Butuh waktu setidaknya 5 tahun bagi 4A Games Demi meracik maha karya ambisiusnya yang satu ini, jangka waktu development yang matang tersebut akhirnya terbayar manis. Metro Exodus behasil memenuhi Berbagai Ragam ekspetasi tinggi para fans, kerja keras & jeripayah para Bakat handal dibelakang 4A Games berhasil menyuguhkan sebuah karya yang luar Standar ini.

Berbagai Ragam Ciptaan & peningkatan yang disuntikan 4A Games menjadikan Metro Exodus Mempunyai berbagai hal yang kerap kali Membangun kami merasa Terpukau. Sensasi imersif kelas atas yang ditawarkan Betul-Betul Pandai membawa siapapun yang memainkannya seolah berpacu dengan Mortalitas didalam dunia Metro Exodus yang terasa ganas sekaligus mencekam, Tetapi dilain sisi terasa indah & menakjubkan.

Bagi kalian yang telah membaca first impression kami sebelumnya, tentunya telah Menyantap sedikit gambaran tentang apa yang sebenarnya ditawarkan Metro Exodus. Dan sesuai janji kami sebelumnya, akhirnya kini kami berkesempatan membahas Metro Exodus secara lengkap melalui ulasan kali ini.

(All Screenshot Set “Extreme” Rata Kanan)

Storyline

Lagi melanjutkan cerita kedua seri sebelumnya, Tetapi di seri kali ini tak Tengah menceritakan Artyom dengan The Dark Ones. Petualangan terbaru Artyom kali ini akan berkutat pada dunia baru yang ia & istrinya – Anna idam-idamkan. Seumur hidup tinggal di Metro karena dunia yang ia huni telah jadi dataran penuh radiasi bak neraka, tentu Membangun Artyom merasa muak dan Ingin mencari tempat tinggal baru yang layak dihuni.

Artyom & Anna punya impian yang sama, menemukan sebuah dunia baru yang jauh dari kehancuran.

Sebuah dunia tak terkontaminasi radiasi, lengkap dengan udara segar dan pemandangan yang indah, dunia yang tak hanya diperjuangkan bagi demi dirinya sendiri & Anna, Tetapi juga demi Seluruh penghuni Metro. Tentunya keputusan Artyom Demi mencari dunia tersebut ditentang oleh Colonel Miller – pemimpin The Order of Spartan Rangers sekaligus Orang Uzur mertua Artyom. Dimana ia sering kali Menyantap Artyom menghabiskan waktu & tenaga demi mencari dunia yang bagi Miller hanyalah suatu imajinasi fana belaka.

20190216224529 1

Tetapi siapa sangka, eksistensi dunia indah yang selama ini Artyom & Anna impikan memang Betul adanya, tanpa sengaja Artyom & Anna membuka akses komunikasi diluar kota Moscow. Terdapat banyak kota lain yang Rupanya Lagi menyimpan kehidupan didalamnya, dari situ keyakinan Artyom & Anna tentang dunia bagai surga semakin kuat. Mengetahu hal tersebut, Miller merasa kesal, sebenarnya ia memang Paham bahwa akses komunikasi kota Moscow sengaja dimatikan & disembunyikan agar Metro tetap Terjamin dari para penjarah dari kota lainnya.

20190216050634 1

Antara kesal & terpaksa, akhirnya Miller & para Laskar The Order lainnya melakukan pembuktian demi mencari Sokongan di kota-kota lain menggunakan sebuah kereta berjuluk “Aurora” yang telah mereka sabotase. Perlahan keyakinan Miller terhadap dunia indah tak terkontaminasi radiasi menjadi kian kuat melalui tiap fakta yang mereka temukan di sepanjang perjalanan. Akhirnya hal tersebut kian jadi motivasi dan mendorong Miller, Artyom, Anna, & para Member The Order lainnya melakukan eksplorasi menemukan dunia baru demi memberikan kehidupan baru bagi para penghuni Metro.

20190218045436 1
Rintangan seperti apa ssajakah yang akan dihadapi Artyom dan para sahabat & keluarganya?

Mampukah Artyom & The Order menemukan sebuah dunia baru yang layak dihuni oleh para Metro? lantas, apa sajakah “harga” yang harus dibayar Artyom Demi menemukan dunia impiannya tersebut. Dan yang terpenting mampukah Artyom melindungi para sahabat & keluarganya dalam dunia Sadis yang hendak mereka jelajahi? kesemua pertanyaan tersebut akan terjawab bila kalian Metro Exodus ini!

Kualitas Visual Super Memukau!

20190218051219 1

Dengan waktu development yang matang, 4A Games berhasil mempersembahkan kualitas maksimal visual Metro Exodus. Mereka berhasil menyulap 4A Engine yang telah dipakai sejak Metro 2033 dengan sangat apik, hasilnya? sebuah kualitas visual super memukau yang akan selalu Membangun mata kalian terpana. Tiap aspek visual disuguhkan dengan sangat manis, texture, shadow, lighting, fog, reflection kesemuanya terlihat apik dan Pandai menyuguhkan atmosfir yang Sebaiknya.

20190221001640 1
Lihatlah detail genangan dan kotoran pada senjata tersebut, menakjubkan!

Tiap environment yang disuguhkan terasa realistis, ragam Dampak & detail kecil sekalipun seperti lumpur, genangan air, vegetation, hingga dedaunan yang gugur disajikan sangat apik. Seolah-olah akan menarik kalian dalam dunia yang penuh Mortalitas, Tetapi disisi lain juga terasa sangat indah. Tentunya aspek visual mempuni ini Pandai mendorong pengalaman bermain terasa sangat imersif. Sebagai buktinya? kalian dapat Menyantap tiap screenshot yang kami suguhkan dalam ulasan kali ini, yang kesemuanya telah kami abadikan dengan set “Extreme” rata kanan.

20190218023416 1

Gameplay

Dengan segudang peningkatan & perombakan dalam gameplay yang dihadirkan, Metro Exodus Pandai menyuguhkan sebuah pengalaman FPS yang terasa imersif. Segala aspek kompleksitas dan Berbagai Ragam hal realistis yang coba ditawarkan berujung menjadikan game ini terasa lebih menarik sekaligus menantang. Eksistensi Metro Exodus ini seolah-olah Pandai mendorong standar game single player FPS menuju ke tingkat yang jauh lebih tinggi Tengah.

Imersif!

Imersif, adalah pengalaman yang kami Jernih rasakan melalui peningkatan serta perombakan gameplay Metro Exodus, ia hadir menyuguhkan gameplay Metro yang selama ini kita kenal, Tetapi dengan peningkatan yang sangat signifikan. Tiap mekanisme gameplay yang disuguhkan terasa jauh lebih realistis, mulai dari sekedar pergerakan, kamera, environment, gunplay, hingga cuaca, semuanya terasa lebih kompleks dan realistis.

20190216220317 1

Tentunya segala aspek realistis tersebut juga mempengaruhi tingkat kesulitan juga, kini tingkat kesulitan Metro Exodus terasa diatas seri-seri sebelumnya. Pergerakan Artyom takkan segesit di seri sebelumnya, dimana kini ia dapat letih ketika dipaksa Demi Lalu-terusan berlari. Resource & ammo kini juga terasa lebih terbatas, sebagai penunjangnya, kini kalian dapat melakukan crafting Demi meracik suply & ammo melalui resource yang telah kalian peroleh. Tetapi tetap saja, kalian hanya dapat membawa suply & ammo dalam jumlah terbatas dalam tiap perjalanan, tentunya hal ini akan memaksa kalian agar selalu mengunakan peluru & suplay sehemat & sebijak mungkin.

Fleksibilitas yang coba ditekankan 4A Games ini juga terasa Membangun player dapat menentukan gaya bermain & taktiknya tersendiri. Demi menyelesaikan sebuah misi, kalian Dapat terlebih dahulu melakukan eksplorasi demi memperoleh resource & suplay sebagai persiapan. Bahkan kalian dapat menggunakan berbagai taktik berbeda Demi menyelesaikan suatu misi, melayangkan tembakan membabi buta? melakukan stealth? menempuh area yang berbeda? semuanya terserah pada kalian.

Desktop Screenshot 2019.02.16 04.01.12.75 1
Terkadang “barbar” menjadi opsi yang cukup efektif & Lekas.

Mekanisme shooter yang dihadirkan juga terasa semakin “berat”, tiap recoil disuguhkan dengan serealistis mungkin, dengan senjata berat, tentu arah tembakan yang dihasilkan juga semakin sulit dikontrol, begitu pula sebaliknya. Lewat sistem reload disini tak dapat dilakukan secara Mekanis, kalian harus menekan tombol reload secara manual Ketika amunisi habis.

Gas mask sebagai moda Primer Artyom mengarungi dunia penuh radiasi kini juga punya sistem yang lebih detail, dimana benda tersebut dapat rusak dan harus diperbaiki dengan resource tertentu. Selain itu, kini senjata yang dapat kalian gunakan dapat kotor dan harus kalian bersihkan secara rutin, dimana hal ini akan mempengaruhi performanya, mulai dari mengalami overheat hingga jammed.

20190221001640 1 1
Tiap equipment kini dapat kotor & rusak.

Sistem kostumisasi persenjataan kini terasa lebih luas & Luwes dibanding seri sebelumnya, berbagai senjata hingga attachment terasa jauh lebih Berbagai Ragam. Fitur kostumisasi yang dihadirkan ini akan terasa membantu gaya bermain kalian masing-masing, brutal? tentu kalian dapat meracik senjata berat kalian sendiri, atau tipe jarak jauh, kalian dapat mengkostumisasinya dengan sedemikian Jenis.

20190216203309 1
Kesempatan menciptakan senjata idaman kini terasa jauh lebih Berbagai Ragam.

Ragam musuh yang dihadirkan kini juga terasa lebih Berbagai Ragam, disisi pertarungan dengan Insan ia terasa tak banyak beda, Tetapi musuh disisi para mahkluk mutasi, perbedaan terasa cukup mencolok. Kali ini para mutant & mahkluk mutasi lainnya terasa lebih Berbagai Ragam dan punya kelemahannya masing-masing Demi ditundukan. Menariknya Tengah, ragam musuh yang dihadirkan tersebut juga terasa lebih merepotkan dibanding seri-sari sebelumnya, tak hanya karena Dampak gameplay yang lebih kompleks, Tetapi juga karena kemampuan & damage yang mereka hasilkan.

20190216205401 1
Mahkluk berbentuk partikel elektrik ini dapat menghadiahkan “instant death” pada kalian.

Tingkat kesulitan yang terasa lebih menantang tersebut tentunya jadi sebuah pelepas dahaga bagi kalian yang Getol akan tantangan, di mode normal sekalipun, tantangan yang hadir cukup Demi menguji kesabaran & ketelitian. Tetapi tentunya hal tersebut Membangun Metro Exodus hadir sebagai game yang tak dapat dimainkan oleh gamer casual yang mengharapkan kemudahan.

Dunia yang lebih terbuka!

Salah satu perombakan yang sangat patut diacungi jempol bagi kami tentu melalui keberanian 4A Games Demi menyematkan dunia yang lebih terbuka pada Metro Exodus. Disini kalian takkan Tengah dihadapkan dengan Berbagai Ragam stage linear demi menikmati cerita semata, kali ini kalian dapat melakukan eksplorasi dengan lebih leluasa. Tak sepenuhnya terbuka memang, Tetapi hal yang satu ini Membangun replaybility & suasana permainan terasa lebih nikmat Demi dijalani.

20190216052646 1

Pada sebagian stage memang Lagi menerapkan sistem linear, Tetapi sisanya memuat stage area luas yang dapat dijelajahi secara leluasa, masing-masing juga punya keunikan & kontennya masing-masing. Demi menunjang dunia yang lebih terbuka tersebut, kini kalian akan miliki moda transportasi Istimewa di tiap map, mulai dari mobil, kereta, hingga Bahtera dayung.

20190218020751 1
Minggir, Mad Max mau lewat.

Salah satu yang menarik dimata kami adalah dunia berjuluk “Caspian”, area gersang nan luas, lengkap dengan ragam camp bandit yang brutal didalamnya. Demi menunjang eksplorasi map yang satu ini, kalian akan dilengkapi dengan sebuah van Uzur yang telah dimodifikasi, tentunya tema & map yang satu ini cukup mengingatkan kami pada dunia Wasteland yang diusung dalam Mad Max.

20190218014708 1
Selamat datang di Wasteland!

Sistem cuaca serta siklus siang malam juga Membangun ragam area yang disuguhkan terasa lebih imersif, cuaca yang dihadirkan terasa Luwes dan dapat mempengaruhi gameplay. Karena perubahan cuaca juga mempengaruhi pergerakan Artyom & munculnya mutant yang siap memanfaatkan keadaan tersebut. Ragam Dampak mulai dari badai salju, badai pasir, hujan badai lengkap dengan petir yang menyambar, kesemuanya hadir memperkuat atmosfir permainan yang disuguhkan.

Tetap Punya Kekurangan

Menciptakan sebuah karya dengan segudang kesempurnaan memanglah sulit, dibalik ragam konten imersif yang ditawarkan, Metro Exodus Lagi menyimpan kekurangan didalamnya. Yang Jernih sangat kami rasakan adalah ragam bug yang hadir, tentunya hal tersebut kerap kali mencederai sensasi imersif yang hendak ditunjukan.

20190218062655 1
Nama : Admiral – Kemampuan Tertentu: duduk tanpa kursi.

Sebagai Teladan, bug-bug hadir dalam bentuk Bunyi yang muncul berulang-ulang, hingga bug objek yang tak Cocok dengan NPC. Tetapi bagi kami, ragam bug yang Terdapat tersebut tak jadi sebuah kekurangan yang fatal hingga menuju skala tak dapat dimainkan.

Artyom tetaplah Seorang Silent Protagonis

Dengan segala aspek imersif yang disuguhkan, kami cukup menyayangkan keputusan 4A Games Demi membawa kembali sosok Artyom sebagai seorang silent protagonis. Dimana ia tak pernah berbicara disepanjang permainan dan hanya “curhat” melalui loading screen seperti di seri sebemunya. Pada kedua seri sebelumnya Artyom memang ditampilkan sebagai silent protagonis, Tetapi kami cukup berharap 4A Games melakukan perubahan terkait hal ini.

20190218020416 1
Bayangkan betapa dalamnya rasa emosional yang akan tersaji bila Artyom tak Tengah hadir sebagai silent protagonist.

Cerita emosional serta ragam cutscene interaksi yang dihadirkan terasa sangat imersif, Tetapi sayang tak didukung dengan sosok Artyom yang tetap dibuat Tenang. Keseluruhan cerita yang disajikan Metro Exodus sangatlah menarik & Pandai menarik rasa empati, Tetapi tentunya hal tersebut akan terasa lebih emosional Tengah bila Artyom dibuat sebagai tokoh yang Mempunyai dialog & kepribadian.

Soundtrack

Tak dapat dipungkiri Tengah bahwa soundtrack merupakan salah satu elemen paling krusial di dalam sebuah game. Bila diracik dengan Cermat, soundtrack akan Pandai memperkuat atmosfir permainan yang dihidangkan, dan dalam hal ini, 4A Games berhasil melakukan tugasnya dengan sangat Bagus. Tiap soundtrack yang mereka suntikan pada Metro Exodus terasa ciamik, tiap adegan yang tersaji Pandai dibalut dengan soundtrack yang kian memperkuat ragam adegan yang tersaji.


https://www.youtube.com/watch?v=Ynjy6qbABco


Tiap situasi Pandai dibalut dengan soundtrack yang cocok, ketegangan Ketika berhadapan dengan para bandit & mutant Pandai dibalut dengan soundtrack yang terasa memacu adrenalin. Begitu pula dengan ragam situasi emosional yang tersaji juga Pandai terbalut rapi dengan soundtrack yang tak jarang akan mendorong rasa emosional kalian. Dan yang terpenting adalah, 4A Games berhasil mempersembahkan ragam soundtrack yang Pandai representasikan tema Metro Exodus sendiri, yakni, perjuangan, penderitaan, dan Mortalitas.


https://www.youtube.com/watch?v=Es3GQMOLHkk


Conclusion

Setelah menelan pengembangan selama 5 tahun lamanya, akhirnya Metro Exodus telah berada dalam genggaman dan Pandai hadir penuhi berbagai ekspetasi. Ragam perombakan & peningkatan yang dilakukan 4A Games Pandai mendorong Metro Exodus menghadirkan pengalaman bermain yang super imersif. Eksistensi Metro Exodus kali ini seakan mendorong standar game FPS menuju level yang jauh lebih tinggi Tengah. Tak hanya tampil sebagai sebuah seri Metro terbaik, kami sendiri bahkan tak ragu Demi menyebut Metro Exodus sebagai salah satu game FPS single player terbaik Ketika ini.

20190218044928 1

Berbagai tingkat kesulitan yang terasa lebih menantang dibanding seri sebelumnya juga Membangun game ini jadi pelepas dahaga bagi kalian yang Getol akan tantangan. Selalu berhati-hati, mengeksekusi taktik yang Cermat, hingga selalu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang jadi sebuah sensasi kesenangan sendiri dalam menghadapi tiap keganasan dalam dunia Metro Exodus. Akan tetapi, disisi lain tentunya hal tersebut Membangun game ini jadi sebuah game yang tak bersahabat bagi para gamer casual yang lebih senang akan kemudahan.

Tetapi, dengan segala kelebihan yang dimiliki, kami tetap tak Dapat mengatakan bahwa Metro Exodus adalah game yang sepenuhnya sempurna, ia tetap punya beberapa kekurangan minor yang patut disoroti. Ragam bug yang kerap kali menggangu jalannya permainan jadi sebuah masalah konkrit, yang kami harap akan segera diperbaiki oleh 4A Games di update mendatang. Terlepas dari masalah minor yang Terdapat tersebut, Metro Exodus tetaplah sebuah maha karya luar Standar yang harus kalian coba sendiri.

REVIEW SCORE 2 metre


Baca juga Informasi atau artikel menarik lainnya dari Author.

Trending