Jagatgame.id – Para gamer PlayStation sempat dibuat frustrasi akibat gangguan PlayStation Network (PSN) yang berlangsung selama 18 jam pada Jumat (8/2) hingga Sabtu (9/2).
Ribuan pengguna PS4 dan PS5 di Amerika Perkumpulan dan Inggris terkena dampaknya, terutama mereka yang sering bermain game online.
Sony akhirnya mengonfirmasi bahwa layanan telah sepenuhnya pulih pada Minggu (9/2) dan meminta Ampun atas ketidaknyamanan yang terjadi.
Tetapi, hanya pengguna PlayStation Plus (PSN+) yang mendapatkan kompensasi berupa tambahan lima hari langganan gratis secara Mekanis.
Apa yang Terjadi?
Gangguan ini Membikin pengguna kehilangan akses ke berbagai layanan Krusial, seperti mode multiplayer online, perpustakaan game digital, dan fitur PSN lainnya, termasuk transaksi digital.
Banyak pengguna yang langsung membandingkan kebijakan Sony dengan Capcom.
Capcom, misalnya, memilih memperpanjang masa uji coba beta Demi gim Monster Hunter Wilds sebagai bentuk permintaan Ampun atas insiden serupa.
Penyebab Masalah Lagi Misterius
Hingga kini, Sony belum mengungkap penyebab gangguan PSN tersebut.
Tetapi, spekulasi yang beredar menyebutkan kemungkinan serangan Distributed Denial-of-Service (DDoS), mengingat kejadian serupa pernah terjadi pada 2011 dan 2014.
Bagaimana dengan Pengguna Non-PS Plus?
Sayangnya, Sony belum mengumumkan kompensasi bagi pengguna non-langganan, meski banyak yang berharap adanya bentuk ganti rugi lain, seperti diskon atau game gratis.
Dengan gangguan ini, Sony dihadapkan pada tantangan besar dalam menjaga kepercayaan pelanggan, terutama mereka yang mengandalkan PSN Demi bermain online dan menikmati layanan digital lainnya.
Semoga ke depannya gangguan seperti ini Dapat dihindari.