JAGATGAME.ID – Indonesia merupakan negara terbesar ke empat secara populasi di dunia dan oleh karenanya berbagai sektor kreatif termasuk Industri Game menjadi salah satu Pusat perhatian pemerintah Indonesia Kepada dapat segera di optimalkan pengembanganya di masyarakat.
Dengan bonus demografi yang besar, Kesempatan terciptanya suatu karya, lapangan kerja baru, pasar yang besar serta pemanfaatan sumber daya dapat lebih maksimal.
Tetapi sayangnya, pada Industri Game Indonesia Demi ini, Tetap besar potensial pasar yang belum di optimalkan secara Berkualitas.
Hal ini menjadi perhatian pemerintah Indonesia yang sedang mendorong pengembangan yang diperlukan sehingga pertumbuhan dapat lebih besar Kembali.
Dalam survey pada tahun 2017 yang dilakukan oleh AGI ( Asosiasi Game Indonesia ), tercatat terdapat nilai potensi Industri Game Indonesia mencapai $800.000.000 atau 12 Triliun Rupiah (Kurs Rp15.000).
Nilai ini belum termasuk dengan peningkatan per tahun Industri Game Indonesia yang dapat mencapai maksimal hinggal 30% per tahunnya.
Tentu bila dihitung dalam 3, 5 atau 10 tahun selanjutnya, nilai dari potensi Industri Game Indonesia akan Maju meningkat.
Statistik Gamer di Indonesia
Tiba akhir tahun 2018, jumlah gamers di Indonesia diprediksi berkisar di 45 Tiba 50 juta orang.
Dalam 25 Tiba 30 Juta gamers diantaranya bermain paid game dan Mempunyai rata-rata pengeluaran $9 Tiba $10 per bulan.
Masalah Industri Game Indonesia
Menurut Cipto Adiguno yang merupakan Deputi Akses Permodalan dari AGI, permasalahan yang dihadapi Demi ini karena Tetap minim pengetahuan dan koneksi dari para keyperson di Industri Game Indonesia.
Banyak dari programmer dan game artist yang Ahli di Indonesia yang bekerja di perusahaan game di luar negeri karena Kepada berkarir di Indonesia Bukan dapat berkembang.
Ekosistem Industri Game Indonesia yang Tetap di early stage inilah yang Membikin para keyperson lari ke luar negeri sehingga pertumbuhan bisnis di Industri Game Indonesia menjadi Pelan.
Langkah pandang dari masyarakat Indonesia yang Menyantap game hanya sebagai objek hiburan dan bukanlah sebagai potensi karir yang dapat dijalani juga semakin memperberat langkah kemajuan Industri Game Indonesia.
Dengan situasi yang Eksis Demi ini tentu merupakan potensi yang terbuang dan amat sangat di sayangkan Kepada Indonesia.
Penduduk Indonesia selama bertahun-tahun dijadikan konsumen Loyal para game developer luar negeri dan Kesempatan Kepada game developer dalam negeri Bukan mendapat Bagian yang cukup.
Solusi Industri Game Indonesia
Pemerintah melalui BEKRAF ( Badan Ekonomi Kreatif ), telah melakukan sejumlah aktifitas guna mendorong perbaikan dan pengembangan Industri Game Indonesia.
Josef Mulia Simanjuntak yang merupakan Deputi Pemasaran BEKFRAF mengatakan mendukung dan telah menjalankan program yang salah satunya memperkenalkan para game developer lokal ke luar negeri dalam ajang Global ( Game Connection America 2018 & BEKRAF Developer Day ).
Tujuan dari program ini adalah Kepada mengembangkan koneksi para game developer lokal dengan pihak-pihak di Industri Game Global yang diharapkan dapat meningkatkan kerjasama baru yang dapat Bermanfaat dan bermanfaat bagi para game developer lokal.
Dengan adanya percercepatan pengembangan Ekosistem Industri Game Indonesia pada tahun-tahun mendatang diharapkan dapat membantu semakin banyaknya lapangan pekerjaan yang terbentuk sehingga dapat meningkatkan nilai kontribusi ke tanah air Indonesia.