Apa Itu Dekonstruksi Dalam Video Game?

Menjelaskan dekonstruksi dari awal Tamat akhir cukup rumit, Tetapi penulis akan berusaha menjelaskan sesederhana mungkin. Dekontruksi dalam dunia entertainment (novel, komik, Sinema, game) merupakan metode Demi menghilangkan cliché dengan Metode mengubah konstanta atau ketetapan yang sudah Terdapat dalam suatu Jenis, perubahan konstanta Enggak sama dengan mengubah core gameplay atau menggabungkan Jenis semata.


PerumpamaanImg 03082020 145759 (800 X 450 Pixel)

Misalnya sederhana: bubur ayam terdiri dari bubur dan ayam, ini merupakan konstanta, menambah jamur, udang, roti, bawang dan topping lainnya Enggak semata mengubah fakta bahwa itu adalah bubur ayam tersebut, Tetapi apa jadinya Kalau kita menggunakan beras merah atau bahkan nasi kuning sebagai dasar buburnya, terasa aneh bukan? Bagaimanapun juga kita Enggak Pandai menyangkal kalau itu (bubur ayam nasi merah/nasi kuning) adalah bubur ayam. Game seperti Borderland, The Division, atau The Crew Enggak Pandai disebut sebagai dekonstruksi karena mereka hanya menambah elemen, Tetapi Enggak mengubah konstanta Jenis-nya. Di masa Lewat banyak game yang melakukan metode ini, Tetapi agar lebih familiar penulis akan menggunakan Misalnya yang lebih modern.


Misalnya Dekonstruksi Dalam Dunia Game Modern

Misalnya 1: Spec Ops The Line

Kalau kalian memainkan game dengan Jenis military shooter, anda akan mendapat formula atau sekuens yang kurang lebih seperti ini:

Adobe Post 20200506 1104500.4512527885540266

Konstanta ini digunakan Dekat di seluruh game military shooter modern, sebut saja Battlefield 3, 4, Hardline, CoD MW series, Homefront, Metro Last Light, MoH Warfighter, SOCOM dan Lagi banyak Tengah. Di tahun 2011, game bernama Spec Ops The Line berani mengubah konstanta tersebut melalui formula berikut:

Adobe Post 20200506 1112130.09637739788817723

Spec Ops mengubah ketetapan dimana perang yang umumnya disajikan dalam perspektif video game terlihat megah dan heroik menjadi sesuatu yang mengerikan dan Membikin anda enggan memainkannya, tentu saja dalam konteks yang positif. Secara garis besar, Spec Ops tetaplah game tembak menembak, tapi dengan perubahan ini anda Pandai dibuat enggan menarik pelatuk dan bahkan merasa bingung dan ketakutan Demi berada di medan perang, berbeda dengan konstanta yang ditetapkan Modern Warfare 13 tahun yang Lewat.


Misalnya 2: Portal

Portal merupakan Misalnya drastis dari dekonstruksi, bahkan game ini sanggup mendekonstruksi 2 main Jenis sekaligus (FPS dan Puzzle), Demi lebih jelasnya silahkan lihat Komparasi antara game puzzle ‘normal’ dengan Portal series:

Adobe Post 20200803 1436390.7617012435204269Dalam perspektif Jenis puzzle, Portal Pandai mengubah ketetapan atau formula yang Terdapat pada Jenis puzzle sejak Pelan seperti gambar diatas, sedangkan dari perspektif FPS, Portal Pandai menunjukkan bahwa game FPS Enggak selamanya tentang membunuh dan merusak tapi Pandai tentang berpetualang dan membangun suatu hal. Meskipun kental dengan unsur puzzle, Portal secara teknis tetaplah game FPS karena Terdapat tetap ‘menembak’ sesuatu dengan portal gun.


Misalnya Lain Game Yang Mendekonstruksi Jenis-nya

Img 03082020 151014 (800 X 450 Pixel)

Bioshock adalah game yang berhasil mendekonstruksi Jenis FPS secara keseluruhan, dimana di masa Lewat FPS yang selalu berkaitan tentang militer ‘diubah’ menjadi sesuatu yang ‘lain’. Dari segi story Bioshock membawa narasi tentang ilmu pengetahuan, filosofi, dan hal berat lainnya yang belum pernah Terdapat pada game FPS sebelumnya. Gameplay-nya pun lebih variatif karena adanya unsur RPG sehingga anda Mempunyai banyak pilihan selain menembaki musuh Tamat Wafat.

Img 03082020 153134 (800 X 450 Pixel)Selain menjadi borderline antara JRPG dan western RPG, Undertale melakukan banyak hal Demi mendekontruksi genrenya. Undertale Pandai mengubah cerita yang tampak seperti adventure-action sederhana menjadi cosmic horror yang menyeramkan. Gameplay yang disajikan pun ‘berbeda’, alih-alih menjadi turn based RPG sederhana, Undertale menyematkan unsur bullet hell, platformer, dan bahkan dating sim dalam gameplay-nya yang tentu saja menyatu dengan Berkualitas pada keseluruhan gamenya.

Img 03082020 154305 (800 X 450 Pixel)Stanley Parable adalah game yang Membikin anda bingung sekaligus Terpesona dengan narasi yang Terdapat pada gamenya. Pada sebagian besar game kita Mempunyai kontrol penuh Demi mengubah jalannya game, Tetapi di Stanley Parable anda-lah yang diubah oleh gamenya. Melalui in-game narator, anda diminta Demi mengikuti berbagai arahan yang Enggak hanya menentukan jalannya permainan tapi juga bagaimana anda memainkannya, menarik bukan?


Konklusi

Dekonstruksi merupakan metode Penemuan yang Enggak mudah dan butuh pemikiran yang matang, Tetapi pengaplikasiannya Pandai membawa Akibat yang besar bagi suatu Jenis. Seorang developer harus mengerti luar-dalam suatu Jenis sebelum berniat mengubah Jenis tersebut, layaknya melempar kotak tanpa membiarkan isinya berantakan. Demi ini, dekontruksi Jenis mungkin diperlukan agar Penemuan game Enggak stagnan dan membawa angin segar Berkualitas bagi player maupun developer.

Trending