This Is The Police 2 merupakan game strategi manajemen kepolisian dan lanjutan dari This Is The Police pertama yang dikembangkan oleh Weappy Studio dan dipublish oleh THQ Nordic. This Is The Police 2 rilis pada Lepas 31 Juli 2018 yang Lampau.

Mungkin This is The Police menjadi salah satu game yang Kagak Engkau duga akan kehadiran sekuelnya. Melanjutkan kembali dari cerita game pertama, Tetapi tentunya dengan begitu banyak perubahan gameplay mulai dari elemen manajemennya sendiri yang lebih kompleks, alur cerita yang Dapat dikatakan lebih gelap, hingga elemen baru yang menjadi salah satu poin tambahan game ini.


Engkau kembali berperan sebagai petinggi kepolisian

Sama seperti pendahulunya, This Is The Police 2 kembali menempatkanmu sebagai petinggi kepolisian atau tepatnya tangan kanan sang sheriff, yang Mempunyai tugas Buat mengirimkan para anak buahmu demi menyelesaikan perkara-perkara hukum yang terjadi dalam kota, dimana hal tersebut menjadi elemen gameplay Primer dalam serial This Is The Police.

Tampilan gameplay This Is The Police 2

Seperti yang dapat Engkau lihat pada gambar diatas, terdapat polisi-polisi yang siap menjalankan perintahmu, serta tampilan miniatur kota dan panggilan darurat yang lokasinya tersebar dalam kota tersebut. Dan tugasmu adalah mengirimkan polisi yang sedang standby Buat menuju ke TKP dan menyelesaikan perkara yang sedang terjadi sebelum terlambat.


Melanjutkan kisah This Is The Police yang pertama

This Is The Police menceritakan seorang kepala kepolisian bernama Jack Boyd di kota Freeburg, yang punya niat Berkualitas Tetapi Kagak keberatan dalam menggunakan Langkah-Langkah yang Kagak Berkualitas sekalipun. Karena sejatinya, polisi merupakan sosok yang berada pada sisi keadilan dan kebenaran, Tetapi Jack rela menyebrang ke sisi lainnya demi mencapai tujuan yang dirinya inginkan.

Mulai dari bersengkongkol dengan mafia, menuruti permintaan politikus jahat, hingga rela menghabisi anak buahnya sendiri, yang kemudian harus Membikin sang kepala kepolisian tersebut menjadi buronan FBI dan memaksanya Buat melarikan diri ke sebuah kota kecil bernama Sharpwood, dimana menjadi setting Primer permainan This Is The Police 2.

This Is The Police 2 - Pic 2
Jack Boyd

Mencoba tinggal di Sharpwood dengan identitas Imitasi bernama Warren Nash, dirinya tak sengaja tertangkap penggerebekan narkoba yang dilakukan oleh kepolisian lokal. Dan ketika harus mendekam di penjara, Jack Berjumpa dengan sheriff setempat bernama Lilly Reed yang mengetahui bahwa identitas Asal dari pria yang mengaku sebagai Warren Nash tersebut.

Jack kemudian menawarkan pengalamannya dalam memburu penjahat selama puluhan tahun, dan Lilly sebagai sheriff yang kurang berpengalaman akhirnya menerima uluran tangan Jack tersebut demi memberantas kejahatan yang berkeliaran di kota Sharpwood. Lilly memutuskan Buat tetap merahasiakan identitas Jack dan memberikannya sebuah posisi petinggi dalam kepolisian kota Sharpwood.

This Is The Police 2 - Pic 3
Lilly Reed

Lilly merupakan sheriff yang Dapat dikatakan kurang kompeten dan Kagak Mempunyai pengalaman yang berarti dalam kepolisian. Tetapi karena dirinya tak Ingin tindak kriminal dan Golongan-Golongan penjahat Maju memberikan teror kepada Anggota Sharpwood, dirinya memutuskan Buat menerima Donasi mantan kepala kepolisian yang juga buronan FBI tersebut.

Disinilah kisah This Is The Police 2 dimulai, dimana Engkau kembali berperan sebagai petinggi kepolisian dan Mempunyai tugas Buat menjaga kedamaian di kota Sharpwood. Tetapi, bersiap-siaplah Buat menghadapi berbagai situasi yang tentunya bakal lebih ‘gelap’ dan lebih kompleks daripada This Is The Police yang pertama.


Seperti yang dijelaskan diawal, This Is The Police 2 Mempunyai fitur baru serta perubahan dan peningkatan dalam gameplay yang lebih kompleks. Berikut akan penulis jelaskan apa apa saja yang berubah dan fitur baru seperti apa yang Dapat Engkau ekspektasikan dalam permainan.

Keterlibatan dalam penyelesaian perkara

Dalam This Is The Police yang pertama, setiap polisi yang Engkau kirimkan menuju Letak TKP dapat menyelesaikan perkara yang terjadi secara Mekanis dan sesekali akan meminta bantuanmu dalam menentukan tindakan terbaik yang harus diambil. Tetapi dalam This Is The Police 2, Engkau akan terlibat langsung dalam Sekalian perkara yang Terdapat dan menentukan tindakan terbaik dari beberapa pilihan yang Engkau temui.

This Is The Police 2 Pic 4
Pilihan dalam penanggulangan perkara

Setiap panggilan darurat yang Engkau terima akan Mempunyai perkara yang berbeda-beda, dan dari setiap perkara tersebut Terdapat begitu banyak variasi pilihan tindakan yang Dapat Engkau pilih. Setiap pilihan tersebut tentunya dapat mempengaruhi jalan keluar dari perkara yang Engkau hadapi, dimana Dapat saja Engkau berhasil menyelesaikan sebuah perkara dengan Berkualitas atau Malah berakhir dengan Jelek.

Dan Apabila Engkau berhasil menyelesaikan sebuah perkara, Engkau akan mendapatkan barang-barang bukti yang nantinya Dapat Engkau manfaatkan Buat situasi tertentu. Dan tiap perkara yang terselesaikan akan diakumulasi menjadi sebuah poin yang Dapat Engkau gunakan Buat memperbanyak personel kepolisianmu atau bahkan membeli perlengkapan tambahan Buat para personelmu.


Manajemen personel kepolisian yang lebih kompleks

Berkualitas atau buruknya hasil dari penyelesaian perkara tentunya tergantung dari profesionalisme para personel kepolisian yang Engkau kirimkan. Seperti pada game sebelumnya, tiap personel yang bekerja dibawahmu Mempunyai tingkat profesionalisme yang direpresentasikan dalam Nomor. Tetapi dalam This Is The Police 2, personelmu juga Mempunyai 5 status baru yang Dapat Maju ditingkatkan dan akan sangat berpengaruh dalam penyelesaian perkara. Dan setiap perkara yang berhasil diselesaikan tentunya akan meningkatkan nilai profesionalisme personelmu, yang nantinya juga akan mempengaruhi pada peningkatan status personelmu.

This Is The Police 2 - Pic 6
5 status baru yang Dapat Engkau tingkatkan

Seperti yang dapat Engkau lihat pada gambar diatas, 5 status terebut melingkupi Strength, Intelligence, Speed, Stealth, Shooting dan Negotiation. Sesuai namanya, strength akan berpengaruh pada perkara yang membutuhkan penyelesaian secara fisik, intelligence pada situasi yang membutuhkan otak seperti menjinakkan bom, speed Buat mengejar pelaku kejahatan yang mencoba kabur misalnya, stealth lebih kepada pengambilan tindakan yang sembunyi-sembunyi, shooting atau kemampuan dalam menembak dan membidik sasaran dengan Cocok dan negotiation dalam mencoba menyelesaikan perkara dengan damai misalnya.

Salah satu perubahan yang terjadi dalam This Is The Police 2 adalah nilai profesionalisme Kagak langsung mempengaruhi penyelesaian perkara, melainkan lebih kepada siap atau tidaknya personel kepolisianmu dalam menghadapi perkara yang sedang terjadi. Setiap perkara Mempunyai nilai minimal profesionalisme Buat para personelmu hadapi, dan biasanya tergantung dari seberapa sulit atau seberapa daruratnya permasalahan tersebut. Misalnya, perkara perampokan tentu merupakan situasi yang lebih rumit dan membutuhkan lebih banyak personel ketimbang perkara seseorang yang Membikin onar di ruang publik.

This Is The Police 2 - Pic 5
Penugasan personel yang akan menuju TKP

Seperti yang dapat Engkau lihat pada gambar diatas, tiap polisi Mempunyai nilai profesionalisme yang ditandai dengan sebuah bintang dan Nomor diatas potrait mereka. Dan Engkau juga dapat Menonton bahwa ketiga polisi yang sudah Engkau tugaskan belum Bisa memenuhi bar minimal profesionalisme yang diperlukan, sehingga Engkau harus mengirimkan satu Tengah personel yang sedang standby (ditandai dengan potrait yang Lagi terang) Buat memenuhi bar nilai profesionalisme tersebut.

Tetapi Apabila Engkau perhatikan gambar diatas, satu personel yang sedang standby Mempunyai nilai profesionalisme sebesar 700, dan perkara yang sedang terjadi ini hanya membutuhkan nilai profesionalisme sebesar 495, maka dari itu Engkau Dapat saja mengirimkan personel tersebut seorang diri Buat menghadapi perkara yang satu ini.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dalam This Is The Police 2 terdapat berbagai perlengkapan yang dapat dibawa oleh personel yang sedang bertugas, seperti taser, baton, stun grenade, dan pepper spray, dimana nantinya perlengkapan tersebut dapat membantu para personelmu menyelesaikan sebuah perkara lebih Segera.

This Is The Police 2 - Pic 9
Engkau Dapat tetapkan sendiri perlengkapan yang akan dibawa personelmu atau gunakan auto assign

Dalam This Is The Police 2 Engkau juga akan mendapati bahwa personelmu Mempunyai kepribadiannya masing-masing yang juga akan berpengaruh dalam jalannya permainan. Engkau akan menemui individu-individu yang mungkin saja malas-malasan, tukang Teler, rasis dan suka bolos kerja. Dan tentu saja sebagai petinggi kepolisian Engkau berhak Buat memberikan tindakan atau teguran ‘Spesifik’ kepada para personel yang bermasalah tersebut agar lebih disiplin.

Tetapi perlu diketahui bahwa para personelmu juga Mempunyai tingkat loyalitas yang juga sangat berpengaruh pada jalannya permainan. Para personelmu sesekali akan minta waktu Buat Kagak masuk kerja dengan berbagai Argumen yang kadang Kagak masuk Pikiran. Tetapi Apabila alasannya cukup urgent, maka Dapat saja personelmu akan menjadi loyal ketika Engkau mengijinkannya atau Malah semakin Kagak loyal karena Engkau melarangnya.


Kota Sharpwood penuh akan Kesempatan dalam menciptakan Duit dan ‘pertemanan’

Sebagai petinggi kepolisian tentu Engkau juga akan membutuhkan Duit tambahan Buat keperluan sehari hari dan mengurus ‘masalah Gial’. Dan kota Sharpwood penuh akan Kesempatan dalam menciptakan Duit tersebut, bahkan koneksi ‘pertemanan’ yang tentunya bakal menguntungkanmu dan jajaran kepolisianmu.

Selain mengurusi sebuah perkara hukum, sesekali Engkau akan mendapatkan panggilan permintaan ‘spesial’ Buat mengurusi persoalan-persoalan pribadi dari masyarakat Sharpwood, yang terkadang bertentangan dengan apa yang Semestinya dilakukan polisi sebagai penegak hukum. Meski demikian, setiap permintaan ini tentunya memberikanmu keuntungan Apabila Engkau berhasil menyelesaikannya, Dapat berupa Duit ataupun layanan Spesifik yang Dapat jajaran kepolisianmu nikmati.

This Is The Police 2 - Pic 11
Menanggapi permintaan spesial Anggota Sharpwood mungkin saja memberikanmu keuntungan

Dan seperti penyelesaian perkara, Engkau juga perlu mengirimkan personelmu Buat menanggapi permintaan Anggota Sharpwood tersebut. Tetapi para Anggota ini biasanya akan meminta secara spesifik personel seperti apa yang dibutuhkan, misal; seorang Anggota Sharpwood memintamu Buat mengirimkan polisi yang kuat Buat memindahkan barang, maka dari itu Engkau tentunya perlu mengirimkan personel yang Mempunyai Kelebihan dalam status strength.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Kagak sedikit Anggota yang akan memintamu melakukan pekerjan-pekerjaan ‘kotor’ atau memang literally kotor. Maka dari itu Engkau hanya dapat mengirimkan polisi-polisi yang loyal kepadamu Buat melakukan pekerjaan kotor tersebut.

Tetapi permintaan ‘spesial’ Anggota Sharpwood tersebut Kagak selamanya akan menguntungkanmu, Dapat saja yang terjadi adalah Malah yang sebaliknya, dan mungkin saja Membikin polisimu yang loyal menjadi Kagak loyal.

Dirimu juga berkesempatan Buat mendapatkan layanan Spesifik dari para Anggota Sharpwood yang telah Engkau bantu, seperti memberikan fasilitas Buat para personelmu meningkatkan status kemampuan mereka misalnya, hingga akses menuju toko-toko Buat dirimu melakukan jual beli keperluan kepolisian hingga keperluan ‘lainnya’.

This Is The Police 2 Pic 12
Engkau Dapat beli heroin dan kokain dari ‘temanmu’, tapi Buat apa ya?

Barang-barang bukti yang Engkau dapatkan Demi menyelesaikan sebuah perkara juga dapat dijual pada toko-toko tersebut Buat mendapatkan Duit tambahan. Dan Maju mendapatkan Duit mungkin salah satu hal yang harus Engkau perhatikan dalam This Is The Police 2.


Fitur Pengusutan yang lebih simpel Tetapi lebih dalam

Meski beberapa elemen permainan bertambah lebih kompleks, fitur Pengusutan dalam This Is The Police 2 Dapat dikatakan lebih simpel daripada game sebelumnya. Apabila pada This Is The Police yang pertama terdapat divisi Spesifik detektif Buat melakuakan sebuah Pengusutan terhadap sebuah kejadian, dalam This Is The Police 2 Engkau hanya perlu mengirimkan salah satu personel kepolisianmu Buat melakukan Pengusutan.

This Is The Police 2 - Pic 7
Pengusutan dalam This Is The Police 2

Setelah Pengusutan dilakukan, personelmu akan menghadirkan petunjuk berupa saksi dan barang bukti yang Terdapat pada TKP, diserta dua atau tiga tersangka yang akan Engkau tangkap nantinya. Dan dari petunjuk kesaksian dan barang bukti yang Terdapat, menjadi tugasmu Buat menentukan siapa tersangka yang sebenarnya.

This Is The Police 2 - Pic 8
Engkau perlu mencocokkan kesaksian dan barang bukti yang Terdapat agar mengetahui siapa tersangka aslinya

Seperti yang Dapat Engkau lihat pada gambar diatas, Buat menyelesaikan Pengusutan ini Engkau harus menyusun foto-foto yang Terdapat menjadi sebuah kronologi kejadian berdasarkan petunjuk yang Terdapat. Setelah itu permainan akan memintamu Buat menangkap tersangka dan menyerahkannya pada pengadilan. Bila tersangka ditemukan memang bersalah maka para personelmu yang melakukan Pengusutan akan naik nilai profesionalisme nya.

Bila dalam pengadilan terbukti Kagak salah, sudah dipastikan Engkau salah menangkap orang, Tetapi Engkau Dapat saja menyogok sang hakim Buat tetap memenjarakan tersangka yang sudah Engkau pilih tersebut.

Tetapi seperti dalam game sebelumnya, para tersangka yang Engkau tangkap Dapat saja merupakan Member sebuah Golongan kriminal. Sehingga daripada Engkau mengirimkan tersangka tersebut menuju persidangan, Engkau Dapat menginterogasinya atau bahkan menyiksanya Buat membeberkan informasi-informasi lain terkait Golongan kriminal yang sedang Engkau Pengusutan.

This Is The Police 2 Pic 13
Engkau akan menginterogasi banyak kriminal kecil demi menjatuhkan kriminal yang lebih besar
This Is The Police 2 - Pic 10
Engkau perlu melakukan Pengusutan menyeluruh sebelum menjatuhkan sebuah Golongan kriminal

Terdapat beberapa Golongan kriminal yang berkeliaran dalam kota Sharpwood, dan Nyaris Sekalian Golongan kriminal tersebut harus Engkau Pengusutan secara menyeluruh. Dan bila dirimu berhasil menjatuhkan para Golongan kriminal tersebut, dirimu akan dihadiahi sejumlah Duit besar yang Dapat Engkau gunakan berbagai hal dalam permainan.


Tactical combat ala game XCOM

Mungkin salah satu hal yang paling Engkau nggak duga dalam game ini adalah hadirnya mode tactical combat ala game XCOM. Dalam This Is The Police 2, sesekali Engkau akan mendapati para situasi yang memerlukanmu Buat terjun langsung ke lapangan dan memberikan komando ala gameplay XCOM.

This Is The Police 2 - Pic 13
Tactical combat ala game XCOM

Tentu Kagak sesulit dan semenantang dengan game XCOM, dimana selain sistem action poin Buat melangkah dan mnyerang dan sistem bertahan cover to cover, This Is The Police 2 menghadirkan sendiri elemen baru yang tentunya memberikan tantangan tersendiri pada game ini.

Perk system namanya, dimana sebelum menjalankan misi, personelmu Dapat menggunakan kemampuan Spesifik yang didapat dari status yang mereka miliki. Strength misalnya, dimana dalam tactical combat mereka akan mendapatkan mendobrak pintu atau kemampuan membawa barang dengan mudah, atau status shooting misalnya yang akan memberikan personelmu kemampuan Buat membidik sasaran lebih Cocok hingga kemampuan Buat menembak kembali Apabila tembakan pertama Kagak mengenai sasaran.

This Is The Police 2 - Pic 14
Sebelum menjalankan misi, Engkau dapat memilih 4 kemampuan yang Dapat Engkau gunakan dalam lapangan

Dalam game ini, Engkau selalu memulai misi tactical combat secara Tenang-Tenang atau stealth, yang berarti Engkau harus memanfaatkan action poin para polisimu dengan Berkualitas dan merencanakan serangan dengan matang bila Kagak Ingin musuh-musuhmu menyalakan alarm dan Membikin Sekalian musuhmu melakukan serangan penuh kepadamu.

Seperti dunia Konkret, terkena sekali tembakan saja musuhmu dan personelmu mungkin Kagak Dapat melakukan apa apa Tengah, sehingga Maju berada dalam stealth adalah pilihan terbaik.

This Is The Police 2 - Pic 15
Demi menyerang menggunakan senjata api, Engkau Dapat membidik beberapa bagian tubuh targetmu

Engkau tentu bebas Buat menghabisi nyawa musuh-musuhmu atau menangkap mereka hidup-hidup. Tetapi seperti pada dunia Konkret, menangkap hidup-hidup para kriminal tentu lebih diutamakan, karena menangkap hidup-hidup para kriminal tentu memberikan reward yang lebih besar ketimbang menghabisi mereka.


Tentu hal-hal diatas merupakan sebagian dari banyak hal baru yang dapat Engkau ekspektasikan dalam This Is The Police 2. Tetapi, This Is The Police 2 juga Mempunyai kekurangan yang menurut penulis perlu disampaikan agar Engkau Sekalian lebih Pasti sebelum memainkan game ini.

Jalan cerita yang lebih pendek dan nggak terduga

Nggak terduga biasanya mengindikasikan jalan cerita yang mungkin bagus, Tetapi dalam This Is The Police 2, jalan cerita yang disuguhkan mungkin terkesan sedikit mengecewakan. Salah satu alasannya adalah cover game ini (seperti yang Dapat Engkau lihat pada gambar paling atas di halaman ini) yang Malah menunjukkan sang sheriff, Tetapi pada akhirnya game ini Betul-Betul kembali Konsentrasi pada Watak Jack Boyd dan sang sheriff hadir hanya sebagai Watak pendukung cerita.

Kemudian adalah durasi permainan yang Dapat dikatakan lebih pendek daripada game sebelumnya, dimana pada This Is The Police yang pertama menghairkan 180 hari permainan Buat menyelesaikan cerita, This Is The Police 2 hanya memberikanmu satu Sebelah bulan Buat menikmati permainan yang kompleks ini.

Take charge of the Sheriff%E2%80%99s department

Tetapi disisi lain, jalan cerita yang nggak terduga ini Membikin penulis sedikit excited dalam menunggu kelanjutan ceritanya. Karena mungkin saja pada game berikutnya kita Kagak Tengah memainkan Jack Boyd, melainkan polisi lain yang mungkin Ingin menangkap buronan FBI tersebut.


Penyajian cerita yang mungkin terlalu betele-tele

Buat Engkau yang Kagak doyan membaca atau mengikuti sebuah cerita dalam game, This Is The Police 2 mungkin menjadi mimpi burukmu dalam menyuguhkan cerita. Tetapi Apabila Engkau memainkan yang pertama mungkin sudah Normal-Normal saja, Tetapi This Is The Police 2 terkesan seperti mencoba merentangkan sebuah cerita pendek Buat mendapatkan durasi yang lebih Gial.

Serial This Is The Police menyajikan cerita dalam bentuk komik dan animasi yang Tamat Demi ini pun Dapat dikatakan awkward. Alur cerita dihadirkan sesekali setiap sebelum atau sesudah dirimu melakukan pekerjaan sehari-harimu, dimana setiap penceritaannya terkadang Dapat memakan waktu dari 5 menit hingga 10 menit. Dan Engkau mungkin harus memperhatikan tiap-tiap dialog yang terjadi Buat memahami jalannya permainan.

Tentu Terdapat para voice actor yang Membikin para Watak dalam game ini menjadi lebih hidup. Dan penulis menganggap hal tersebut menjadi poin tambahan tersendiri dalam This Is The Police 2.

Dive into one of a


Mungkin perlu memainkan serial sebelumnya

Lagi dengan persoalan soal cerita, karena This Is The Police 2 sangat berhubungan dengan game sebelumnya, dimana penulis Pasti para pendatang baru akan sulit memahami kisah yang dialami Jack Boyd yang notabene Lagi Watak Primer dalam game ini.

Selain cerita, gameplaynya juga Dapat dikatakan lebih rumit daripada yang pertama, sehingga Engkau-Engkau yang pernah memainkan game sebelumnya, mungkin akan lebih siap dalam memainkan game ini ketimbang para pendatang baru yang akan langsung menghadapi perkara-perkara yang lebih rumit dan manajemen kepolisian yang lebih kompleks daripada game sebelumnya, ditambah dengan hadirnya tactical combat ala XCOM yang semakin mengentalkan elemen strategi pada game ini.

Engage in tactical combat

Penulis juga merekomendasikan Buat memainkan yang pertama terlebih dahulu, karena Dapat dikatakan This Is The Police yang pertama merupakan salah satu permata yang tersembunyi di tahun 2016.


Hasil

This Is The Police 2 merupakan kelanjutan yang tentunya semakin Panggil karena beberapa elemen permainan yang ditingkatkan menjadi lebih dalam, lebih detail dan lebih kompleks. Selain itu hadirnya tactical combat ala XCOM yang sungguh tak terduga, menjadi elemen tersendiri yang sangat cocok diimplementasikan dalam game-game bertemakan kepolisian.

Meski memang jalan cerita yang disuguhkan lebih pendek dari sebelumnya, penulis lebih berpikir kepada bahwa sang developer sedang menyiapkan pondasi yang solid Buat kelanjutan serial This Is The Police.



This Is The Police 2 dapat Engkau mainkan pada PC, PS4, Xbox One dan Nintendo Switch. Buat Engkau pengguna PC Dapat langsung cek pada halaman Steam Buat melihta spesifikasi yang dibutuhkan Buat memainkan game ini.

Review Score

Trending