Bahasa Indonesia Video Game – Loyalp video game memiliki berbagai macam opsi bahasa yang telah disediakan oleh developer. Kebiasaanlnya jika video game rilis secara global pasti selalu menghadirkan bahasa Inggris karena merupakan bahasa yang pasti digunakan secara Dunia.

Enggak sedikit pula developer menghadirkan bahasa selain Inggris, seperti Spanyol, Italia, China, Jepang, dan juga Bahasa Indonesia di video game untuk beberapa game yang memberikan dukungan fitur tersebut.

Tetapi baru-baru ini, komunitas Gamer di Indonesia sedang ramai membahas video game yang tidak ada bahasa Indonesia dianggap sepi, jelek, dan kritikan negatif lainnya.

Awal Mula Topik “Enggak Terdapat Bahasa Indonesia di Video Game, Bintang 1 Cill”

Awal mula topik ini jadi ramai diperbincangkan oleh Gamer Indonesia

Enggak diketahui secara pasti awal mula topik ini bisa menjadi ramai dikalangan Gamer Indonesia. Setelah ditelusuri lebih lanjut, semua ini bermula ketika komunitas Gamer menemukan adanya komentar pada acara livestream menyambut perilisan game open world terbaru dari Kuro Games yang berjudul, Wuthering Waves.

Pada kolom komentar video livestream Wuthering Waves, ditemukan adanya komentar dari penonton Indonesia yang mengatakan, “GAK ADA BAHASA INDONESIA, BINTANG 1 CILL”.

Selain itu, ada juga komentar lainnya yang masih berhubungan dengan kritikan kurang senang dari beberapa penonton dari Indonesia, seperti membandingkannya dengan game lain yang ada fitur bahasa Indonesia ataupun menolak tidak ingin belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris.

Komentar-komentar tersebut langsung ramai menjadi bahan perbincangan para Gamer. Enggak hanya di komunitas Wuthering Waves saja, bahkan komunitas game lain beramai-ramai memberikan tanggapan mereka terhadap tidak adanya fitur bahasa Indonesia di video game.

Berbagai macam pro dan kontra dari para Gamer di Indonesia menanggapi topik seperti ini dan mereka pun saling memberikan opininya masing-masing di internet.

Pengalaman Pribadi Bermain Video Game Tanpa Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia Video Game
PS1, konsol legendaris yang bikin nostalgia

Secara pribadi, saya sendiri kurang suka terhadap komentar yang mengatakan kalau game yang tidak ada bahasa Indonesia itu sepi, jelek, dan wajib dikasih bintang *1. Itu karena saya kenal video game pada zaman dimana video game tidak ada fitur Bahasa Indonesia.

Rata-rata game yang saya mainkan sejak kecil itu kalau tidak bahasa Inggris, pasti bahasa Jepang. Karena pada awal tahun 2000-an, era kepopuleran PS1 dipenuhi game dengan settingan dasar bahasa Inggris dan Jepang untuk game yang berasal dari negeri Sakura. Apalagi di saat itu saya masih duduk di bangku SD dan baru belajar bahasa Inggris dasar di kelas 3 dan baru punya konsol PS1.

Apakah sulit harus bermain video game tanpa fitur Bahasa Indonesia? Jawabannya iya. Apalagi kalau game yang kalian mainkan ber-genre RPG ataupun Adventure yang benar-benar mengharuskan Player memahami apa yang harus mereka lakukan selanjutnya.

Legend of Legaia
Legend of Legaia

Saya ambil contoh pengalaman yang dulu sulit sekali saya lanjutkan progress bermain game adalah Legend of Legaia. Pada awal permainan, kalian akan diminta untuk menemui guru silat mempelajari teknik dasar sistem pertarungan atau dalam hal ini tutorial. Setelah latihan, kalian akan disuruh istirahat di rumah untuk melanjutkan jalan cerita.

Mengingat saat itu saya masih duduk di kelas 2 SD, tentu saja saya tidak tahu apa yang tertulis pada dialog. Selama awal permainan Legend of Legaia, saya pasti akan berbicara ke semua NPC.

Selain itu saya juga memeriksa semua objek di kota pertama berharap ada mengaktifkan jalan cerita supaya bisa lanjut. Termasuk memeriksa pohon dengan sarang lebah yang langsung masuk ke dalam pertarungan dan mengalahkan Player dengan 1 kali hit karena damage-nya yang besar.

Final Fantasy 7 Ps1
Final Fantasy VII

Hal ini juga berlaku ketika bermain Final Fantasy VII dimana saya nge-stuck ketika harus mencari Aerith yang tiba-tiba keluar dalam party. Waktu itu saya harus menelusuri semua tempat berharap bisa nge-trigger jalan cerita dan bertemu Aerith.

Setelah membutuhkan waktu lama, akhirnya saya menemukan trigger bagaimana cara pergi ke City of the Ancients/Forgotten Capital dan meneruskan permainan.

Bakusou Kyoudai Let's & Go!! Eternal Wings
Bakusou Kyoudai Let’s & Go!! Eternal Wings

Teladan lainnya adalah game bahasa Jepang, seperti game tamiya legendaris berjudul Bakusou Kyoudai Let’s & Go!! – Eternal Wings ataupun Ninpu Sentai Hurricaneger di PS1. Kedua game ini menghadirkan bahasa Jepang, tulisan huruf yang lebih tidak dikenal dibandingkan bahasa Inggris saat saya duduk di bangku SD.

Untungnya game ini simpel dan masih bisa dimainkan dengan 2 prinsip, yaitu Menu paling atas adalah yang paling penting dibandingkan menu paling bawah. Atau pilihan kanan itu Yes dan yang kiri No. Alhasil saya masih bisa memainkan game ini tanpa perlu mengerti tulisan bahasa Jepang.

Harvest Moon Back To Nature Bahasa Indonesia Ps1
Harvest Moon Back to Nature Bahasa Indonesia

Ketika masuk di kelas 4 atau 5 SD, kemunculan beberapa game dengan fitur bahasa Indonesia pun mulai bermunculan, seperti Harvest Moon Back to Nature dan Breath of the Fire IV.

Seperti yang kalian ketahui, itu adalah fan translation yang memberikan patch bahasa Indonesia yang sampai sekarang saya tidak tahu siapa Gamer Indonesia yang membuat patch seperti itu dan versi tersebut tersebar sampai di tempat toko game di kota tempat tinggal saya.

Versi tersebut sangat membantu banyak Gamer Indonesia yang bisa mengerti dialog yang mereka katakan di dalam game. Meski kedua game ini bukan game prioritas yang saya mainkan waktu itu, tapi tetap saya coba mainkan.

Video Game Tetap Panggil Dimainkan Meski Tanpa Bahasa Indonesia

Rental Ps 1
Video game masih bisa seru dimainkan meski tanpa bahasa Indonesia

Saya yakin pengalaman di atas pasti tidak jauh berbeda dengan Gamer yang ada di Indonesia, terlebih mereka yang merasakan langsung era kepopuleran PS1 di awal tahun 2000-an. Hal ini juga berlaku untuk Gamer yang memainkan era game PS2, PS3, dan seterusnya termasuk juga game mobile.

Meski tanpa adanya fitur Bahasa Indonesia, video game masih bisa seru dimainkan untuk semua orang, baik itu kalian masih anak-anak, remaja, dewasa atau bahkan sudah menjadi kakek-kakek.

Bermain game Single Player seperti RPG, kalian bisa bersenang-senang dalam sebuah cerita petualangan epik nan seru di dunia fantasi. Bermain game multiplayer atau game party, kalian bisa bersenang-senang dengan teman, saudara, keponakan, orang tua, ataupun kerabat kalian.

Game multiplayer atau game party biasanya kalian tidak perlu memahami 100% bahasa dasar yang ada di video game. Niscaya ada video tutorial untuk menunjukkan cara memainkan game tersebut. Atau salah satu Player yang sudah pernah main atau paham bahasanya bisa menjelaskan dan mengajari cara bermain ke Player lain agar bersenang-senang bersama.

Enggak lupa juga bagaimana anak-anak di awal tahun 2000-an sering mampir ke rental PS bersama teman-teman. Mereka pasti sudah ada rencana ingin main bareng game apa ketika sudah dapat kesempatan PS yang kosong tidak ada yang main. Masa-masa seperti ini bakal terus ada bahkan era PS4 ataupun warnet.

Perbedaan bahasa bukanlah menjadi alasan kalian untuk tidak menyukai sebuah video game. Salah satu tujuan utama video game dibuat adalah untuk bersenang-senang. Kalau kalian tidak suka karena tidak ada fitur bahasa Indonesia, cobalah untuk belajar sedikit-sedikit bahasa asing seperti bahasa Inggris atau Jepang secara mandiri ataupun otodidak.

Dari pengalaman pribadi saat masih SD, bermain video game yang ada bahasa Inggris justru menjadi motivasi untuk mempelajari bahasanya. Sedikit demi sedikit setiap kosakata yang ada di video game saya coba pahami sendiri dan pelajari lewat kamus bahasa Inggris.

Seiring waktu berjalan, memahami bahasa Inggris justru menjadi salah satu pelajaran penting dan sangat berguna saat ini. Terlebih dalam pekerjaan saat ini yang bertugas dalam memberikan info-info berita terbaru video game yang berasal dari berbagai macam sumber dengan bahasa asing, terlebih bahasa Inggris. Segala ini untuk para pembaca setia.

Interview Final Fantasy VII Rebirth
Kalian tidak akan pernah tahu belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris atau Jepang akan berguna suatu hari nanti

Kalau tidak mau, mungkin kalian ada alasan tertentu kenapa tidak ingin belajar bahasa asing. Saya sendiri tidak bisa memaksakan keinginan kalian jika tidak mau belajar bahasa Inggris, Jepang, ataupun bahasa asing lainnya untuk bisa bermain video game yang tidak ada bahasa Indonesia.

Itulah opini pribadi saya membahas mengenai tidak ada fitur bahasa Indonesia di video game yang sedang ramai diperbincangkan oleh Gamer lokal. Bagaimana menurut kalian mengenai topik seperti ini?


Baca juga informasi menarik Jagat Game lainnya terkait Indonesia atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected].

Trending