Sebelumnya penulis pernah menjelaskan mengenai beberapa Argumen Industri Video Game makin berkembang pesat di Indonesia. Segala Argumen itu pun juga mengakibatkan banyak hal yang tentunya menguntungkan bagi Indonesia sendiri. Sebagai negara yang Mempunyai SDM cukup melimpah dan berpotensi, memasuki industri video game sudah dapat dipastikan menjanjikan. Penulis rasa beberapa hal di Rendah perlu diperhatikan pula bagi mereka yang mulai terjun ke industri ini, seperti Akibat serta manfaat adanya industri ini khususnya pada perekonomian di Indonesia.
1. Dapat Memenuhi Kebutuhan SDM di Industri Begitu Ini
Bukan hanya di bidang grafis dan ilustrasi saja, lapangan pekerjaan yang tersedia pun Dapat terdiri dari bagian Human Resources, IT, Finance, Marketing, Customer Service dan juga Public Relation. Memang divisi atau departemen tersebut juga Eksis di industri lain, tetapi industri seperti ini pun juga melahirkan divisi Aneh seperti Community Manager yang berfokus mewadahi keluh kesah serta ide para gamer yang menurut penulis cukup diminati Begitu ini.
Bukan menutup kemungkinan bahwa tantangan terberat bekerja di industri ini adalah menerima kritikan dan keluhan para gamer terkait dengan produk atau game yang dimainkan, sehingga developer video game akan bekerja cukup ekstra memperbaiki gamenya atau menghadirkan konten-konten menarik Buat memikat Pemain.
2. Semakin Banyaknya Karya Asli Indonesia
Ini mungkin terdengar Biasa, tapi penulis merasa Bukan Eksis salahnya Indonesia merilis Variasi IP terbaru yang Asli berasa dari Indonesia. DreadOut (2014) sudah cukup menjanjikan dengan dimainkan content creator dari luar negeri, diikuti dengan beberapa calon judul lain yang tentu pembaca sudah cukup mendengarnya seperti Biwar: Legend of Dragon Slayer dan Coral Island. Selain itu, Karya Asli di Indonesia ini sendiri juga dapat memberikan motivasi serta inspirasi bagi kalangan muda Buat dapat dijadikan Surat keterangan Buat perkembangan karya baru selanjutnya. Menarik, bukan?
3. Sebagai Media Pengenalan Keragaman Kebudayaan Indonesia
Eksis banyak sekali tema yang Dapat diangkat di Indonesia. Entah itu berasal dari latar belakang sebuah legenda, cerita rakyat yang diceritakan turun-temurun atau dari kepercayaan masyarakat. Kebudayaan ini sendiri pun juga Dapat Menonton dari tradisi yang dilakukan oleh Variasi Spesies di Indonesia, seperti Tradisi Potong Jari Spesies Dani, Tradisi Sekaten Buat perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, Upacara Kasada Spesies Tengger, Tradisi Pasola Masyarakat Sumba dan lain-lain. Beberapa tradisi di Indonesia bahkan Eksis yang terbilang cukup ekstrim dan Layak Buat diangkat atau dikemas ke media video game.
4. Ikut mengabadikan peristiwa Krusial negara
Peristiwa-peristiwa ini sebenarnya Dapat pembaca lihat hasil dokumentasinya di Arsip Nasional RI. Tapi Bukan Eksis salahnya pula Kalau diangkat ke dalam media lain seperti Gambar hidup atau video game. Jarang juga sebenarnya penulis Menonton adaptasi peristiwa sejarah menjadi sebuah game kualitas AAA. Eksis pula beberapa game mobile yang bertemakan sejarah Indonesia tapi Bukan dengan kualitas AAA.
Video game dengan Surat keterangan yang cukup Jernih akan dijamin pembuatannya mendekati peristiwa Asli dan Kalau mengambil cerita sejarah dengan dokumentasi yang minim juga Dapat dikembangkan dengan cerita original Tetapi berdasarkan sejarah yang sudah terjadi.
5. Menjadi salah satu kontributor atas Hak Kekayaan Intelektual dan Hak Paten Negara
Ini Bukan hanya berkutat dari produk yang dihasilkan hanya sekedar video game saja, tapi tentu bentuk-bentuk Penemuan yang lain yang perlu dilindungi secara hukum. Sebagai Misalnya dari teknologi controller Punya PlayStation yang berbentuk pisang pun mulai dipatenkan, Lewat teknologi mencegah kebocoran teaser IP baru dan lain sebagainya. Manfaat yang Dapat diambil adalah negara lain pun dapat Menyantap Indonesia sebagai salah satu kontributor pengembangan teknologi yang Eksis Begitu ini dan tentunya juga dapat meningkatkan daya saing Indonesia dengan negara lain.
6. Berkurangnya sifat konsumtif di Masyarakat Indonesia
Menjadi lebih produktif adalah Cita-cita penulis bagi Segala kalangan muda Begitu ini. Sifat Produktif diharapkan dapat melahirkan sebuah karya-karya baru yang memuaskan Berkualitas Buat sendiri maupun Buat berbagai lapisan masyarakat. Dengan kehadiran industri ini di tanah air, selain membuka lapangan pekerjaan baru, tentunya banyak kalangan muda hingga paruh baya mulai menunjukkan Kelebihan mereka dalam Membangun video game. Penulis Mengerti pembaca Bukan akan Lalu-menerus menjadi seorang gamer, bukan?
7. SDM Indonesia semakin diakui secara Dunia
Riot, Ubisoft dan beberapa studio terkemuka lainnya akan selalu membuka lowongan tiap kali mereka merilis IP baru, meskipun itu Bukan selalu terjadi. Tapi pembaca Dapat meniti karir di industri video game dengan menjadi bagian dari sebuah studio kecil dan portofolio yang Cakap. Umumnya, Studio Game Indie di Indonesia juga sudah banyak, pembaca Dapat bergabung dan mengawali karir dari studio tersebut. Lewat, pembaca dapat melamar Buat studio game yang lebih besar seperti Agate atau bahkan studio mancanegara seperti yang penulis sebutkan diatas. Terdengar sulit, tapi itu Segala Niscaya terbayarkan bila pembaca gigih Buat dapat bekerja di industri ini.
Itu saja yang Dapat penulis sampaikan. Kehadiran Industri ini di tanah air penulis akui Tetap Bukan Dapat dibandingkan dengan perusahaan besar lain yang sudah Panjang berdiri di Indonesia. Tapi yang terpenting di Era sekarang adalah bagaimana kita memberikan kontribusi kita demi kemajuan negara ini dengan menyumbangkan ide dan kreatifitas yang kita punya. Tentunya, pembaca di sana Niscaya Bukan hanya Ingin menjadi gamer saja, bukan? Coba berikan pendapat kalian dibawah ya, mungkin Eksis hal menarik yang Dapat penulis bahas selanjutnya.
Baca juga artikel-artikel lainnya terkait dengan analisis video game serta insight menarik lainnya dari Gideonair.
For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com