Keunikan suatu game bukan hanya dilihat dari aspek gameplay atau grafisnya saja. Beberapa developer juga menyisipkan beberapa easter eggs dan sejumlah rahasia atau detail kecil Demi menunjukan keunikan dari suatu game. Meskipun memang Kagak terlalu berpengaruh besar, Tetapi nyatanya hal tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri terhadap gamenya.

Salah satu Misalnya game yang banyak menyembunyikan “kejutan” di dalamnya adalah Resident Evil 4. Game karya Capcom tersebut memang seringkali dinobatkan sebagai seri Resident Evil terbaik. Bahkan tak jarang yang menganggapnya salah satu game terbaik yang pernah Terdapat. Hal tersebut karena Resident Evil 4 Pandai menyajikan gameplay yang inovatif pada zamannya. Bahkan banyak game-game modern yang Tetap mengambil insipirasi dari game tersebut, hingga dalam seri terbarunya Yakni Resident Evil: Village Tetap mengadaptasi beberapa aspek dari game Resident Evil 4.

Selain dari gameplaynya yang inovatif, Resident Evil 4 juga menyimpan banyak easter eggs dan sejumlah rahasia yang Tiba Ketika ini Tetap menjadi perbincangan hangat dalam komunitasnya. Uniknya Tengah, hingga kini para fans pun Lanjut menemukan hal-hal baru yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Demi itu, penulis akan mencoba memaparkan sejumlah easter eggs dan rahasia yang tersembunyi dalam game Resident Evil 4.

Selamatkan Serigala

Easter egg yang satu ini mungkin sudah cukup Lumrah apabila kalian pernah memainkan Resident Evil 4. Dimana pada awal game, Pemeran akan dipertemukan dengan tangisan serigala yang terjepit terangkap. Nantinya, Pemeran dapat memilih Demi menyelamatkan serigala tersebut atau Kagak. Tetapi, apabila diselamatkan, maka sang serigala nantinya akan membantu Leon Ketika melawan boss El Gigante.

 

Surat keterangan Sinema Dirty Harry

Broken Butterfly merupakan salah satu senjata yang terbilang cukup kuat di RE4. Pistol jenis revolver tersebut memang Mempunyai damage yang cukup besar sehingga cocok Demi digunakan Ketika melawan boss.

Tetapi, yang Spesial dari pistol yang satu ini Yakni berupa Surat keterangan tersembunyi yang mungkin mudah diketahui bagi para pecinta Sinema. Apabila Pemeran memilih opsi examine, maka akan muncul deskripsi “A very powerful .45 magnum revolver, this will make anyone’s day“. Deskripsi tersebut merupakan Surat keterangan Sinema Sudden Impact yang dibintangi oleh aktor Clint Eastwood. Dimana sang tokoh Dirty Harry Mempunyai senjata berupa revolver dengan dialognya yang ikonis Yakni “Go ahead, make my day

Surat keterangan Game Killer7

K2

Selain Broken Butterfly, Killer7 Juga termasuk dalam salah satu senjata terkuat dalam RE4. Sama halnya dengan Broken Butterfly, Killer7 menggunakan peluru .45 magnum. Yang membedakan adalah Killer7 Mempunyai waktu reload yang lebih Lekas, kapasitas peluru lebih banyak dan juga lebih Seksama.

Senjata Killer7 sendiri merupakan Surat keterangan game lainnya dengan nama yang sama. Game tersebut juga dipublish oleh Capcom dan dikembangkan oleh Shinji Mikami yang merupakan otak dibalik kesuksesan Resident Evil 4.

 

Singgasana Saddler

Salah satu easter eggs Spesial Terdapat pada Chapter 5-3. Setelah mengalahkan Krauser pertama kali, Pemeran kemudian akan masuk kedalam ruangan Saddler’s Throne Room dimana di tengah ruangan terdapat sebuah singgasana berwarna merah.

Ketika Leon berdiri di dekat singgasana, akan muncul button prompt tanpa penjelasan apapun selain lambang tanda tanya “?”. Apabila menekan tombol “action” maka Leon nantinya akan duduk di singgasana tersebut selama sejenak Demi beristirahat.

 

Bergerak Lebih Lekas (Ditman Glitch)

Easter eggs yang satu ini sebenarnya lebih merujuk ke bug atau glitch yang Terdapat pada game. Dimana nantinya Leon dapat bergerak 1.5 kali lebih Lekas. Glitch ini Kagak sengaja ditemukan oleh seorang Pemeran bernama Ditman yang kemudian ia bagikan melalui situs gamefaqs.com.

Demi mengaktifkan glitch ini, Pemeran harus Mempunyai granat dan senjata Striker shotgun yang dapat dibeli melalui merchant seharga 43,000 Pts. Apabila sudah punya, equip senjatanya dan tekan tombol “aim” Lampau dengan Lekas segera masuk ke menu inventory sebelum laser pada senjata muncul, kemudian langsung equip granat. Apabila berhasil, maka Leon akan bergerak lebih Lekas dari normalnya.

Glitch ini sering kali dimanfaatkan oleh para speedrunner agar dapat mempersingkat waktu penyelesaian game. Tetapi, apabila kalian memang Ingin mencobanya perlu diingat bahwa glitch ini dapat menimbulkan beberapa bug pada game sehingga lebih Bagus Demi save game terlebih dahulu sebelum mencobanya.

 

Cutscene Rahasia Luis

Rahasia yang satu ini mungkin pernah kalian temukan secara Kagak sengaja. Easter eggs ini berupa cutscene tersembunyi yang dapat ditemukan dalam Chapter 2-2, tepatnya Ketika berada di dalam sebuah rumah yang dikelilingi oleh musuh. Pada Chapter tersebut, Pemeran diharuskan bekerja sama dengan Luis demi menahan serangan para Ganados.

Apabila Pemeran secara Kagak sengaja menembak Luis secara Lanjut-menerus, maka akan muncul cutscene rahasia dimana Luis akan menembak Leon diikuti dengan layar Game Over. Tetapi, kekalahan tersebut dapat dihindari dengan menolong Luis Ketika dirinya disergap oleh musuh sehingga nantinya Pemeran akan dimaafkan.

 

Animasi Ashley’s Armored Outfit

Easter eggs ini dapat dilihat apabila Pemeran memilih kostum Armored pada Ashley. Demi mendapatkanya, Pemeran harus menyelesaikan misi tambahan Terdapat Wong Yakni Seperate Ways. Setelah misi selesai, Pemeran akan dihadiahi outift “Special 2” yang berisi kostum mafia Demi Leon dan baju zirah Demi Ashley.

Baju zirah pada Ashley Pandai membuatnya rentan terhadap segala serangan musuh maupun serangan Leon sendiri. Tetapi, terdapat sedikit detail kecil berupa animasi tambahan Apabila Ashley mengenakan baju zirah tersebut. Apabila Leon mengarahkan senjatanya ke Ashley maka dirinya akan menutup faceshield pada helm. Animasi lainnya Yakni ketika Leon menangkap Ashley Ketika Ingin turun dari tempat tinggi, dimana Leon akan terlihat seperti tersentak karena keberatan.

 

Fixed Camera

Salah satu Tanda khas dari seri Resident Evil lawas adalah sistem “Fixed Camera”. Dimana nantinya prespektif kamera akan ditempatkan secara tetap dan akan berpindah-pindah sesuai posisi Watak. Sistem Fixed Camera ini digunakan pada 5 seri utamanya yakni Resident Evil 1, Resident Evil 2, Resident Evil 3: Nemesis, Resident Evil – Code: Veronica dan Resident Evil Zero.

Dalam Resdient Evil 4, Capcom sepertinya Ingin mencoba Penemuan baru dengan mengganti sistem kameranya menjadi Over The Shoulder yang hingga kini Tetap menjadi inspirasi bagi sejumlah game Third-Person Shooter lainnya. Tetapi, hal tersebut bukan berarti Capcom melupakan sistem Fixed Camera karena dalam RE4 di region Jepang tepatnya pada level Ashley, kalian akan bermain dengan prespektif Fixed Camera layaknya seri RE terdahulu.

 

Dynamic Difficulty

Ss 254ff088257d644c493be6735bc75caf0f8930c7.1920x1080

Rahasia yang satu ini sebenarnya merupakan suatu sistem gameplay yang cukup inovatif Tetapi sepertinya Kagak banyak Pemeran yang Mengerti. Resident Evil 4 memanfaatkan fitur Dynamic Difficulty dimana tingkat kesulitan akan disesuaikan dengan kemampuan Pemeran.

Misalkan, apabila Pemeran kalah secara Lanjut-menerus, maka game secara Mekanis akan menjadi lebih mudah sehingga Membikin musuh lebih mudah Tewas dan juga tingkat damage yang diterima Pemeran akan berkurang. Begitu pula sebaliknya, apabila Pemeran bermain secara hebat, maka nantinya musuh akan semakin banyak dan sulit Demi dibunuh. Fitur ini juga sering digunakan oleh para speedrunner dengan secara sengaja menerima serangan musuh agar game dapat diselesaikan lebih mudah dan Lekas.

 

Berpose Seperti Gangster

Sama halnya dengan Armored Outfit Punya Ashley, Leon juga miliki easter eggs Spesial pada Alternate Outfit miliknya yang berupa kostum gangster. Easter eggs ini merupakan animasi reload Tertentu pada senjata Chicago Typewritter yang Dapat didapatkan setelah menyelesaikan misi Seperate Ways. Chicago Typewritter adalah senjata Spesial dengan peluru tak terbatas yang Dapat dibeli melalui Merchant seharga 1,000,000 Pts.

Animasi akan muncul ketika Pemeran mencoba me-reload senjata Ketika menggunkan kostum gangster. Melainkan animasi reload, Leon nantinya akan terlihat meluruskan topinya sejenak. Dan apabila dilakukan berkali-kali (3-4 kali), maka akan mulai animasi yang lebih Spesial Tengah dimana Leon akan melempar topinya dengan gaya layaknya Member gang mafia.

 

“Mengintip” Ashley

Para Pemeran “Bengal” mungkin sudah Mengerti dengan easter eggs yang satu ini. Tetapi, perlu diingat juga bahwa game RE4 merupakan game yang cukup detail sehingga developer pastinya sudah memperkirakan akan Terdapat Pemeran yang mencoba “mengintip” ashley.

Apabila Ashley berada di tempat yang lebih tinggi, kalian Dapat coba arahkan senjata ke rok Ashley. Maka nantinya Ashley akan marah dan Berbicara “you pervert!” atau “Hey, what are you looking at” sembari menutupi roknya. Tetapi, easter eggs ini hanya Dapat terjadi Ketika Ashley mengenakan kostum default. Karena Ashley Kagak menggunakan rok pada kostum lainnya melainkan memakai celana Lumrah.

 

Jangan Tembak Danaunya!

Salah satu boss terkuat dalam game RE4 bernama Del Lago. Pertama kali muncul pada Chapter 1-3, Del Lago merupakan sosok monster berbentuk salamander yang tinggal di sebuah Waduk. Nantinya Pemeran diharuskan melawan Del Lago agar Dapat menyebrangi Waduk.

Sebelum menyebrang, Pemeran akan melewati sebuah dermaga di pinggir Waduk yang didalamnya terlihat banyak ikan. Pemeran dapat menembak beberapa ikan tersebut yang nantinya Dapat digunakan Demi menambah Health. Tetapi, Pemeran harus tetap hati-hati Ketika menangkap ikan karena apabla terlalu sering menembaki Waduk, maka Del Lago akan muncul dan menerkam Leon sehingga Membikin Pemeran terpaksa harus mengulang dari save terakhir.

 

Sosok Misterius

Tahun 2017, sempat viral adanya Pengumuman mengenai easter eggs dalam RE4 yang ditemukan setelah tersembunyi selama 17 tahun. Easter eggs ini pertama kali ditemukan oleh seorang Youtuber bernama SR212787 Ketika sedang bermain RE4 dengan Unlocked Camera. Dirinya Kagak sengaja menemukan model 2D berbentuk seseorang yang mengenakan jaket berwarna hijau.

Hingga kini, Kagak Terdapat yang mengetahui siapa sebenarnya sosok tersebut dan pihak Capcom juga belum memberikan penjelasan apapun mengenai penemuan ini. Kalian Dapat melihatnya secara langsung pada Chapter 5-4. Meskipun memang Dapat dilihat langsung menggunakan scope dari senjata rifle, kalian perlu mengakses Unlocked Camera agar dapat terlihat secara Terang.

 

Letter Tersembunyi

Easter eggs yang satu ini juga baru ditemukan belakangan ini, tepatnya di tahun 2020 Lampau. Channel Youtube HorrorScoped tak sengaja menemukan sebuah Letter yang tersembunyi Ketika mengakses kamera no-clip.

Letter tersebut dapat ditemukan di awal game, tepatnya pada area kedua di sebuah peternakan. Hingga kini, isi letter tersebut Tetap menjadi Asrar karena belum Terdapat yang Pandai Demi mengaksesnya. Beberapa orang berteori bahwa letter tersebut mungkin memang bukan Demi diakses oleh Pemeran melainkan hanya sebuah asset yang tertinggal Ketika pengembangan game. Tetapi hingga kini pihak Capcom belum menjelaskan apapun mengenai penemuan tersebut.


Itulah beberapa easter eggs dan rahasia tersembunyi dalam game RE4. Kemungkinan Tetap banyak hal-hal lainnya yang hingga Tetap tersembunyi dan menunggu Demi ditemukan. Tetapi, apabila beberapa dari kalian mungkin pernah menemukan sesuatu yang aneh atau janggal dalam game Resident Evil 4, mungkin Dapat kalian diskusikan di kolom komentar.

Ingin mengingatkan juga bahwa kini Resident Evil: Village telah dirilis secara Global. Seri yang ke-8 ini akan melanjutkan petualangan Ethan Winters, bersamaan dengan kembalinya Watak Panjang Yakni Chris Redfield. Kini game sudah tersedia di platform PC, Xbox dan PlayStation.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Resident Evil serta Pengumuman terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com

Trending