Rakit PC Sendiri – Membangun PC sendiri Dapat menjadi pengalaman yang sangat berharga, Tetapi juga Dapat menjadi awal dari sebuah mimpi Jelek Kalau kalian Kagak Mengerti apa yang sedang kalian lakukan.

Kalian mungkin Mempunyai gambaran tentang PC impian yang Mau kalian rakit, Tetapi Kagak Mempunyai pengetahuan dasar atau pemahaman tentang dunia komputer. Inilah yang menjadi awal dari penderitaan ketika merakit PC sendiri.

Sejak memilih komponen saja, mungkin kalian sudah dibuat bingung apa yang Semestinya dipilih agar komponen Kagak kacau-balau dan berujung bottlenecking. Ditambah dengan banyaknya brand yang Eksis dengan bermacam Macam-macam harga pula, tentu menjadikan kompleksitas rakit PC meningkat pesat.

Kagak berhenti disitu saja, merakit PC memang penuh dengan perjuangan bila kalian Kagak menyiapkan diri dengan Berkualitas. Urutan memasang yang salah dan minimnya riset akan menambah beban kerja kalian dalam menyiapkan PC.

Penderitaan Ketika Rakit PC Sendiri Secara Belajar sendiri

Pengalaman ketika merakit PC sendiri

Kalau kalian pernah merakit PC sendiri secara Belajar sendiri, tentu kalian sudah pernah mengalami sendiri berbagai penderitaan yang mau Kagak mau harus kalian alami. Berikut adalah beberapa pengalaman Jelek yang mungkin pernah menimpa kalian ketika sedang merakit PC pertama kali:

1. Baut Hilang

Ca02 4 1
Baut hilang

Namanya pertama kali merakit tentu tanpa persiapan matang. Kalian Dapat saja Kagak begitu berhati-hati dan kehilangan 1 atau 2 baut dan kebingungan mencarinya. Entah jatuhnya di Rendah meja atau di sela-sela sofa, yang Jernih hanya menambah durasi perakitan saja.

Kemudian kalian menyadari kalau Eksis yang namanya magnetic tray Buat meletakkan baut agar Kagak tercecer kemana-mana. Sayangnya kalian baru mengetahui benda Bermanfaat ini setelah selesai merakit PC pertama kalian.

2. Salah Urutan Memasang Komponen

0 Huha5car90ycmerc
Salah urutan pasang

Sebenarnya Kagak Eksis urutan yang Betul dalam memasang komponen PC. Hanya saja, yang Eksis itu adalah urutan yang Kagak Pas akan Membikin kinerja merakit kalian jadi jauh lebih Lamban.

Apalagi kalau misalnya kalian memasang VGA terlebih dahulu baru memasang cooler prosesor. Memang Tetap Dapat dilakukan setelahnya, Tetapi kalian akan jadi lebih kikuk karena tangan Kagak leluasa dan terhalang oleh VGA segede gaban. Biasanya VGA dipasang terakhir karena itu adalah hidangan penutupnya.

3. Casing Murah Bikin Proses Merakit jadi Rumit

rakit pc sendiri
Casing murmer

Memang Kagak Eksis yang salah dengan casing murah karena fungsinya tetap sama. Tapi, kalau kalian sudah pernah merakit di casing yang harganya jutaan, kalian akan Mengerti seberapa enaknya harga mahal di casing menentukan seberapa mulus proses perakitan kalian.

Mulai dari fitur sliding door Buat PSU, hingga manajemen kabel yang lebih diperhatikan Membikin permainan menyelesaikan rakti PC dalam waktu Segera jadi Dapat direalisasikan. Tapi, kalau kalian menggunakan casing harga murah. Jangan berharap hidup kalian akan lebih nyaman.

Pasalnya, casing murah biasanya Kagak punya fitur praktis dan semuanya asal Tetap berfungsi sudah ok. Teladan seperti slot VGA yang Tetap harus dipatahkan manual sebelum memasang, kalau casing mahal biasanya sudah tinggal di lepas dengan 1 baut saja.

4. Salah Urutan Airflow Kipas

Case Fan Airflow 1 100898304 Large
Airflow juga jangan Tamat salah

Selesai rakit dan cek suhu PC kok mahal panas ya? Padahal kalian merasa Segala step sudah dilakukan dengan Betul. Pasta prosesor sudah lebih dari cukup, kipas casing sudah menggunakan brand mahal dan silent.

Eh Rupanya kalian salah urutan atau bahkan kipas dalam casing Rupanya posisinya terbalik. Hasilnya terjadilah negative airflow didalam casing. Padahal Semestinya angin dingin yang masuk harus sama banyaknya dengan angin panas yang dihembuskan keluar.

5. Merapikan Kabel

Eusch522idjxmov9fj5zgr
Kabel yang bikin mumet

PC sudah keren tapi tampak depannya saja? Ya penulis juga pernah merasakannya. Karena bagian depan dan yang paling terlihat inilah bagian mudahnya dalam menjaga estetika. Ketika sudah beranjak ke bagian belakang yang penuh dengan kabel kusut, pikiran pun ikutan kusut.

Kalian mungkin juga menggunakan sebagian besar waktu hanya Buat merapikan bagian semrawut ini. Memang kalian tinggal Kagak perlu merapikannya kalau memang ujungnya ditutup dan tak terlihat. Tapi, Dapat melakukannya juga merupakan kepuasan tersendiri gak sih.

6. Salah Ukuran Casing

20200317 104650
Ukuran case kekecilan

Bagaimana kalau kalian Rupanya membeli casing yang Kagak cocok dengan komponen kalian? Misalnya, kalian Mau gunakan VGA dengan triple fan Tetapi casing terlalu kecil dan hanya diperuntukkan memasang VGA maksimal dual fan.

Kalau sudah seperti ini tentu mood langsung bete karena semuanya sudah terpasang, tinggal memasang VGA saja dan malah Kagak muat. Tentu kalian berharap Dapat diakali dengan mencopot fan depan karena kalau Kagak, mungkin kalian harus menjualnya dan beli casing baru.

7. Urutan Kabel Front Panel

3859037746 F254066365 O 100886995 Orig
Eksis yang hafal?

Ini Tetap satu masalah dengan casing murah tadi. Kalian tentu pernah merasa geram dengan kabel front panel yang berbentuk kecil dan harus dipasang sesuai label. Kalau kalian menggunakan casing mahal biasanya dimudahkan proses ini karena semuanya dibuat menyatu.

Lain halnya dengan casing murah yang kabel power sw, reset sw, hdd led dan power led Tetap terpisah. Sekarang coba cari dimana manual booknya kalian letakkan.

8. Grogi Memasang Prosesor

How To Install A Processor Into A Motherboard 4fq4w2mura
Salah posisi Kagak ya

Sebagai pemula dalam merakit PC, tentu kalian pernah merasakan grogi dalam memasang prosesor ke socket motherboard. Selain karena takut merusak pin yang Eksis, kalian juga takut memasang dalam posisi yang salah.

Padahal kalian tinggal mencocokkan saja dengan tanda segitiga berwarna emas di prosesor dengan socket motherboardnya. Tapi, sekarang kalian malah ragu Buat menekan tuas Buat mengunci. Tenang saja, memang awalnya tuas tersebut akan sangat keras, kalian Kagak melakukan kesalahan apapun kok (mungkin).

9. PC Kagak Menyala Sama Sekali Ketika Power Ditekan

Pc Wont Turn On After Cleaning Scaled 1
Bagian mana yang salah?

Ya PC sudah dirakit, kabel sudah dirapikan, sekarang tinggal menghidupkan PC tersebut. Tapi, sesuatu terjadi, atau lebih tepatnya Kagak terjadi. PC kalian malah Kagak mau menyala dan Kagak Eksis tanda-tanda kehidupan.

Panik mungkin adalah kata yang paling Pas Buat mendeskripsikan kondisi Begitu ini. Eksis banyak hal yang Dapat mendasari PC Kagak mau menyala. Mulai dari kabel power Kagak terpasang dengan Betul, hingga switch di PSU yang belum dinyalakan. Coba cek dan ricek Kembali brott.

Jadi itulah beberapa penderitaan dalam merakit yang akhirnya sudah selesai dan PC kalian sudah Dapat digunakan. Pengalaman merakit PC ini Dapat jadi pelajaran berharga Kalau kedepannya kita perlu merakit PC baru.

Dengan begitu kita sudah siap Berkualitas secara fisik maupun mental dan Mengerti bagian mana yang perlu dievaluasi. Apa pengalaman pertama kalian kalian merakit PC sendiri brott? Atau bahkan kalian baru saja mau memulai pengalaman pertama kalian?


Dapatkan informasi keren di Jagat Game terkait Tech atau artikel sejenis yang Kagak kalah Panggil dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com.

Trending