Waspada komponen PC rusak – Komputer atau PC adalah perangkat yang Bukan Dapat absen dari kehidupan modern. Berkualitas pekerjaan maupun hiburan seperti game semuanya serba mengandalkan komputer PC.

Apalagi di era digital dan terkoneksi via internet seperti sekarang, segalanya membutuhkan kinerja pemrosesan komputer. Ambil saja Misalnya ATM dan kasir di minimarket, semuanya menggunakan komputer Kepada Dapat berfungsi.

Tetapi, pernahkah kalian merasa kalau komputer Punya kalian terasa janggal? Seperti salah satu komponen sudah mendekati masa ajalnya. Misalnya belakangan ini PC kalian mulai terasa lemot, sering blue screen, atau bahkan Wafat sendiri. Dapat saja itu adalah pertanda kalau komputer PC kalian menunjukkan tanda-tanda mau rusak.

Karena banyaknya komponen dalam PC, tentu bingung menentukan bagian mana yang menunjukkan tanda-tanda rusak. Maka dari itu, perlu kita kenali terlebih dahulu apa gejala PC yang sudah mendekati ajalnya.

Pengumuman baiknya, karena PC adalah sistem yang modular, Dapat dipastikan yang rusak hanyalah salah satu komponen saja dan Bukan perlu mengganti semuanya sekaligus. 

Ciri-Ciri Komponen PC Rusak, Tangani Sebelum Terjadi Hal Bukan Diinginkan!

Apa tanda komponen PC rusak?

Berikut adalah beberapa pertanda salah satu komponen akan rusak dalam waktu dekat:

1. Bunyi Ledakan Kecil Ketika Menyalakan PC dan Mengeluarkan Bau Terbakar

Image 7 1
Tanda PSU rusak

Kalau kalian sudah mengalami hal seperti ini, Dapat jadi disebabkan oleh PSU terbakar. Apalagi kalau bau terbakarnya datang dari arah PSU, maka sudah Dapat dipastikan PSU kalian sudah dijemput malaikat maut.

Jangan mencoba Kepada menghidupkan kembali PC dengan kondisi seperti ini dan pastikan Kepada bawa ke ruangan terbuka atau langsung saja bawa ke teknisi yang lebih berpengalaman. Kalau dirasa memang sudah ajalnya, pastikan PSU yang kalian beri berikutnya punya kualitas bagus dan masa garansi yang panjang.

2. PC Bukan Mau Booting dan Layar Wafat

Fortnite 4077483 1920 3
Pc Bukan nyala

Sulit Kepada menentukan komponen rusak dari Penaksiran seperti ini. Tetapi, pengalaman penulis selama ini, biasanya kondisi tersebut disebabkan oleh RAM yang faulty atau rusak. Kalau kalian menggunakan dua keping RAM, coba kalian lakukan boot hanya dengan satu keping saja.

Bila salah satunya menyebabkan PC mau boot dan nyala, maka sudah saatnya kalian klaim garansi RAM dari tempat kalian membelinya.

3. Layar Berubah Rona Pink

Bbevmjngrqr11
Layar pink

Biasanya ini disebabkan oleh kabel koneksi ke monitor yang alami kerusakan atau Dapat saja driver yang rusak. Tetapi, Kalau kalian sudah melakukan DDU Kepada instal ulang driver dan Tetap sama saja, besar kemungkinan kabel display yang alami kerusakan.

4. Layar Glitch

Bff6879a4c7b4dafd32cb04fda91f2fe0ba532f9
Artifact

Kalau tanda-tanda komponen PC rusak yang satu ini mungkin agak menyeramkan. Pasalnya kalau layar kalian alami glitch ini Dapat jadi pertanda kalau GPU kalian sedang alami artifact. Fenomena bernama artifact ini Dapat jadi sebagai isyarat kalau VGA kalian Bukan Gial Kembali umurnya.

Biasanya ini terjadi karena keseringan overclock atau kartu grafis kalian sering alami kepanasan dalam jangka waktu Gial. Kalau Tetap dalam masa garansi, sebaiknya dicoba Kepada klaim karena sudah Dapat dipastikan nyawanya di ujung tanduk.

5. PC Bukan Mau Boot ke Windows

komponen pc rusak
Boot malah ke BIOS

Bila kalian menyalakan PC dan alih-alih masuk ke OS malah pindah ke BIOS, besar kemungkinan boot drive kalian Bukan terdeteksi. Penyebabnya Terdapat banyak, mulai dari konektor yang Lenggang atau bahkan drive tersebut faulty alias rusak.

Coba kalian cabut drive tersebut Lewat pasang kembali Kepada memastikan bukan karena Lenggang. Kalau kalian punya enclosure drive ke USB, coba koneksikan drive tersebut ke perangkat PC lain. Kalau memang Bukan terdeteksi, berarti drive tersebut Betul sudah koit.

6. Settingan BIOS Balik ke Pengaturan Awal Setiap Boot

Image 7 2
Batre CMOS habis daya

Kepada tanda yang satu ini mungkin Bukan semenakutkan sebelumnya. Karena biasanya ini disebabkan oleh baterai CMOS di motherboard PC yang sudah habis daya. Langkah mengakalinya pun gampang karena tinggal di ganti ke baterai baru saja Semestinya masalah sudah kelar.

Jadi itulah kira-kira beberapa pertanda komponen PC rusak yang sering dialami oleh pengguna. Apakah kalian pernah mengalami hal serupa? Apa solusi yang kalian ambil ketika itu? Coba beri pendapat kalian soal ini ya brott.


Dapatkan informasi keren di Jagat Game terkait Tech atau artikel sejenis yang Bukan kalah Panggil dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com.

Trending