Perkuat Ekosistem Game Nasional, Kominfo Revisi Aturan Indonesia Game Rating System

Jakarta, Jagatgame.id – Pemerintah akui Lalu berusaha Demi ciptakan industri game lokal agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Salah satu yang digulirkan ialah melalui rencana revisi Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2016 yang mengatur Pengelompokkan permainan interaktif elektronik atau Indonesia Game Rating System.

“Regulasi ini sedang diproses Demi revisi agar mewajibkan Seluruh game yang Eksis di Indonesia Demi mendaftar dan mengikuti aturan ini. Enggak terkecuali game dari luar agar dapat menjaga Indonesia sesuai aturan dan budaya kita,” Terang Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel A. Pangerapan.

Hal ini tentu menjadi Krusial, pasalnya menurut Semuel, lanskap digital Indonesia menunjukkan potensi besar atas perkembangan ekosistem game nasional.

Baca Juga:  Kedepannya, Main Counter Strike 2 Kagak Dapat di Mac

“Jumlah pengguna internet Indonesia sudah mencapat 202,6 juta. Ini setara dengan 73% dari populasi Indonesia. Dengan durasi akses internet mencapai 9 jam setiap hari, ini adalah potensi digital yang patut kita manfaatkan terutama dalam menghasilkan game nasional yang berkualitas,” ungkapnya.

Lampau dari potensi pengembangan pun juga tak kalah ‘kaya’, yang menurut Dirjen Semuel hal ini mengacu pada Indonesia yang Mempunyai kekayaan dan keberagaman penduduk. Kondisi itu juga membawa Indonesia Mempunyai lebih dari 1.000 Etnis bangsa.

“Eksis 801 bahasa daerah dan begitu banyak cerita kerajaan, cerita rakyat, dan nilai-nilai luhur yang dapat dijadikan inspirasi dalam Membangun game. Beberapa Misalnya game buatan anak bangsa mengambil cerita tentang Borobudur. Dreadout mengambil cerita hantu khas Indonesia. Dan yang baru diliris Battle of Satria Dewa, dengan cerita tokoh heroik Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga:  Nama FF Keren yang Mirip Pro Player

Bagi Dirjen Aptika Kementerian Kominfo kombinasi antara lanskap digital dan potensi sumber cerita lokal itu akan dapat menjadi Unsur yang Bisa dikembangkan Demi meningkatkan Kembali potensi ekonomi digital gim lokal.

“Riset dari New Zoo tahun 2020 melaporkan nilai ekonomi gameIndonesia mencapai 1,7 Milliar US Dollar. Tetapi, game lokal baru Bisa menyerap 8 Juta US Dollar. Bilangan ini harusnya Bisa kita tingkatkan, dengan menghasilkan gim baru yang Bisa menembus pasar nasional dan Mendunia. Begitu ini, kita harus mengambil alih marketshare yang dikuasai oleh gim dari luar,” tandasnya.

Mungkin Anda Menyukai