INI Langkah Mendapat Sponsor Demi Tim eSports

JAGATGAME.ID – Dalam beberapa tahun terakhir, eSports menjadi niche game yang semakin diminati dan mendapat banyak perhatian dengan masuknya berbagai serial game dan nuansa baru.

Jenis game eSports yang sebelumya terbatas satu, dua Tiba tiga tipe (FPS, Strategy, & Arcade/Fighting) kini semakin berkembang dengan jenis-jenis baru.

Bahkan hingga dari segi perangkat game eSports yang semula hanya terbatas Demi PC hingga Console pun kini hadir di Mobile.

Dengan berkembangnya eSports, seiring berjalan dengan mulai bermunculannya tim-tim eSports baru yang hadir Demi menunjukan eksistensinya.

Tetapi, hal krusial yang sering di hadapi oleh tim eSports baru adalah dalam mencari sponsor Demi menunjang operasional dan nafas dalam keberlangsungan tim.

Berikut Langkah Demi tim eSports dalam mendapatkan Sponsor.

1. Bentuk Kepengurusan Struktural Tim eSports

Layaknya suatu perusahaan yang well-organized, tim eSports juga harus Mempunyai kepengurusan struktural yang tertulis dan Jernih.

Tanpa adanya struktural yang Jernih, tentu hal ini menandakan ketidak seriusan dari tim eSports tersebut dalam kepengelolaan tim.

Bukan Terdapat Calon Sponsor yang bahkan mau meneruskan mengenal tim eSports bila dari awalnya saja Bukan Mempunyai kepengurusan struktural yang Jernih.

2. Sasaran Tim eSports

Mempunyai VISI dan MISI dari tim eSports WAJIB harus dimiliki Demi dapat menjelaskan posisi dan pandangan tim eSports.

Apa yang mau dicapai dari tim eSports dalam sebulan, setahun, 5 tahun atau tahun-tahun kedepan nantinya ?

Kenapa tim eSports Engkau harus Terdapat ? Perubahan apa yang mau dilakukan ? Menguasai Dunia ?

Dengan tim eSports melampirkan Sasaran yang Ingin dicapai tentu dapat terlihat keseriusan dari tim dalam mengelola kepengurusan.

Calon Sponsor akan senang dengan Memperhatikan Sasaran dari tim eSports yang OPTIMIS dan REALISTIS.

3. Name is Matter, Brand is King.

Coba gamers lihat, adakah tim eSports profesional di kancah Nasional dan Global yang Mempunyai nama yang too weird.

Atau, yang mempunyai nama tanpa Maksud ( Pocong Kok Loncat eSports ?) Nope.

Baca Juga:  Summer Fantasia, Top-up Genesis Crystals di UniPin

Definisikan nama dari tim eSports Engkau dengan sangat serius dan pastikan Terdapat Dalih kuat kenapa nama tersebut menjadi lambang dari tim eSports gamers.

Dari Nama yang Berkualitas tentu akan dapat Membikin brand dari tim eSports menjadi semakin mudah dan Segera terbentuk sehingga seiring berjalannya waktu, tim eSports akan lebih diakui publik.

Membentuk brand dari tim eSports merupakan Unsur krusial yang harus dijaga oleh tim eSports.

Pastikan tim eSports telah menentukan persona dari brand yang Ingin dibentuk kemudian kelola dan jaga dengan Berkualitas.

Brand itu Bukan hanya nama, banyak dari kesatuan Unsur yang kemudian membentuk hal yang disebut brand.

Saya akan membahas brand lebih dalam pada artikel berikutnya, Tetapi Demi kali ini mari berfokus dulu pada topik artikel ini.

Naming dan Branding dari tim eSports inilah yang juga menjadi salah satu aset dan Unsur pendukung dari tim eSports Demi menjadi bargain yang dapat dipertimbangkan oleh calon Sponsor.

4. Achievement is GOAL

Ketika tim eSports gamers baru terbentuk, jangan terburu-buru Demi langsung mengajukan/menawarkan diri ke calon Sponsor.

Kumpulkan dulu penghargaan/prestasi yang telah diraih dan sebanyak mungkin.

Penghargaan/prestasi dari kemenangan tim eSports merupakan bukti dari hasil kerja keras tim yang Bukan dapat terbantah dan Unsur ini sangat Krusial Demi menjadi bargain power dari tim eSports.

Bukan Terdapat batas minimal penghargaan/prestasi berapa baru kemudian mengajukan diri ke Sponsor, Tetapi semakin banyak tentu akan semakin Berkualitas dan juga memperbesar chance Demi dapat diterima Sponsor.

5. Attitude is EVERYTHING

Let’s say tim eSports gamers sudah well-known di publik dan Mempunyai sejumlah penghargaan/prestasi yang Terdapat dimana-mana.

Baca Juga:  Kominfo Maju Dorong Valve Agar Daftar PSE Lingkup Privat Hingga Minta Donasi Kedubes AS

Tetapi, attitude yang dimiliki satu atau dua dari lima Member tim eSports sangatlah toxic Tiba sudah menjadi rahasia Lazim serta Mempunyai beberapa kasus entah drama atau masalah lain.

Hal ini akan menjadi concern yang sangat serius bagi calon Sponsor Demi dapat menerima dan mendukung tim eSports gamers.

Bukan jarang kasus dari Sponsor yang telah memberikan sponsorship dari tim eSports sudah berlangsung kontrak satu Tiba dua tahun kemudian mencabut di tengah jalan karena Terdapat satu atau dua dari Member tim eSports yang bermasalah.

Attitude yang negatif tentu sedikit banyak akan memberikan Akibat Bukan Berkualitas kepada satu dan dua pihak bahkan juga kepada fans dari tim eSports.

Pastikan Tim eSports Mempunyai disiplin dan sikap yang Berkualitas serta kelola dan jaga Demi dapat membangun integritas yang kuat.

6. Networking – Follow Up – Networking

Pastikan tim eSports Mempunyai satu atau dua orang yang in-charge di bagian business Demi dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dengan tim.

Biarkan atlit Konsentrasi dengan game dan fokuskan orang bisnis ini Demi dapat mencari Langkah bagaimana mengoptimalkan dari profil, prestasi, dan aktifitas tim kepada calon client atau sponsor.

Kontak calon client/sponsor dengan media yang sesuai dan Betul, jangan langsung nabrak main telepon bila kebetulan Mempunyai informasi nomor telepon dari calon client/sponsor.

Perkenalkan diri terlebih dahulu via sms/whatsapp chat atau email sebelum menghubungi langsung via telepon.

Jangan lupa Demi follow up setiap partnership dan jangan biarkan clientsponsor menunggu lama dalam proses interaksi.

Perhatikan juga jam dalam membalas email kepada client/sponsor, jangan membalas email di atas jam 6 malam Demi tetap menjaga privasi dan profesionalitas.

Baca Juga:  [RUMOR] Gameplay Crazy Taxi Reboot Bocor di Internet

Ikuti setiap acara event yang Mempunyai potensial client/sponsor yang dapat dilakukan networking.

7. ATM ( Amati, Tiru, Modifikasi )

Lakukan proses pengamatan terhadap tim eSports yang gamers idolakan dan Mempunyai kemiripan dengan tim eSports yang Ingin gamers buat.

Lihat hal apa saja yang Berkualitas Demi dapat kemudian dikembangkan dan singkirkan hal yang gamers rasa kurang Berkualitas.

Kompetisi game apa saja yang telah di ikuti, media sosial apa saja yang digunakan dalam berinteraksi dengan para fans-nya, tipe konten apa saja yang diterbitkan setiap harinya, dan banyak hal lain dapat di analisa.

Dengan mengetahui aktifitas yang dilakukan, tentu Bukan akan Membikin gamers terlalu clueless dalam Membikin step by step awal dalam membangun tim eSports.


Apakah INIGAME menerima sponsor tim eSports ? YES ! Kami sedang mencari 3 Tim eSports Demi di sponsori di tahun 2019.

Bagaimana Langkah mendapat sponsor dari INIGAME ?

  • Kirim Proposal ke [email protected]
  • Subject [Proposal Sponsorship] –
  • Lampirkan proposal dari tim eSports.
  • Dalam email, perkenalkan tim dengan Jernih dan berikan Dalih, mengapa harus mensponsori tim eSports gamers.
  • Pastikan dalam Proposal yang dilampirkan juga diberikan informasi Start Benefit yang dapat diberikan dan juga Expected Benefit dari INIGAME yang diharapkan.
  • Pastikan yang paling Esensial adalah mengirim Proposal Bukan hanya Company Profile, thats two different thing.
  • Berkualitas Proposal tersebut DITERIMA atau DITOLAK akan tetap INIGAME balas dalam dan kurang 1 MINGGU sejak email diterima.
  • INIGAME baru akan mau Bersua Demi meeting setelah Jernih dikirimkan Proposal, bukan Company Profile.

Demikian informasi dari INIGAME yang dapat di bagikan dalam bagaimana Langkah gamers mendapat sponsor Demi tim eSports.

Semoga dapat membantu gamers dalam memberikan pandangan baru kedepannya.



Kontak Informasi JAGATGAME.ID (Press Release / Business / Partnership).
Email: info[at]JAGATGAME.ID.

Mungkin Anda Menyukai