Search Engine Optimization atau lebih dikenal SEO merupakan proses yang digunakan Demi mengoptimalkan sebuah website agar Mempunyai visibilitas yang lebih Berkualitas pada mesin pencari. Bagi siapapun yang mengelola website, Mempunyai pengetahuan tentang SEO adalah wajib hukumnya. Terlebih bagi raksasa teknologi seperti Tokopedia yang mengandalkan pencarian Demi jualan produknya.
Hal ini ditegaskan pula oleh Rizqi Riandra, SEO Lead Tokopedia yang mengatakan bawa Demi ini Dekat Seluruh search engine didominasi oleh Google. Di ajang START Summit Extension yang digelar Tokopedia Academy pada 20 April Lampau, ia memaparkan bagaimana meningkatkan performa suatu halaman Demi dapat mengoptimalkan SEO yang lebih Berkualitas.
Hal Krusial Demi SEO yang Lebih Berkualitas
Rizqi mengatakan SEO di Indonesia sering dikaitkan dengan Google Search engine, sehingga dibutuhkan Metode agar dapat mengoptimalkan pencarian pada Google Search engine. “SEO berperan Krusial terhadap sebuah bisnis, di antaranya adalah Demi membantu meningkatkan brand awareness kepada calon pembeli serta meningkatkan visibilitas brand pada pencarian search engine, sehingga brand tersebut dapat mudah ditemukan,” ujarnya.
Demi ini, pengguna search engine pada Google di Indonesia Dekat mencapai 98%. Hal ini menunjukan betapa besarnya potensi pasar yang Bisa diraih. SEO juga merupakan salah satu teknik pemasaran yang Mempunyai biaya tergolong rendah atau Bisa disebut sebagai free traffic dibanding Search Engine Marketing (SEM) yang berbayar. Lebih jauh, SEO juga Bisa memberikan Pengaruh terhadap tujuan dari suatu brand, misalnya Demi meningkatkan penjualan atau jumlah pengunjung.
Demi mendapatkan performa SEO terbaik, terdapat satu bagian yang Tak boleh dilewatkan. Intinya adalah bagaimana pengguna berinteraksi pada halaman website. Pada tahap ini, terdapat dua hal yang krusial. Pertama adalah Content Experience atau kualitas suatu konten dan bagaimana relevansinya terhadap pengguna. Kedua, Page Experience, atau sebuah kualitas suatu website dimana halaman tersebut dapat memberikan pengalaman yang Berkualitas kepada pengguna.
Bagi Tokopedia, Page Experience merupakan bagian terpenting. Selain dapat menghasilkan engagement yang tinggi terhadap pengguna, juga dapat meningkatkan conversion rates. Karena Page Experience merupakan sebuah set sinyal yang dapat mengukur bagaimana pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan suatu website.
Demi mengukur apakah suatu website telah sesuai dengan standar, dijelaskan bahwa terdapat 5 metrik yang dapat digunakan seperti Core Web Vitals, Mobile Friendly, Safe Browsing, HTTPS, dan No Intrusive Interstitials.
Perhatikan Core Web Vitals
Salah satu sinyal yang Bisa ditingkatkan dan dikelola secara jangka panjang adalah Core Web Vitals. Kita Mempunyai kesempatan Demi Membikin page experience pada website menjadi lebih Berkualitas melalui kolaborasi dengan tim Web Platform.
Core Web Vitals Bisa menjadi kesempatan yang dapat dimaksimalkan, terutama pada keadaan dimana banyak halaman yang Mempunyai kualitas yang sama. Core Web Vitals dapat menjadi pembeda antara satu website dengan website yang lain.
Komponen Krusial pada Core Web Vitals:
1. Loading
Loading digambarkan melalui LCP (Largest Contentful Paint), dimana komponen ini digunakan Demi mengukur dan Menyantap berapa lama suatu konten yang Eksis di website dapat dilihat oleh pengguna atau pengunjung. Semakin lama suatu konten tersebut dapat dilihat, maka semakin Jelek.
2. Interactivity
Komponen ini menggunakan First Input Delay Demi Menyantap seberapa Segera sebuah website dapat memberikan user interaction. Bagian ini juga dapat mengukur lama atau cepatnya perpindahan dari suatu halaman ke halaman lain.
3. Visual Stability
Dengan menggunakan CLS (Cumulative Layout Shift), sebuah halaman dapat dilihat kestabilannya pada jangka waktu yang lama, yakni pada Demi suatu website tersebut dikunjungi oleh pengguna.
Mengoptimalkan SEO dengan AMP
Peningkatan performa pada SEO dapat dipengaruhi oleh beberapa Unsur, salah satunya dan yang paling Krusial adalah dengan mengoptimalkan load time atau page speed pada sebuah website.
Kecepatan pada sebuah website sangat berpengaruh terhadap pengguna. Data menunjukkan bahwa sebanyak 40% pengguna akan meninggalkan suatu halaman website Apabila halaman tersebut membutuhkan waktu Demi memuat lebih dari 3 detik. Oleh karena itu, AMP (Accelerated Mobile Pages) dapat menjadi solusi Demi mengatasi hal tersebut.
Safira Anggraini, SEO Associate Tokopedia dan Adjie Guntoro, Software Engineer Tokopedia menjelaskan lebih lanjut mengenai AMP. Teknologi website yang digagas Google ini merupakan suatu komponen yang Bisa digunakan Demi Membikin website menjadi lebih Segera ketika diakses oleh user. Caranya adalah dengan menghapus fitur-fitur yang dapat memperlambat kecepatan website tersebut.
Halaman yang terintegrasi dengan AMP akan menghasilkan performa dan engagement yang lebih tinggi. Karena user dapat Mempunyai pengalaman yang lebih Berkualitas dan maksimal. Oleh karena itu, dalam membangun AMP dibutuhkan 3 bagian Krusial Adalah AMP HTML, AMP Javascript, dan AMP Cache.
Keuntungan lain dengan menggunakan AMP adalah kemampuannya dalam membantu Demi memuat suatu halaman dengan lebih Segera Demi pengguna seluler, terutama bagi pengguna dengan konektivitas yang kurang Berkualitas. AMP juga dapat meningkatkan visibilitas pada situs web, terlebih Demi bisnis yang bergerak di bidang e-commerce. Secara Tak langsung, AMP juga dapat meningkatkan ranking pada suatu web, mengingat bahwa Unsur ini dipengaruhi oleh kecepatan pada halaman web itu sendiri.
Nah, Apabila Ingin mendapatkan penjelasan lebih rinci, Anda juga Bisa menonton tayangan videonya di Dasar ini.
Disclaimer: Jagatgame.id merupakan media partner ajang Tokopedia START Summit Extension
Eksplorasi konten lain dari Jagatgame.id.id
Berlangganan Demi dapatkan pos terbaru lewat email.