Game Genshin Impact dari developer miHoYo memang sangat Terkenal dari berbagai kalangan. Menghadirkan gameplay action RPG dengan luasnya open world di dunia Teyvat, Pemeran dapat berpetualang dan memeriksa setiap sudut rahasianya. Populernya game Genshin Impact Bukan lepas dari banyak masalah yang harus miHoYo hadapi. Salah satunya kontroversi pada Begitu 1st Anniversary game Genshin Impact.

Pada akhir September 2021, miHoYo Betul-Betul dibuat kewalahan karena aksi protes dari para Pemeran Genshin Impact. Itu karena banyak permasalahan yang terjadi dari para Pemeran Genshin Impact dimana mereka marah dan kesal terhadap developer miHoYo.

Pada kesempatan kali ini, saya mencoba menelusuri awal mula terjadinya kontroversi Genshin Impact pada Begitu 1st Anniversary dan apa penyebab Penting dari kontroversi tersebut. Artikel ini akan dibahas secara Independen tanpa menyudutkan pihak manapun, Berkualitas itu Pemeran maupun pihak miHoYo. Mari kita mulai saja pembahasannya!

Perayaan 1st Anniversary Genshin Impact, miHoYo Persiapkan Berbagai Lomba dengan Hadiah Menarik

[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemeran? 14

Jauh hari sebelum hari ulang tahun Genshin Impact, developer miHoYo mengumumkan lomba bertajuk “Genshin Impact One Year Anniversary Community” yang menghadirkan berbagai lomba dengan hadiah menarik yang Dapat Pemeran dapatkan. Perlombaan tersebut mulai dari guides, foto menarik yang diambil dalam game, fan art, konten video, cosplay dan Lagi banyak Kembali.

Sekilas perlombaan dalam perayaan 1st Anniversary Genshin Impact tampak menjanjikan. Tetapi Rupanya lomba tersebut mendapatkan banyak respon negatif dari para Pemeran.

Anniversary Genshin Impact Dipenuhi Kontroversi

Genshin Impact One Year Anniversary
[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemeran? 15

Dari sinilah kontroversi pada Anniversary Genshin Impact dimulai. Banyak Pemeran memberikan respon negatif dari perlombaan yang diselenggarakan oleh miHoYo ini. Menurut mereka, perlombaan tersebut hanya diberikan kepada artist dan konten kreator saja. Sementara mereka yang bukan artist atau konten kreator Bukan Dapat mengikuti lomba tersebut.

Para Pemeran menganggap perlombaan tersebut Bukan adil bagi Pemeran yang Bukan Dapat mengikuti lomba. Dari beberapa pihak artist dan konten kreator pun menganggap hadiahnya Bukan seberapa dengan kerja keras mereka. Belum Kembali adanya unsur gacha bagi pemenang yang Mujur.

Hal ini Membangun Anniversary Genshin Impact yang Sepatutnya disambut dengan perayaan luar Lazim, berubah menjadi banyaknya ujaran kebencian dan kemarahan dari Pemeran selama acara Anniversary berlangsung.

Berharap Hadiah Anniversary Diperlakukan seperti Honkai Impact 3rd ataupun Game Lainnya

Permasalahan pertama yang muncul dari kontroversi ini Terdapat pada hadiah perlombaan yang diselenggarakan oleh miHoYo. Memang pada dasarnya suatu perlombaan akan dipilih beberapa orang pemenang dari sekian banyak peserta yang ikut. Tapi apabila hadiah tersebut Bukan setara dengan kerja keras para peserta, wajar saja mereka marah. Berkualitas itu peserta lomba maupun yang Bukan mengikutinya.

Lewat permasalahan kedua, para Pemeran menginginkan hadiah Anniversary secara gratis tanpa Terdapat syarat yang terlalu ribet seperti mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh miHoYo. Mereka mengharapkan perayaan Anniversary diramaikan dengan berbagai hadiah menarik secara gratis. Mereka Mau hadiah Anniversary-nya seperti yang miHoYo lakukan dalam perayaan ulang tahun pertama Honkai Impact 3rd server SEA.

Honkai Impact 3rd 1st Anniversary
[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemeran? 16

Bukan hanya itu saja, beberapa Pemeran bahkan membanding-bandingkan Anniversay Genshin Impact dengan game lain, seperti Arknights, Granblue Fantasy dan juga Fate/Grand Order. Minimnya hadiah gratis dan juga hadiah dari perlombaan Bahkan menjadi boomerang bagi miHoYo meskipun niat mereka dalam mengadakannya itu sudah bagus.

Situasi Memanas dengan Banyaknya Review Bomb

Genshin Impact Review Bomb
[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemeran? 17

Pada Begitu situasi semakin memanas, pihak miHoYo Bukan memberikan informasi terbaru mengenai hadiah gratis Demi menenangkan kondisi para Pemeran Genshin Impact. Bahkan pada hari pertama Anniversary Genshin Impact, miHoYo Bukan memberikan respon yang dapat menenangkan situasi ini.

Bukan adanya respon dari miHoYo, para Pemeran yang marah ini pun mulai menyerang kolom komentar dan memberikan review bomb Genshin Impact di platform Google Play. Dari hasil pengamatan saya selama review bom terjadi, latar belakang mereka melakukan ini bertujuan agar miHoYo segera memberikan hadiah Anniversary gratis Demi para Pemeran. Mereka mencurahkan Segala kekesalannya pada kolom komentar Sembari memberikan review bom pada game Genshin Impact di platform Google Play.

Genshin Impact Review Bomb
[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemeran? 18

Review Bomb ini mulai menjalar ke aplikasi lain dan bahkan menyebar ke aplikasi yang Bukan Terdapat kaitannya dengan miHoYo ataupun Genshin Impact di platform Google Play. Ini memperlihatkan bagaimana situasi sudah semakin Bukan terkendali.

Hadiah Tambahan Gratis sebagai Permohonan Ampun miHoYo

Genshin Impact Anniversary Hadiah
[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemeran? 19

Mengetahui ramainya review bomb dari Pemeran, miHoYo mulai memberikan hadiah tambahan Demi Pemeran secara gratis. Banyak yang menduga bahwa hadiah tersebut sebagai permohonan Ampun miHoYo mengenai review bomb dan juga kemarahan dari Pemeran.

Mihoyo Mulai Memberikan Hadiah Anniversary Tambahan Secara Gratis Untuk Pemain Genshin Impact 1
[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemeran? 20

Menurut saya, miHoYo terlambat memberikan hadiah tambahan ini Demi Pemeran. Pemeran sudah terlanjur marah dan kesal dalam perayaan Anniversary Genshin Impact. Apabila miHoYo memang sudah merencanakan dari awal hadiah tambahan ini akan dibagikan, kenapa mereka Bukan memberitahukannya terlebih dahulu? Apabila mereka memberitahukan jauh hari sebelumnya, situasi Bukan akan terjadi terlalu parah. Hadiah tambahan tersebut muncul pada Begitu momen yang kurang Cermat.

Genshin Impact Qiqi Sticker
[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemeran? 21

Hadiah tambahan ini pun menjadi bahan candaan dimana mereka melakukan spam emote Qiqi di server Formal Discord Genshin Impact. Akibatnya, Admin server Discord Formal Genshin Impact terpaksa menggunakan fitur slow mode Demi mengurangi ramainya spam dari Pemeran.

Bukan Memberikan Informasi secara Detil dan Terlalu Banyak Rahasia

Update Terbaru Genshin Impact 2.2 Akan Rilis Karakter Thoma Dan Konten Baru Lainnya Header
[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemeran? 22

Meskipun miHoYo telah mempersiapkan hadiah Anniversary gratis Demi Pemeran dengan melakukan login selama 7 hari dan memberikan hadiah tambahan, tetap saja hadiah tersebut Lagi belum cukup Demi menenangkan amukan para Traveler yang terjadi di internet.

Dari apa yang telah dilakukan miHoYo, para Pemeran dan saya sendiri merasa mereka terlalu menutup-nutupi informasi mengenai hadiah Anniversary gratis ini. Mereka terlalu Konsentrasi pada perlombaan Demi para artist dan juga konten kreator serta acara konser orkestra Genshin Impact.

Mungkin menurut mereka Apabila hadiah gratis Anniversary dirahasiakan dan menjadi sebuah kejutan, para Pemeran akan senang. Nyatanya, hal ini memberikan kesan bahwa miHoYo terlalu tertutup dan terlalu banyak rahasia. Belum Kembali dengan sedikitnya hadiah dari perlombaan dan juga hadiah gratis dari miHoYo.

Lagi Dianggap Pelit Meskipun Sudah Diberikan Konser Orkestra yang Luar Lazim

Beberapa hari setelah kontroversi ini terjadi, banyak Pemeran Lagi menganggap miHoYo terlalu pelit memberikan hadiah dalam perayaan Anniversary Genshin Impact. Bukan hanya hadiah pada perlombaannya saja, hal ini juga berlaku pada hadiah gratis yang Pemeran dapatkan.

Kontroversi ini Membangun banyak orang lupa dengan konser orkestra Genshin Impact yang berlangsung pada 3 Oktober 2021 yang Lewat. Padahal menurut saya pribadi, konser tersebut luar Lazim. Konser dengan aransemen orkestra dari NyanyianLalu-NyanyianLalu sountrack Genshin Impact yang Bukan asing Membangun para penontonnya menjadi mengingat kembali keseruan petualangan mereka di dunia Teyvat.

Pecahkan Komunitas Genshin Impact

Paimon Ehe Te Nandayo
[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemeran? 23

Kontroversi ini Membangun komunitas Genshin Impact terpecah menjadi 2 kubu, Adalah mereka yang mendukung Anniversary Genshin Impact (Lazim disebut White Knight) dan mereka yang marah serta kesal dengan Anniversary ini (disebut Black Knight).

Kedua kubu ini saling berdebat satu sama lain memberikan berbagai opini mereka terkait Anniversary Genshin Impact. Para White Knight Pemeran Genshin Impact berusaha melindungi dan menenangkan kondisi keributan yang terjadi selama Anniversary. Sementara para Black Knight Lagi Lanjut ribut di sosial media dan komunitas Genshin Impact. Bukan lupa pula mereka beramai-ramai memberikan review bomb Genshin Impact di platform Google Play.

Sementara orang-orang yang Bukan bermain Genshin Impact ataupun bersifat Independen hanya menikmati kontroversi ini sebagai tontonan yang Panggil Demi diikuti. Bukan heran mereka melakukan ini karena Genshin Impact yang dikenal sebagai salah satu game terpopuler di dunia dalam satu tahun ini Mempunyai kontroversi besar pada Begitu Anniversary pertamanya.

Banyak orang dari luar komunitas Genshin Impact menganggap komunitas game ini terlalu berlebihan. Bahkan tak sedikit orang mencap komunitas Pemeran Genshin Impact dipenuhi orang-orang toxic. Ramainya review bom pada game Genshin Impact yang bahkan menjalar ke aplikasi lain di platform Google Play memperparah kesan Jelek terhadap para Traveler di mata orang.

Opini Penulis: Perayaan Anniversary Genshin Impact yang Berantakan

Genshin Impact Klee Bomb
[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemeran? 24

Menurut saya pribadi, Anniversary pertama Genshin Impact Dapat dikatakan cukup berantakan. Banyak hal yang perlu miHoYo perbaiki Demi Anniversary tahun depan. Terlebih pada pemberian hadiah perlombaan dan juga hadiah gratis yang Dapat didapatkan oleh para Pemeran.

Genshin Impact Anniversary Kontroversi V3
[Opini] Apa Penyebab Genshin Impact Anniversary Penuh dengan Kontroversi dari Para Pemeran? 25

miHoYo juga harus lebih terbuka Demi memberikan informasi terkait hadiah yang akan Pemeran dapatkan. Dari pengalaman saya pribadi bermain game gacha seperti Fate/Grand Order, Granblue Fantasy, Arkhights dan lainnya, kebanyakan pihak developer memberikan informasi secara Terang dan detil mengenai hadiah yang akan didapatkan Pemeran dalam perayaan Anniversary. Kalaupun Terdapat hadiah kejutan, hadiah tersebut Betul-Betul memuaskan dan Bukan terlalu banyak syarat yang harus dilakukan oleh Pemeran.

Memperbaiki ketiga hal ini saja sudah cukup bagus Demi mengembalikan rasa kepercayaan Pemeran di Anniversary Genshin Impact tahun depan. Semoga saja kontroversi 1st Anniversary Genshin Impact Dapat menjadi pembelajaran bagi miHoYo agar menjadi lebih Berkualitas ke depannya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Genshin Impact atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com

Trending