Tips Memilih Motherboard – Mencari sebuah motheboard atau mobo yang Cocok Demi komputer yang akan kita rakit adalah sebuah keharusan. Hal ini dikarenakan komponen ini Mempunyai peranan Krusial Demi memfasilitasi bermacam kebutuhan para user umumnya seputar hal teknis.

Bermacam merk, Corak, fitur, dan Unsur lainnya biasanya akan menentukan seberapa besar potensi kita atau gamer sebelum membelinya. Eksis yang membutuhkan fitur ARGB, Eksis yang membutuhkan minimal dua slot M.2, dan Eksis yang menyukai mobo kecil nan ringkas layaknya penulis.

Jadi, pada kesempatan kali ini, kami akan hadirkanmu bagaimana caranya memilih motherboard yang sesuai dengan kebutuhanmu, karena kami Serius kebutuhan komputasi tiap individu akan berbeda dan Kagak dapat disamaratakan dalam kebanyakan kasus.

Disclaimer:

Seluruh tips ini kami hadirkan Demi memudahkanmu sesuaikannya dengan kebutuhan. Setidaknya, kalian Bisa menambah satu dua Surat keterangan sebelum membeli mobo yang Engkau inginkan.

Tips Memilih Motherboard Sesuai Kebutuhan yang Harus Kalian Ketahui

Perhatikan tips memilih sebuah motherboard

Inilah tips memilih motherboard versi Jagat Game yang harus kalian ketahui:

1. Sesuaikan Socket dengan Kebutuhan

Contoh Pemasangan Prosesor Sesuai Socket
Harus menyesuaikan prosesor dengan socket yang digunakan

Tips motherboard pertama yang wajib kalian ikuti adalah menyesuaikan socket dari komponen Esensial kalian, Ialah prosesor atau CPU dengan kebutuhan. Pastikan motherboard yang akan kalian beli sudah Mempunyai kecocokan dengan prosesor yang kalian beli, karena bila salah, kalian terpaksa harus membeli mobo yang sesuai.

Kami contohkan, kalau kalian Ingin merakit komputer dengan prosesor AMD Ryzen 3 3200G misalkan, idealnya mobo yang harus kalian beli adalah B450, dan bukannya H610, karena beda prosesor, beda pula socket yang ditawarkannya. Jadi, jangan Tiba kalian salah beli!

2. Pastikan Ukuran Motherboard Sesuai Kebutuhan

Jenis Dan Ukuran Motherboard Untuk Pc
Ya kali mobo besar dipaksa masuk ke case kecil?

Hal kedua yang harus kalian pastikan Ketika membeli komponen ini adalah menyesuaikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Eksis yang menyukai mobo ukuran M-ATX karena universal, Eksis yang lebih menyukai mobo ATX karena kaya koneksi, dan Eksis juga yang suka mobo ITX karena ukurannya mungil.

Ukuran mobo juga harus disesuaikan dengan case yang Engkau gunakan. Umumnya sih, mayoritas lebih menyukai M-ATX dikarenakan Kagak membutuhkan case tower yang selain berat, akan membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih pula ketimbang mobo yang lebih kecil.

3. Tentukan Chipset yang akan Engkau Gunakan

Chipset Di Dalam Motherboard
Bakal memudahkan kita Demi lakukan overclock dan semacamnya

Ketika kita akan membeli motherboard, hal yang sering diabaikan adalah menentukan chipset yang akan Engkau gunakan. Umumnya, hal ini Kagak berpengaruh banyak Demi komponen keluaran tahun 2020, Tetapi berkat perkembangan Era now, chipset Mempunyai peranan Krusial dalam memfasilitasi fitur di dalam mobo.

Salah satunya adalah kemudahan Demi melakukan kustomisasi yang bersifat teknis, misalkan Demi memudahkan kita Demi overclock, atau mengatur kecepatan memori yang kita gunakan. Tetapi, dalam kebanyakan kasus, chipset hanya bersifat Biasa seperti menawarkan jumlah koneksi pada backpanel.

4. Perhatikan Fitur yang Ditawarkan

Fitur Konektivitas Di Motherboard Terkini
Harus Mempunyai konektivitas yang menjanjikan tahan Ayal

Melanjutkan poin sebelumnya, fitur-fitur di sini adalah PCIe 4.0 atau PCIe 5.0, jumlah slot M.2, jumlah slot RAM yang ditawarkan, apakah sudah mendukung ARGB, atau mungkin fitur overclock yang tentunya Bisa memberikan sejumlah peningkatan pada komponen yang mereka gunakan, terutama Intel.

Meski mungkin sebagian user merasa fitur tersebut hanya niche belaka, Tetapi Kagak Eksis salahnya Demi memfasilitasi komputer yang akan kalian rakit dengan fitur yang sekiranya kalian butuhkan, salah satunya yang menurut penulis Krusial adalah kehadiran dua slot M.2 NVMe Demi memudahkan penyimpanan tanpa kabel.

5. Pastikan Merknya Jernih dan Bisa Dipercaya

Motherboard H61 Merk Random
Pastikan merknya Jernih dan Bisa dipercaya

Tips selanjutnya dalam memilih mobo yang Cocok adalah memastikan merknya Jernih dan Bisa dipercaya. Maksudnya, sebisa mungkin kalian memilih motherboard yang Cocok-Cocok Mempunyai nama Bagus dan tentunya bukan barang yang berpotensi hasil dari refurbish.

Meski sebenarnya Kagak Eksis masalah bila kalian Mempunyai budget terbatas dan hanya Bisa membeli merk Secara acak, Tetapi alangkah baiknya Demi membeli mobo dengan reputasi yang Bisa diandalkan Demi memberikan kalian peace of mind Ketika gunakannya.

6. Cek Garansinya, Harus Jernih!

Contoh Garansi Di Motherboard Atau Vga
Kemudahan Demi klaim garansi juga harus Jernih

Hal yang Kagak kalah Krusial lainnya adalah dengan memastikan garansinya Jernih, dan mudah bila mana kita akan lakukan klaim garansi. Hal ini dibutuhkan supaya memudahkan kita Ketika dihadapkan masalah pada komponen yang kita gunakan, supaya Kagak membuang waktu karena prosesnya yang ribet atau semacamnya.

Penulis contohkan, Eksis sebuah brand yang hanya akan memperbolehkan kita Demi melakukan klaim garansi di Ketika komponen tersebut Wafat total alias Kagak Bisa digunakan. Nah, kalau sudah begini, bukannya kita yang menjadi ribet sendiri Ketika gunakan komputer bukan?

7. Pastikan Harganya Sudah Sesuai Isi Dompetmu

Motherboard Amd Lga1700 Msi
Pastikan harganya sesuai

Hal terakhir yang harus kalian perhatikan Ketika memilih motherboard ialah memastikan harganya sudah sesuai isi dompetmu. Gak masalah kok memilih mobo yang lebih murah Tetapi sudah menawarkan bermacam fitur yang kalian butuhkan, ketimbang memaksakan diri Demi membeli komponen yang lebih mahal.

Gak Eksis salahnya juga sih membeli mobo yang lebih mahal, Tetapi rasanya akan sia-sia saja bila kebutuhan kita termasuk standar dan hanya sekadar gunakannya Demi mengerjakan tugas semata.

Nah, itulah dia tips memilih motherboard sesuai kebutuhan yang harus kalian ketahui. Jadi, apakah kalian sudah siap Demi merakit PC impian kalian? Yuk, share komentar kalian di Dasar!


Baca juga informasi menarik Jagat Game lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com

Trending