Beberapa bulan Kembali, Cyberpunk 2077 akan segera dirilis Demi seluruh platform gaming, game ini digadang-gadang akan menjadi game dengan tema cyberpunk terbaik atau bahkan menjadi yang terbaik dari keseluruhan game itu sendiri. Dalam menyambut debut besarnya, gamer punya Langkah tersendiri Demi mempersiapkan diri, mulai dari menabung, meng-upgrade PC, bersabar menunggu harga turun, berdoa pada dewa RNG, dll. Apabila anda Enggak termasuk dari salah satu tiper gamer yang penulis sebutkan, mungkin anda Dapat mempersiapkan diri dengan mempelajari dunia cyberpunk yang berusaha dibangun oleh CD Projekt, mengenai asal usulnya, premis yang ditawarkan, bahkan memprediksi plot game itu sendiri, dengan demikian anda akan Dapat ‘menyatu’ secara alami dengan dunia yang Terdapat di Cyberpunk 2077.


Sejarah Singkat Istilah Cyberpunk

Istilah cyberpunk pertama kali digunakan pada tahun 1983 oleh penulis bernama Bruce Bethke pada cerita pendek berjudul sama (Cyberpunk), Bethke menggabungkan dua kata yakni cybernetics: istilah yang menjelaskan tentang adanya kendali Mekanis Bagus pada mesin maupun makhluk hidup, dan punk: suatu budaya, gaya hidup, dan Kategori musik yang identik dengan kekerasan dan kebebasan. Meskipun pertama kali digunakan secara Formal pada tahun 1983, premis dan konsep dari cyberbunk sudah Panjang digunakan oleh penulis, Seniman, dan philosopher terdahulu, salah satu karya fenonemal yang menggambarkan secara detail mengenai dunia cyberbunk sebelum istilah cyberpunk digunakan adalah Gambar hidup Blade Runner yang dirilis pada tahun 1982.

Img 29062020 192648 (800 X 450 Pixel)

Elemen-elemen yang Terdapat pada cyberpunk umumnya adalah adanya suatu kehidupan dimana teknologi berkembang pesat dan mempengaruhi kehidupan Insan dalam skala yang masif, selain memberi kemudahan pada kehidupan Insan, teknologi ini juga menciptakan gap dan ‘kasta’ bagi masyarakat, mereka yang Mempunyai teknologi (modifikasi pada tubuh) canggih dapat berada pada puncak kekuasaan dan mereka yang lemah akan diinjak-injak, oleh karena itu plot pada novel, komik, Gambar hidup, maupun game bertema cyberpunk selalu memposisikan protagonis ditempat dimana Sekalian sistem ini terlihat Enggak adil dan protagonis akan berusaha hidup melawan ‘arus’, menjadi anti-pemerintah, dan hard boiled. Jadi,  tema cyberpunk Enggak hanya  membangun dunianya lewat sisi teknologi, Tetapi juga kultur, gaya hidup, hingga icon tersendiri, Rekanan antar elemen yang cukup kompleks inilah yang Membangun cyberbunk berbeda dengan yang Aliran yang lain dan tentu saja membuatnya semakin menarik. Selain Cyberpun 2077, game bertema cyberpunk antara lain Deus Ex series, Watch Dogs series, System Shock series, dan Far Cry 3 Blood Dragon.


‘Punk’ Lain Dalam Dunia Video Game

Img 29062020 193325 (800 X 450 Pixel)

Enggak seperti cyberpunk, ‘punk’ pada sub-Aliran lain umumnya hanya sebatas menunjukkan sisi teknologi yang menjadi pondasi dunianya dan mengabaikan kultur yang Terdapat (meskipun Enggak sepenuhnya). Meskipun hanya Pusat perhatian pada teknologi yang membangun dunianya, ‘punk’ pada sub-Aliran lain Enggak kalah menarik. Beberapa sub-Aliran ‘punk’ yang diketahui Terdapat di video game antara lain steampunk, whalepunk, biopunk, dan dieselpunk.


Steampunk

Img 29062020 181631 (800 X 450 Pixel)

Steampunk merupakan turunan langsung dari cyberpunk, dimana kultur Lagi dapat ditemukan pada sub-Aliran ini. Steampunk membangun dunianya melalui teknologi pada masa revolusi industri atau sering disebut dengan mesin uap, and akan menemukan hal seperti balon udara, kereta uap, senjata era 1800 -an dsb. Misalnya dari game dengan tema steampunk adalah Bioshock Infinite, Steamworld series, dan The Order 1886.


Whalepunk

Img 29062020 181639 (800 X 450 Pixel)

Dishonored merupakan game artistik dengan dunia yang Mempunyai Tanda dari steampunk, Tetapi teknologi yang Terdapat pada game ini dianggap terlalu maju sehingga fans setuju Demi menggunakan istilah ‘whalepunk’ sebagai Julukan bagi teknologi di game ini. Tetapi memang Fakta bahwa teknologi dan bahkan sistem combatnya berdasarkan kehadiran substansi Spesial dari minyak Leviathan (paus sperma jaman purba) Mempunyai keunikan tersendiri dan fondasi sendiri dari dunia steampunk. Whalepunk bahkan juga Mempunyai kultur dan mitologi dari kehadiran minyak paus ini.


Biopunk

Img 29062020 181649 (800 X 450 Pixel)

 

Biopunk Pusat perhatian pada perubahan yang diakibatkan oleh modifikasi biologis. Elemen pada game ini dapat berupa Tumbuhan dan Hewan yang aneh, dan juga Watak Istimewa yang Mempunyai kemampuan menggunakan dan memodifikasi organ tubuhnya. Misalnya game biopunk antara lain Bioshock, Prototype, dan Prey (2017).


Dieselpunk

Img 29062020 181658 (800 X 450 Pixel)

Dieselpunk merupakan dunia fiktif yang paling identik dengan dunia Konkret, seperti namanya, game ini dibangun atas teknologi diesel yang menyebabkan pencemaran udara dan perubahan lingkungan secara drastis. Elemen dari dunianya seperti truk berukuran jumbo, senjata berkaliber besar, dan protagonis gahar selalu menemani anda di setiap situasi. Misalnya game dengan tema dieselpunk antara lain Mad Max, Wolfenstein series, dan Red Alert saga.

Trending