Di Era modern ini, internet merupakan kebutuhan mendasar yang dibutuhkan oleh Dekat Sekalian orang. Kondusif rasanya Demi mengatakan Dekat Sekalian dari kita adalah pengguna internet WiFi, entah di rumah atau di kantor, Demi menuntaskan aktivitas yang berhubungan dengan dunia maya.

Di Indonesia sendiri, Eksis banyak sekali provider WiFi yang dapat digunakan Demi menunjang keseharian. Eksis merah, kuning, hijau di langit yang biru dan Corak-warni lainnya yang mencerminkan identitas dari para Internet Service Provider (ISP) dengan standar kualitas dan harganya masing-masing.

Di luar Sekalian kelebihan yang ditawarkannya, sudah barang tentu Eksis saja kekurangan yang memotivasi kami Demi mewakilkan keluh kesah para pengguna internet WiFi di tanah air. Kalau kalian penasaran apa-apa saja, yuk lanjut saja.

Keluh Kesah Pengguna Internet WiFi

Keluh Kesah Pengguna Internet Wifi

Berikut ini beberapa keluh kesah pengguna internet Wifi di Indonesia yang Niscaya pernah kalian alami juga:

1. Tetap Banyak Daerah yang Didominasi oleh Satu Provider WiFi

Contoh Isp Xyz Di Daerah Tertentu
Contohnya, ISP XYZ hanya mencakup daerah itu saja

Yang akan penulis bahas pada kesempatan ini ialah Tetap terlalu banyak daerah yang didominasi oleh ISP tertentu saja. Kagak Eksis ISP lain yang berani nongkrong atau adu mekanik dengan ISP tersebut, Tetapi lucunya kualitas yang ditawarkannya terkadang juga tak Mahir Demi dinikmati, entah itu nonton atau main game.

Menurut kami, Penguasaan oleh satu ISP pada daerah-daerah tersebut menciptakan keterbatasan, dan memaksa mereka mau Kagak mau Demi memakai layanan yang ditawarkan, berapapun harganya. Entah ini merupakan taktik atau apalah itu, Tetapi kami merasa hal ini kurang etis Demi dilakukan.

Sudahlah kecepatannya seadanya, sering bermasalah, pelayanannya kadang Separuh hati, harganya mahal pula. Imbasnya? Kami merasa kalian Dapat banget kok menebak apa yang terjadi, Adalah berkeluh kesah di media sosial sembari menandai ISP kesayangannya.

2. Layanan Aftersales yang Kagak Memuaskan

Layanan Aftersales Dari Isp Yang Payah
Semoga dijauhkan dari layanan aftersales yang payah

Kendala lainnya yang dialami oleh user internet WiFi lainnya adalah layanan aftersales-nya yang payah. Biar Kagak Sekalian ISP demikian, Tetapi dalam kebanyakan kasus, termasuk yang dialami oleh penulis merupakan kenang-kenangan yang amat sangat membekas di hati.

Biar proses Demi melaporkan masalah internet WiFi ini termasuk mudah, Tetapi dalam kebanyakan kasus, kebanyakan jawaban yang diberikan oleh customer service kurang memuaskan dan Kagak membantu.

Yah sebut saja solusi yang sama sekali Kagak relevan dengan masalah yang dialami, restart modem, tarik ulur kabel Sembari keliling rumah, pengecekan titik internet, gonta-ganti kabel LAN, Tamat pengecekan kekuatan sinyal, yang mana ujung-ujungnya penulis akhirnya disarankan Demi ganti modem.

3. Metode Berlangganan yang Ribet Banyak Syarat

Syarat Langganan Internet Yang Ribet
Syarat langganan internet makin aneh saja

Hal menyebalkan yang Membangun kita tak terpikir Demi memakai internet WiFi di rumah kebanyakan memang didominasi oleh Metode berlangganan yang terlalu ribet Demi dilakukan. Sebut saja minimal harus Mempunyai setidaknya belasan, atau bahkan puluhan individu yang Ingin memasang internet, itu pun harus satu jenis ISP saja.

Secara cost, hal ini memang wajib Demi dilakukan Demi menutup biaya instalasi yang dibutuhkan oleh ISP terkait. Tetapi, kami merasa amat Menggemaskan bila hal ini Tetap saja terjadi di provinsi Istimewa yang sama sekali Dapat dikatakan Kagak Sudut-Sudut amat. Mau langganan internet aja kok ya pake ribet sih, hadeh.

Belum ditambah Unsur harga dan persyaratan ini-itu yang kadang Kagak masuk Intelek. Alhasil, hal ini secara Kagak langsung menciutkan minat dan niat dari masyarakat Demi memasang internet WiFi di rumah, atau mungkin tempat usahanya, dan akhirnya mencari ISP lain yang mungkin sudah menjangkau wilayahnya.

4. Sistem FUP, Memangnya Perlu?

Ilustrasi Fup Di Hp
Modelan FUP yang menyebalkan

Kalau kalian pengguna internet WiFi sejati, tentunya kalian sudah akrab dengan yang namanya FUP alias Fair Usage Policy, yang Mempunyai Definisi batas pemakaian wajar atau kuota tiap bulannya. Kami contohkan salah satu ISP di tanah air, yang memberlakukan FUP per tahun 2016 Demi tiap pemakainya, yang menurut kami cukup aneh dan egois.

Tamat dikeluhkan warganet egois itu bukannya dibuat-buat loh, brott. Hal ini dikarenakan jumlah kuota maksimal tiap bulannya akan berbeda-beda, tergantung kecepatan atau speed yang jadi langganan. Padahal kita sudah langganan WiFi, bukannya dapat ketenangan tak usah repot beli kuota, sekarang malah dibatasi pula dengan penurunan kecepatan.

Misalkan 10Mbps hanya diberikan FUP 50GB, 20Mbps dengan FUP 100GB, atau 100Mbps dengan maksimal FUP 2000GB, yang mana kecepatannya akan turun mulai dari 50% ketika mencapai kuota tertentu, Tamat sekejam 80%, yang tentunya akan menyulitkan kita dalam beraktivitas.

5. Masalah Koneksi Hanya di Jam Tertentu

Koneksi Internet Malah Rto
Kecepatan turun, time out pula

Kalau brott merasa empat poin di atas sudah mewakili, kalian salah besar. Jangan lupa, masalah koneksi internet yang hanya menyerang di jam-jam tertentu Tetap saja menghantui para user internet WiFi di Indonesia.

Dalam kasus penulis, masalah ini sudah berlangsung selama kurang lebih enam tahun, dan belum Eksis peningkatan dan perbaikan berarti sama sekali dari ISP kesayangan. Yah, mungkin hanya sebatas komplain, kemudian Kagak Eksis masalah selama sekian bulan, Lampau akhirnya bermasalah pada bulan berikutnya, dan tentu saja tanpa solusi berarti.

Padahal yang memakai internet di rumah termasuk sedikit, dan kebanyakan hanya Demi main game setelah beraktivitas. Gak Eksis yang download atau streaming 4K, murni Demi main game saja dan ping-nya menunjukkan ratusan milisecond dan request time out, duh!

6. Langganan Internet Seadanya, Malah Dipakai Rame-Rame!

Gambaran Orang Mabar Game

Nah, ini sih masalah Istimewa alias kambing hitam kenapa internet WiFi yang kita gunakan terasa Gial atau bermasalah. Niatnya langganan internet Demi dipake sendirian, eh malah dipakai rame-rame.

Entah siapa yang membagikan password ke WiFi yang kita gunakan, Tetapi hal ini tentunya sangat menyebalkan. Terlebih kalau alasannya sama sekali Kagak masuk Intelek semacam ‘biar anakku gampang ngirim tugas’, yang Rupanya malah dipakai anak dan Mitra-temannya Demi download dan nonton TikTok.

Bocah Main Tiktok
Lah, malah TikTok-an

Jangan salah, Tetapi hal ini Betul-Betul terjadi di Kurang Lebih kita loh, brott. Padahal kita yang bayar internet, tapi malah digunakan seenaknya oleh orang lain. Bukannya dapat menikmati internet sesuka hati kita Demi main game dan aktivitas lain, yang terjadi malah Malah kebalikannya.

Nah, itulah dia deretan keluh kesah pengguna internet WiFi yang pastinya pernah kalian alami. Memang, Eksis banyak sekali tantangan di kehidupan ini, Tetapi tampaknya masalah internet ini termasuk serius dan harus dibenahi karena sudah menjadi bagian kehidupan umat Mahluk di Era ini.

Gimana menurut kalian, brott? Apakah Eksis satu-dua hal di atas, atau mungkin semuanya sudah pernah kalian alami? Yuk, silahkan berkomentar Demi meramaikan!


Baca juga informasi menarik Jagat Game lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com

Trending