Industri video game kini Mempunyai banyak sekali judul game dengan berbagai Corak Jenis. Salah satu Jenis Terkenal yang digemari beberapa kalangan gamer adalah Role Playing Game (RPG) dan Japan Role Playing Game (JRPG). Sudah Eksis banyak game RPG ataupun JRPG yang Terkenal Begitu ini. Dan salah satu seri game RPG/JRPG Terkenal dari Atlus, Yakni Shin Megami Tensei.

Pada Begitu artikel ini ditulis (15/11) terhitung Eksis 10 judul game dari seri Esensial Shin Megami Tensei telah rilis di berbagai platform gaming. Jumlah ini belum termasuk dari sekian banyak spin-off, remake, remaster dan predecessor dari seri Shin Megami Tensei. Satu hal yang Niscaya di setiap serinya adalah tingkat kesulitan yang dianggap brutal oleh para gamer dan juga saya sendiri. Hal ini sudah menjadi Tanda khas dari seri game Shin Megami Tensei.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sebuah tulisan opini mengenai seri game Shin Megami Tensei menjadi salah satu game turn based RPG/JRPG paling brutal yang pernah saya mainkan selama ini. Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi saya selama mengikuti dan bermain salah satu dari sekian banyak seri Shin Megami Tensei.

Baiklah, mari kita mulai saja pembahasan mengenai Shin Megami Tensei menjadi salah satu JRPG paling brutal.

Berawal dari Rekomendasi Sahabat Buat Mencoba Persona 3 dan Persona 4

[Opini] Seri Shin Megami Tensei Adalah Salah Satu Game JRPG Paling Brutal 14

Pertama kali saya mengetahui seri Shin Megami Tensei atau disingkat SMT berawal dari Sahabat memberikan rekomendasi sebuah game PS2 yang sudah Tak asing Kembali bagi kalian, Yakni Shin Megami Tensei: Persona 3 FES dan Shin Megami Tensei: Persona 4. Kedua game yang dulunya merupakan spin-off dari Shin Megami Tensei menjadi awal mula saya mulai mengikuti seri ini.

Dulunya saya Tak terlalu memperhatikan darimana asal seri kedua game tersebut. Tetapi setelah menamatkan Shin Megami Tensei: Persona 3 FES dan Shin Megami Tensei: Persona 4, saya pun mulai menelusuri game lainnya dengan gameplay ataupun berkaitan dengan seri ini.

Shin Megami Tensei Persona 4
[Opini] Seri Shin Megami Tensei Adalah Salah Satu Game JRPG Paling Brutal 15

Pada akhirnya, saya menemukan game ketiga seri SMT, Yakni Shin Megami Tensei III: Nocturne Buat PS2. Pada awalnya saya mengharapkan gameplay dengan tema anak sekolah dan bond relationship seperti Persona 3 dan Persona 4. Tetapi yang saya dapatkan adalah dihajar habis-habisan oleh para demons di game ini.

Tutorial Kena Game Over

Saya Tak bercanda mengenai dihajar habis-habisan dengan para demons. Shin Megami Tensei III: Nocturne menghadirkan tingkat kesulitan yang sangat jauh berbeda dengan kedua seri spin-off Persona. Musuh yang saya hadapi dari Secara acak encounter Membangun sang protagonist Tewas konyol dan game over. Bahkan ketika menghadapi musuh pertama pada Begitu Tutorial. Bayangkan saja, game Tutorial saya harus merasakan kebrutalan dari musuh kecil dan Bisa Tiba Game Over. Dan itupun saya bermain game-nya di difficulty Normal dalam game.

Shin Megami Tensei Iii Nocturne Matador
[Opini] Seri Shin Megami Tensei Adalah Salah Satu Game JRPG Paling Brutal 16

Meskipun sedikit merasa kesal dan kaget dengan perbedaan tingkat kesulitan, bukan berarti saya langsung menyerah begitu saja. Pada akhirnya sedikit demi sedikit saya mulai beradaptasi dengan fitur gameplay dan tingkat kesulitan dalam menghadapi musuh dari Secara acak encounter serta mini-boss dalam game.

Shin Megami Tensei Tetap Mempertahankan Tingkat Kesulitan yang Mengerikan

Shin Megami Tensei I Gameplay
[Opini] Seri Shin Megami Tensei Adalah Salah Satu Game JRPG Paling Brutal 17

Setelah mencoba Shin Megami Tensei III: Nocturne, saya mulai mencoba beberapa judul seri game Shin Megami Tensei lainnya, seperti Shin Megami Tensei I dan Shin Megami Tensei II. Sebagai predecessor, game klasik yang rilis pada platform SNES ini Rupanya Mempunyai tingkat kesulitan yang mengerikan.

Sama seperti Nocturne, saya juga dibuat Tewas dan game over dari musuh kecil Secara acak encounter di awal game. Hal ini membuktikan bahwa seri Shin Megami Tensei tetap mempertahankan tingkat kesulitannya di sekuel serta spin-off game mereka.

Sistem Alignment yang Perlu Diperhatikan

Shin Megami Tensei Strange Journey Karakter
[Opini] Seri Shin Megami Tensei Adalah Salah Satu Game JRPG Paling Brutal 18

Sejak itu, saya mulai ketagihan bermain seri game JRPG Shin Megami Tensei. Satu per satu saya mulai bermain game SMT lainnya, seperti Shin Megami Tensei: Devil Summoner, Devil Summoner: Raidou Kunozoha series, Shin Megami Tensei: Strange Journey, Shin Megami Tensei: Digital Devil Saga dan Lagi banyak Kembali.

Selain tingkat kesulitannya yang brutal, salah satu fitur menarik dari seri SMT adalah sistem Alignment. Aligment adalah sistem dimana Pemeran akan memilih berada di pihak antara Law, Chaos atau Neutral. Ketiga Alignment ini akan mempengaruhi ending dalam game.

Shin Megami Tensei V Choice
[Opini] Seri Shin Megami Tensei Adalah Salah Satu Game JRPG Paling Brutal 19

Eksis banyak Elemen yang mempengaruhi sistem Alignment yang harus didapatkan oleh Pemeran, seperti mengambil keputusan dalam suatu pilihan, Kepribadian atau demons yang digunakan dalam party, tipe Alignment musuh yang dibunuh, negosiasi dengan musuh dalam battle dan Lagi banyak Kembali.

Hal ini akan kalian temukan pada beberapa game SMT era modern, seperti Shin Megami Tensei III: Nocturne, Shin Megami Tensei: Strange Journey dan lainnya. Sama halnya dengan SMT era modern, SMT era klasik seperti Shin Megami Tensei I dan Shin Megami Tensei II juga Mempunyai fitur tersebut dan menjadi awal mula perkembangan sistem Alignment pada serinya.

Dekat seluruh seri Shin Megami Tensei yang Mempunyai sistem ini sudah dipastikan akan menghadirkan fitur ending lebih dari satu. Ending tersebut biasanya akan menentukan berada di pihak mana Pemeran pilih. Sementara game Shin Megami Tensei yang Tak Mempunyai Alignment biasanya Mempunyai gimmick Buat mendapatkan ending mereka sendiri.

Sistem Law biasanya identik dengan para Angel, God dan tujuan dalam membimbing Insan ke ideologi mereka. Sementara sistem Chaos identik dengan bekerja sama dengan Demons, Fallen Angel, kehancuran dan menolak keras dengan ideologi Law. Sementara Neutral lebih identik dengan Tak memihak Law maupun Chaos atau Mempunyai ideologi sendiri dalam mengakhiri cerita.

Tak Eksis Pihak yang Betul dan Salah dalam Shin Megami Tensei

Shin Megami Tensei Strange Journey Law Route
[Opini] Seri Shin Megami Tensei Adalah Salah Satu Game JRPG Paling Brutal 20

Dekat seluruh game maupun seri Esensial Shin Megami Tensei menghadirkan ideologi yang menarik dari setiap Alignment. Masing-masing dari Alignment dalam game Bisa Pemeran pilih sendiri bagaimana mereka akan menentukan akhir ceritanya dengan melakukan beberapa syarat Krusial.

Setiap ideologi dalam kubu Alignment Tak Eksis yang salah dan Tak Eksis yang Betul. Masing-masing kubu Mempunyai kebenaran dan kesalahan mereka masing-masing. Contohnya pada kubu Law dimana biasanya mereka akan membimbing Insan ke jalan yang Betul. Mereka yang Tak Taat atau lebih memilih Chaos, biasanya akan ditelantarkan atau mereka akan dicuci otak Buat mengikuti kubu mereka.

Sementara Buat Chaos menjadi kubu kontra dari pihak Law. Mereka menolak keras dengan Metode mereka menelantarkan para pihak Chaos di dunia yang akan hancur. Mereka Mempunyai Metode sendiri Buat menentukan nasib mereka. Pada akhirnya Chaos dan Law sering berseteru satu sama lain.

Lain halnya dengan pihak Neutral, dimana Protagonist atau Player Membangun sendiri keputusan mereka dan menciptakan pihak ketiga dalam menghentikan atau menghindari Akibat dari pertikaian antara Chaos dan Law. Selain itu Neutral sering berkaitan dengan bagaimana Protagonist Mempunyai ideologinya sendiri dalam menyelamatkan umat Insan dari Kombinasi tangan Law maupun Chaos.

Kira-kira seperti itu gambaran singkat mengenai sistem Alignment dan ending dalam seri game Shin Megami Tensei. Pemeran Bisa memilih sendiri Alignment mereka dan Menyaksikan bagaimana sang Protagonist berubah total dari awal hingga akhir game-nya.

Shin Megami Tensei Iii Nocturne Chaos Ending
[Opini] Seri Shin Megami Tensei Adalah Salah Satu Game JRPG Paling Brutal 21

Rekomendasi Game Shin Megami Tensei Pertama Kali yang Harus Dimainkan

Karakter Demi Fiend Siap Beraksi Kembali Di Dlc Shin Megami Tensei V Header
[Opini] Seri Shin Megami Tensei Adalah Salah Satu Game JRPG Paling Brutal 22

Kalau kalian bertanya game Shin Megami Tensei mana yang harus kalian coba Buat pertama kalinya, saya punya banyak rekomendasi Buat kalian. Shin Megami Tensei III: Nocturne menjadi rekomendasi paling Krusial dan harus kalian coba Buat memulainya. Lampau Eksis juga Shin Megami Tensei: Strange Journey, Shin Megami Tensei IV, Shin Megami Tensei IV: Apocalypse dan paling baru Shin Megami Tensei V.

Buat seri diluar dari seri utamanya, saya rekomendasikan kalian mencoba bermain seri Devil Summoner: Raidou Kuzunoha dan 2 game Shin Megami Tensei: Digital Devil Saga. Belum Kembali dengan para pendahulu SMT, seperti Shin Megami Tensei I, Shin Megami Tensei II, Digital Devil Story: Megami Tensei dan Kyuyaku Megami Tensei.

Bagaimana dengan Persona 3, Persona 4 dan Persona 5? Kalian Bisa saja mencobanya, Tetapi ketiga game tersebut sudah secara Formal bukan bagian dari Shin Megami Tensei. Bisa dibilang seri Persona sudah dapat berdiri sendiri dengan Tanda khasnya tanpa Eksis Rekanan besar dengan Shin Megami Tensei. Selain itu, seri game ini lebih bersahabat dengan gamer yang Tak Biasa dengan tingkat kesulitan yang brutal seperti SMT.

Shin Megami Tensei Persona 2 Innocent Sin
[Opini] Seri Shin Megami Tensei Adalah Salah Satu Game JRPG Paling Brutal 23

Buat gameplay dengan tingkat kesulitan yang mendekati seri SMT sendiri Bisa kalian temukan pada seri game klasik Persona, seperti Shin Megami Tensei: Persona, Shin Megami Tensei Persona 2: Innocent Sin dan Shin Megami Tensei Persona 2: Eternal Punishment.

Itulah beberapa rekomendasi game Shin Megami Tensei yang Bisa kalian coba. Kalian Bisa temukan juga rekomendasi lainnya di internet berdasarkan opini dari gamer lain.

Cerita Tak Eksis Rekanan Sepenuhnya dengan Game Lain

Shin Megami Tensei Iv Apocalypse Cameo
[Opini] Seri Shin Megami Tensei Adalah Salah Satu Game JRPG Paling Brutal 24

Bagaimana dengan cerita? Apa Tak masalah langsung loncat bermain Shin Megami Tensei III: Nocturne tanpa bermain game pertama dan keduanya? Sama halnya dengan RPG lain seperti Final Fantasy, Shin Megami Tensei Tak mengharuskan kalian bermain game lamanya Buat mengikuti alur cerita.

Setiap game Shin Megami Tensei Tak terlalu terkait dengan seri game lainnya satu sama lain Buat kalian ikuti. Kecuali beberapa game yang Lagi memegang judul yang sama dan merupakan sekuel langsung secara Formal, seperti Shin Megami Tensei IV dengan Shin Megami Tensei IV: Apocalypse.

Shin Megami Tensei Iii Nocturne Raidou Kuzunoha
[Opini] Seri Shin Megami Tensei Adalah Salah Satu Game JRPG Paling Brutal 25

Selain itu, setiap game Mempunyai cerita mereka masing-masing yang Tak lepas kaitannya dengan kondisi kehancuran dunia dan membentuk kembali peradaban dalam sebuah siklus yang Lalu berulang. Setiap siklus akan Mempunyai dunia atau planet bumi yang berbeda. Dan setiap protagonist Mempunyai tujuan mereka masing-masing sesuai dengan keputusan yang mereka ambil dalam Alignment pada cerita game.

Beberapa game SMT sempat mention atau menyebutkan salah satu insiden serta protagonist dari game sebelumnya. Biasanya itu merupakan sebuah petunjuk dari Atlus mengenai apa yang terjadi pada Protagonist tersebut pada game-nya. Eksis pula sebuah fanservice dimana salah satu Protagonist Shin Megami Tensei hadir sebagai Rekan dan Musuh di game SMT lain. Mengingat setiap dunia diciptakan selalu berbeda di Shin Megami Tensei, jadi cukup sulit menghubungkan koneksi antara satu game dengan game lainnya.

Itulah artikel opini saya mengenai seri game Shin Megami Tensei menjadi salah satu game JRPG paling brutal. Semoga artikel ini Bisa membantu dan menarik perhatian kalian Buat mencoba mengikuti seri game SMT ini.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Shin Megami Tensei atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via faisal@Jagat Game.com

Trending