Rekanan Desain Dunia Video Game dengan Gameplay yang Disajikan

Desain dunia dari suatu video game sangat berpengaruh kepada konsep gameplay-nya juga. Semakin kompleks desain dunia, maka kemungkinan kompleksitas gameplay-nya pun meningkat, benarkah demikian? Berikut penulis akan membahas Rekanan antara desain dunia dengan tipe gameplay yang dapat diimplementasikan kedalamnya.


Desain Dunia Linear

Desain dunia linear merupakan konsep dimana dunia pada suatu game Mempunyai alur lurus dan ‘sesuai dengan keinginan developer’ atau Dapat disebut sebagai scripted. Desain seperti ini Tak memungkinkan player Kepada mengeksplor game secara Berdikari, eksplorasi dibatasi oleh narasi, dan pilihan ditentukan oleh narasi.

Game linear sangat bergantung pada pacing karena Nyaris keseluruhan cerita ditentukan oleh pilihan developer, jadi developer harus Dapat membangun pacing yang Berkualitas dan story yang padat agar dapat mengena pada player. Meskipun dibatasi oleh narasi, kemungkinan multiple ending Tetap Dapat terjadi Tetapi tetap saja dibatasi oleh suatu event, misalnya Kepada mendapat bad, worse, atau nightmare ending di game Spec Ops: The Line.

SpecOpsTheLine 2012 07 29 12 41 40 07
Spec Ops The Line

player cukup Membangun pilihan pada event dimana protagonis memutuskan bunuh diri atau Tak, player Tak perlu melakukan berbagai aksi dalam gameplay yang nantinya akan membangun sequence Kepada mendapat ending tertentu.

Baca Juga:  15 Game Grafis Menawan yang Lancar di PC Kentang

Misalnya game linear: Call of Duty series, Spec Ops The Line, Metro Last Light, NFS Underground, Metal Gear Rising dsb.


Desain Dunia Semi Open-World (SOW)

Img 29052020 080610 (800 X 400 Pixel)

Desain dunia SOW merupakan Perluasan dari desain dunia linear, secara ringkas desain SOW mengambil konsep dari linear Tetapi dengan pilihan yang Dapat ditentukan oleh player sendiri. SOW memungkinkan player Kepada menyelesaikan suatu tujuan dengan berbagai pilihan, tentu saja pilihan ini merupakan pilihan terbatas yang sudah disiapkan oleh developer.

Tetapi Tak menutup kemungkinan bahwa player Dapat menemukan pilihan lain. Kepada sisi eksplorasi, player diberi kebebasan Kepada mengeksplor suatu area secara penuh, Kalau player berpindah area maka area sebelumnya Tak dapat dijelajahi kembali, karena itulah backtracking Tak ditemukan dalam game SOW.

hitmanspring
Hitman yang punya kebebasan eksplorasi di ruang terbatas

Satu Kembali Ciri dari SOW adalah player memang diberikan kebebasan Kepada menjelajah selama dalam misi, Betul, player selalu terikat misi, oleh karena itu free roam Tak dapat dilakukan pada game SOW. Dalam memperoleh ending, game dengan desain SOW memungkinkan sebuah game Kepada membangun sequence berantai selama gameplay dan dapat mempengaruhi ending, oleh karena itu konsekuensi dari setiap aksi player dapat mempengaruhi ending.

Baca Juga:  7 Argumen Mengapa Netflix Harusnya Enggak Diblokir di Indonesia

Misalnya game SOW: Dishonored saga, Metro Exodus, MGS V: Phantom Pain, Crysis 3, HALO saga, The Evil Within 2, Hitman 2016 dsb.


Desain Dunia Open-World (OW)

Img 29052020 080554 (800 X 400 Pixel)

Desain Open-World merupakan desain paling masif dan kompleks dalam dunia video game, konsep Esensial dari OW adalah memberikan kebebasan absolut pada player dalam bermain. Desain OW memberikan kebebasan player Kepada menyelesaikan suatu masalah sesuai dengan keinginan player, developer hanya memfasilitasi player dengan dunia yang luas, player sendirilah yang menyelesaikan masalah yang Eksis dalam game. Terdengar praktis bukan? ‘Tangkaplah penjahat apapun caranya’, Tetapi disinilah peran mekanisme dalam game berperan Krusial dalam menyukseskan misi tersebut.

Kalau mekanisme satu sama lain Tak bekerja, maka konsep dari OW Dapat gagal total bahkan Dapat menyimpang dari konsepnya itu sendiri, misalnya apabila opsi stealth Tak berfungsi karena AI yang terlalu sensitif atau pergerakan yang clunky dapat mengubah konsep OW menjadi linear karena hanya Eksis satu solusi Kepada masalah tersebut: Rambo style.

Baca Juga:  OPINI: Tencent Kembali Berbenah AOV, Sebuah Ambisi Baru Atau Hanya Sekedar Formalitas?
GTA Online
GTA tentunya menjadi game open-world paling piopuler sekarang

Oleh karena itu developer harus Dapat memprediksi dan memfasilitasi player dengan berbagai opsi yang dibutuhkan Kepada melakukan sesuatu, karena Kalau opsinya minim, suatu game OW akan terkesan kaku dan membosankan, bagaikan berkendara di tengah gurun Sahara.

Terlebih fitur andalan dari game OW adalah free roam, yakni kondisi dimana player Tak terikat misi dan bebas mengeksplor dunia yang Eksis dalam game.

Misalnya game OW: GTA series, Saints Row series, Just Cause series, NFS Most Wanted, Far Cry series, Borderland series, Rage series, The Crew, The Vanishing of Ethan Carter dsb.


Hasil

Img 29052020 081359 (800 X 400 Pixel)

Setelah mengetahui berbagai jenis desain dunia, player diharapkan dapat lebih mengerti konsep yang berusaha ditunjukkan suatu game sehingga Tak terjadi miskonsepsi. Selain itu mungkin akan muncul pertanyaan: ‘Manakah yang terbaik?’. Tak Eksis Eksis yang lebih Berkualitas, Seluruh tergantung persepsi dan kebutuhan player terhadap video game yang Ingin dimainkan.