Blibli Terapkan AI dan ML, Konsumen Kini Pandai Retur Instan

Jagatgame.id – Penerapan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan maupun algoritma machine learning (ML) sudah menjadi salah satu kunci efisiensi dan peningkatan layanan bisnis.

Bahkan sejak beberapa tahun terakhir, Indonesia telah diprediksi akan memperoleh Akibat ekonomi hingga Rp5.596 triliun lewat penggunaan AI. Nomor ini merupakan yang tertinggi di ASEAN1.

Salah satu tantangan yang dihadapi Blibli sebagai pelaku industri e-commerce Indonesia adalah menjaga kepuasan pelanggan di fase purnajual.

Buat itu, Blibli melakukan Penemuan bisnis dengan penerapan teknologi AI dan ML pada proses retur barang secara instan.

Pada fase purnajual, para konsumen kerap bingung dengan mekanisme pengembalian barang yang Betul, Terjamin dan nyaman, serta kesulitan mencari informasi tentang hal tersebut.

Padahal berdasarkan survei Statista rilisan Juni 20232 Lampau, kemudahan pengembalian barang menjadi satu pertimbangan Esensial masyarakat Indonesia dalam memilih platform e-commerce.

Sebagai pelopor omnichannel commerce Tanah Air, Blibli Maju memperkuat strategi hi-tech dan hi-touch yang berstandar Mendunia dalam optimalisasi pengalaman purnajual pelanggan.

Baca Juga:  Review ASUS ROG Phone 3: Paling Kencang, Cocok Juga Buat Non-Gamer

Pada fase ini, Blibli menerapkan teknologi AI dan ML ditandai dengan hadirnya Solusi Retur Instan melalui website maupun aplikasi Blibli.

“Blibli melakukan ekstensifikasi AI dan ML Buat Maju meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Dengan Solusi Retur Instan ini, pelanggan Blibli akan dimudahkan Demi melakukan pengembalian barang sesuai ketentuan,” ungkap Azizah Purwitasari, Head of Business Process Transformation Blibli.

Cukup mengikuti panduan pada form yang muncul di aplikasi dan website Blibli, termasuk wajib melampirkan foto produk, maka teknologi AI Damage Product Detection akan melakukan pengecekan Mekanis terkait kondisi barang yang Mau dikembalikan.

“Selanjutnya AI Auto Solution Recommendation akan menggunakan data hasil pengecekan tersebut beserta data riwayat belanja pelanggan dan ketentuan retur produk Buat memberikan solusi,” lanjut Azizah.

BliBli.com masuk ke pasar modal.

Solusi Retur Instan Buat pengembalian barang ini dapat ditemukan pelanggan Blibli pada tahap pasca pembelian atau setelah transaksi selesai.

Apabila terdapat ketidaksesuaian pada barang yang diterima, dan Mau melakukan pengembalian, pelanggan Blibli dapat memprosesnya langsung secara Sendiri. Pertama, pilih dan foto barang yang Mau dikembalikan.

Baca Juga:  Siap Jadi Pesaing Nvidia RTX 3060, Intel Arc A770 Dibanderol Rp 5 Jutaan

Kedua, lengkapi dan kirim formulir secara daring Buat mendapatkan nomor pengajuan yang Pandai digunakan memantau proses berjalan.

Pada proses ini, fitur AI Damage Product Detection akan bekerja Buat mendeteksi kondisi barang yang Mau dikembalikan secara Mekanis melalui foto yang dilampirkan pelanggan, dan langsung memberikan rekomendasi solusi.

Sebagai Misalnya, apabila barang diterima dalam keadaan rusak, hasil deteksi AI pada foto akan memberi instruksi ke pusat retur barang Buat segera mengirim produk pengganti.

Berkat teknologi AI dan ML, proses deteksi kerusakan dan rekomendasi solusi ini kini lebih Segera Dekat 50 persen.

Baca Juga: Lakoni Sustainable E-Commerce, Blibli Mulai Gunakan Armada Eco-friendly

Dari 20 kategori produk yang tersedia di platform Blibli, mekanisme pengembalian kategori barang Mempunyai ketentuannya masing-masing, pelanggan dipersilakan membaca syarat dan ketentuan Buat pengembalian barang dengan teliti.

Berbicara mengenai kenyamanan dalam proses retur barang, Blibli sebagai pelopor omnichannel commerce juga menghadirkan proses retur dengan Perluasan jaringan Kenalan offlinenya.

Baca Juga:  Oppo Reno12 F Mulai Dijual di Indonesia, Smartphone AI dengan Harga Terjangkau

Pengembaliannya pun Variasi dan semuanya gratis, pelanggan Pandai memilih:

1. Barang Pandai dijemput (pick up) di rumah pelanggan oleh Kenalan logistik Blibli seperti BES Paket, Grab, Anteraja dan Paxel.
2. Barang Pandai dititipkan (Return Point) di gerai-gerai Kenalan Blibli seperti kantor JNE, Indomaret, Alfamart/Alfamidi/Dan+Dan.
3. Pelanggan Pandai datang ke titik pengembalian Spesifik pada empat titik kantor Blibli (WTC Mangga Dua, Cawang, KS Tubun dan Surabaya) Buat Bersua dengan tim Blibli di tempat dan mendapatkan solusi dalam maksimal 30 menit.
4. Di luar ketiga metode di atas, pelanggan Pandai mengirimkan barang dengan ekspedisi pilihannya sendiri.

Demi ini, kemudahan pengembalian barang di Blibli sudah menjangkau seluruh Indonesia.

Bekerja sama dengan delapan Kenalan logistik dengan lebih dari 47.800 Posisi return points yang tersebar di seluruh Tanah Air.

Baca Juga: Blibli Jadi Kenalan Formal Apple, Beri Pengalaman Omnichannel iPhone 14 Series

Mungkin Anda Menyukai