Kenapa port USB punya banyak Corak – Sebagai pengguna komputer Niscaya kalian pernah menemukan banyak sekali pembahasan soal USB  2.0, atau 3.0 bahkan Tamat yang terbaru ini USB 3.2 Gen 2. Terlebih sekarang Apple sudah menggunakan USB Type C pada lini iPhone tahun ini, menjadikan orang bertanya-tanya apa perbedaan dari segala jenis USB.

Dibalik Sekalian itu, kalian yang sering menggunakan PC Niscaya pernah Memperhatikan Corak port USB yang punya banyak Corak. Mulai dari hitam, biru, hijau, merah, banyak sekali Corak yang sejatinya Membangun bingung apa sih perbedaan Corak tersebut.

Kalian datang ke artikel yang Cocok karena pada kali ini kami akan membahas mengapa USB port Eksis banyak Corak dan apa saja perbedaannya. Secara garis besar, perbedaan Corak ini didominasi karena adanya perbedaan generasi maupun kecepatan yang Dapat dihasilkan port tersebut.

Port USB Punya Banyak Corak dan Apa Saja Perbedaannya?

Kenapa Dapat Corak-warni ya?

Tanpa perlu berbasa-basi Kembali mari kita bahas saja satu persatu mulai dari yang paling basic terlebih dahulu:

1. Corak Port USB Putih

port usb putih
USB 1.X

Corak USB putih berarti ia merupakan generasi pertama dari Universal Serial Bus dan merupakan versi USB yang paling Gial. Pertama kali dikenalkan pada tahun 1996 dan hanya mendukung kecepatan dari 1,5Mbit per detik Tamat dengan 12Mbit per detik.

Awalnya konektor Corak putih ini hanya didesain sebagai interface Demi mouse dan keyboard dimana dulu kedua peripheral tersebut menggunakan konektor PS/2. Jarak yang semakin pendek akan Membangun kecepatan transfer lebih Berkualitas sehingga jarak maksimal kabel adalah 5 meter.

2. Corak Port USB Hitam

port usb hitam
USB 2.X

Secara garis besarnya, Corak hitam pada USB merupakan pertanda kalau ia adalah generasi kedua atau 2.X. Lahir setelah 4 tahun sejak generasi awal, kecepatan transfer yang dihasilkan sebenarnya naik cukup signifikan dibanding pendahulunya.

Dengan kecepatan mencapai 480MBit per detik, dahulunya USB ini disebut dengan High Speed USB dan menjadi interface USB terkencang di zamannya. Port ini juga kompatibel dengan generasi sebelumnya dan Mempunyai Sekalian fitur yang Eksis di generasi pendahulu.

3. Corak Port USB Biru

port usb biru
USB 3.0 keatas

Corak yang mungkin paling sering kalian lihat sekarang adalah port berwarna biru. Corak ini menandakan kalau port tersebut sudah setidaknya generasi 3 keatas. Biasanya port ini juga ditandai dengan tulisan SS yang berarti SuperSpeed.

Port berwarna biru ini Mempunyai banyak sekali perubahan. Hingga Tak Sekalian port berwarna biru Mempunyai kecepatan transfer yang sama. Mengikuti standar terbaru, USB Corak biru ini mengikuti standar USB 3.2 yang terbagi pula dalam 4 kategori kecepatan.

Mulai dari USB 3.2 Gen 1×1 yang punya kecepatan 5Gbps. Lampau Eksis USB 3.2 Gen 2×1 dengan kecepatan 10Gbps. Disusul pula dengan USB 3.2 Gen1x2, dan terakhir Eksis USB 3.2 Gen2x2 yang punya kecepatan 20Gbps.

4. Corak Port USB Hijau Laut/Teal

port usb teal
USB 3.1

Lagi dalam keluarga yang sama dengan biru, Corak Teal mencerminkan kalau dia adalah USB 3.1. Agak membingungkan memang. Apalagi dengan Corak yang Nyaris mirip dengan biru ini terkadang mengecohkan beberapa pengguna.

Demi Dapat membedakan, USB berwarna Teal biasanya bertulisan SS+ dan punya kecepatan Tamat dengan 10Gbps. Port USB ini juga kompatibel dengan seluruh USB sebelum dia.

5. Corak USB Merah, Kuning, atau Oranye

port usb merah
Corak-Corak Corak yang Tak lazim

Kedua Corak ini mungkin lebih jarang kalian temukan. Tapi bukan berarti kedua Corak ini hanya Pikiran-akalan manufaktur motherboard saja agar warnanya beda. Corak merah maupun kuning ini Rupanya punya Maksud kalau port tersebut tetap menyalurkan arus listrik meskipun perangkat seperti laptop/komputer dalam kondisi Wafat.

Maka dari itu port berwarna ini biasanya dinamakan dengan Always On Ports atau Sleep and Charge Port. Port ini mendukung Tamat kecepatan 20Gbps. Daya yang Dapat disalurkan port ini juga jauh lebih besar Ialah 1,8 Ampere * 5 Volt.

6. Port Corak Hijau

port usb hijau
Corak hijau

Kalau yang ini sedikit berbeda dan bukan berdasarkan generasi atau apapun. Karena Corak port hijau ini adalah Spesifik Punya Razer dan bukan berarti ia punya kategori sendiri. Corak hijau ini lebih melambangkan Corak senada dengan image perusahaan Razer yang dominan hijau.

Jadi itulah berbagai Corak USB port yang sering kalian temukan. Apakah penjelasan diatas menjawab pertanyaan kalian? Coba beri komentar di Dasar ya brott.


Dapatkan informasi keren di Jagat Game terkait Tech atau artikel sejenis yang Tak kalah Panggil dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com.

Trending