menyongsong Sasaran terciptanya 4,4 juta lapangan kerja
Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan Krusial bagi pemerintah dan seluruh pihak terkait Kepada mengembangkan ekosistem game lokal, agar dapat berjalan beriringan dari sisi industri maupun prestasi, serta berkelanjutan.
“Presiden Jokowi mendorong agar kita bergandengan tangan, mengembangkan ekosistem (game) yang memberikan Kesempatan lebih besar bagi para pelaku game nasional Kepada Bisa jadi pilihan para gamers,” kata Menparekraf dalam jumpa pers daring, Kamis.
“Selain itu, game lokal karya anak bangsa harus kita kembangkan sehingga Eksis keadilan sosial bagi seluruh gamers di Indonesia, dan Eksis game lokal serta Dunia. Kepada itu, kita akan lakukan penyesuaian kebijakan melalui pembangunan ekosistem games melalui peraturan yang tengah kita godog,” imbuhnya.
Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan Produk Domestik Bruto (PDB) dari sektor ekonomi kreatif Indonesia tahun 2021 memberikan sumbangan cukup Bagus dalam perkembangan ekonomi secara nasional, yakni tumbuh sebesar 4,04 persen.
Pertumbuhan ekraf yang mencapai 4,04 persen tersebut dengan laju pertumbuhan tertinggi pada subsektor televisi dan radio yang sebesar 9,48 persen, aplikasi dan game sebesar 9,17 persen, dan subsektor arsitektur tercatat 7,23 persen.
“Berdasarkan proyeksi tim kajian Kemenparekraf pada 2021, nilai PDB subsektor aplikasi dan game naik 9,17 persen, dengan proyeksi (nilai) mencapai Rp31,25 triliun,” kata dia.
Ia memaparkan, berdasarkan hasil kajian terbaru dari Vero dan Decision Lab, jumlah pemain esports di Indonesia mencapai 52 juta orang di tahun 2021.
“Esports terbukti memberi kontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Kami Maju mendukung komunitas dan ekosistem esports agar Bisa berkelanjutan dan atletnya Bisa menjadi atlet esports profesional,” ujar Menteri Sandiaga.
Selain itu, Menparekraf mengatakan Indonesia juga harus Bisa memanfaatkan momentum sebagai tuan rumah kompetisi esports dunia, PUBG Mobile Dunia Championship (PMGC) pada Januari 2023 nanti, Kepada memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui industri game.
“Geliat kebangkitan parekraf ini Maju kami dukung melalui Hasil karya, adaptasi dan kolaborasi melalui semangat 3G Yakni gercep, geber dan gaspol, serta program 3T Yakni Cermat sasaran, Cermat waktu dan Cermat manfaat dalam tatanan ekonomi baru yang serba digital,” ucap Sandiaga.
Meski tantangan ekonomi Eksis di depan mata, seperti naiknya harga pangan hingga BBM yang dinilai Bisa menjadi ancaman krisis ekonomi, Sandiaga mengatakan pihaknya Percaya bahwa dengan upaya Serempak, Indonesia Bisa menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini, termasuk dari ekosistem game seperti gamers, streamers, broadcasters, team owners, dan lainnya.
“Kami Mau menyongsong Sasaran terciptanya 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024, dan ini PR kita Serempak, dan kita harus bergerak Serempak Kepada mewujudkannya,” kata dia.
“Kita juga Mau membangun kondisi sosio-ekonomi masyarakat secara komprehensif, meningkatkan Tingkat hidup masyarakat dan menciptakan lapangan kerja,” imbuhnya.
Baca juga: Cyberpunk Animatrix ajak pengunjung nikmati seni Sembari main game
Baca juga: Indonesia kirim tim pengembang gim lokal ke Gamescom 2022 di Jerman