Kenapa HP Tiba Tiba Tewas – Intensitas penggunaan smartphone belakangan ini semakin meningkat. Dalih utamanya Enggak lain karena semakin mudah akses terhadap sosial media yang sering Membikin pengguna lupa waktu.

Ditambah Kembali dengan game di smartphone yang semakin bervariatif Membikin siapapun ketagihan Buat menatap layar persegi panjang itu selama mungkin.

Tetapi, Eksis hal yang kemudian Membikin kita jadi merasa Kesal. Smartphone atau HP kita tiba-tiba Tewas tanpa Dalih yang Terang. Enggak jarang juga HP yang Tewas tersebut Enggak Dapat dihidupkan kembali alias matot.

Rupanya Eksis Dalih dibalik Seluruh itu dan mungkin kalian kebingungan apa saja solusi yang Dapat diambil Buat memperbaikinya. Diluar Seluruh itu kalian harus Mengerti dulu apa penyebab HP tiba tiba Tewas agar Dapat ditangani secara Betul.

Dalih Kenapa HP Tiba Tiba Tewas dan Solusinya

Dalih Hp tiba-tiba Tewas

Berikut adalah beberapa Dalih paling Biasa kenapa sebuah HP Dapat tiba-tiba Tewas dan Metode mengatasi HP Tewas sendiri.

1. Chipset Kepanasan

Kenapa HP Tiba Tiba Mati
Kepanasan

Penyebab pertama HP Tewas sendiri yang paling Biasa adalah karena chipset dalam keadaan kepanasan. Biasanya karena terlalu Lamban memainkan game atau bermain game yang terlalu berat Buat di-handle sang HP.

Atau Dapat saja kasusnya memang terletak pada chipset tersebut yang memang gampang panas seperti Snapdragon 8 gen 1 kemarin.

Solusinya? Kalian mungkin Dapat menurunkan pengaturan grafis ke medium atau low dan lihat apakah chipset kembali panas. Apabila iya berarti kalian harus mengganti game atau sekalian HP yang lebih Cakap.

2. Kesalahan pada Software Android

Kenapa HP Tiba Tiba Mati
OS bermasalah

Terkadang masalah yang dialami bukan hanya dari sisi hardware saja melainkan software. Mulai dari Android yang mengalami fatal error hingga karena masalah-masalah Enggak kasat mata lainnya. Solusi yang Dapat kalian lakukan ketika HP Tewas adalah melakukan reset pengaturan pabrik atau sekalian flash ulang ROM tersebut.

3. Baterai Rusak

Kenapa HP Tiba Tiba Mati
Baterai rusak

HP yang terlalu Lamban digeber biasanya akan memicu kerusakan dan yang paling sering terdampak adalah baterai. Apabila kalian memainkan game Sembari ngecas HP, maka Mekanis baterai akan menjadi panas.

Perlu diingat bahwa panas adalah musuh Esensial dari baterai dan Apabila kalian sering melakukannya dalam jangka waktu Lamban (main Sembari ngecas), tinggal menunggu waktu saja Ketika baterai rusak total.

Solusi yang Dapat ditempuh adalah mengganti baterai baru Bagus di service center Formal atau gunakan baterai pihak ketiga yang memang teruji kualitasnya.

4. Penyimpanan Internal Terlalu Penuh

Kenapa HP Tiba Tiba Mati
Internal penuh

Sebaiknya jangan membiarkan penyimpanan internal HP kalian terlalu penuh. Selain performa HP akan menjadi Lamban, Enggak menutup kemungkinan kalau HP jadi sering Tewas-Tewas. Hapus beberapa file atau aplikasi yang memang sudah Enggak digunakan Buat Membikin penyimpanan jadi lebih lapang.

5. Tombol Power yang Mandek/Ketekan Lanjut-menerus

Kenapa HP Tiba Tiba Mati
Tombol daya Mandek

Kenapa HP tiba tiba Tewas Dapat jadi juga karena kerusakan pada tombol daya atau power. Biasanya karena tombol tersebut Mandek dan jadinya memberikan input Lanjut-menerus jadi HP tersebut Enggak mau nyala.

Penulis sendiri sudah pernah mengalaminya dan langsung bawa ke tempat servis Buat memperbaikinya. Kalian juga sebaiknya melakukan hal yang sama.

6. Software Rusak karena Root

Kenapa HP Tiba Tiba Mati
Root di HP

Era dulu, melakukan Root pada Android memang memberikan banyak sekali fitur baru yang Enggak disediakan oleh pengembang OS bawaan. Hanya saja belakangan ini Root mulai kehilangan momentumnya karena Android sendiri sudah kaya fitur dan Root mulai ditinggalkan.

Tapi Eksis juga yang melakukan Root Buat mendapatkan fitur spesifik yang belum Eksis di ROM bawaan. Hanya saja seperti Root pada umumnya selalu Eksis resiko tersendiri. Salah satunya Yakni, mungkin HP tiba tiba Tewas tanpa Alasan. Dapat jadi karena OS menjadi rusak karena suatu hal yang jadi Pengaruh samping Root tersebut.

7. HP Kemasukan Cairan

Kenapa HP Tiba Tiba Mati
Ketumpahan air

HP kalian pernah kecebur air di bak mandi atau kena rembesan hujan? Dapat saja itu penyebab HP Tewas sendiri. Karena air adalah musuh dari barang elektronik, bagian dalam HP Dapat saja mengalami korosi apalagi Apabila kemasukan air laut yang penuh garam. Rating tahan air juga Enggak 100% menjamin air Enggak Dapat masuk selamanya.

8. Komponen Internal yang Luas/Copot

Kenapa HP Tiba Tiba Mati
Kabel flexibel di smartphone

HP yang keseringan Anjlok atau terbentur kadang Dapat Membikin komponen dalam seperti kabel flexibel menjadi Luas atau bahkan copot. Apalagi kalau kabel baterai yang copot tentu HP Enggak mendapatkan daya. Solusi HP Tewas karena ini adalah coba bawa ke tukang servis Buat didiagnosa terlebih dahulu.

9. Layar Smartphone Rusak

Kenapa HP Tiba Tiba Mati
Layar OLED

HP Enggak mau nyala terkadang bukan karena masalah chipset atau baterai dan software. Dapat saja memang layar kalian yang rusak karena suatu hal. Apabila sudah terjadi, siapkan Fulus yang lebih banyak karena perbaikan layar atau ganti LCD itu butuh biaya yang Enggak sedikit terutama layar berjenis OLED atau AMOLED.

10. Sudah Saatnya Ganti HP

Kenapa HP Tiba Tiba Mati
Sudah umurnya

Kalau kalian sudah menggunakan HP lebih dari 5 tahun dan sering Tewas tanpa Dalih yang Terang. Mungkin itu adalah saatnya kalian move on dan berganti ke HP yang lebih baru. Umur sebuah smartphone memang Enggak Dapat selama HP feature phone seperti Nokia dulu.

Karena intensitas penggunaan yang lebih tinggi memperpendek umur penggunaan sebuah smartphone. Solusinya sudah Terang kalian harus ganti ke HP yang lebih baru, Enggak perlu mahal asal sesuai dengan kebutuhan sudah bagus.

Jadi itulah kenapa HP Dapat tiba-tiba Tewas tanpa Alasan. Apakah kalian pernah merasakan kejadian serupa dan solusinya Rupanya mudah sekali? Coba sharing pengalaman kalian ya.


Baca juga informasi menarik Jagat Game lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com.

Trending