Data ASN Bocor – Pada akhir bulan Juni 2024 yang Lampau, Anggota Indonesia dihebohkan dengan Berita server PDN Punya Pemerintah telah bocor karena kena Ransomware dari Hacker. Hal ini Membikin banyak kekhawatiran berbagai pihak, Kagak hanya Anggota saja melainkan Pemerintah setempat.

Dan baru-baru ini muncul Berita adanya dugaan kalau Data Aparatur Sipil Negara (ASN) Punya Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah bocor dan dijual di Perhimpunan Hacker. Benarkah itu?

Data ASN Bocor dan Dijual di Perhimpunan Hacker

Data apa saja yang bocor dan dijual oleh Hacker?

Berdasarkan informasi yang didapatkan, Data ASN ditemukan telah bocor di internet dan dijual oleh Hacker bernama TopiAx di Breach Forums. Diduga kumpulan data Aparatur Sipil Negara dijual senilai $10 Ribu atau Sekeliling Rp 159,4 Juta.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, data ASN yang bocor berisi banyak data ASN Punya Pemerintah mulai dari nama, tempat dan Lepas lahir, jabatan, instansi, alamat, nomor ponsel, email, Lepas CPNS dan PNS serta lainnya.

Kalian Bisa lihat buktinya di Dasar ini.

Data ASN Bocor
Data ASN diduga telah bocor dan dijual oleh Hacker di Perhimpunan

Respon dari Pemerintah

Data ASN
Adakah respon dari pihak Pemerintah?

Mengetahui adanya kebocoran data Punya Pemerintah, Pratama Persadha selaku Chariman Lembaga Riset Keamanan Siber Cissrec menjelaskan selain data yang bocor tersebut, Lagi banyak Tengah data lainnya, Bagus yang berupa Cleartext maupun Text yang sudah diproses menggunakan metode kriptografi.

Data yang di-upload pada Breach Forums diketahui terdapat Misalnya data yang berisi 128 ASN yang berasal dari berbagai instansi di provinsi Aceh. Dia juga menjelaskan pihaknya sudah melakukan Validasi secara acak pada 13 Asn yang namanya telah tercantum dengan Langkah menghubungi lewat WhatsApp.

Pada Ketika artikel ini ditulis (11/8), belum Terdapat konfirmasi secara Formal dari pihak BKN dan juga Kementerian Komunikasi dan Informasi terkait adanya dugaan data ASN bocor. Pihak Cissrec telah mendorong Pemerintah membentuk badan perlindungan data pribadi Punya Anggota Indonesia Kepada mengantisipasi kebocoran yang semakin sering terjadi dalam beberapa waktu terakhir.


Baca juga informasi menarik Jagat Game lainnya terkait Kominfo atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com.

Trending