Sleep atau Shutdown – Apabila kita membahas soal perangkat komputer, yang terbayang di kepala adalah perangkat seperti laptop dan desktop. Kemungkinan kalau Anda Mempunyai salah satu perangkat ini, sistem operasinya adalah Windows.

Dari dulu, Windows memberikan kenyamanan yang luar Normal Kepada mereka yang sekadar Ingin melaksanakan produktivitas, hingga bermain game. Tak jarang setelah kita menyelesaikan apapun pekerjaan di laptop ataupun PC, perangkat tersebut akan kita shut down.

Tapi, mungkin Anda pernah mendengar sleep-mode, atau bahkan sering menggunakannya. Fitur yang sudah Terdapat sejak Windows 95 ini memang bukanlah fitur baru kemarin sore. Tapi, Tetap banyak yang belum paham sebaiknya PC atau laptop kita masuk mode sleep atau sekalian di-shut down saja.

Mode Sleep atau Shutdown, Apa Saja Perbedaannya?

Sebaiknya pilih yang mana agar laptop lebih Kondusif?

Berikut ini penjelasan seputar mode Sleep atau Shutdown beserta perbedaannya:

1. Mode Shut Down

Fully Shutdown Windows 10 1038x576 1
Mode yang lumrah digunakan oleh pengguna Windows

Ketika Anda memilih menekan tombol shutdown, laptop ataupun PC akan masuk ke kondisi Tewas total alias Bukan menggunakan daya sama sekali. Mode ini biasanya akan dimulai dengan sistem operasi menutup Seluruh aplikasi dan background service yang sedang berjalan.

Tak hanya itu saja, Seluruh komponen didalam laptop ataupun PC Bukan dialiri listrik sama sekali sehingga begitu Anda menyalakan kembali, sistem akan mengaliri listrik ke Seluruh komponen dan membutuhkan beberapa waktu Tamat perangkat dapat digunakan kembali.

2. Mode Sleep

Cara Mematikan Mode Sleep Di Windows
Mode tidur di laptop Windows

Nah, kalau mode sleep? Sesuai penjelasan harfiahnya yang berarti tidur, mode Ketika sleep Bukan mematikan arus ke listrik sepenuhnya. Ini berarti beberapa perangkat krusial seperti RAM tetap bekerja dengan daya rendah.

Meskipun begitu, PC atau laptop Bukan akan menyala Tamat ketika dibutuhkan dan diaktifkan kembali. Bedanya dengan mode shutdown tadi, Seluruh aplikasi dan background Bukan ditutup ketika memasuki mode ini dan begitu dinyalakan, Seluruh aplikasi Tetap akan terbuka seperti semula.

3. Plus Minus Kedua Mode Kepada Laptop Anda

619843751ca92500180c151d
Apa benefit dan kerugian kedua mode ini?

Dengan mengetahui kedua perbedaan mode tersebut, berarti kita sudah Dapat masuk ke apa saja plus minus kedua mode ini. Kalau perangkat Anda adalah laptop, kemungkinan besar Anda lebih sering menggunakan mode sleep bawaan seperti menutup layar yang Mekanis akan masuk ke mode sleep (Apabila Bukan diatur lewat power options).

Plusnya adalah dengan mode ini Anda Dapat Segera mengakses file karena kondisi laptop dapat segara beroperasi dalam waktu singkat dan Seluruh aplikasi Tetap terbuka. Sisi minusnya, Anda harus selalu memperhatikan kondisi baterai. Hal ini disebabkan, meski laptop terlihat seperti Bukan Terdapat aktivitas, nyatanya beberapa komponen didalamnya Tetap bekerja dan menguras baterai.

Mode ini juga Bukan disarankan bagi Anda yang sering lalai dan melupakan kondisi laptop setelah digunakan. Terkadang baterai Dapat terkuras Tamat habis dan begitu dinyalakan, Terdapat peringatan baterai Nihil.

Kondisi ini tentu Bukan ideal bagi baterai laptop mengingat biasanya baterai Lithium Bukan boleh sering digunakan Tamat Kosong karena akan mengurangi siklus aus baterai tersebut dengan Segera. Usahakan juga baterai sudah harus di-cas begitu mencapai 20%.

Kebalikannya, sisi plus dari menggunakan mode shut down adalah Anda Bukan perlu pusing dengan baterai yang sisa berapapun. Tetapi minusnya, Anda harus menunggu beberapa Ketika dari ketika laptop dinyalakan, barulah laptop Dapat bekerja semestinya.

Sleep vs Shutdown, Bilaman Harus Anda Gunakan?

Nah, sekarang pertanyaan Krusial yang perlu dijawab tersisa Bilaman, Bilaman Anda harus menggunakan mode-mode tersebut. Jawabannya tentu saja bervariatif dan tergantung pada use-case seperti apa yang Anda butuhkan.

Apabila Anda merasa hanya beranjak sebentar dari laptop dan posisi baterai Tetap cukup tinggi, maka Bukan Terdapat salahnya menggunakan mode sleep. Sedangkan kalau Anda merasa akan meninggalkan laptop dalam waktu Panjang, misalnya diatas 12 jam. Kondisi shut down adalah pilihan terbaik.

Nah jadi begitulah kira-kira sisi plus dan minus pemilihan kedua mode antara sleep vs shutdown. Apa mode yang Normal Anda gunakan Kepada laptop dan PC nih? Coba spill-spill dikit dong?


Dapatkan informasi keren di Jagat Game terkait Tech atau artikel sejenis yang Bukan kalah Panggil dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com.

Trending