antik. Dengan Ciri khas yang Aneh Membangun Lara Croft memegang enam penghargaan Guinness World Record seperti Watak Perempuan paling ikonis dalam video game.

Penamilan Lara Croft versi klasik dengan versi modernnya dapat dibilang cukup berbeda. Pada versi tedahulu, Lara Croft menggunakan baju berwarna biru muda, celana pendek, serta dua buah pistol beserta holster-nya. Selain itu, Lara Croft PS1 Mempunyai bentuk tubuh yang cukup Aneh meskipun kualitas modelnya Tetap sangat sederhana. Demi versi modernnya, desain Lara Croft dirancang ulang agar terlihat lebih realistis. Lara Croft versi modern juga kini Mempunyai busur dan panah sebagai senjata utamanya, menggantikan sepasang pistol dari game sebelumnya.

1. Solid Snake/Venom Snake

Mgs 5 Big Boss

Warning! Mengandung spoiler game Metal Gear Solid V

Meskipun bukan game pertama dari seri Metal Gear, Tetapi Metal Gear Solid merupakan game yang mempopulerkan franchise tersebut dengan Watak ikonisnya Ialah Solid Snake. Game ini juga dapat dibilang sebagai pelopor dalam game bertemakan stealth dimana Pemeran harus menghindari musuh dan menyelinap di setiap misinya. Kesuksesan game Metal Gear Solid membuahkan banyak sekuel dan spin-off hingga akhir dari seri utamanya yang berjudul Metal Gear Solid V: The Phantom Pain.

Perlu diketahui, meskipun Watak Solid Snake pada game Metal Gear Solid dan Venom Snake dalam Metal Gear Solid V terlihat mirip. Tetapi mereka merupakan dua Watak yang berbeda. Argumen mengapa Watak terlihat Dekat sama karena Venom Snake merupakan seseorang yang Mempunyai Paras Watak Big Boss berkat operasi plastik. Sedangkan Solid Snake merupakan hasil klon dari Watak Big Boss sehingga mereka Mempunyai Paras yang sama. Watak Solid Snake sendiri terakhir kali muncul sebagai guest character dalam game Super Smash Bros. Ultimate di tahun 2018. Tetapi, semenjak Metal Gear Solid 4, Solid Snake belum pernah tampil kembali di seri utamanya.

Download
Solid Snake dalam Super Smash Bros. Ultimate

Perbedaan pada versi PS1 dan versi terbarunya cukup signifikan. Dapat dilihat pada versi PS1 terlihat low-detail Tetapi tetap Mempunyai bentuk Paras yang serupa dengan versi modernnya. Pada Watak Venom Snake juga ditambahkan beberapa aspek tambahan seperti penutup mata, bekas luka, serta tanduk di kepala bagian kirinya.


Itulah beberapa evolusi Watak dari versi Playstation 1 dengan versi modernnya. Apabila dilihat secara keseluruhan, tentunya Watak tersebut Tetap terlihat familiar meskipun terdapat beberapa aspek yang berbeda. Evolusi berbagai Watak tersebut juga menjadi bukti kesuksesan dari beberapa seri game yang hingga kini Tetap dikenal oleh banyak orang. Selain itu, sejumlah tokoh tersebut juga dapat menjadi inspirasi bagi game lainnya dalam mengembangkan suatu Watak yang ikonis.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Playstation serta Informasi terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com

Trending