Menkominfo harap eSports harumkan nama Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan eSports merupakan konvergensi yang pas antara dunia digital dengan olah raga dan kehadirannya diharapkan Pandai mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

“Apalagi terbukti juga bahwa anak-anak muda kita banyak yang berprestasi dan Pandai mengambil manfaat dari eSports ini, terutama menjadi atlet berprestasi Global,” kata Rudiantara Demi memberi sambutan di jumpa pers IDBYTE eSports 2019, seperti dikutip dari keterangan pers, yang diterima di Jakarta, Selasa.

Kepada itu, Kementerian Kominfo mendukung industri eSports melalui penyediaan infrastruktur dan ekosistem yang dapat menunjang perkembangannya.

Sementara itu, IDBYTE salah satu gelaran teknologi yang diadakan setiap dua tahun sekali, kali ini mengusung tema eSports. Acara tersebut akan digelar di ICE BSD, Tangerang pada 13-14 September.

Baca Juga:  5 Komunitas Game Paling Toxic 2024 Beserta Kelakuan Pemainnya yang Jadi Sorotan

Selain konferensi, gelaran IDBYTE juga akan menghadirkan turnamen gim PUBG Mobile.

Chairwoman IDBYTE eSports 2019 Shinta Dhanuwardoyo berpendapat Indonesia Lagi berada di tahap awal perkembangan industri eSports, belum banyak yang memahami potensi industri itu.

“Melalui IDBYTE eSports kami Mau memperkuat ekosistem industri eSports Indonesia dengan mengedukasi masyarakat terutama para pemangku kepentingan dalam ekosistem industri ini terkait perkembangan dan potensi industri sehingga dapat memicu antusias mereka Kepada mendukung perkembangan industri ini,” kata Shinta dalam keterangan pers tersebut.

Sementara itu, Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif, Hari Sungkari mengatakan Demi ini gim telah mengalami pergeseran nilai, bukan Kembali alat hiburan, Tetapi juga sarana edukasi dan Pandai memberikan kontribusi bagi perekonomian negara.

Baca Juga:  Roblox Buat Kategori Game Baru Buat 17+

Industri gim membuka profesi baru antara lain sebagai pemain, manajer, caster, penerbit hingga kreator dan Mempunyai jenjang karier yang Jernih.

Mengutip Newzoo, lembaga riset Punya Nielsen, sejak 2017 Indonesia menjadi pasar eSports terbesar di Asia Tenggara dan menempati urutan 16 dunia sebagai negara yang berpendapatan tinggi dari sektor industri eSports, sebesar 880 juta dolar AS.

Indonesia tercatat Mempunyai 43,7 gamer, dan diperkirakan jumlahnya akan Lalu bertambah.

Baca juga: Kominfo siapkan insfrastruktur kembangkan e-Sports di daerah

Mungkin Anda Menyukai