Tembang apapun juga Bisa.

Sebelum Final Fantasy XV Windows Edition telah Formal dirilis di PC pada Lepas 7 Maret kemarin, Square Enix sebelumnya menjanjikan bahwa nantinya mereka akan menghadirkan sebuah mod tool yang dapat merombak dan menambahkan berbagai Jenis hal di game final fantasy kesayangan kalian. Meski mod tool Formal mereka tersebut sekarang Tetap belum diluncurkan, hal tersebut tak menghalangi para playernya Demi mengutak-atik game ini sesuai dengan apa yang mereka idamkan.

Setelah sebelumnya muncul sebuah mod dari Kaldaien yang dapat sedikit memperbaiki performa game Final Fantasy XV ori kalian. Baru-baru ini, seoarang youtuber bernama Ryudo Gaming telah berhasil mengubah Tembang game ini Begitu mengendarai mobil dengan Tembang apapun yang kalian mau. Caranya sendiri pun sebenarnya Bukan terlalu rumit seperti yang kalian bayangkan. Tetapi karena kemurahan hatinya, ia pun mengunggah video tutorial secara step by step mengenai bagaimana Langkah mengganti salah satu segmen Tembang di Final Fantasy XV Windows Edition.

https://youtu.be/6JveyfkNKsQ

 

Kalau kalian Tetap belum terlalu paham karena kendala bahasa, kami akan coba memandu kalian secara perlahan-lahan.

1. Download aplikasi file yang dibutuhkan

Terdapat 3 bentuk file yang Ryudo tunjukan, Merupakan:

  1. Deretore for Idolmaster
  2. Audacity
  3. Encoder.rar

Download Seluruh masing-masing file tersebut dengan menekan tombol biru di atas list file yang kami berikan. Spesifik Audacity, sesuaikan yah dengan OS kalian masing-masing ?


2. Extract dan install

Setelah kalian mendownload Deretore dan Encodernya dengan format rar, buat satu folder baru dan extract kedua bahan tersebut ke dalam satu folder baru yang sudah kalian bikin tersebut. Setelahnya, kalian tinggal download dan install Audacity, Lampau jalankan aplikasinya.


3. Buka Audacity, masukkan Tembang, dan atur

Tampilan aplikasi Audacity

Buka aplikasi Audacity kalian, klik open dan pilih Tembang dalam format mp3 yang hendak kalian Mengenakan. Kalian Bisa mengatur volume Tembang bila terasa terlalu keras ataupun pelan. Setelah selesai klik File>Export>Export as WAV. Beri nama file hasil export tersebut dengan nama yang mudah diingat dan save filenya di satu folder yang sama seperti kalian mengextract Deretore dan Encoder.

videoplayback.MP4 snapshot 02.08 2018.03.13 20.05.55
Perhatikan tanda kursor bila kalian Mau mengatur volume. 
videoplayback.MP4 snapshot 02.21 2018.03.13 19.59.06
Ubah dalam format WAV

4. Buka dan copy file satu file musik yang akan diganti

Oke, sekarang saatnya berselancar Demi mencari dimana file musik Final Fantasy XV kalian ? Letaknya Terdapat di Steamapps > Common > Final Fantasy XV > datas > sound > resources > 20000music > jp bgm_car_x.win.sab. Sebelum hendak mengcopy, sangat disarankan bagi kalian Demi membackup file musik tersebut Kalau kalian Mau kembali menggunakan Tembang asalnya. Setelah kalian Pasti, copy file bgm_car berikut ke satu folder yang sama dengan Encoder dan Deretore.

videoplayback.MP4 snapshot 03.17 2018.03.13 20.43.48 LI
letak file musik Final Fantasy kalian brott.

5. Encode file yang dicopy itu

Merupakan langkah yang paling menentukan, sekarang di folder dimana kalian mengextract seluruh file dari Encoder dan Deretore, kalian klik dan jalankan file encode.bat. Lampau nanti akan muncul sebuah command prompt seperti gambar di Dasar ini:

videoplayback.MP4 snapshot 04.38 2018.03.13 20.58.53 1
Terdapat tanda ryudo gamingnya brott

Oke, kami jabarkan langkahnya satu per satu:

  • Input file name = Nama file yang sudah dibuat dalam format WAV di Audacity (Bukan perlu menulis Perluasan)
  • Output file name = Nama file dari proses encode (terserah kalian namai apa, yang Krusial mudah diingat)
  • Tunggu beberapa Begitu, setelah itu tekan tombol apa saja
  • Tunggu beberapa Begitu, setelah itu tekan tombol apa saja (Tengah)
  • Name file to replace = nama file musik Final Fantasy XV yang akan kalian nantinya ganti dengan hasil encode tersebut (Bukan perlu menulis nama Perluasan seperti win.sab.)
  • Selesai

Copy file dan nikmatilah lagunya

Hasil encode ini juga akan menghasilkan file musik baru dengan tambahan format .bk. Yang perlu kalian lakukan tinggal mengcopy file bk dan non bk tersebut kembali ke dalam folder musik Final Fantasy XV kalian. Setelahnya, tinggal langsung kalian jalankan gamenya.

Kalau kalian memilih Demi mengganti file bgm_car_1 seperti Misalnya yang Ryudo peragakan. Begitu menyetir mobil, kalian Bisa mencari sebuah Tembang dengan judul “Sky Smilin’ Down on Me“. Ini adalah Tembang yang digantikan dengan Tembang pilihan kalian tersebut. Sedangkan Kalau kalian memilih mengganti file bgm yang lain, ya kalian harus bereksplorasi Demi mencari Tembang mana yang telah terganti.


Bagaimana, Bukan terlalu sulit kan brott ? Tembang Andika Kangen Band yang sering kalian asosiasikan dengan game ini juga Bisa kok dimasukan ke dalam Mp3 player mobil Regalia kalian. Selamat mencoba !

Credits to : Ryudo Gaming

Trending