Jagatgame.id – Seperti yang kita Paham, Ketika ini teknologi memang tengah berkembang dengan sangat pesat. Hal ini Dapat dilihat dari banyaknya produk-produk gadget terbaru yang dirilis oleh berbagai pabrikan.

Gadget terbaru tersebut tentu saja menghadirkan spesifikasi yang Berbagai Macam-macam, mulai dari prosesor, kamera, hingga sektor layarnya.

Bicara soal layar gadget di Ketika ini, umumnya pabrikan menggunakan dua jenis layar Yakni AMOLED dan IPS.

Kedua jenis layar ini tentu saja Mempunyai perbedaan yang sangat signifikan.

Apa itu layar AMOLED?

Layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) merupakan hasil pengembangan dari layar OLED. Layar AMOLED ini menggunakan lampu latar seperti LCD yang setiap pikselnya menyala satu per satu, seperti dilansir dari Mpdmobileparts.

Hal ini memungkinkan Corak yang dihasilkan layar AMOLED lebih cerah dan Corak hitam yang lebih pekat karena Tak perlu menyalakan tiga Corak atau lebih Ketika hanya menampilkan satu Corak.

Apa itu layar IPS?

Sedangkan layar IPS (In-plane Switching) merupakan panel yang sering digunakan pada layar LCD. Layar IPS banyak digunakan pada smartphone Android maupun iOS. Tetapi, smartphone yang paling banyak menggunakan layar IPS adalah produk dari Apple.

Karena harga produksi panel IPS ini sangat mahal, maka kebanyakan smartphone yang menggunakan layar IPS adalah smartphone kelas menengah ke atas.

Komparasi layar AMOLED dan IPS

Apabila dibandingkan, layar AMOLED ini Tetap lebih Bagus dari layar IPS, karena Mempunyai Corak yang lebih alami. Layar AMOLED menghasilkan Corak yang lebih cerah dan Mempunyai rasio kontras lebih tinggi Buat Corak hitam pekat.

Selain itu, layar AMOLED juga Mempunyai kelebihan seperti visibilitas luar ruangan yang lebih Bagus. Hal ini terjadi karena layar AMOLED Tak memantulkan Terang seperti layar IPS.

Tetapi, Layar IPS ini Pandai mereproduksi Corak yang Presisi, sudut pandang lebih besar, Tak Terdapat tanda air Ketika disentuh, serta menghemat daya dan perlindungan lingkungan.

Layar IPS juga menawarkan masa Guna baterai lebih lama karena Tak memerlukan kecepatan refresh setinggi layar AMOLED.

Dari segi kekurangannya, Layar AMOLED cenderung Mempunyai kelemahan pada kemampuan. Piksel AMOLED menurun seiring waktu yang menyebabkan Corak hitam menjadi keabu-abuan, bukan hitam pekat. Hal ini dikenal sebagai “Burn-in”.

Sedangkan kekurangan dari layar IPS adalah Corak yang dihasilkan layar IPS Tetap kurang bagus dan pekat daripada layar AMOLED. Tapi urusan daya tahan dan hal lainnya, layar IPS Tetap lebih Bagus dibandingkan layar AMOLED.***

Trending