Video game ber-gacha agaknya semakin Terkenal dalam beberapa tahun belakangan ini, terutama pada platform mobile. Engkau mungkin mengenal beberapa diantaranya yang begitu Terkenal Tiba Begitu ini seperti Azur Lane, Fate/Grand Order dan Granblue Fantasy misalnya.

Sebagai seseorang yang nampaknya ditakdirkan punya luck ampas, saya Enggak merasa begitu tertarik Buat mencoba game-game mobile free-to-play tersebut. Terdapat Elemen-Elemen seperti microtransaction hingga elemen-elemen pay-to-win yang Membikin saya sungkan Buat menjelajahi segmentasi tersebut lebih jauh Tengah.

Satu-satunya game ber-gacha yang berhasil Membikin saya cukup betah Sekeliling beberapa tahun yang Lewat adalah Valiant Force, mostly karena memang gameplaynya sendiri sangatlah menarik. Tetapi sayang, pada akhirnya game garapan XII BRAVES tersebut terjerumus begitu dalam dengan menghadirkan berbagai pay-to-win yang cukup parah di tiap updatenya. Dan yang lebih menyedihkan, Valiant Force direncanakan akan segera tutup dalam waktu dekat. Entah berapa juta yang sudah saya habiskan pada game yang akhirnya malah tutup tersebut.

—Curhatan Penulis

Sekeliling dua tahun bermanuver menghindari game-game gacha, baru-baru ini muncul sebuah mobile game dengan nama Arknights yang cukup menarik perhatian saya. Digarap oleh Hypergryph (besutan mantan artist yang bekerja Buat Girls Frontline) dan berdiri di Rendah naungan Yostar (penerbit Azur Lane), Arknights rilis pertama kali di China kurang dari setahun yang Lewat, diikuti dengan versi Dunia yang rilis pada pertengahan Januari 2020.

Mendengar bahwa Arknights Mempunyai premis permainan ala strategy tower defense dengan elemen RPG ber-gacha, awalnya Membikin saya kurang Tentu Buat memainkannya. Tetapi karena belakangan ini saya sendiri sedang Enggak banyak memainkan game PC ataupun konsol, dan media sosial saya sendiri diramaikan dengan game ini, maka saya memberanikan diri Buat mencoba game tersebut.

Singkat cerita, selama kurang lebih tiga minggu memainkan Arknights, saya berhasil dibuat Anjlok Asmara. Arknights berhasil menghadirkan sebuah permainan dimana progress permainan sangat bergantung pada intelektualitas dan bukan isi dompet pemainnya. Tentu terdapat Elemen-Elemen lainnya yang berhasil Membikin saya terkagum akan sebuah game ber-gacha.

Bertepatan dengan dibukanya Arknights region SEA yang akan bergabung dengan server Dunia, agaknya ini waktu yang Cermat Buat membagikan pengalaman-pengalaman bermain saya. Enggak ketinggalan hal-hal yang tentunya patut Engkau ketahui terlebih dahulu Apabila memang ragu memainkan game Arknights.


Catatan: Perlu diketahui bahwa review ini didasari pada Arknights versi Dunia, sehingga artikel ini mungkin Enggak akan relevan Apabila dibandingkan dengan Arknights versi China yang sudah lebih dulu menghadirkan banyak update.


Engkau adalah seorang Doctor

Arknights Mempunyai pusat penceritaan pada sebuah organisasi farmasi bernama Rhodes Island dalam misinya mencari Metode Buat menyembuhkan infeksi Originium atau Oripathy. Dalam semesta Arknights, Engkau akan berperan sebagai Dokter yang tengah mengalami amnesia, dan Mempunyai tugas Buat memimpin para operator (Predikat Buat Watak-karaktermu atau pasukanmu) Rhodes Island dalam pertempuran.

Cerita Dapat dibilang berfokus pada Watak bernama Amiya, seorang operator sekaligus Raut publik dari Rhodes Island. Amiya Mempunyai misi Buat menyelamatkan sang dokter yang sedang dalam penyembuhan di Ursus Empire. Permainan dibuka dengan Amiya yang membangunkan sang dokter dari tidur cryostasis-nya, dimana pada Begitu itu Reunion juga tengah Membikin kekacauan kota Chernoborg.

Screenshot 20200210 174452 ArknightsReunion merupakan organisasi yang terdiri dari orang-orang tertindas dan dijauhkan karena mengidap Oripathy. Dan kini mereka melakukan pemberontakan dengan motif balas dendam kepada dunia yang telah menelantarkan mereka. Tetapi seiring berjalannya cerita, nampaknya hal tersebut tidaklah sesimpel itu.

Amiya Berbarengan regu yang menyelematkan sang dokter mau Enggak mau harus menerobos begitu banyaknya Laskar Reunion Buat keluar dari kota Chernobog. Tetapi Rupanya hal tersebut Enggak semudah yang dipikirkan, karena Laskar Reunion Rupanya bukan sekadar sekelompok penjahat Normal, Tetapi terdapat sosok-sosok mengerikan yang telah merencanakan Segala kekacauan tersebut.

Screenshot 20200129 015421 ArknightsBiar memang seorang dokter Sepatutnya bertugas Buat menyembuhkan, dirimu sebagai sang dokter Rupanya juga Bisa melancarkan berbagai strategi-strategi pertempuran sebelum kehilangan ingatan. Disinilah permainan dimulai, kemampuanmu dalam memberikan komando dan membaca situasi pertempuran akan diuji secara mendalam pada game Arknights ini.


Tower Defense!

Seperti yang telah dijelaskan di awal, Arknights menawarkan permainan ala game-game Tower Defense, dimana premis permainannya sendiri tentunya sudah Dapat Engkau tebak, yakni Engkau akan menempatkan berbagai operator di posisi-posisi tertentu dan menghentikan laju musuh yang mencoba menerobos batas yang ditentukan. Video gameplay-nya Dapat Engkau lihat pada halaman ini atau pada beberapa poin berikutnya.

Para operatormu Mempunyai cost DP (deployment point) yang berbeda-beda, biasanya tergantung oleh bintang dan jenis operatornya. Secara Biasa, DP milikmu akan Lalu beregenerasi, Tetapi Terdapat beberapa stage yang mempersulitmu mendapatkan kembali DP yang terpakai. Hal ini tentunya mendorongmu Buat bermain secara pintar dan Enggak asal menempatkan operator kuat Buat menghentikan lajunya musuh-musuhmu. Terlebih, tiap stage juga Mempunyai batas unit yang Dapat di-deploy.

Tiap operatormu juga Mempunyai skill-nya masing-masing. Banyak diantaranya perlu diaktifkan secara manual, Tetapi Terdapat beberapa juga yang aktif secara Mekanis. Para operatormu perlu mengumpulkan skill point Buat diaktifkan, Terdapat yang terisi dengan sendirinya, Terdapat juga yang harus menyerang atau diserang terlebih dahulu. Seperti yang Dapat Engkau lihat pada screenshot di Rendah ini, operator yang skill-nya siap diaktifkan akan terisi penuh bar Corak hijaunya dan muncul ikon di atas kepalanya.

Screenshot 20200210 172020 Arknights

Terdapat juga fitur Buat menarik kembali operatormu dari pertempuran (retreat) dan mendapatkan kembali setidaknya Sebelah dari DP yang telah dipakai operator tersebut. Tetapi Apabila operator tersebut Tewas, maka DP yang telah terpakai tersebut Enggak akan kembali. Operator tersebut akan cooldown lebih dulu sebelum Dapat diturunkan kembali, Tetapi cost DP-nya juga akan naik.

Perlu diketahui juga bahwa Engkau hanya Dapat membawa maksimal 12 operator sekaligus dalam pertempuran, Tetapi tersedia fitur Support Unit, dimana Engkau Dapat membawa satu operator tambahan dari Pemeran lainnya.


Mengenali lebih dalam para operatormu

Terdapat delapan jenis operator yang Dapat Engkau bawa ke pertempuran, yakni; Vanguard, Guard, Sniper, Defender, Medic, Supporter, Caster, Specialist. Secara Biasa; Vanguard Mempunyai kemampuan Buat mendapatkan DP, Guard Mempunyai ATK yang cukup tinggi, Sniper menyerang dari jarak jauh, Defender Mempunyai DEF yang tinggi, Medic Buat menyembuhkan operator yang terkena damage, Supporter Buat memberikan debuff Buat musuh atau buff Buat operator, Caster melancarkan serangan jenis Arts dan Dapat AoE Tetapi dengan cost DP yang cukup besar, dan Specialist Mempunyai kemampuan-kemampuan seperti mendorong atau menarik musuh.

Screenshot 20200210 185031 ArknightsSama seperti game RPG ber-gacha lainnya, tiap operator perlu dikembangkan agar lebih efektif dalam pertempuran. Operator bintang satu dan dua Mempunyai maksimal level 30, bintang tiga dapat dipromosikan menjadi Elite 1, dan bintang empat Tiba enam dapat dipromosikan Tiba ke Elite 2. Para operatormu juga mendapatkan skill baru bahkan talent baru ketika dipromosikan, kecuali operator bintang tiga dan dibawahnya yang hanya akan mendapatkan talent tambahan.

Satu hal menarik dari Arknights yang mungkin berbeda dari game-game sejenis lainnya adalah Metode menaikan para level operatormu. Apabila biasanya para karaktermu bertempur dan mendapatkan EXP seusai pertempuran di game lainnya, dalam Arknights Enggak demikian. Karaktermu Enggak akan naik level ataupun mendapatkan EXP dari pertempuran, melainkan dengan memberi mereka Battle Record yang disertai LMD (Predikat currency di dalam semesta Arknights).

Screenshot 20200210 173503 Arknights

Personally, saya cukup suka dengan mekanisme leveling yang seperti ini, karena kita memegang penuh kendali atas operator-operator yang Mau dikembangkan. Mendapatkan operator yang telah kita incar misalnya, dimana Dapat langsung kita naikkan levelnya dan segera efektif dalam pertempuran.

Perlu diketahui juga bahwa LMD dan Battle Record tentunya cukup terbatas dan akan dikonsumsi lebih oleh operator berlevel tinggi, terutama operator yang telah dipromosikan ke Elite. Sehingga secara Enggak langsung, dalam game inipun Engkau juga akan menjadi ‘petani’ seperti di game-game ber-gacha pada umumnya.

Enggak hanya LMD dan Battle Record, terdapat juga berbagai resource ataupun material yang dibutuhkan Buat memperkuat operatormu lebih jauh Tengah, dan hal ini cenderung lebih melelahkan daripada farming LMD ataupun Battle Record. Material-material ini akan dimanfaatkan Buat menaikan skill para operatormu, dan juga mempromosikan mereka ke tier Elite. Saya sendiri sukses dibuat pusing dan kewalahan dalam mengumpulkan material Buat Memajukan satu operator ke Elite 2, apalagi operator yang bintang enam.

Screenshot 20200211 001526 Arknights

Biar memang Enggak mendapatkan EXP seusai bertempur, operator-operatormu akan mendapatkan poin Trust. Dimana makin tinggi Trust-nya, makin besar juga bonus stats yang akan didapatkan operator yang sering Engkau bawa bertempur. Enggak hanya itu, semakin tinggi Trust para operatormu, Engkau juga akan membuka interaksi baru dengan mereka, bahkan mengetahui latar belakang mereka lebih dalam.


Pengelolaan markas

Arknights Mempunyai fitur Buat membangun markas (base) ala game XCOM ataupun Fallout Shelter yang menggunakan perspektif dari samping. Markas ini Mempunyai fungsi Buat meningkatkan ‘kesejahteraanmu’ dan para operatormu selama permainan berlangsung.

Screenshot 20200210 165727 ArknightsTerdapat tiga fasilitas Krusial yang Dapat Engkau bangun. Mulai dari Trading Post Buat mendapatkan LMD dan Orundum, Factory Buat memproduksi Battle Record dan beberapa material lainnya dan Workshop Buat crafting sebagian besar material yang dibutuhkan Buat operatormu berkembang serta bahan-bahan Buat memperluas markas.

Segala fasilitas yang Terdapat nantinya Dapat dioperasikan oleh operator-operatormu. Tiap operator Mempunyai keterampilannya masing-masing, dimana akan meningkatkan efektifitas dari proses-proses fasilitas terkait. Mengoperasikan faslitas-fasilitas tersebut akan mengkonsumsi morale operator yang ditugaskan tiap jamnya. Dan Buat memulihkan morale tersebut, Engkau harus memindahkan operator terkait ke Dormitory seperti yang Dapat Engkau lihat pada screenshot di atas.

Fasilitas yang juga Enggak kalah Krusial adalah Reception Room, dimana ruangan ini berfungsi Buat mendapatkan Clues yang Dapat ditukarkan menjadi Credit Buat membeli item di Credit Store. Saya sendiri agak bingung menjelaskan proses detailnyanya, Tetapi pada ruangan inilah Engkau berinteraksi dengan Pemeran lain dengan saling bertukar clue. Apabila Engkau sudah mengumpulkan 7 clue, maka Engkau Dapat membuka Clue Exchange selama 24 jam, kemudian Pemeran lainnya juga Dapat mengunjungi Clue Exchange milikmu tersebut dan mendapatkan Credit.

Screenshot 20200210 165806 Arknights

Terdapat juga Power Plant yang dibutuhkan Buat membuka lebih banyak fasilitas, serta Drone yang Dapat digunakan Buat mempercepat suatu produksi. Kemudian Terdapat juga Command Center yang Dapat dimanfaatkan Buat meningkatkan Trust para operator yang bekerja di markas. Lebih lanjut, terdapat juga Training Room Buat meningkatkan skill operator-operatormu, serta Office Buat proses Recruitment yang akan dijelaskan di poin berikutnya.


Gacha bukanlah segalanya

Mungkin Enggak sedikit dari kalian yang sudah terjerumus ke dalam gacha hell dan Enggak menemukan jalan keluar. Giat mengikuti banyak event, ‘bertani’ siang dan malam, bahkan mengeluarkan Doku hingga jutaan demi mendapatkan Watak yang diinginkan, Tetapi berakhir ampas. Dalam Arknights, gacha bukanlah segalanya.

arknights castleSecara gamblang, Nyaris Enggak Terdapat operator yang Enggak Berfaedah dalam game Arknights, mau itu operator bintang dua ataupun tiga. Setidaknya dalam versi Dunia, Segala stage Story yang baru hadir Tiba Episode 4 Dapat saya selesaikan dengan squad yang sebagian penuh diisi oleh operator bintang tiga dan empat, bahkan sesekali membawa operator bintang dua. Terlebih, Enggak sedikit operator-operator yang saya bawa tersebut merupakan reward dari misi Esensial.

Melalui screenshot galeri operator saya di Rendah ini, Apabila disortir berdasarkan tingkat Trust-nya, operator-operator bintang tiga dan empat lebih banyak saya digunakan daripada operator bintang lima atau enam.

Screenshot 20200210 165339 ArknightsBiar demikian, bukan berarti operator bintang lima atau enam terkesan Enggak Berfaedah. Bahkan Enggak sedikit dari operator-operator langka tersebut Mempunyai skill ataupun talent Dapat dikatakan kelewat overpowered. Tetapi seperti yang telah saya jelaskan di poin sebelumnya, banyak operator-operator yang baru efektif ketika dipromosikan ke Elite 1 ataupun Elite 2, dan Engkau perlu banting tulang Buat mencari LMD dan material yang dibutuhkan Buat mempromosikan mereka.

Hal ini juga ditambah dengan cost DP operator bintang lima atau enam yang cenderung tinggi, sehingga saya memilih Buat menggunakan operator-operator bintang empat dan di bawahnya yang cenderung kecil cost DP-nya, Sembari pelan-pelan Memajukan operator bintang lima atau enam tersebut minimal ke Elite 1.

Selain gacha, operator juga Dapat didapatkan melalui fitur Recruit, dimana Engkau akan disuguhi dan memilih jobs tags karakeristik operator yang Mau Engkau dapatkan, Tetapi Engkau perlu menunggu antara satu hingga sembilan jam Buat mendapatkannya. Makin Panjang Engkau menunggu, makin besar kesempatan Buat mendapatkan operator dengan bintang yang lebih tinggi. Buat menggunakan fitur ini Engkau memerlukan Recruitment Permit yang Dapat didapatkan dengan mudah. Engkau juga Dapat menggunakan Expedited Plan Buat langsung menyelesaikan proses recruitment.

Screenshot 20200210 165146 Arknights

Satu hal menarik lainnya yang saya suka dari Arknights adalah mendapatkan duplikat operator yang telah kita punya tidaklah sia-sia. Duplikat tersebut Enggak akan masuk ke dalam galeri operatormu, melainkan akan langsung berubah menjadi token operator aslinya dan dapat digunakan Buat meningkatkan potensi mereka. Tiap operator miliki potensi tambahan yang berbeda-beda.

Seperti pada screenshot di Rendah ini, satu operator Dapat Mempunyai maksimal lima duplikat (maksimal enam potensi) yang nantinya Dapat dipakai Buat mengurangi cost DP atau mengurangi redeployment time misalnya.

Screenshot 20200127 151346 Arknights

Tetapi Apabila Engkau mendapatkan Tengah operator duplikat Biar sudah maksimal potensi dari operator terkait, token duplikat tersebut dapat Engkau Ubah menjadi medal, yang nantinya Dapat digunakan Buat membeli item-item yang tersedia di Store pada kategori Certificate.

Sebagai informasi tambahan, Apabila Engkau sudah 50 kali tarik gacha tapi Enggak mendapatkan operator bintang enam, Arknights akan meningkatkan chance mendapatkannya sekian persen untukmu, dan chance tersebut akan Lalu meningkat Tiba 100% atau Tiba Engkau mendapatkannya.


Microtransaction Dapat dihindari

Sama seperti game-game free-to-play pada umumnya, Arknights juga miliki Store dengan serangkaian microtransaction yang menurut saya sangat Dapat dihindari. Tersedia dua kategori item yang Dapat dibeli dengan Doku sungguhan, yakni currency Originite dan juga Packs yang merupakan bundle-bundle berisikan berbagai item penunjang permainan.

Screenshot 20200210 170109 Arknights

Sedikit berhubungan dengan poin sebelumnya, Originite Dapat Engkau tukarkan menjadi Orundum, dan Orundum tersebut Mempunyai fungsi Esensial salah satunya Buat Engkau menarik gacha. Tetapi perlu diketahui juga bahwa Originite Dapat didapatkan di Segala stage yang Terdapat, dengan syarat Engkau dapat menyelesaikannya dengan sempurna atau bintang tiga, begitu juga dengan mode challenge-nya.

Tiba Begitu artikel ini ditulis, saya belum pernah membeli Originite langsung Buat keperluan menarik gacha sekalipun. Nyaris Segala Originite saya dapatkan dari menyelesaikan Story, Event, Quest, maupun mode sampingan lainnya. Saya hanya membeli monthly packs yang Mempunyai harga Sekeliling Rp 60.000, dimana berisi Sanity Potion (item Buat refill stamina), 6 Originite (one-time only) dan 300 Orundum selama 30 hari. Saya membeli monthly packs tersebut agar Dapat melakukan progress lebih Lekas, dan menuangkan pengalaman bermain saya melalui review ini.

Screenshot 20200212 231721 ArknightsFungsi Esensial lainnya dari Originite adalah Dapat Buat membelikan para operatormu berbagai skin yang ciamik. Tetapi di Arknights versi Dunia sendiri nampaknya belum tersedia banyak pilihan, dan beberapa skin yang hadir Mempunyai waktu terbatas Buat membelinya. Berbagai skin tersebut tentunya Enggak mempengaruhi kemampuan para operatormu selain membuatnya terlihat lebih keren di pertempuran.


Enggak Terdapat pay-to-win

Predikat pay-to-win Enggak eksis dalam game Arknights, well, mungkin Buat Begitu ini. Arknights sama sekali Enggak Mempunyai konten kompetitif atau PvP Buat para pemainnya saling adu kemampuan. Sehingga Segala microtransaction yang telah saya kemukakan pada poin sebelumnya cenderung lebih kepada pay-to-progress lebih Lekas, itupun hanya Buat konten PvE.

Hal ini secara Enggak langsung membuatmu Enggak perlu terlalu khawatir Apabila levelmu lebih rendah dari Pemeran lainnya, atau merasa tengsin karena hanya Mempunyai operator-operator yang menurutmu kurang cocok dengan gaya atau strategi permainanmu. Satu hal yang mungkin Dapat dibandingkan adalah keberuntungan para Pemeran-pemainnya Begitu menarik gacha dan mendapatkan operator-operator langka. Jadi game ini Enggak Terdapat pay-to-win, tetapi adanya pamer-to-win aka panjat sosyel.

Screenshot 20200210 225948 Arknights

Tetapi bukan berarti game Tower Defense seperti ini Enggak Dapat Mempunyai konten PvP, siapa Mengerti di update-update mendatang akan muncul elemen-elemen kompetitif, seperti adu waktu paling Lekas dalam menyelesaikan sebuah stage misalnya, hingga konten-konten seperti collective World Boss, dimana selain bertahan, kita juga perlu menyerang sesosok boss dalam sebuah stage, dan diadu siapa yang paling banyak memberikan damage pada boss tersebut. Pada Begitu itulah mungkin elemen pay-to-win baru akan relevan di dalam Arknights.


Awalan gampang, makin menantang kemudian

Arknights Dapat dibilang merupakan game yang low skill floor high skill ceiling, dimana Pemeran yang bahkan belum pernah bermain game-game Tower Defense akan mudah beradaptasi, Tetapi tantangan akan Lalu meningkat seiring majunya progress permainan. Secara gamblang, di awal Engkau mungkin akan bilang game ini gampang tinggal naro-naro Operator doang dan ditinggal santai, Tetapi kemudian Engkau sadar bahwa stage-stage yang lebih tinggi membutuhkanmu Buat Pusat perhatian pada Segala gerak-gerik musuh dan mencari komposisi operator yang Cermat di tiap stagenya.

Seperti yang telah saya bilang di awal, jagonya seseorang dalam game ini ditentukan oleh intelektualitasnya dan bukan isi dompetnya. Kalo bahasa Inggris kerennya; “the game rewards you for playing smart“. Jadi Apabila misalnya di lini masa media sosialmu suka Terdapat yang pamer dapet operator bintang enam ataupun memperlihatkan squad-nya yang penuh operator langka, saya cukup Tentu bahwa mereka belum tentu Dapat menyelesaikan sebuah stage Elite dengan hasil sempurna, terlebih di mode challenge.

Apabila mengaitkan dengan poin sebelumnya terkait Enggak adanya elemen kompetitif, saya cukup Tentu bahwa banyak Pemeran Arknights yang Mempunyai tujuan Esensial Buat membuka fitur Auto Deploy di tiap stage yang Terdapat. Auto Deploy baru akan terbuka ketika Pemeran berhasil menyelesaikan sebuah stage dengan bintang tiga tanpa Sokongan Support Unit. Hal ini tentunya cukup Krusial, terutama dalam memudahkan proses ‘bertani’ LMD ataupun material-material Buat promosi operator.

Selain membuka Auto Deploy, menyelesaikan suatu stage juga akan membuka mode challenge Buat level tersebut. Susunan laju musuh-musuhmu sama persis, Tetapi biasanya Terdapat kondisi tambahan seperti HP atau ATK musuh yang jadi lebih tinggi misalnya, hingga cost DP jenis operator tertentu yang jadi dua kali lipat. Hal ini tentu memaksamu Buat merubah strategi Buat menghadapi kondisi-kondisi tambahan tersebut. Tetapi menjadi kebanggaan dan kepuasan tersendiri ketika akhirnya berhasil menyelesaikan sebuah stage challenge setelah gagal berkali-kali.

Berikut ini merupakan salah satu video dari stage mode challenge yang sukses Membikin saya Linu kepala sebelah karena seharian gagal dalam menyelesaikannya. Tetapi pada akhirnya berhasil saya taklukan dengan menggunakan strategi redeployment.

a
Secara Enggak langsung, hal ini juga seolah menyatakan bahwa daripada pamer hasil gacha atau operator-operator langka, lebih Berkualitas pamer hasil menyelesaikan sebuah stage yang sulit Buat Membikin salty Pemeran cupu lainnya.


Lagi perlu dipoles kedepannya

Arknights tentu Enggak hadir sebagai game yang sempurna, Lagi Terdapat beberapa hal yang Sepatutnya Dapat dilakukan lebih Berkualitas Tengah agar dapat menghadirkan pengalaman bermain yang maksimal. Dan pada bagian ini saya akan banyak memberikan komentar pada bagian user interfacenya serta beberapa elemen permainan.

Satu hal yang saya kurang suka dari kebanyakan game mobile, terutama game ber-gacha, adalah user interface yang terlalu memberikan banyak informasi secara bersamaan dalam satu layar dan Bahkan terlihat amburadul, biasanya di menu Esensial permainan. Hal ini yang cenderung Membikin Pemeran baru merasa enggan Buat melanjutkan permainan.

Arknights sendiri menurut saya sudah cukup bagus menghadirkan menu Esensial yang futuristik dan tertata dengan rapih. Well, Biar depannya bagus, bagian belakangnya belum tentu bagus, dan hal itulah yang terjadi pada user-interface game Arknights.

Screenshot 20200210 173549 Arknights

Pertama adalah dialog yang terjadi Begitu cerita berlangsung. Dalam Arknights, dialog antar Watak disajikan ala game Visual Novel (VN) seperti yang Dapat Engkau lihat di poin pertama review ini. Engkau yang pernah memainkan game-game VN mungkin Mempunyai Kecenderungan Buat menekan tombol (dalam hal ini layar) Buat membuka dialog secara penuh. Dalam Arknights juga demikian, Tetapi pada beberapa bagian, menekan layar Begitu dialog Bahkan langsung membuatnya skip ke dialog berikutnya, dan ini tentu sangat menjengkelken buat orang seperti saya yang Mau mengetahui ceritanya lebih dalam.

Enggak hanya itu, terdapat juga beberapa dialog yang nampaknya Enggak diterjemahkan dengan Berkualitas, Terdapat yang Lagi menggunakan tulisan China, beberapa kalimat Lagi terdengar membingungkan, serta beberapa tombol prompt yang canggung dan menyesatkan. Salah satunya seperti yang Dapat Engkau lihat pada screenshot di Rendah ini.

Screenshot 20200211 222527 Arknights

Lagi berhubungan dengan user interface, satu hal yang sempat Membikin saya kesal Begitu awal-awal bermain adalah bar HP dan Skill Point yang berada di Rendah operator. Entah orang ‘jenius’ seperti apa yang memutuskan Buat menggunakan Corak biru Buat HP dan Corak hijau Buat Skill Point tersebut. Dalam industri video game, tentu Engkau sudah terbiasa bahwa bar HP Mempunyai Corak hijau dan bar MP Mempunyai Corak biru. Semoga sang pencipta memaafkan dosa besar orang yang bertanggung jawab atas desain tersebut.

Hal lainnya yang menurut saya sangat sayangkan adalah hadirnya trait operator yang hanya Dapat memblokir satu musuh saja. Dari Segala trait, nampaknya satu ini saja yang paling Enggak Berfaedah, karena Sepatutnya memblokir laju setidaknya satu musuh adalah stats dasar tiap operator. Sebagai informasi memang banyak operator yang hanya Dapat memblokir satu musuh, Tetapi mereka miliki trait yang lebih Berfaedah. Sehingga sayang saja rasanya Apabila stats dasar tersebut malah jadi trait sang operator.

Screenshot 20200211 223448 Arknights

Komentar berikutnya cukup berhubungan dengan pengelolaan Sanity atau Predikat Buat sistem stamina. Dalam Arknights, Sanity akan refill secara Mekanis tiap enam menit atau 10 stamina dalam satu jam. Misal, Apabila Engkau sudah mencapai level 40 dengan maksimal 120 Sanity, maka Engkau perlu menunggu 12 jam Buat Sanity tersebut kembali penuh. Saya sendiri Enggak masalah karena memang sang developer Enggak Mau para pemainnya main hingga lupa waktu. Tetapi yang Mau saya komentari adalah stage permainannya.

Nyaris Segala stage yang Terdapat miliki drop material Buat kebutuhan mengembangkan operator, Tetapi Enggak sedikit dari material tersebut merupakan chance drop, atau tergantung keberuntunganmu. Engkau dipastikan akan banyak farming material langka yang dibutuhkan Buat mempromosikan atau Memajukan skill operatormu ke level maksimal, Tetapi material-material tersebut berada di stage level tinggi yang juga butuh konsumsi Sanity yang Enggak sedikit.

Apabila luck-mu ampas seperti saya, tentu hal ini sangatlah menjengkelkan dan buang-buang waktu. Pernah saya mencari suatu material Buat mempromosikan operator bintang enam, Tetapi dari Sanity saya penuh hingga habis Buat satu stage terkait, material tersebut Enggak kunjung saya dapatkan. Material terkait memang Dapat di-crafting dari material yang lebih mudah di dapatkan, Tetapi Apabila dihitung-hitung, biasanya membutuhkan waktu dan Sanity hingga dua atau tiga kali lipat.


Satu hal yang patut diapresiasikan

Salah satunya yang mungkin sangat saya suka dan saya apresiasikan dari game ini adalah minimnya Watak-Watak kaum hawa yang lewd. Ya, Arknights merupakan sedikit dari sekian banyak game mobile yang Enggak mengandalkan fanservice berupa gadis-gadis berbaju seksi Buat menggaet Pemeran-Pemeran pria berotak mesum.

Tentu Lagi Terdapat Watak-Watak yang mungkin dapat menyulut hawa nafsu, Tetapi nampaknya jumlah Watak-Watak tersebut Dapat dihitung dengan jari. Apabila berbicara soal hawa nafsu, keluhan saya hanyalah satu, yakni minimnya archetype Watak MILF dan big tiddy onee-san dalam Arknights. Semoga kedepannya Dapat diperbanyak.

Kemudian desain para karakternya yang berbasis fantasi Kemonomimi, dicampur dengan fashion yang modern dan sedikit cyberpunk-ish juga menjadi detail yang sangat saya suka. Hal ini secara Enggak langsung juga berikan angin segar dalam dunia video game mobile yang seringkali Pusat perhatian pada satu tema antara fantasi dan modern.

Screenshot 20200210 170422 Arknights

Arknights juga sejatinya Dapat dimainkan oleh kaum Perempuan. Biar memang lebih banyak Watak Perempuan, Terdapat beberapa Watak Lelaki yang pastinya Dapat menggaetmu Buat Giat memainkannya. Saya juga sempat mendengar rumor bahwa Rupanya game Arknights sangat Terkenal dimainkan oleh kaum Perempuan di negeri China.

Enggak percaya? Berikut satu Watak yang sangat Terkenal di Arknights, bahkan nampaknya juga berhasil memincut hati para kaum pria sekalipun.

Screenshot 20200214 210035 Arknights


Recommended!

Akhir kata akhir cerita, Arknights tentunya menjadi game mobile ber-gacha yang saya rekomendasikan. Game ini tentunya cocok Buat Engkau yang Mau beradu kemampuan otak dalam mengeluarkan strategi-strategi bertempur dengan Pemeran lainnya, dan bukan karena Mau adu keberuntungan dalam menarik gacha.

Apabila banyak game ber-gacha yang Bahkan mengacaukan kesejahteraan pemainnya, maka Arknights Dapat dikatakan sebaliknya, karena Enggak berorientasi Harta, Gacha dan Perempuan; Engkau Enggak perlu mengeluarkan Doku banyak Buat jago dalam game ini, Enggak perlu khawatir gacha ampas seperti saya, dan fanservice berupa Perempuan-Perempuan seksi Enggak dipaksakan dalam game ini.

Arknights Score versi 2


Baca juga Review Game lainnya atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Trending