Jakarta, Jagatgame.id – Counterpoint Research, menyebut konsumen Indonesia Tetap mementingkan harga sebelum memutuskan membeli ponsel, selain fitur-fitur yang ditawarkan dalam gawai tersebut. Artinya konsumen Indonesia menyukai ponsel harga terjangkau atau yang Mempunyai promosi harga pada masa pemulihan ekonomi Ketika ini.
Analis senior Counterpoint Febriman Abdillah menyebut, pada kuartal I 2023, Counterpoint menilai konsumen menyukai ponsel yang dijual secara bundel atau diskon, terutama Ketika momen hari raya seperti Tahun Baru Imlek dan Ramadhan.
“Karena fungsi ponsel pintar sudah meluas, Tak hanya Demi berbicara dengan orang lain, tapi, juga Demi membantu aktivitas sehari-hari seperti berbelanja, bekerja, belajar, layanan transportasi dan keuangan, perilaku konsumen ketika membeli ponsel berubah. Mereka mencari gawai yang Pandai diandalkan, Tetapi, ramah di kantong,” kata Febriman dalam keterangannya, Selasa (23/5/2023).
Konsumen Indonesia sekarang mencari ponsel yang Mempunyai konektivitas, baterai, penyimpanan, kamera, layar dan desain yang dikemas dalam harga yang wajar. Beberapa waktu belakangan ini, ponsel entry-level alias murah, yang dipasarkan di Rendah 200 dolar Amerika Perkumpulan (Sekeliling Rp2,9 juta), mengalami peningkatan fitur seperti kamera, chipset dan kapasitas penyimpanan.
Baca Juga: Counterpoint: 8 dari 10 Smartphone Paling Laris manis di 2022 Adalah iPhone
Konsumen Indonesia

Fitur yang juga dicari pada ponsel murah adalah NFC, Menyantap penggunaan koder QR Demi pembayaran yang kian Terkenal. Akibat berbagai fitur yang ditawarkan ponsel entry-level, konsumen tertarik Demi mengganti ponsel lama mereka, ditambah dengan berbagai promosi yang ditawarkan pada musim hari raya.
Counterpoint Menyantap pengiriman ponsel di Indonesia pada Q1 2023 menurun sebesar 7,6 persen year-on-year. Penurunan disebabkan oleh permintaan ponsel kelas mid-range (rentang harga 200-399 dolar AS, Sekeliling Rp2,9 juta-Rp5,9 juta) dan premium.
Jenama OPPO menjadi ponsel dengan pengiriman terbanyak di Indonesia, ia menguasai pangsa pasar 22,9 persen pada Q1 2023. Peringkat kedua diisi oleh Samsung dengan pangsa pasar 18,2 persen. Merek vivo berada di urutan ketiga dengan 17,3 persen, diikuti realme (13 persen) dan Xiaomi (11,8 persen) masing-masing pada urutan keempat dan kelima.
Eksplorasi konten lain dari Jagatgame.id.id
Berlangganan Demi dapatkan pos terbaru lewat email.