Bulan Ramadhan tentu dikenal sebagai masa-masa dimana umat Muslim sedunia menjalankan ibadah puasa secara serentak demi mendulang pahala. Kagak hanya sekadar menahan rasa Kehausan dan lapar tentunya, tapi juga meredam segala jenis nafsu seperti berahi dan amarah, maupun perbuatan-perbuatan yang Bisa merugikan orang lain.

Bermain video game tentunya Bisa menjadi salah satu alternatif medium hiburan ataupun distraksi Tiba waktu berbuka puasa. Meski memang bermain video game sendiri Kagak dipermasalahkan Begitu berpuasa, Tetapi Kagak sedikit di antaranya yang secara Kagak langsung dapat menjadi pemicu batalnya dan hilangnya pahala puasa.

Maka dari itu, berikut 5 video game yang sejatinya lebih Bagus dihindari agar pahala dan puasamu berjalan dengan Lancar.

1. Soulsborne / Soulslike

https://www.youtube.com/watch?v=Ea8p0IrDZCY

Bagi Engkau yang susah git gud, mungkin harus menghindari game-game seperti Dark Souls, Bloodborne dan Sekiro. Game-game garapan FromSoftware tersebut cukup terkenal akan Membikin para pemainnya meluapkan amarah tak terkendali karena dianggap terlalu sulit.

Meski memang marah sendiri Kagak membatalkan puasa (via Kompas), hal tersebut tetap dapat mempengaruhi kualitas ibadah puasa, seperti Membikin hati tak tenang dan menjalar menjadi pemicu perbuatan yang sejatinya dapat membatalkan pahala.

Selain game-game buatan FromSoftware, beberapa game berikut juga perlu Engkau hindari Apabila Kagak Mau marah-marah Begitu bermain video game; Hollow Knight, Nioh, Hades, Cuphead dan lain-lain.

2. Dead or Alive

Game garapan Team Ninja satu ini tentu saja merupakan satu dari sekian banyak game yang harus dihindari Apabila Engkau lemah syahwat. Dead or Alive, terutama spin-off Extreme yang Bisa dimainkan secara gratis, dimana mengumpulkan para Watak Perempuan menawannya Buat berlibur dan melakukan aktivitas penuh keringat dalam balutan Pakaian minim ini sejatinya harus Engkau hindari.

Selain Dead or Alive, beberapa game Terkenal serupa berikut juga lebih Bagus dihindari Apabila Kagak Mau memicu hasrat ‘mengocok’ Begitu berpuasa; Huniepop, Subverse, Atelier Ryza, Koikatsu, Honey Select, Nekopara, hingga game-game Visual Novel secara Lumrah.

3. Among Us

Among Us

Sebagai Crewmate, mungkin Kagak terlalu bermasalah karena salah satu Rasional permainannya adalah menemukan sang Impostor. Tetapi ketika menjadi Impostor, dimana membuatmu harus berbohong kepada Pemeran lain agar Kagak ketahuan dan memenangkan permainan, tentu akan mengurangi dan membatalkan pahala puasa.

Apalagi Apabila bermain Berbarengan Kawan dekat. Apabila salah satu dari antara kalian adalah Impostor, maka bersiap-siaplah akan pertengkaran-pertengkaran kecil, terkadang besar, yang dapat mengurangi kualitas ibadah puasa.

Selain Among Us, berikut beberapa game serupa yang lebih Bagus dihindari Apabila Kagak Mau berbohong Begitu bermain video game; Project Winter, Deceit, Town of Salem, Barotrauma dan lain-lain.

4. Game Kompetitif

Wild Rift

Bermain game online kompetitif, terutama di server SEA mungkin lebih Bagus dihindari daripada memicu amarah dan darah tinggi selama bulan puasa. Tentu sudah menjadi rahasia Lumrah bahwa Kagak sedikit Pemeran-Pemeran SEA, bahkan Indonesia kurang Mempunyai sportifitas. Sudah cupu, toxic pula, Engkau yang berjuang Wafat-matian meng-carry para sampah tersebut Tetapi kalah tentu akan menyisakan pahit mendalam, kemudian Bisa saja ikutan berubah jadi toxic.

Beberapa game online kompetitif yang Terkenal diantaranya seperti; Wild Rift, Mobile Legends, AoV, Dota 2, CS:GO, Overwatch, Valorant, Apex Legends dan lain-lain.

5. Game Bergacha

Gacha jelek

Segala hal yang bergantung sepenuhnya pada keberuntungan sejatinya adalah judi. Dalam hal ini, permainan yang Mempunyai sistem gacha juga perlu diperhatikan. Karena ketika Engkau menggunakan Dana sungguhan Buat menarik gacha, maka hal tersebut sudah masuk ke ranah judi. Meski demikian, selama gacha yang ditarik hanya melalui in-game currency yang didapat secara grinding Sebaiknya Kagak masalah (red).

Kagak hanya aspek judi aja, Engkau yang suka pamer hasil gacha bagus di media sosial juga perlu diperhatikan. Karena Bisa saja hal tersebut memicu rasa Dengki dengki Rekan-kawanmu, dan Engkau sendiri telah melakukan riya yang dapat mengurangi pahala ibadah puasa.

Beberapa game gacha diantaranya tentu saja Genshin Impact, Arknights, Fate/Grand Order, Grandblue Fantasy, Uma Musume Pretty Derby, Azur Lane dan lain-lain.

Seperti yang telah dijelaskan di awal, bermain video game memang Kagak membatalkan puasa, Tetapi Engkau tetap harus hati-hati dengan konten yang disajikannya. Apabila imanmu kuat, maka silahkan saja dan menjadikan game-game di atas sebagai salah satu tantangan yang Mau Engkau taklukan Buat Ramadhan tahun ini.

Nah, kira-kira Engkau setuju gak brott dengan game-game di atas? Atau Engkau Malah Paham game lainnya yang nggak kalah berbahaya kala dimainkan Begitu berpuasa? Yuk, langsung share aja di kolom komentar yes!


Baca juga Listicle menarik lainnya atau artikel keren lain dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com

Trending