Cocok seminggu sudah game Red Dead Redemption 2 garapan Rockstar Games Formal diliris secara mendunia. Engkau mungkin sudah menghabiskan waktu berjam-jam didalamnya dan telah mendapati berbagai hal-hal yang sungguh istimewa dari game bertemakan wild west ini.

Tetapi serial ketiga Red Dead Redemption ini Pandai dikatakan kurang memberikan arahan bermain yang Pandai langsung dipahami. Maka dari itu, buat Engkau-Engkau yang berencana memainkan game ini dalam waktu dekat atau Engkau yang telah memainkan game ini tapi membutuhkan sedikit Sokongan dalam berpetualang dalam Red Dead Redemption 2, berikut ini penulis deretkan 71 tips dan hal-hal Berfaedah yang perlu Engkau ketahui agar Engkau siap mengarungi kerasnya dunia koboi.


1. Buka Map Lebih Segera

Engkau Pandai tekan dan tahan tombol Start/Option Buat langsung mengakses Map. Lebih Segera daripada Engkau harus masuk ke menu pause dahulu.

2. Mengakses Log

Cukup tekan d-pad kiri sekali, maka Engkau dapat Menonton isi log yang terdiri dari task, challenge dan notification.

3. Mengakses Jurnal Punya Arthur

Tekan dan tahan d-pad kiri, maka Engkau dapat Menonton isi jurnal yang dimiliki Arthur selama Engkau bermain RDR 2.

4. Baca Compendium

Aktivitas-aktivitas sampingan yang Engkau lakukan nantinya akan terekam dalam menu Compendium. Selain itu Compendium juga berisi informasi-informasi Berfaedah terkait dunia RDR 2. 100% Compendium menjadi salah satu syarat Buat Engkau mendapatkan Platinum Achievement.

5. Lakukan Manual Save

Biar memang Eksis auto-save, Eksis baiknya Buat tetap lakukan manual save secara berkala, sehingga Engkau Pandai mengulang Apabila terjadi kesalahan fatal.

6. Disarankan Mulai Free-roam Demi Sebelum Chapter 2 Berakhir

Beberapa fitur dalam RDR 2 ini sayangnya baru dibuka dalam Chapter 2. Maka dari itu agar Enggak sia-sia sudah menjelajah kemana-mana tapi nggak Pandai ngapa-ngapain, Engkau Pandai mainkan dulu beberapa misi Penting dan misi sampingan Tiba menjelang misi terakhir Chapter 2 atau sebelum pindah camp Kembali.

7. Misi Sampingan Pandai Hilang

Beberapa misi sampingan Pandai hilang Apabila Engkau terlalu Segera progress misi Penting, maka dari itu disarankan menjalankan misi-misi sampingan dahulu hingga habis baru menjalankan misi Penting.

8. Enggak Eksis Level Kepribadian

RDR 2 Enggak menggunakan sistem leveling Kepribadian, Tetapi terdapat tiga status Penting Yakni Health, Stamina dan Dead Eye. Ketiga status tersebut dapat Engkau kembangkan dengan melakukan berbagai aktivitas dalam RDR 2.

9. Sistem Cores dan Rings

Ketiga status tersebut Mempunyai simbol (Core) dengan bar cincin (Ring) yang melingkarinya. Tertembak (terkena damage), berlari (aktifitas menggunakan stamina), dan menggunakan Dead Eye akan langsung mengurangi bar dari cincin masing-masing status, Tetapi bar cincin Health dan Stamina akan terisi kembali dengan sendirinya. Cores mempengaruhi seberapa Segera masing-masing ring melakukan isi ulang.

10. Dead Eye Sedikit Berbeda

Lagi berhubungan dengan poin sebelumnya, bar cincin Dead Eye Enggak Pandai refill dengan sendirinya, Tetapi Engkau Pandai mendapatkan kembali bar cincin tersebut dari membunuh orang maupun hewan. Core Lagi tetap mempengaruhi seberapa banyak bar cincin yang Engkau dapatkan kembali.

11. Lakukan Challenge

Terdapat Challenge yang dibagi menjadi 9 kategori, dimana kategori-kategori tersebut akan mempengaruhi salah satu dari ketiga statusmu. Setiap Challenge yang Engkau selesaikan akan memberikan experience Buat statusmu naik level.

12. Selalu Sedia Provision dan Tonic

Provision berfungsi Buat isi ulang Cores dan Tonic berfungsi Buat isi ulang Rings. Provision terdiri dari makanan dan minuman dan Tonic terdiri dari obat-obatan.

13. Arthur Pandai Underweight dan Overweight

Kebanyakan makan Pandai Membikin Arthur Overweight, dan dapat mengurangi efektiftas Stamina Tetapi meningkatkan efektiftas Health. Kurang makan juga dapat Membikin Arthur Underweight, yang nantinya mengurangi efektifitas Health Tetapi meningkatkan efektiftas Stamina.

14. Kuda Juga Mempunyai Status Stamina dan Health

Kuda yang Engkau kendarai juga Mempunyai Core dan Ring Buat Health dan Stamina, status tersebut juga berfungsi sama dengan status yang dimiliki Arthur.

15. Rawat Kuda dan Tingkatkan Bonding Level

Engkau Pandai mengelus-elus kuda, memberikannya makan dan membersihkannya dengan brush demi meningkatkan level bonding dengan kuda. Bonding level juga akan meningkatkan Speed dan Acceleration, serta Status Health dan Stamina sang kuda.

Red Dead Redemption 2 20181029003909

16. Langkah Mendapatkan Brush

Bingung Langkah mendapatkan Brush? Enggak perlu khawatir karena Engkau baru mendapatkan Brush pada sebuah misi di Chapter 2.

18. Jangan Lupa Namai Kudamu

RDR 2 memperbolehkanmu Buat menamai kudamu sendiri agar Engkau lebih sayang dengan kudamu.

19. Selalu Bawa Horse Reviver

Kalo Engkau mengendarai kuda secara ugal-ugalan seperti penulis, sangat disarankan Buat setidaknya selalu membawa satu Horse Reviver, karena kudamu Pandai Wafat secara permanen.

20. Gunakan Wheel Menu Buat Efisiensi

Selain memilih senjata (Weapon Wheel), Engkau juga dapat mengakses dan memilih Provision dan Tonic (Item Wheel) yang Mau Engkau gunakan melalui menu wheel. Hal ini tentunya lebih Segera daripada membuka satchel secara manual. Demi naik kuda (Horse Wheel) Engkau juga dapat memberikan makan dan membersihkan kuda dan mengakses beberapa item yang tersimpan di kuda.

21. Arthur Pandai Membawa 4 Senjata Sekaligus

Terdiri dari 2 senjata ringan (Revolver atau Pistol) dan 2 senjata berat (Repeater, Rifle dan Shotgun). Senjata berat biasanya tersimpan pada kudamu, sehingga pastikan senjata berat tersebut sudah masuk dalam menu wheel milikmu sebelum turun dari kuda. Tapi Engkau butuh off-hand Holster Buat dual-wielding pistol atau revolvermu.

22. Langkah Mendapatkan Off-hand Holster

Engkau baru akan mendapatkan off-hand Holster Demi Chapter 2 akan berakhir. Namu Engkau Pandai mendapatkannya lebih awal dengan melakukan Challenge kategori Master Hunter, kemudian membelinya di Trapper.

23. Enggak Perlu Beli Senjata di Gunsmith

Dekat Segala senjata yang Engkau Pandai beli di Gunsmith Pandai ditemukan dimana saja, terutama musuh-musuhmu atau bahkan Engkau curi dari suatu tempat. Tetapi Engkau Pandai membeli Varmint Rifle Buat keperluan berburu hewan, dan juga keperluan upgrade ataupun memberikan desain Buat senjata-senjatamu.

Red Dead Redemption 2 20181030201257

24. Gunakan Warning Shot

Demi membidik, tekan d-pad atas Buat mengarahkan senjatamu ke langit, tembak Buat keluarkan warning shot. Berfaedah Buat memberikan peringatan atau Membikin kaget para calon korbanmu, atau mungkin sekedar Buat buat kekacauan.

25. Terdapat Beberapa Jenis Ammo dalam Tiap Tipe Senjata

Selain Regular Ammo, Engkau juga dapat membeli atau melakukan crafting jenis peluru lain Buat Dampak yang berbeda-beda, seperti jarak yang lebih jauh atau damage yang lebih besar.

26. Selalu Siap Sedia Gun Oil

Makin Enggak baik kondisi senjata yang Engkau gunakan, semakin kurang juga efektiftas dan damage yang dikeluarkannya. Gunakan Gun Oil Buat lakukan perawatan pada senjata-senjatamu.

27. Engkau Pandai Disarm Musuhmu

Engkau Pandai mengarahkan bidikanmu pada tangan atau senjata musuhmu Buat melakukan disarm dan terkadang Membikin mereka lari ketakutan. Tetapi beberapa NPC nampaknya tetap kebal akan disarm karena Lagi tetap menembak Biar sudah kena tangannya.

28. Mengejar Musuh yang Lari

Tembak kaki musuhmu Buat membuatnya Anjlok sehingga memberikan waktu untukmu memperkecil jarak diri dengan musuh yang Engkau kejar.

29. Gunakan Lasso Buat Menangkap Musuhmu

Beberapa aktivitas ataupun misi Penting membutuhkanmu Buat menangkap orang hidup-hidup. Gunakan Lasso sebelum orang tersebut mengeluarkan senjata Buat mencegahnya menyerang balik. Engkau juga Pandai iseng menyeret orang-orang Tiba Wafat.

30. Jangan Lupa Loot Musuh-Musuhmu

Dalam beberapa chapter awal Engkau mungkin memerlukan banyak Doku, maka dari itu loot menjadi salah satu sumber pendapatan Engkau dalam game ini. Enggak hanya Doku Engkau Pandai saja mendapatkan perhiasan, makanan dan obat-obatan.

31. Kuda Juga Pandai Engkau Loot

Tetapi hanya kuda yang Mempunyai saddle, terlepas kuda tersebut Wafat atau Enggak.

32. Greeting atau Antagonise Orang-orang yang Engkau Temui

Greeting tentu buat Engkau yang Mau Honor yang positif dan Antagonise Apabila Engkau Mau Honor yang negatif. Melakukan hal tersebut di kota agar Segera naik karena jumlah orang yang banyak

33. Engkau juga Pandai Greeting, Mengelus dan Antagonise Anjing yang Berkeliaran

Apabila Engkau Berkualitas pada anjing yang Engkau temui pada suatu tempat, Demi Engkau kembali ke tempat tersebut dilain waktu sang anjing akan mengejar-ngejarmu kegirangan.

34. Selalu Hitch Kudamu Sebelum Turun

Melakukan Hitch atau memakirkan kuda pada tempat-tempat tertentu akan Memajukan bonding level dengan kuda. Biasanya terdapat Hitching Post di depan bangunan. Tetapi Demi di luar kota, Engkau Pandai hitching kuda mu pada sebuah pohon.

35. Engkau Pandai Beli Pakaian di General Store

Pakaian dalam RDR 2 tidaklah sekedar gaya Buat terlihat keren, Pakaian-Pakaian tersebut nantinya akan berpengaruh sesuai dengan temperatur lokasimu. Pilih Pakaian minim dan tipis Buat temperatur panas dan Pakaian tebal Buat temperatur dingin.

36. Engkau Pandai Cukur Rambut di Saloon

Saloon-saloon besar biasanya Mempunyai area Buat Engkau cukuran. Tetapi karena gamenya yang semi realis, Engkau Enggak Pandai bebas memilih gaya rambut ataupun kumis dan jenggot ketika rambutmu Lagi pendek.

37. Engkau Pandai Menginap dan Mandi di Hotel

Mandi sesekali agar Arthur terlihat segar ataupun menginap Apabila Arthur terlalu lelah dan Engkau Enggak Mau beristirahat diluar ataupun di Camp.

Red Dead Redemption 2 20181028124001

38. Engkau Pandai Ganti Pakaian di General Store dan Hotel

Daripada jauh-jauh balik ganti baju di Camp, Engkau Pandai mengakses Wardrobe di beberapa General Store dan Hotel.

39. Kudamu Tertinggal Jauh dan Enggak Pandai Dipanggil?

Kunjungi Stable terdekat dan Engkau Pandai mendapatkan kudamu kembali.

40. Topi Kesayanganmu Terjatuh dan Hilang?

Tenang, Engkau Pandai mendapatkan topimu kembali dari menu Horse Wheel.

41. Cari Informasi ‘Menarik’ di Kota

Sekedar jalan-jalan di kota mungkin Engkau akan menemukan informasi-informasi menarik yang Pandai Engkau manfaatkan. Seperti mendapatkan Doku lebih, mendapatkan senjata baru dan berbagai hal bermanfaat lainnya.

42. Mengenakan Bandana Sebelum Melakukan Kejahatan

NPC di RDR 2 ini Pandai dikatakan punya indera ke-6, mau sediam apapun dirimu melakukan kejahatan seseorang akan mengetahuinya. Sehingga Bandana berfungsi adalah agar para saksi dan penegak hukum Enggak mengetahui siapa pelaku kejahatan tersebut, dan dirimu Enggak akan mendapatkan bounty.

43. Nggak Usah Takut Buat Berbuat Jahat

Mungkin hanya di RDR 2, menjadi jahat Malah terasa lebih asik dan menyenangkan daripada jadi orang Berkualitas, maka dari itu Engkau nggak usah takut Apabila ketauan Demi berbuat kejahatan dan mendapatkan jumlah bounty yang besar.

Red Dead Redemption 2 20181027235556

44. Bounty Pandai Engkau Bayar di Post Office

Semakin besar bounty yang Engkau miliki, frekuensi bounty hunter muncul akan semakin besar. Engkau Pandai bersihkan namamu melalu Post Office yang Eksis ditiap kota.

45. Sesekali Kunjungi Fence

Engkau juga baru membuka fitur Fence pada pertengahan Chapter 2. Fence atau toko yang mirip black market ini jadi tempat Engkau Buat menjual hasil rampokan seperti perhiasan maupun stagecoach (kuda dengan gerobak) dan beberapa item lainnya. Engkau juga Pandai beli berbagai resep Berfaedah disini.

46. Jangan Nafsu Buat Langsung Jual Perhiasan

Biar memang dapat dijual dengan harga yang lumayan, beberapa perhiasan nantinya Pandai Engkau crafting menjadi Talisman yang Pandai memberikan Dampak tambahan Buat Arthur.

47. Fence Enggak Menerima Stagecoach Punya Penegak Hukum

Gerobak kuda Punya penegak hukum biasanya dibuat dari besi, maka dari itu cukup incar gerobak-gerobak yang dipakai oleh rakyat.

48. Beli Lock Breaker

Sesuai namanya, benda ini berfungsi Buat membuka gembok pada suatu peti, brankas ataupun tempat penyimpanan lainnya secara Tenang-Tenang. Engkau cukup membelinya sekali di Fence.

49. Selalu Bawa Dinamit

Apa gunanya penjahat tanpa bawa bom? Selain Buat melukai dan membunuh, Engkau juga Pandai menggunakan dinamit Buat membuka brankas besi yang Enggak Pandai dibuka dengan lock breaker ataupun senjatamu.

50. Jelajahi Berbagai Tempat Terencil

Sesekali cek Posisi-Posisi kecil yang tersebar di peta, Engkau Pandai menemukan berbagai hal yang pastinya Berfaedah, seperti Bersua orang-orang menarik, mendapatkan senjata langka, temukan aktivitas sampingan yang baru, map harta karun, bahkan easter egg.

51. Sesekali Gunakan Senjatamu Buat Menembak Burung

Engkau Pandai mengambil bulu dari burung-burung tersebut yang Pandai Engkau gunakan Buat Membikin anak panah dengan Dampak yang berbeda-beda. Seperti Small Game Arrow, Improved Arrow dan Poison Arrow.

52. Jangan Lupa Bahwa Eksis Fitur Memancing

Engkau dapat memancing di sungai, Waduk dan pinggir pantai.

Red Dead Redemption 2 20181027233515

53. Beli Pancingan Dimana ya?

Engkau baru akan mendapatkan pancingan pada pertengahan chapter 2.

54. Tapi Engkau nggak Harus Pake Pancingan

Engkau Pandai saja langsung menggunakan pistol atau senjata lainnya Buat berburu ikan. Tetapi ikan tersebut baru Pandai Engkau angkat setelah mencapai perairan yang lebih dangkal atau perariran yang Enggak membutuhkanmu Buat berenang.

55. Lakukan Quest Legendary Animal (dan Legendary Fish)

Engkau akan dapatkan quest ini di pertengahan Chapter 2. Salah satu bahan Buat Membikin Talisman adalah bagian-tubuh seperti Pelt dan Carcass dari binatang Legendary. Sehingga luangkan waktumu sesekali Buat memburu hewan-hewan tersebut.

56. Notifikasi Area Legendary Animal (dan Legendary Fish)

Tiap hewan-hewan legendary mempunyai lokasinya masing-masing, dan Demi Engkau memasuki area tersebut akan muncul notifikasi bahwa Engkau memasuki daerah hewan legendaris. Gunakan Eagle Eye Buat mencari petunjuk dan jejak hewan tersebut Buat mulai perburuan.

57. Incar Hewan dengan Kualitas Bintang 3

Hanya Perfect Pelt yang didapatkan dari hewan bintang 3 yang Pandai digunakan Buat crafting. Engkau juga perlu melakukan Clean Kill Apabila Mau mendapatkan Pelt kualitas bintang 3.

58. Gunakan Binocular Demi Berburu

Engkau Pandai mempelajari spesies hewan apa yang sedang Engkau intai dengan Binocular, demi mengetahui kualitas bintang hewan tersebut dan senjata apa yang cocok Buat melakukan Clean Kill.

59. Cek Compendium Hewan

Engkau juga Pandai mengetahui informasi dan senjata lainnya yang juga Pandai digunakan Buat suatu hewan melalui compendium. Tetapi Engkau tetap harus mempelajari hewannya terlebih dahulu sebelum informasi hewan tersebut terbuka compendium.

60. Gunakan Item Pendukung dalam Berburu

Seperti predator bait Buat hewan karnivora dan herbivore bait Buat hewan herbivora. Kemudian gunakan Cover Scent Lotion Buat menghilangkan baumu agar hewan-hewan yang Engkau incar Enggak mengetahui keberadaanmu. Beberapa hewan Enggak terpengaruh bait kecuali Engkau Membikin versi potennya melalui crafting.

61. Enggak Harus Selalu Incar Kepala Hewan

Biar memang bidikan ke kepala Dekat selalu memberikan Clean Kill, beberapa Hewan Malah Enggak Wafat Demi ditembak di kepala. Tetapi Demi Dead Eye Engkau sudah level tinggi, Engkau Pandai Menonton beberapa Weakspot yang dimiliki hewan tersebut. Tembakan ke Jantung juga Pandai langsung Instant Kill atau terkadang sekedar melumpuhkan hewan yang Engkau incar.

62. Stack Beberapa Pelt Sekaligus Pada Kudamu

Pelt ukuran kecil Mekanis tersimpan dalam inventorymu dan beberapa Pelt ukuran sedang Pandai Engkau simpan (stow) pada kudamu sekaligus. Tetapi Pelt ukuran besar hanya Mempunyai satu ruang pada kudamu dan tetap Pandai Engkau simpan Berbarengan Pelt ukuran sedang.

63. Buat Camp Apabila Jauh dari Peradaban

Kalau Arthur merasa lelah dan Mau beristirahat Demi berada jauh dari peradaban, Engkau Pandai membangun camp Buat beristirahat. Selain itu Engkau juga Pandai Membikin makanan dari daging hewan hasil buruanmu ataupun crafting perlengkapan-perlengkapan lainnya.

Red Dead Redemption 2 20181029123120

64. Sesekali Kunjungi Trapper

Biar Pelt dan Carcass Pandai Engkau sumbangkan Buat Camp, Engkau juga Pandai jual Pelt pada Trapper Buat dapatkan Doku lebih. Trapper juga menjual beberapa barang Buat berburu dan mereka juga Pandai Membikin Pakaian hangat dari pelt dan carcass hewan-hewan legendary maupun hewan-hewan Normal. Pelt dan Carcass dari hewan Legendary hanya Pandai Engkau jual di Trapper.

65. Sumbangkan Daging Hasil Berburu Buat Camp

Engkau Pandai sumbangkan daging-daging ataupun bagian-bagian lain hasil buruanmu melalui meja Punya Pearson di Camp (simbol daging ayam paha Rendah). Honormu akan meningkat setiap Engkau melakukan hal ini.

66. Santap Stew dan Kopi di Camp

Semakin Engkau sering menyumbangkan daging, semakin sering Pearson akan membuatkan Stew yang akan meningkatkan drastis tiga statusmu. Tetapi Engkau hanya Pandai menikmati santapan tersebut setiap beberapa hari sekali, sebagai penggantinya Engkau Pandai menikmati kopi yang siap sedia tiap Demi.

67. Enggak Diwajibkan Nyumbang Doku Buat Camp

Engkau Enggak perlu khawatir Apabila Engkau jarang nyumbang karena hal tersebut Enggak akan mengurangi nilai Honor atau hal lainnya, kecuali ditanyain apakah Engkau nyumbang oleh kerabat-kerabat Camp mu. Cukup sumbangkan uangmu ketika Engkau mau melakukan upgrade Camp.

68. Membuka Fitur Fast Travel dari Camp

Selain Fast Travel dengan kereta dan Stagecoach, Engkau Pandai melakukan Fast Travel satu arah dari Camp. Pertama Engkau harus melakukan upgrade pada bagian Dutch Lodging sebesar $225, baru membeli fitur Fast Travel seharga $325.

69. Sering Ngobrol dan Main Sama Kerabat Camp

Biar memang terkadang cuman komentar-komentar sebagai bagian dari latar cerita, sesekali mereka akan memberikanmu quest Buat mencarikan suatu benda atau bahkan tumbuh-tumbuhan. Engkau tentunya akan menerima imbalan yang Eksis.

70. Misi Perampokan Berbarengan Kerabat Camp

Terkadang kerabat-kerabat camp Mempunyai rencana Buat merampok stagecoach hingga merampok bank. Biasanya ditandai dengan simbol Doku lingkaran. Engkau Pandai saja mengabaikannya, Tetapi misi sampingan tersebut akan hilang sementara dan Engkau harus menunggunya Kembali.

71. Gunakan Hair Tonic Buat Mempercepat Tumbuhnya Rambut

Rambut, kumis dan jenggotmu akan berhenti tumbuh pada suatu level, Tetapi Engkau Pandai gunakan Hair Tonic Buat lebih memperpanjang rambut, kumis dan jenggot, serta mempercepat pertumbuhannya. Terutama Apabila Engkau Mau tampil keren seperti Arthur dibawah ini.

Red Dead Redemption 2 20181030210006


Sekian puluhan tips yang Pandai penulis bagikan kepada kalian. Mungkin memang Enggak lengkap karena penulis sendiri selalu menemukan hal-hal baru Demi bermain Red Dead Redemption 2. Engkau yang juga sudah main dan punya tips sendiri boleh banget dibagikan di bagian komentar ya!

Red Dead Redemption 2 telah rilis pada 26 Oktober 2018 yang Lewat Buat PS4 dan Xbox One. Engkau yang tertarik Buat Menonton review dari game ini Pandai langsung mengunjungi halaman ini.

Trending