Tak dapat dipungkiri bahwa battle royale memang tengah jadi Aliran primadona dalam kurun 2 tahun terakhir ini. Eksistensi PUBG sebagai “pionir” Aliran ini Membikin para developer & publisher berlomba-lomba menemukan formula baru agar Aliran ini terasa lebih spesial. Salah satu hal tersebut datang dari Respawn, mereka memberikan sebuah kejutan di minggu Lewat melalui game battle royale terbarunya – APEX Legends.

Mengejutkan, sebuah hal yang kami rasakan ketika Menonton sepak terjang Respawn Demi itu, diduga bakal umumkan sebuah seri Titanfall terbaru, mereka Malah langsung merilis APEX Legends sebagai sebuah game free to play. Spesial, adiktif, & “mewah”, 3 hal yang Terang kami rasakan ketika menjajal game battle royale yang satu ini, tak heran bila ia Pandai menggaet lebih dari 25 juta Pemeran dalam 1 minggu saja.

Bagi kalian yang telah membaca first impression dari kami sebelumnya, tentu telah sedikit Mempunyai gambaran Terang akan apa yang ditawarkan Respawn melalui APEX Legends. Seperti janji kami sebelumnya juga, kini tiba bagi kami Buat memberikan ulasan lengkap APEX Legends melalui review kali ini. Benarkah APEX Legends merupakan sebuah game battle royale dengan kualitas bintang lima?

Gameplay

Buat dapat menggaet atensi para gamer di seluruh dunia, tentu Respawn harus menyematkan elemen berbeda pada APEX Legends di tengah ketatnya persaingan game battle royale. Hasilnya? Respawn Rupanya Betul-Betul berhasil dalam hal tersebut, mereka berhasil mengimplementasikan gabungan berbagai elemen game kompetitif tak Lumrah dengan sangat matang.

Tak hadirkan mode solo, duo, ataupun squad 4-5 orang ala game battle royale kebanyakan, APEX Legends hanya memberikan opsi squad berisikan 3 Pemeran, akan Eksis 20 squad dengan 60 Pemeran di tiap match. Hal ini sebenarnya cukup disayangkan, dimana opsi Buat membentuk sebuah squad jadi terbatas dalam jumlah 3 saja. Tetapi untungnya, Respawn berencana menyematkan update mendatang dengan tambahan opsi solo & duo, semoga saja mereka juga memberikan jumlah maksimal tambahan Buat opsi squad.

Pertempuran menantang yang Segera!

APEX Legends menawarkan kerja sama tim sebagai moda Penting Buat mencapai kemenangan, oleh Alasan itu Respawn menyematkan sistem class didalamnya. Tiap Kepribadian yang disebut sebagai “Legend” tersebut Mempunyai class berbeda-benada dengan ability uniknya masing-masing, yang bakal saling melengkapi tim. Eksis tipe penyerang, defender, tracker, hingga medic, semuanya punya keunggulannya masing-masing Buat saling melengkapi, Terang akan susah rasanya bila bermain hanya dengan 1 class saja.

Apex Legends Screenshot 2019.02.13 03.01.56.36
Tiap Hero/Legend punya ability uniknya masing-masing.

6 Kepribadian terbuka secara gratis, sementara 2 lainnya, Mirage & Caustic harus diunlock terlebih dahulu, melalui grinding Legend Tokens, atau dengan jalan singkat melalui microtransaction. Kalau kalian memilih melakukan grinding, butuh 1200 Legend Tokens Buat mengunlock 1 dari 2 Kepribadian tersebut. Tiap kenaikan level, kalian akan diberikan 600 Legend Tokens, itu artinya butuh mencapai level 23 sebelum kalian dapat mengakses Mirage atau Caustic.

Baku tembak yang diwarnai berbagai kamampuan Spesifik para Kepribadian Membikin irama permainan game ini terasa Segera & menegangkan. Ia hadir bagaikan gabungan Overwatch, Titanfall, & PUBG, elemen gabungan 3 game yang Pandai menyuguhkan sensasi fresh dalam Aliran battle royale. Berbagai elemen gameplay yang hadir tersebut Betul-Betul terasa Pandai membangun sebuah konsep APEX Legends yang terasa “modern” & adiktif.

Screenshot 6

Ability dari tiap Kepribadian terasa mudah Buat dipelajari & dikuasai dengan Segera, hal tersebut Membikin para Pemeran kasual dapat beradaptasi dengan Segera. Eksis 3 tipe ability, passive, tactical, & ultimate, passive akan muncul di Demi-Demi tertentu, tactical membutuhkan cooldown yang singkat, dan ultimate adalah ability pamungkas dengan durasi cooldown yang lebih lelet.

Apex Legends Screenshot 2019.02.13 04.45.47.16
NARUTO??

Yang jadi favorit kami? tentu datang dari Mirage, ia Pandai mengeluarkan decoy berupa clone yang akan Membikin bingung musuh. Sementara ability ultimatenya Pandai Membikin ia menghilang dan meninggalkan banyak clone dirinya. Atau Wraith yang Pandai Membikin portal dimensional Buat melakukan teleportasi dengan singkat, hingga kemampuan keren Banglore dalam meluncurkan hunjaman roket sebagai seorang attacker. Seluruh hero Betul-Betul Mempunyai ability yang tak hanya Bermanfaat Buat tim, Tetapi juga terlihat sangat keren & Spesial.

Screenshot 7 1
Kemampuan teleportasi hero yang satu ini mengingatkan kami seorang heroine Marvel – Blink.

Fitur persenjataan yang Eksis juga terasa lebih bersahabat Buat para gamer casual, game ini tak seperti PUBG PC yang mengharuskan kalian mengattach senjata secara manual dengan tambahan item tertentu. Fitur auto attach yang Eksis akan secara Mekanis Membikin senjata kalian terkombinasi dengan extra part dari tiap senjata yang telah Eksis di equipment kalian.

Bagi kalian yang pernah bermain Titanfall, tentu juga tak asing dengan berbagai senjata yang dihadirkan, karena APEX Legends menyuguhkan berbagai senjata dari dunia Titanfall. Kalian Pandai menemukan berbagai senjata ikoniknya seperti Wingman, R-301, Alternator, dan Tetap banyak lainnya. Tetapi tentunya Buat Membikin semuanya terasa lebih balance, APEX Legends tak menghadirkan Titan didalamnya.

Apex Legends Screenshot 2019.02.13 02.43.29.58
Pistol Spesial – Wingman kembali hadir, serasa bagaikan Titanfall versi Battle Royale, minus absennya Mecha (Titan).

Tak seperti game battle royale kebanyakan, APEX Legends tak menyematkan fitur kendaraan sebagai moda transportasi, Tetapi sebagai gantinya, mereka menghadirkan zipline Buat berpindah tempat dengan lebih Segera. Kalian akan didorong melalui balon udara Buat mencapai tujuan yang kalian kehendaki. Tak hanya itu, fitur pergerakan juga dibuat lebih Segera, kalian dapat memanjat objek yang tinggi & melakukan sliding menuju dataran yang lebih rendah.

Apex Legends Screenshot 2019.02.13 03.52.07.62 1

Dalam APEX Legends, Tewas bukanlah akhir dari perjalanan, opsi revive Demi mengalami knock down memang tersedia. Tetapi Demi kalian Betul-Betul telah dihabisi musuh, kesempatan kalian Buat hidup masihlah terbuka selama rekan setim kalian Pandai mengabil banner dari box jasad kalian dan meletakannya pada sebuah Beacon Spesifik yang tersedia di titik-titik tertentu.

Apex Legends Screenshot 2019.02.13 03.52.07.62 2
Tewas bukanlah akhir, Tetap Eksis kesempatan kedua.

Sistem kosmetik

Karena hadirnya sistem class, tentunya fitur kostumisasi Kepribadian secara bebas ala PUBG & Fortnite tak tersedia di APEX Legends. Sebagai gantinya, kalian dapat memakai fitur kosmetik berupa skin yang akan mengubah tampilan outfit tampilan senjata kalian.

Apex Legends Screenshot 2019.02.12 20.08.37.34 1
SIstem kosmetik Buat skin weapon.

Uniknya Tengah, tak hanya skin saja, Eksis banner, finisher, dan pose Buat semakin Membikin karisma Kepribadian kalian terlihat lebih keren. Tetapi sayangnya, berbagai item kosmetik ini tak Pandai diperoleh dengan mudah, Eksis 2 opsi, melalui Apex Pack yang kalian peroleh tiap kenaikan level, atau menggesekan kartu debit melalui fitur microtransaction yang akan kami bahas nantinya.

Apex Legends Screenshot 2019.02.12 20.08.37.34
Skin Kepribadian, Pose, & Banner Pandai jadi ajang “berpamer ria” di tengah match.

Separah apa microtransaction?

Sebagai sebuah game free to play, tentunya Buat bertahan, EA & Respawn harus menyuntikan sistem microtransaction dalam gamenya yang satu ini. Tetapi apakah hal tersebut terasa sangat membebankan? sejauh ini Pandai kami katakan “Enggak”, karena fitur miscrotransaction yang hadir tak mempengaruhi gameplay.

Apex Screenshot 2019.02.05 15.36.38.76
Strenght: 00 Speed: 00 Luck: 100

Game ini menyediakan 3 jenis currency Buat berbelanja, Crafting Metals, Legend Tokens, & Apex Coins, ketiga currency tersebut Mempunyai caranya maing masing Buat didapatkan. Crafting Metals & Legend Token dapat diperoleh Demi kenaikan level, sementara Apex Coins hanya tersedia melalui microtransaction.

Apex Legends Screenshot 2019.02.12 20.08.37.34 2

Microtransaction yang hadir hanyalah sebatas instant unlock character & kosmetik yang akan mempercantik tampilan Kepribadian hingga senjata kalian. Buat mendapatkan skin & item kosmetik lainnya, kalian dapat melakukan gacha tiap kalian mendapat lootbox tiap kenaikan level. Opsi lainnya? Terang melalui microtransaction, Tetapi tetap kami tekankan bahwa fitur ini hanya bersifat opsional & tak wajib. Kami sendiri Terang lebih memilih bermain apa adanya tanpa dorongan membeli kosmetik dengan Doku sungguhan.

Visualisasi memukau

APEX Legends disongkong dengan Source engine yang telah dimodifikasi, sama seperti Titanfall 2, Terang kualitas visual yang disuguhkan tak dapat diragukan Tengah. Tiap Dampak, partikel, texture, reflection, shadow, fog, hingga lighting Pandai disuguhkan dengan sangat matang & Pandai memanjakan mata.

Apex Legends Screenshot 2019.02.12 20.08.37.34 3

Environment yang tersaji terasa detail dan Pandai menyuguhkan suasana battle royale yang terasa lebih imersif. Tiap Dampak Spesifik seperti ledakan, armor yang pecah, hingga kobaran api dari thermite terlihat keren & detail. Kami bahkan tak ragu Buat menyebut APEX Legends sebagai salah satu game battle royale dengan grafis paling memukau Demi ini.

Screenshot 3 1

Soundtrack yang epik!

Sebuah hal yang cukup dapat diapresiasi Buat Respawn adalah kemampuan mereka Buat menyuguhkan soundtrack yang pas terhadap konsep battle royale moderm dari APEX Legends. Soundtrack yang hadir terasa matang, sebelum kalian memulai permainan, di main menu kalian juga telah disuguhkan sebuah soundtrack yang terasa “menggugah”.


https://www.youtube.com/watch?v=oKzYNYUU0Yo


Lewat soundtrack epik Demi pertama kali terjun dari pesawat juga Pandai memperkuat atmosfir permainan, seolah olah kalian akan segera berhadapan dengan tantangan yang epik. Dan Demi menang? sebuah soundtrack epik terputar seolah-olah hadir sebagai hadiah atas kemenangan pertarungan sengit yang kalian lalui, semuanya berhasil tereksekusi dengan Bagus.


https://www.youtube.com/watch?v=TCInKJtWh3o


Conclusion

Respawn Betul-Betul berhasil Membikin sebuah fenomena di awal tahun 2019 ini, eksistensi APEX Legends dalam ranah battle royale berhasil menyuguhkan sensasi yang terasa fresh. Mekanisme gameplay yang solid, konsep Spesial, deretan Kepribadian yang menarik, hingga visualisasi yang memukau terbukti Pandai mendorong APEX Legends menuju puncak.

Apex Legends Screenshot 2019.02.13 02.37.15.72

APEX Legends terasa bagai sebuah game yang Semestinya “mahal”, kami sendiri bahkan Tetap sulit percaya bahwa game sematang ini hadir sebagai sebuah game free to play. Ia hadir bagaikan sebuah hidangan mewah bintang lima yang dapat kalian nikmati secara Hanya-Hanya. Game ini seolah-olah Pandai mendorong standar battle royale menuju level yang jauh lebih tinggi dengan berbagai elemen yang disuguhkannya.

Tetapi walaupun demikian, game racikan Respawn yang satu ini Tetap Mempunyai sederet kekurangan yang patut Buat disoroti. Seperti map yang hanya Eksis 1, hingga mode pilihan yang terbatas pada squad 3 orang saja, semoga saja segelintir kekurangan tersebut akan segera diatasi oleh Respawn melalui berbagai updatenya di masa mendatang. Disamping itu, APEX Legends Terang tetap jadi sebuah game battle royale yang 100% kami rekomendasikan dan wajib kalian mainkan.


Baca juga Informasi atau artikel menarik lainnya dari Author.

Trending