Kita sudah memainkan banyak sekali video game yang terbilang cukup terkenal serta terkenang di ingatan para gamer, entah itu dengan Jenis RPG, Shooter, Action-Adventure, itu Seluruh sudah Niscaya pernah kita mainkan. Dibalik kesuksesan game tersebut, tentu Terdapat salah satu jabatan Krusial yang selalu Terdapat dalam pembuatan video game, yakni Creative Director. Memang, jabatan lain pun juga sama pentingnya. Tapi penulis rasa jabatan ini terasa menarik, menantang dan mungkin merupakan yang terberat ketika pembaca mendapatkannya. Mengapa seperti itu? Pembaca Bisa Menonton peran-peran di Rendah berikut.

 

1. Perlu Mempunyai pengalaman sebagai Game Designer

Ini merupakan salah satu Metode Demi dapat ditunjuk sebagai game designer. Jabatan Game Designer dipastikan akan bekerja di Rendah Creative Director, karena Creative Director hanya mengarahkan dan memberikan ide-ide terkait dengan IP mereka. Sedangkan Game Designer akan mengeksekusi ide tersebut sesuai arahan dari Creative Director. Biasanya, Game Designer punya pengalaman Demi bekerja di bagian kode pemrograman dan desain grafis, tapi Bukan menutup kemungkinan bila pengalaman yang dibutuhkan akan lebih banyak dari yang diperkirakan.

 

2. Bekerja sama dengan Publisher dan bagian pemasaran

wp2052675 garena wallpapers

Ini merupakan hal yang cukup menarik bagi penulis. Karena penulis akan sangat kecewa Apabila Terdapat game dengan kualitas yang sangat menjanjikan tapi iklan serta video promosi yang dilakukan Bukan Mempunyai kualitas yang Bukan diharapkan, karena tentu akan berakibat fatal pada proses distribusi game itu sendiri. Ambil Misalnya dari game mobile Arknights (2019), iklan yang dilakukan oleh Yostar selaku publisher Cermat-Cermat Bukan sesuai dengan kualitas gameplay yang ditawarkan. Penulis bahkan bersyukur Bukan termakan iklan tersebut dan langsung Terperosok Kasih dengan mencoba langsung game mobile besutan Hypergryph ini.

 

3. Menetapkan budget atau pengeluaran yang dibutuhkan

alexander mils lCPhGxs7pww unsplash scaled e1616984045143

Terkait dengan budget yang dikeluarkan, ini perlu dicermati dengan Berkualitas dengan Cita-cita agar biaya produksi yang dikeluarkan dapat maksimal dan mendapatkan keuntungan yang cukup memuaskan dari segi penjualan. Penulis juga berharap pembaca yang Ingin Membikin video game perlu berhati-hati Apabila pendanaan bersumber dari seorang investor. Jalan terbaik yang mungkin Bisa dilakukan adalah melakukan crowdfunding, karena ini merupakan strategi yang Bahkan menghasilkan timbal balik dan player dapat merasa menjadi bagian dari perkembangan atau proses pembuatan video game itu sendiri.

 

4. Menetapkan jadwal secara terorganisir dan terstruktur

2137981

Menurut pengetahuan yang diperoleh penulis, ini merupakan sesuatu yang Bukan Bisa disepelekan. Hanya saja pembuatan sebuah video game memang sulit Apabila hanya menebar janji Bilaman sebuah video game dirilis yang berujung dibatalkan bila Bukan sesuai Cita-cita. Sehingga bagi player yang menunggu seri ini sejak Panjang dan tiba-tiba Bukan adanya kepastian dari developer, tentu player akan merasa Jenuh dan bahka Bukan tertarik Demi menunggu lebih Panjang. Terutama ketika preview atau trailer gameplay yang ditawarkan Bukan terlihat menjanjikan.

 

5. Merupakan ‘Persona’ paling depan selain HR

Julian Gerighty

Umumnya, HR merupakan Persona terdepan dari perusahaan mereka dan juga Terdapat posisi seperti Employer Branding dalam perusahaannya guna menarik minat calon karyawan. Tapi berbeda dengan perusahaan agency atau industri kreatif manapun, Creative Director biasanya akan muncul dalam pameran video game dan mempresentasikan hasil karyanya yang sudah dikerjakan Berbarengan tim miliknya. Jadi, pembaca tentu perlu Mempunyai skill public speaking yang piawai demi menarik minat para gamer.

 

6. Bekerja secara langsung di Rendah CEO

2137979

Sudah dipastikan Creative Director akan bekerja secara langsung dari arahan CEO. Dari CEO, Creative Director Niscaya sering melakukan pengawasan ke setiap departemen dari project atau IP yang sedang dikerjakan dengan menghubungi setiap kepala departemen tersebut. Dengan ini, posisi Creative Director bukanlah posisi yang dipandang sebelah mata bila sebuah proyek akan terancam gagal menarik minat Pemeran, Mempunyai banyak bug setelah distribusi ke gamer, serta Bukan adanya keuntungan atau balik modal dari game yang sudah dirilis. Skill Leadership serta komunikasi yang handal dibutuhkan Demi posisi ini.

 

7. Wajib menumbuhkan lingkungan kerja dan budaya kerja terbaru

Inside Hideo Kojima

Menurut penulis ini hal yang relatif bila dari lingkungan kerja atau budaya kerja yang diterapkan. Creative Director perlu Membikin suasana kerja yang nyaman serta sesuai dengan standar perusahaan yang berlaku. Ini dilakukan demi kesejahteraan pekerja (well-being) dalam menggarap IP baru mereka agar sesuai dengan kinerja karyawan dan karyawan Bukan merasa Jenuh dengan suasana kerja yang baru. Mengingat para karyawan yang bekerja di industri semacam ini merupakan seseorang yang mudah Jenuh dan Dahaga akan hal baru, tentu menjadi tanggung jawab tersendiri bagi seorang Creative Director mengarahkan para karyawannya.

 

Baiklah, itulah peran-peran seorang Creative Director dalam industri video game. Sebenarnya, nama Creative Director pun juga Bisa berbeda-beda dan juga Bisa merangkap dengan jabatan lain, tergantung dari studio game atau perusahaan yang menaunginya. Tapi Apabila dalam industri video game, Creative Director merupakan salah satu jabatan yang layak Demi pembaca miliki, bahkan jabatan ini Bisa terbilang cukup disegani bila berhasil melahirkan IP baru dan segar bagi para gamer.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait dengan analisis video game serta insight menarik lainnya dari Gideonair. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com

Trending