Pengguna WinRAR tampaknya harus mulai upgrade versi software kompresi tersebut karena telah ditemukannya sebuah celah keamanan yang Bisa dimanfaatkan oleh kriminal siber. Celah keamanan ini bahkan Bisa digunakan Buat meng-ekstrak data sensitif seperti password atau kredensial privat lainnya.

Masalah ini Bisa dikatakan cukup serius karena Enggak hanya satu atau dua pihak yang mengincar penyalahgunaan celah keamanan ini. Dilaporkan Terdapat banyak pihak yang mengambil kesempatan ke pengguna awam.

Rarlab Minta Pengguna Update Versi Imbas Celah Keamanan di WinRAR

Kabarnya Terdapat exploit yang Bisa curi informasi sensitif

Melalui sumber di TechCrunch, dilaporkan oleh peneliti keamanan di Google kalau mereka menemukan adanya hacker yang disponsori oleh pemerintah China dan Russia memanfaatkan celah keamanan di WinRAR.

Celah keamanan ini sebenarnya sudah ditemukan sejak awal tahun ini. Developer software ini juga sudah mengisukan update terbaru Buat tuntaskan masalah celah keamanan ini di bulan Agustus. Pihak Rarlab (developer WinRAR) mewanti-wanti pengguna Buat segera melakukan patch ke versi terbaru agar Enggak terdampak oleh penyalahgunaan berbagai pihak ini.

Seberapa dahsyatnya celah ini dieksploitasi, hacker Bisa menambahkan script pada file archive yang terlihat seperti file Normal. Tapi begitu pengguna menjalankan file tersebut, maka data sensitif seperti password di browser, dan informasi lainnya kemungkinan besar sudah bocor ke tangan pelaku.

Waspada! Hacker Sasaran Pengguna yang Belum Update WinRAR

celah keamanan di winrar
Hacker Sasaran mereka yang belum update ke patch terbaru

Google Threat Analysis Group (TAG) mengatakan kalau peneliti mereka menemukan banyak grup hacker yang disponsori pemerintah mengekploitasi celah keamanan ini. Sasaran mereka sebagian besarnya adalah pengguna yang belum melakukan patch ke versi yang dianjurkan WinRAR Yakni 6.23.

celah keamanan di winrar
Rarlab minta mengguna update ke versi 6.23 keatas

Pengguna memang Enggak diberikan opsi update langsung dari aplikasi, melainkan harus mengunjungi situs WinRAR Lewat download update terbaru dari sana. Apakah kalian Lagi gunakan versi dibawah 6.23 brott? Kalau iya disarankan Lekas-Lekas patch ya brott.


Dapatkan informasi keren di Jagat Game terkait Tech atau artikel sejenis yang Enggak kalah Panggil dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com.

Trending