Ingin Profesi Desainer Produk? Ini Lima Tahapan Krusial yang Perlu Dilakukan

Jakarta, Jagatgame.id – Apakah produk itu? Tentu pembaca Jagatgame.id sudah familiar dengan istilah yang berkaitan dengan sesuatu yang material ini. Meski sekarang, produk juga Dapat berbentuk digital, seperti aplikasi, website, dan sebagainya. Nah, di balik produk yang hebat, Eksis desainer produk yang merancang dari awal.

Desain produk merupakan proses yang digunakan Demi memadukan kebutuhan pengguna dengan tujuan bisnis Demi membantu Membikin produk yang sukses secara konsisten. Nah, desainer produk sendiri adalah Julukan bagi orang yang sehari-hari mendesain barang Demi berbagai kebutuhan dan produk. Desainer produk mendesain barang secara keseluruhan mulai dari bentuk, bahan, dan sebagainya.

Seorang desainer produk bertanggung jawab melakukan proses mengidentifikasi Kesempatan pasar, mendefinisikan masalah dengan Terang, mengembangkan solusi yang Betul Demi masalah dan memvalidasi solusi dengan pengguna yang sebenarnya. Pada akhirnya, kunci sukses dari desain produk adalah pemahaman tentang pelanggan end-user, orang yang menjadi tujuan pembuatan produk.

Pentingnya Design Thingking

Tokopedia 1 Media Workshop Product Design 1

Menurut Product Design Lead Tokopedia, Dicki Dahrurozak, dalam desain produk, dikenal istilah ‘Design Thinking. Di mana sebelum seorang desainer produk mengembangkan suatu produk, Yakni pendekatan yang berfokus pada pengguna dengan mengintegrasikan kebutuhan antara pengguna, teknologi dan kepentingan bisnis.

Baca Juga:  Langkah Berlangganan Catchplay di FirstMedia: Harga Spesifik Bahkan Gratis

“Krusial Demi mengetahui Sasaran audiens yang Ingin dituju karena desain sebuah produk akan mengikuti tren atau perilaku dari penggunanya. Contohnya dengan mengedepankan 3 DNA Tokopedia, Yakni Focus on Consumer, Growth Mindset, dan Make it Happen, Make it Better, dalam menciptakan atau mengembangkan Ciptaan yang bermanfaat bagi pengguna Tokopedia,” ujar Dicki, di sela-sela virtual workskhop ‘Mengenal Product Design Lebih Jauh Berbarengan Tokopedia’ (28/7/2021).

Dicky menganggap, design thingking Krusial diketahui oleh desainer produk, karena bertujuan memecahkan kebutuhan Sosok secara konkret. Kemudian Demi menangani masalah yang ambigu atau sulit didefinisikan sehingga Dapat mengarah pada solusi yang lebih inovatif. Tak kalah Krusial, dapat Membikin organisasi berjalan lebih Segera dan efisien.

Tahapan yang Perlu Dilakukan Desainer Produk

tahapan desainer produkTokopedia membagikan lima tahapan yang perlu dilakukan dalam kerangka ‘Design Thinking’ sebelum menciptakan suatu Ciptaan produk, contohnya seperti fitur ‘Mengenakan promo’ Tokopedia.

Baca Juga:  Metode Maksimalkan 8K Video di Galaxy S20 Buat Proses Visual Storytelling

1. Empathize

Salah satu Langkah Demi mengamati konsumen Dapat melalui survei dengan menanyakan kepuasan mereka terhadap suatu produk, seperti apa yang mereka suka, mengapa memilih produk tersebut dan sebagainya.

“Berempati dengan kebutuhan pengguna, khususnya di tengah pandemi, sangat membantu dalam menciptakan Ciptaan produk yang relevan. Fitur ‘Mengenakan promo’, misalnya, diharapkan Tak hanya membantu masyarakat memenuhi kebutuhan harian dari rumah dengan mudah tetapi juga terjangkau dan efisien,” Terang Dicki.

2. Define 

“Tentukan masalah yang Ingin dipecahkan dan pikirkan kesulitan yang dihadapi pengguna, misalnya dalam menemukan promosi yang cocok dan dapat digunakan dengan mudah Begitu berbelanja. Selanjutnya, gunakan informasi ini sebagai panduan dalam berinovasi,” ujar Dicki.

3. Ideate

Dalam Membikin halaman gunakan promo, sangat Krusial Demi bertukar pikiran dengan orang lain Demi menemukan berbagai Langkah memecahkan kendala yang dialami pengguna.

Baca Juga:  Tips Digital Parenting: Jaga Anak dari Penjahat Siber

“Carilah ide sebanyak mungkin. Misalnya dengan melibatkan tim User Interface (UI) atau User Experience (UX) dalam proses riset agar dapat berkolaborasi dan menghasilkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna,” tambah Dicki.

4. Prototype 

“Mengubah ide menjadi solusi Konkret dengan Membikin prototipe sangat Bermanfaat dalam Menyaksikan bagaimana respon Sasaran audiens kita,” Terang Dicki. Hal ini dapat dilakukan dengan Membikin prototipe halaman atau fitur Tertentu dalam platform sebelum waktu peluncuran.

5. Test 

Amati interaksi konsumen terhadap prototipe produk yang baru saja dibuat. Fase pengujian ini merupakan tahapan pengumpulan umpan balik dari terhadap pekerjaan desainer produk.

“Seorang desainer membutuhkan ide kreatif, meluangkan waktu Demi mengeksplorasi dan melakukan tes serta uji coba terhadap rancangan produknya, hingga menciptakan sebuah produk yg Betul guna dan Betul sasaran,” tutup Dicki.


Eksplorasi konten lain dari Jagatgame.id.id

Berlangganan Demi dapatkan pos terbaru lewat email.

Mungkin Anda Menyukai