INDOGAMERS.ID Terkadang kita merasa terganggu dengan jack ataupun kabel headset Begitu bermain gim maupun sekadar aktivitas multimedia dengan handphone. Makin banyaknya TWS/ True Wireless Stereo beredar di pasaran Dapat menjadi opsi.

Tim Review IDGS kedatangan unit TWS earphone Demi dirasakan. Bukan, bukan Demi dimakan, tapi dirasakan dengan indera pendengaran. Atau mungkin Dapat juga dengan perasaan. Back to topic, unit review kali ini sesuai judul Adalah REXUS TWS FX1.

Menggunakan chipset bluetooth PAU1606, REXUS TWS FX1 diklaim memberikan kualitas komunikasi tanpa delay. Tetapi di box kemasan, tertulis Terang low latency for gaming. Kok Dapat beda ya? Mari kita kupas REXUS TWS FX1 ini biar Engkau Bukan bingung.

Box Kemasan Rexus TWS FX1

Kemasan

Tim Review IDGS merasa desain luar box kemasan REXUS TWS FX1 Dapat dikatakan agak ramai. Kami lebih menyukai desain simple seperti DAXA Pro Wireless Mouse mereka. Tetapi hal positif di kemasan luarnya adalah potongan Separuh lingkaran di sisi kiri dan kanan. Bagian terpotong tersebut mempermudah pengguna Demi membuka kemasan. Bagian dalam kemasan cukup simple dan sudah oke.

Di dalam kemasan, kita mendapatkan;

  • Sepasang unit REXUS TWS FX1
  • Charging box 300mAh
  • Kabel micro-USB
  • 2 pasang ear tips cadangan (2 ukuran)
  • Naskah panduan dan kartu garansi

Desain dan Kenyamanan Unit

Kami menyukai desain bentuk dari REXUS TWS FX1, cukup compact dan nyaman digunakan. Panjang unit yang Bukan Tamat 3cm dengan Sekeliling 0,7cm bagian lebih kecil di Dasar setelah lekukan, kami rasa desain yang oke. Bagian lebih kecil tersebut membantu kita dalam pemasangan, pelepasan, maupun pengaturan posisi. Ibu jari kita nyaman memegang bagian belakang, telunjuk di tengah dan jari tengah di bagian depan. Hal ini mungkin terdengar sepele, Tetapi ini salah satu hal menarik dan Bermanfaat bagi kenyamanan pengguna.

Tombol fisik multi function button (MFB) di kiri dan kanan bagian depan REXUS TWS FX1 menjadi hal menarik berikutnya. Mungkin di antara kalian Eksis yang lebih suka tombol sensor sentuh daripada fisik. Tetapi bagi Tim Review IDGS, tombol fisik ini terasa lebih nyaman. MFB yang Eksis Dapat meminimalisir pengoperasian tombol/ sensor secara Bukan sengaja dilakukan pengguna. Di depan? Bukankah malah Dapat Bukan sengaja terpencet? Kembali ke topik desain bentuk sebelumnya, itulah salah satu keindahan desain fungsional bagian lebih kecil pada TWS ini. Jari tengah pengguna akan berada di bagian setelah lekukan tersebut tanpa bersinggungan dengan MFB.

Detail letak MFB Rexus TWS FX1

Hal subjektif yang Bukan kami suka dari desain unit REXUS TWS FX1 adalah Rona bagian sisi terluar dan logo REXUS. Rona silver metalik kami rasa Membangun terkesan seperti unit murahan. Mungkin Rona all black akan Membangun kesan lebih simple dan garang. Logo REXUS dengan Rona Serbuk terkesan Tewas karena silver metalik di permukaan memantulkan Cerminan yang Bukan nyaman di mata kami.

Kualitas Bunyi

Sebelum lanjut ke kualitas Bunyi, pengujian memakai handphone Andorid, Bukan kami lakukan pengetesan di iOS (iPhone). Kami menyarankan menggunakan REXUS TWS FX1 di mode low latency. Tim Review IDGS merasa kurang nyaman menggunakan tanpa mode itu Demi multimedia dan bermain gim.

Pengujian dengan software Audio Tester dari BARUM, pada mode non low latency, latency terbaca di 200 300ms. Bukan menentu, terkadang 200ms, terkadang Mengungguli 250ms. Pada mode low latency diaktifkan, terbaca letency di Bilangan 100ms. Dari pengalaman penggunaan dan hasil pengetesan dengan Audio Tester, Dapat disimpulkan menggunakan earphone ini wajib mengaktifkan mode low latency. Mode tersebut Dapat dilakukan dengan menekan 3 kali MFB hingga terdengar Bunyi Perempuan Mengucapkan low latency.

Demi penggunaan multimedia seperti mendengarkan musik, menonton file video, atau Memperhatikan video Youtube, delay dirasa sangat tipis di mode low latency. Dapat dibilang Dekat Bukan terasa. Apabila Memperhatikan video orang berbicara atau bernyanyi, visual dan Bunyi cukup Sesuai. Digunakan Demi memutar video musik rap pun terasa cukup Sesuai. Demi komunikasi sambungan Bunyi, dirasa Bukan Eksis masalah berarti Demi latency.

Beralih ke latency Begitu bermain video gim. REXUS TWS FX1 terbilang cukup oke digunakan bermain sebagian besar gim yang kami mainkan. Pengetesan bermain gim ringan, MOBA (seperti Mobile Legends), dan Sports/ Racing (seperti PES dan Asphalt), Dekat Bukan terasa adanya delay di mode low lantency. Tetapi Demi bermain gim FPS (kami mengetes bermain PUBGM), kami mendapatkan 3 pendapat berbeda. Eksis yang Mengucapkan delay tipis Dekat tak terasa, delay terasa tapi Dapat diterima, dan delay mengganggu permainan. Satu Hasil dari tiga pendapat tersebut adalah, Segala pengguna merasakan delay Begitu bermain PUBGM. Kami berpendapat bahwa Sasaran Esensial penjualan gaming TWS ini bukan Demi Pemeran gim FPS (PUBGM di pengetesan). Itu hanya pendapat kami, kami Bukan Mengerti tipe gamer yang ditargetkan REXUS Demi REXUS TWS FX1.

Kualitas Bunyi REXUS TWS FX1 terbilang cukup bagus. Catatan sebelum Engkau lanjut membaca review, earphone ini Bukan cocok Demi basshead/ penikmat bass. Kulitas bass Dapat diterima dengan penilaian cukup. Mengesampingkan kualitas bass, kami merasa nyaman mendengar Bunyi yang dihasilkan Begitu mendengarkan musik. Pengetesan mendengarkan musik dengan music player tanpa equalizer, hanya flat/ normal tanpa Pengaruh lain pula. Stereo channel kiri kanan terdengar cukup Nikmat, detail Bunyi instrumen musik yang digunakan pun cukup oke karena Segala terdengar. Pada volume mentok 100% Bukan menusuk dan menggangu telinga. Tetapi kami menyarankan maksimal pada 80% saja. Bukan menakjubkan, Tetapi cukup oke dikarenakan beberapa poin yang disebutkan sebelumnya.

Kualitas Bunyi yang dihasilkan mic bagaimana? Ya, Dapat kami katakan standar, Bukan Eksis yang spesial Demi urusan mic. Pengetesan dilakukan dengan telepon seluler (pulsa). Bunyi yang dihasilkan dengan discord, cukup Berkualitas-Berkualitas saja. Demi unit handphone yang dipakai (Samsung Note8), Bunyi dihasilkan dari sambungan Bunyi terdengar lebih Berkualitas menggunakan internal handphone daripada REXUS TWS FX1.

Daya Tahan Baterai dan Pengisian Ulang Daya

Per-unit earphone kiri dan kanan, masing-masing Mempunyai kapasitas baterai 45mAh. Kapasitas daya charging box adalah 300mAh. Dengan penghitungan sepasang REXUS TWS FX1 menampung 90mAh, charging box Bisa digunakan hingga 3 kali pengisian ulang daya earphone. Jadi Engkau Bukan perlu takut kehabisan daya.

Hal menjadi pertanyaan bagi Tim Review IDGS terletak pada Bukan sinkronnya daya earphone sebelah kanan dan kiri. Kondisi sama-sama terisi penuh 100% (dicek di handphone), salah satu earphone akan kehabisan daya lebih Lekas Sekeliling 30 menit. Kami Bukan Mengerti apakah ini cacat produk yang kami terima atau memang murni karena perbedaan daya yang dibutuhkan di setiap channel stereonya. Perbedaan 30 menit itu kami rasa cukup menimbulkan pertanyaan.

Di luar pertanyaan kami mengenai perbedaan durasi daya baterai, durasi habis baterai tercepat adalah Sekeliling 3 jam 54 menit (kami ambil rata-rata). Sedangkan durasi terlama adalah 4 jam 33 menit (rata-rata). Kemampuan durasi tersebut ketika digunakan Maju menerus dengan mode low latency diaktifkan dan volume maksimal 80%.

Hasil

Sebelum memulai Hasil, harga REXUS TWS FX1 Begitu ini di offical store Tokopedia mereka adalah Rp 399.000,-.

Kelengkapan Rexus TWS FX1

Eksis hal yang tak disebut sebelumnya di review ini. Ya, software dukungan. Bukan Eksis software dukungan yang disediakan oleh REXUS Demi TWS earphone mereka. Secara subjektif, Bukan adanya software menjadi kekurangan tersediri Apabila dibandingkan dengan produk lain di kelas harga yang sama. Demi Tim Review IDGS sih menilai ini sebagai kekurangan meskipun Bukan Eksis masalah tanpa software sejauh ini menggunakan REXUS TWS FX1. Ini adalah hal esensial yang mungkin Eksis pengguna membutuhkannya Demi memudahkan pengoperasian.

Bagi Engkau yang Mau mendapatkan TWS dengan kualitas Bunyi cukup oke di kelas harga ini, REXUS TWS FX1 Dapat menjadi pilihan Engkau. Ketika Engkau bukan basshead dan bukan gamer FPS dengan kepekaan tinggi akan Bunyi in-game, kami merekomendasikan produk REXUS ini dengan penilaian cukup oke. Tetapi Apabila Engkau sebaliknya, Eksis baiknya Engkau mencari pilihan di kelas harga yang lebih tinggi pastinya. Bukan berarti produk ini Bukan bagus. Apabila Engkau Mau menggunakan TWS ini bermain PUBGM Demi bersenang-senang saja, kami Lagi menganggap cukup oke.  Tetapi kami merasa, segmen penjualannya bukan Demi Engkau yang basshead dan heavy gamer FPS.

Pendapat pribadi Tim Review IDGS, unit headset dengan kabel tetap Lagi menjadi pilihan pertama Demi kelas gamer pro atau music enthusiast.

Secara keseluruhan, REXUS TWS FX1 kami berikan penilaian cukup oke di kelas harganya (TWS). Mantap REXUS!

 

(IDGS/ deJeer)

Trending