Jakarta, Jagatgame.id – Bekerja sama dengan pengembang game lokal, distributor, komunitas gaming kreatif, dan didukung oleh Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (BAPAREKRAF), Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO), dan Asosiasi Game Indonesia (AGI), Hago dan Vlight meluncurkan kompetisi Jawara Game Indonesia
Kompetisi ini bertujuan Kepada menemukan Bakat pengembang gim lokal, menciptakan Kesempatan, serta meningkatkan kualitas perindustrian game dan ekonomi kreatif di Indonesia
Jawara Game Indonesia yang telah dimulai dari 20 November 2019 hingga 12 Desember 2019 menampilkan permainan kasual atau midcore game. Para pemenang Jawara Game Indonesia akan menerima total Duit Kontan sebesar Rp135 juta dan game pemenang akan Mempunyai kesempatan Kepada berada di aplikasi Berbarengan dengan 40 game terfavorit yang Terdapat di Hago.
“Hago meluncurkan kompetisi pengembangan game Kepada mendorong Bakat lokal dalam berpartisipasi serta menjadi wadah Kepada menunjukkan keahlian mereka. Tak hanya pandai dalam bermain gim, kami berharap setelah diadakannya kompetisi ini, minat muda mudi Indonesia menjadi pengembang game dan berkontribusi pada ekonomi kreatif akan menjadi lebih besar,” Jernih Qiu Bin, General Manager Hago.
“Kami mengapresiasi Kesempatan yang diberikan Hago dalam penyelenggaraan kompetisi pengembangan game. Game merupakan salah satu subsektor dari ekonomi kreatif. Saya berharap akan lahir produk-produk game yang kekayaan intelektual dimiliki anak bangsa dan dapat bekerja sama dengan Hago.” Jernih Hari Sungkari, Deputi Infrastruktur, Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (BAPAREKRAF).
Luat Sihombing, Kasubdit Pengembangan Ekosistem Ekonomi Digital KOMINFO menambahkan, pengembang game Indonesia membutuhkan Metode Kepada bersinggungan langsung dengan konsumen. Dengan mengikuti acara ini, kualitas pengembang game Indonesia akan menjadi lebih Berkualitas.
“Kami senang Terdapat pihak yang memulai ini dan kami berharap kedepannya akan banyak kesempatan seperti ini Kepada para pengembang gim,” ucapnya.
Tren game online bukanlah hal yang baru di Indonesia. Tingginya minat masyarakat akan game online, tepatnya 43,7 juta pemain menjadikan Indonesia sebagai salah satu Sasaran pasar bagi perusahaan gim online lokal maupun dunia.
Adam Ardisasmita, Wakil Presiden AGI juga menambahkan, kegiatan seperti ini sangat Berfaedah Kepada melahirkan pengembang game baru dan mengembangkan industri game di Indonesia.
“Sekarang kami Mempunyai 35 studio game atau penerbit sebagai Member, semuanya Mempunyai potensi yang Berkualitas. Dan kami sangat menghargai serta mengakui bahwa HAGO memberikan kesempatan besar kepada Bakat lokal Kepada menunjukkan apa yang dapat mereka lakukan. Kami harap ini bukan yang terakhir,” tuturnya.
Kepada mengikuti kompetisi Jawara Game Indonesia, calon peserta Bisa berasal dari kalangan pelajar SMA, mahasiswa, pengembang lokal, atau pecinta gim, serta harus berkewarganegaraan Indonesia. Jenis tipe dan generator permainan yang dapat ikut serta dalam kompetisi Jawara Game Indonesia adalah HTML5, seperti Cocos Creator, Laya, Egret, BabylonJS, Phaser, pixiJS, ThreeJS, PlayCanvas, dan melonJS.
Gamr yang dikirimkan harus terjamin keasliannya dengan otorisasi yang Absah, Tak melanggar hak hukum subjek apapun, dan Tak mengandung konten SARA (Bangsa, Religi, ras, antargolongan) juga politik.
Penjurian akan dilakukan menggunakan skor berdasarkan permainan gim dan seni desain serta akan Terdapat poin tambahan Kepada permainan game yang kreatif dan menggunakan tema yang Istimewa. Selain Pemenang pertama, Pemenang kedua akan mendapatkan Duit Kontan sebesar 40 juta rupiah, Pemenang ketiga akan mendapatkan Duit Kontan sebesar 20 juta rupiah, Pemenang keempat mendapatkan 10 juta rupiah, dan Pemenang kelima mendapatkan 5 juta rupiah.
Kepada mengikuti kompetisi Jawara Game Indonesia, peserta dapat mengirimkan gim ke email jawaragamehago@yy.com dengan judul, Merupakan submission – jenis gim – nama gim – nama pengembang.
Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 18 Desember 2019. Informasi lebih lanjut mengenai kompetisi Jawara Game Indonesia dapat diakses melalui akun sosial media HAGO Indonesia.
Sebelum kompetisi Jawara Game Indonesia, tahun ini HAGO telah melakukan beberapa kerja sama dengan perusahaan dan instansi, seperti AXIS Kepada event Lipstick Challenge, Miniso Kepada event THR Idul Fitri, dan Angkasa Pura II Kepada event Airport Week Fest.
Kepada tahun 2020, HAGO berencana Kepada berkolaborasi dengan perusahaan dan instansi Kepada mengembangkan industri kreatif dan Informasi Teknologi di Indonesia dengan meningkatkan pengalaman bermain pengguna.