Ketika pertamakali diumumkan, Genshin Impact langsung dapatkan respon cukup negatif dari para fans. Salah satunya adalah bagaimana developernya, miHoYo yang juga merupakan developer Honkai Impact Membangun gamenya cukup “mirip” dengan Legend of Zelda: Breath of the Wild Punya Nintendo. Padahal Apabila Engkau perhatikan dengan seksama, ia hanya ambil cell shade dan dunia open-worldnya saja. Sementara gliding merupakan fitur yang sudah Panjang Terdapat di beberapa game lain, jadi ini Kagak saya anggap sebagai fitur baru dan orisinal dari Zelda.

Color pallet dan pilihan warnanya juga sangat berbeda. Apabila Legend of Zelda: Breath of the Wild condong ke Corak-Corak semi-pucat. Maka Genshin Impact Malah sebaliknya. miHoYo memilih Corak-Corak mencolok yang identik dengan anime Jepang pada umumnya. Lebih bagus malah.


Memang, terdapat beberapa yang mirip seperti tower Kepada teleport dan meningkatkan level tower Kepada menambah stamina dan sebagainya. Tetapi Apabila Engkau telah memainkannya, Engkau akan merasakan bagaimana game ini cukup berbeda dari salah satu masterpiece Nintendo tersebut.

Setidaknya, itulah kesan pertama saya Ketika pertamakali memainkannya. Lewat, bagaimana dengan elemen RPG yang disandangnya? Berikut pengalaman saya setelah mencoba gamenya hingga level 40.

Selamatkan Saudaramu

Di awal perkenalan gamenya, Engkau akan disuguhkan cutscene menarik antara pertempuran dua orang Keluarga beradik melawan entitas Perempuan. Dari sini Engkau diberi pilihan Kepada memilih salah satu di antara keduanya dengan satu misi: menyelamatkan Keluarga/i-mu Berbarengan rekanmu bernama Paimon, seorang cewek imut mungil yang melayang di sekitarmu dan selalu bawel.

Engkau akan memilih salah satu, Bagus cewek maupun cowok.

Saya Kagak mau berkomentar apapun tentang ceritanya, karena gamenya sendiri tergolong belum rampung dikerjakan dan perlu perbaikan di sana dan di sini. Tetapi satu hal yang saya perlu komentari adalah bagaimana terjemahan berbahasa Inggris dari ceritanya termasuk salah satu yang cukup rumit dimengerti.

Saya Kagak Mengerti apakah saya yang terbiasa dengan bahasa Inggris Amerika kurang memahaminya karena kemampuan berbahasa saya, atau memang terjemahannya yang kurang mengena. Masalah ini memang diperbaiki oleh voice acting berbahasa Inggris, Tetapi Kagak Kepada teks yang entah kenapa menurut saya pribadi Tetap perlu diperbaiki.

Lebih dari 30 Watak Bisa Dimainkan

Genshin Impact Mempunyai kurang lebih 30 Watak yang Bisa dimainkan. Beberapa Watak merupakan Watak mutlak yang Bisa Engkau dapatkan melalui story quest seperti Lisa si penyihir petir maupun Amber si pemanah api. Mereka Sekalian Mempunyai berbagai senjata dan elemennya masing-masing, mulai dari api, air, es, angin, tanah, listrik, dan satu elemen yang belum saya temukan sama sekali.

SS14Tetapi hal yang paling menarik dari Watak dengan elemen tersebut adalah kemampuan mengganti karakternya. Engkau akan Bisa membentuk party berisi empat Watak yang Bisa diganti secara real-time.

Hal ini membuatmu Bisa memadukan dan memberikan combo tertentu pada setiap serangamu. Misalnya saja setelah Engkau menyabetkan pedang, Engkau Bisa menggantinya dengan sihir listrik, dan seterusnya. Menariknya, Sekalian elemen yang Watak miliki akan Bisa berinteraksi satu sama lain termasuk dengan field. Misalnya saja api yang Bisa membakar rerumputan maupun perisai kayu dan memberikan after effect seperti burn, wet, shock, maupun frozen.

Elemen tersebut juga Bisa digabungkan Kepada memberikan damage yang lebih besar. Misalnya saja ketika musuhmu tengah mengalami Pengaruh wet dari serangan es atau terkena hujan, maka Engkau tinggal menyetrumnya. Atau musuh berelemen listrik yang Bisa Engkau bakar Kepada menambah kekuatan seranganmu.

SS13Watak-Watak tersebut juga miliki elemental burst atau bahasa simplenya adalah Ultimate Power yang Bisa Engkau kumpulkan dengan memukul musuhmu atau menggunakan serangan elemenmu. Simple dan menarik.

Puzzle Variasi dan Dunia Open World Super Luas

Apabila dari Watak sudah membuatmu tertarik, tunggu hingga Engkau menelusuri dunianya. Dunia Genshin Impact didesain dengan sangat Bagus dan sangat luas. Saya bahkan Kagak percaya smartphone akan Bisa menangani dunia sedetail dan seluas ini.

puzzle1
Salah satu puzzle yang harus Engkau selesaikan.

Terdapat banyak sekali puzzle mulai dari dungeon puzzle yang butuh menyalakan empat obor Kepada membuka dungeon, menggiring arwah ke beberapa tempat tertentu, menghancurkan batu di tebing, hingga membuka segel dungeon di Waduk.

puzzle2Sementara dunianya sendiri penuh dengan Hilicurl atau monster yang umumnya muncul dalam gamenya. Ia juga hadirkan semacam tower yang Bisa membuka mapmu dan recovery HPmu.

Control yang Tak Terasa Seperti Mobile Game

Meski dibuat Kepada multiplatform termasuk mobile. Saya yang mencobanya di PC tak merasakan kesulitan sama sekali Kepada controlnya. Saya Bisa menggunakan mouse dan keyboard dengan sangat Bagus, camera movementnya yang smooth hingga tombol utamanya sama seperti game action RPG kebanyakan. Mulai dari WASD Kepada berjalan, klik kiri Kepada menyerang, hingga tombol skill maupun item.

SS23Engkau juga Bisa menyambungkan DS4 ke gamenya kemudian mengubah controlnya menjadi controller.

Elemen Tipikal Game Mobile Tetap Terdapat

Meski miliki control yang oke, Tetapi Engkau yang terbiasa dengan game mobile akan langsung mengetahui bahwa game ini miliki monetisasi cukup “Normal” Kepada game sekelas game mobile. Engkau akan Bisa melakukan gacha Watak dan senjata. Senjata memang Bisa didapatkan melalui dungeon maupun quest, Tetapi Watak pada umumnya hanya Bisa didapatkan melalui gacha. Kecuali Watak tertentu.

gacha
Ya, Engkau Bisa gacha di sini.

Ketika game ini saya coba, mata Duit Bisa didapatkan melalui quest atau challenge tertentu, Tetapi Kagak menutup kemungkinan miHoYo mengimplementasikan monetisasi super gila yang (semoga saja Kagak) Bisa saja merusak balance dari gamenya.

nail level

naik level talent
Mau naik level? Tunggu dulu, Engkau butuh item. Mereka Tetap menggunakan sistem tipikal game mobile.

 

Langkah naik levelnya-pun sama seperti game koleksi Watak di mobile, lebih parah malah menurut saya Apabila ini dimonetisasi dengan sangat mahal. Engkau membutuhkan item Kepada Meningkatkan EXP Watak. Ia Bisa didapatkan melalui quest, challenge, hingga you guessed it membelinya dengan mata Duit premium.

Tetap Perlu Banyak Perbaikan

Karena Tetap dalam masa CBT2 atau Closed Beta 2, maka wajar apabila game ini Tetap miliki banyak hal yang perlu diperbaiki. Bagus bug hingga pernak-pernik lain.

Salah satu di antaranya adalah tombol shortcut item. Di Genshin Impact, Engkau Bisa melakukan recovery menggunakan tower atau item. Tetapi Engkau perlu membuka inventory dan lakukan pause sementara Kepada mengimplementasikan item healmu. Sebuah fitur yang kurang seamless yang tak Bisa dirasakan gamer PC.

Memang, gamenya dibuat dengan pandangan sebagai game mobile Tetapi support ke PC dan console. Sayangnya miHoYo Kagak menambahkan tombol/slot shortcut Kepada item recovery atau yang lain.

Makanan
Membangun makanan Maju-menerus di field terkadang bakal buatmu Kesal karena semuanya harus Engkau dapatkan dengan eksplorasi. Fitur auto regen perlu ditambahkan di sini.

Fitur regenerasi HP Mekanis adalah salah satu fitur wajib yang Terdapat di game action. Ini Kagak Terdapat dan perlu diperbaiki. Hal ini mengingat Sekalian item recoverymu wajib dibuat dengan Langkah memasaknya, dan item healing yang Terdapat di toko dibatasi 5 buah perhari. Buatmu yang miliki HP rendah harus berjalan cukup jauh hanya Kepada recovery HP. Apabila auto-regen diimplementasikan, maka Engkau tak perlu repot Kepada mencari bahan karena item dan kuota pembelian masakan di toko habis.

Selain shortcut dan regenerasi HP, tombol lari atau shift Apabila dimainkan di PC terasa kurang responsif. Sistem memang akan mendeteksinya sebagai lari berkelanjutan Apabila Engkau menahannya sepersekian detik. Tetapi ketika Engkau melepasnya maka ia akan berlari Maju. Tombol lari ini tak Bisa langsung merespon bahwa Apabila ia dilepas maka Watak berhenti berlari. Kembali, sebuah tipikal game mobile yang Sepatutnya sedikit berbeda ketika mereka merilisnya di PC.

senjata1Level Watak di sini memang ditentukan oleh XP item, Tetapi Kagak Kepada adventure level. Sedikit informasi, Engkau akan miliki dua level: Adventure Level (level yang dibutuhkan Kepada main quest) dan character level (level karaktermu). Tampilannya hanya Bisa Engkau buka dengan menekan ESC. Alangkah lebih rapi apabila ia dicantumkan di tengah Dasar layar. Sehingga kita Kagak perlu membuka menu Kepada memeriksanya.

Saya juga sedikit kecewa dengan pihak miHoYo ketika mengatakan bahwa co-op Kagak Bisa dicoba di closed beta 2  Ketika saya tanya dan menemukan bahwa ia Bisa dicoba setelah Letih adventure level 16. Fitur co-op ini Bisa diakses melalui menu yang muncul di Sudut kiri atas atau dengan menekan F2 di PC. Sayangnya, tak Terdapat matchmaking Membangun kita harus mencari sendiri orang Secara acak Kepada menikmatinya. Co-op Bisa dimainkan oleh maksimal 4 player dalam satu party. Sayang, saya belum sempat mencobanya karena sibuk menjelajahi dunianya.

coop
Engkau Bisa mengakses coop setelah adventure level Letih 15 atau 16. Sebuah bukti Konkret yang ketika sebelumnya saya tanyakan ke pihak miHoYo Malah mengatakan bahwa fiturnya Tetap belum Terdapat.

Meskipun begitu, terdapat fitur yang menurut saya Kagak oke dalam co-op. Dalam co-op Engkau Kagak Bisa berprogress Berbarengan ketika terjun ke dunia player lain. Engkau tak Bisa membuka treasure hingga melanjutkan misi utamamu. Melebur fungsi dari co-op sendiri yang Sepatutnya bermain dan lakukan progress Berbarengan menjadi main sendiri-sendiri. Lewat apa gunanya co-op Apabila hanya terbatas Kepada bermain saja? Harusnya miHoYo Bisa terapkan sistem shared world, jadi misalnya player lain dapat item dari peti harta karun, Engkau juga dapat item meski tak sama tergantung keberuntungannya masing-masing.

Beberapa sistem lain seperti dodge juga Sepatutnya ditambahkan di sini. Sudah sewajarnya apabila game action miliki fungsi dodge agar memudahkan player Kepada menghindari serangan musuh. Akan lebih efektif Kembali apabila ini diimplementasikan dibanding harus berlari ke sana dan ke mari. Karena dengan dodge, Engkau Bisa menghindari serangan musuh ke kanan, kiri, belakang, maupun depan. Entah itu dodge roll, atau serong ke samping.

efek ga ada lockon
Pengaruh tak Terdapat lock on, Watak saya yang berada di depan obor harus meleset serangan apinya hanya demi menyalakan obor.

Kagak adanya lock on system juga Membangun game ini cukup rumit. Hal ini karena kita Kagak Mengerti monster mana yang tengah diserang. Kepada Ketika ini, sistem lock on dilakukan secara Mekanis, sehingga Engkau akan menyerang monster manapun yang berada di dekatmu. Dengan adanya fitur lock on, setidaknya Apabila Engkau Bisa melakukan lock on manual, Engkau akan Bisa lebih menghemat waktu Kepada menghabisi satu monster dulu dibanding harus menghajarnya secara acak.

Selain menghajar monster, fitur lock on juga Bisa dilakukan Kepada mengarahkan kekuatanmu ke beberapa lingkungan. Misalnya saja obor yang Bisa Engkau nyalakan atau mengarahkan serangan elemen secara spesifik ke musuh dengan Segera tanpa perlu menahan tombol. Memberikan keefektifan suatu mekanik dibanding harus mengarahkan kamera dan memposisikan karaktermu ke arah Sasaran, yang Kagak menjamin karaktermu Bisa mengenainya.

Kagak adanya tutorial Kepada controller juga menjadi sesuatu yang cukup merepotkan. Karena Engkau Kagak Mengerti tombol mana saja yang harus Engkau tekan. Pihak developer perlu menambahkannya begitu Engkau mengubahnya dari keyboard menjadi controller. Kagak hanya memaparkannya melalui options saja.

mage2

mage1
Perisai Mage umumnya lebih kuat dibanding monster boss.

Balance monster elite adalah hal selanjutnya yang Tetap Membangun saya Kesal. Di mana saya menemukan bahwa monster elite Malah jauh lebih kuat dari boss. Boss monster di Genshin Impact miliki darah tebal serta serangan yang bervariasi. Tetapi karena ia mudah ditebak, maka Kagak begitu sulit Kepada mengalahkannya. Sementara monster elite di sini sangat Kagak balance terutama mage. Ia miliki serangan dengan damage Kurang Lebih 300-400, belum termasuk ultimate yang Bisa menembus hingga nyaris 1000 damage. Serangannya cukup beruntun, dari serangan Kekuatan hingga yang secara logika Bisa dihindari seperti serangan tanah. Tetapi meskipun Engkau melompat sekalipun ia Tetap Bisa daratkan damage yang cukup besar padamu. Terlebih, Apabila levelmu tak begitu jauh dari level mage.

Yang lebih menjengkelkannya Kembali, Engkau harus menghancurkan perisai super tebal yang ia miliki. Kagak, serangan fisikmu Kagak mempan melawan perisainya, hanya serangan sihir sekelas Lisa yang Bisa menghancurkannya dan berikan damage yang lumayan besar. Melawan satu mage saja sudah lebih menjengkelkan dari boss.

Pada nantinya Engkau akan menemukan tantangan di mana Engkau harus mengalahkan ketiganya. Bayangkan, tiga mage dengan perisai tebal yang wajib Engkau kalahkan dalam waktu 1:30 menit. Menghancurkan perisainya saja Bisa memakan waktu nyaris satu menit satu mage, itupun Apabila Engkau Kagak apes karena menarget mage yang salah karena Kagak Terdapat fitur lock-on yang harusnya Terdapat di game seperti ini. Mengingat seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa lock-on muncul Tetapi secara tak kasat mata.

bossfight
Mengalahkan boss Malah lebih mudah dibanding mengalahkan mage.

Selain mage, terdapat elite bernama guard dengan bentuk seperti golem yang Kagak masuk Intelek tebalnya. Oke, saya Kagak masalah sama sekali dengan tebalnya karena Tetap Bisa diatasi meskipun levelmu cukup dekat dengannya. Yang Membangun saya masalah adalah deteksi playernya yang sangat luas. Saya pernah terdeteksi meskipun Watak saya berada di jarak yang secara logika Kagak mungkin terdeteksi karena cukup jauh. Bukan hanya itu saja. Misil yang ia miliki nyaris 80% Kagak Bisa dihindari kecuali Engkau bersembunyi atau lari di waktu yang Cermat. Terkena Sekalian misilnya? Selamat, darahmu akan sekarat dan Engkau akan terpental jauh ke belakang.

Ini adalah bug ketika salah satu monster elite tersangkut setelah saya serang dan kembali ke posisi semula. Lihat, HPnya kembali penuh.

Bug dalam versi closed beta 2 yang saya alami juga cukup banyak. Tetapi hal yang menjengkelkan adalah ketika elite yang telah susah payah Engkau serang hingga menghabiskan 3 ultimate karaktermu HPnya kembali penuh karena tersangkut di field. Ia akan Mekanis kembali ke posisi semula dengan darah penuh, sementara Engkau sudah mulai sekarat berkat serangan yang ia daratkan padamu.

Kegagalan miHoYo Ketika mendesain salah satu side quest Xiangling juga menjadi masalah yang harus mereka perbaiki. Di bagian akhir quest Ketika Engkau harus membantunya memasak dalam waktu terbatas, Engkau akan dipaksa Kepada memasak sup yang membutuhkan daging unggas Kepada memasaknya. Kagak masalah Apabila Engkau Mempunyai Sekalian bahannya, Tetapi akan menjadi masalah Apabila Engkau Kagak Mempunyai salah satu bahannya. Daging unggas misalnya.

quest
Side quest xiangling menjadi salah satu masalah tersendiri. Terutama di bagian akhir questnya.

Hal ini Membangun side quest tersebut tak Bisa dijalankan sama sekali dan paksamu mengulangnya kembali, setelah Engkau Mempunyai bahannya. Engkau Kagak mungkin mencari burung, bangau, atau ayam Kepada Engkau bunuh di dunianya yang luas dan kembali ke tempat quest dijalankan sebelum waktu habis.

Ini perlu diperbaiki karena pada umumnya Ketika menjalankan quest dengan waktu terbatas seperti ini, terdapat pengecualian Tertentu dan Sepatutnya berbeda dari Ketika Engkau melakukan eksplorasi. Membangun syarat bahan tersebut sirna Tertentu Kepada quest berbatas waktu yang melibatkan pembuatan item dengan kompetisi.

ganti siang malam
Meski waktu siang malam dan cuaca akan berjalan secara Bergerak, Tetapi Engkau Bisa mengganti siang dan malam secara manual sama seperti di Witcher.

Pengaturan HUD dengan opsi Kepada mengubahnya menjadi besar atau kecil juga saya rasa perlu ditambahkan. Opsi menghilangkan HUD dan lain sebagainya Kepada photo mode atau fitur estetik lain akan memacu kreativitas para player Kepada mengambil angle-angle Aneh Kepada sekedar digunakan sebagai wallpaper atau hal lain.

Penambahan side quest juga menurut saya cukup Krusial. Hal ini karena side quest Bisa menjadi opsi Kepada meningkatkan adventure level. Kagak hanya terbatas dari eksplorasi, daily quest, dungeon, main quest, maupun Secara acak event saja.

puzzle3SS1 1SS2 1SS3SS4SS5ss7 1SS8 1SS9 1SS10SS11SS12naikin adventure levelnaik levelSS13SS14SS15SS16SS17SS18SS19SS20SS21SS22SS23SS24SS27storystory2 1

Trending