Monetisasi game jadul bukanlah hal yang baru Kembali di industri video game. Mulai dari HD remaster hingga full remake merupakan segelintir dari banyaknya Metode yang dilakukan developer dan publisher Kepada hadirkan kembali franchise yang sempat berjaya di masanya. Tak jarang, mereka lakukan branding ulang agar franchise Ayal yang telah Wafat dan tak dilanjutkan Kembali Pandai tetap hidup Kepada mengikuti Era. Crash Team Racing: Nitro Fueled (selanjutnya akan disebut CTR: Nitro Fueled) adalah salah satunya.

Berawal dari kiprahnya di PlayStation pertama, game yang awalnya dibuat oleh Naughty Dog ini tak hanya mencoba hadirkan nostalgia bagi para fans terdahulunya, Tetapi juga berikan rasa baru dan memperbaiki kesalahan yang sempat Eksis. Beenox Interactive dan Activision yang kini Mempunyai IP-nya nampak membuktikan bahwa game buatan Naughty Dog pada tahun 1999 tersebut tak lekang oleh waktu dan tetap asyik dimainkan dengan teknologi yang telah maju.

Gameplay Klasik yang Tak Terlupakan

CTR SS1

Sebelum membahas lebih dalam, alangkah lebih Bagus apabila kita mengintip terlebih dahulu apa yang Beenox lakukan kepada gamenya. Bagi Engkau yang dulu pernah memainkan CTR di PlayStation pertama, maka Engkau takkan menemukan perubahan yang begitu signifikan di versi remasternya kali ini. Engkau tetap Pandai melakukan manuver-manuver Ayu seperti drift dengan turbo boost Demi asap berwarna hitam muncul Kepada meningkatkan kecepatanmu, mengambil powerup di setiap kotak yang tersedia, mengoleksi wumpa fruit hingga 10 Kepada dapatkan kecepatan lebih tinggi dan powerup lebih kuat, atau memanfaatkan TNT Kepada mengganti salah satu kotak powerupnya. Hal ini tentunya disebabkan karena mereka tak mengubahnya sama sekali kecuali parameternya. Kalau dulu parameter kecepatan tinggi di salah satu karakternya tak memberikan hasil apapun dan lebih condong seperti “formalitas” saja, Tetapi kali ini parameter tersebut Betul-Betul berfungsi dengan Bagus.

CTR CHAR1
Setiap Kepribadian miliki parameternya sendiri yang kini lebih Bermanfaat dibanding seri orisinalnya.

Tiny Tiger misalnya yang miliki kecepatan tinggi Tetapi dengan handling yang Jelek, akan Betul-Betul terasa Kalau dibandingkan versi orisinalnya. Polar dengan handling yang tinggi juga memudahkanmu Kepada melewati kelokan trek yang tajam Kalau dibandingkan Demi Engkau harus menggunakan Kepribadian seperti Coco Bandicoot yang miliki Percepatan tinggi. Beenox memperbaikinya dengan sangat Bagus dan pas. Mereka Enggak mengaturnya secara berlebihan agar salah satu karakternya overpower, Tetapi juga agar Pandai dikalahkan oleh Kepribadian lain yang miliki parameter yang rendah.


CTR Nitro Fueled First Minutes - Gamebrott Early

Sayangnya, bagi Engkau yang belum pernah memainkannya sama sekali di masa lampau, nampaknya Engkau harus berusaha keras Kepada Pandai menguasai beberapa trik seperti turbo boost Demi drifting karena handlingnya yang cukup sulit dan beberapa jalan rahasia yang tak hanya menantang, Tetapi juga cukup sulit ditemukan bagi pemula. Tetapi, Kalau Engkau telah berhasil menguasainya, maka akan terdapat rasa puas yang mungkin jarang Eksis pada game Era sekarang yang cenderung lebih simple dan mudah.

CTR CRYSTAL1

CTR CRYSTAL2
Eksis yang Ingin menantang diri di Crystal Challenge?
CTR RACE
Tantang dirimu di Relic Mode atau CTR Challenge Kepada mendapatkan CTR Token

Beberapa mode yang Engkau kenal dulu juga Lagi tetap Eksis, mulai dari race klasik, battle, ctr token challenge, crystal challenge, hingga relic challenge Pandai kembangkan senyuman di setiap menitnya.

CTR SAVELOAD
Meski miliki auto-save, Tetapi mereka tak meninggalkan manual save di Adventure Mode.

Berbeda dari seri lawas yang Lagi menggunakan manual save, CTR: Nitro Fueled implementasikan auto-save. Meskipun begitu, ia juga Lagi mempertahankan manual save yang Eksis di TV hijau di adventure mode.

Kode Cheat Pandai Digunakan!

CTR CHEAT
Cheat dari PS1 Pandai digunakan Tetapi akan menghilangkan kesempatanmu Kepada dapatkan hadiah. Enggak Seluruh cheat Pandai digunakan.

Dengan gameplaynya yang cukup klasik, tentunya tak afdol apabila game ini tak hadirkan kode curang atau yang Normal kita sebut dengan kode cheat. Engkau Pandai menggunakan beberapa kode seperti invisibility (hanya menghilangkan karaktermu Demi bermain), hingga membuka Kepribadian rahasia seperti Penta Penguin hanya dengan pergi ke main menu dan menekan tombol yang Eksis.

Setiap kode yang berhasil diaktifkan akan miliki Bunyi tertentu Demi memasukkannya. Sayangnya, tak Seluruh kode cheat yang Eksis di versi PlayStation pertamanya Pandai digunakan. Kode seperti demo Spyro takkan Pandai digunakan sama sekali setelah saya mencobanya.

Menggunakan kode tersebut akan menghilangkan kesempatanmu Kepada mendapatkan trophy atau achievement (ditandai dengan sebuah notifikasi). Tetapi Tertentu Kepada membuka Penta Penguin, Engkau takkan kehilangan kesempatan Kepada mendapatkan trophy.

Tampilan Visual Lebih Ayu

CTR SS3
Dampak ledakan jadi lebih Ayu.

Meskipun miliki gameplay yang sama dengan beberapa perubahan yang menarik bahkan kode cheat retro, memang tak Pandai dipungkiri bahwa tampilannya memang disesuaikan dengan Era sekarang yang kurang lebih sama dengan Crash Bandicoot N.Sane Trilogy mengingat bentuk Crash cukup mirip dengan game buatan Vicarious Visions tersebut.

CTR PAPU PYRAMID

CTR ROO TUBE
Tampilan Papu’s Pyramid dan Roo’s Tubes kini jadi lebih menarik.

Treknya juga kebanyakan miliki tampilan yang berbeda, Tetapi tak melewatkan beberapa bentuk utamanya. Papu’s Pyramid misalnya yang kini miliki model piramida yang lebih Ayu dibanding sebelumnya dengan segala pernak-perniknya, atau Roo’s Tubes dengan Rona biru air akuarium yang indah, Tetapi tak lupa memadukannya dengan sedikit sentuhan Rona oranye dan merah Kepada beberapa mekanisme bangunannya.

CTR DINGOCANYON
Dingo Canyon? Jadi lebih indah.

Beberapa Dampak seperti ledakan, boost, dan dunianya dibuat lebih kartunis dan memanjakan mata. Mereka juga tak membuatnya terlalu berwarna dan terlalu gelap agar memberikan kesan natural di dalamnya.

Membuka Kepribadian Jadi Lebih Mudah

CTR BUKA KARAKTER
Ingin membuka Papu Papu? Gampang! Kalahkan dia di Adventure Mode.

Selain gameplay yang akan mengingatkanmu pada kejayaan gamenya di tahun 1999 Tetapi dengan perubahan parameter yang lebih masuk Pikiran dan tampilan visual yang lebih Ayu, Crash Team Racing: Nitro Fueled akan berikanmu kemudahan Kepada membuka tiap karakternya.

Kalau dulu Engkau diwajibkan Kepada memainkan beberapa kali adventure mode dan challenge Kepada membuka salah satu karakternya, kali ini Engkau hanya perlu mengalahkan tiap boss yang menantangmu di adventure mode. Hal ini Mekanis Membangun Papu-Papu, Ripper Roo, Komodo Joe, dan Pinstripe Potoroo sangat mudah Kepada dibuka. Engkau juga Pandai membuka Kepribadian super rahasia yang tak Eksis dalam rosternya yakni Penta Penguin dengan menggunakan kode cheat.

CTR BOSS
Tantang Papu Papu dalam treknya Kepada membukanya.

Meskipun lebih mudah, Tetapi beberapa Kepribadian klasik Lagi miliki Metode membukanya yang menantang sekaligus cukup sulit. N.Tropy misalnya yang wajibkanmu Kepada mengalahkan kecepatan waktunya di setiap trek yang Eksis Kepada membukanya. Tetapi berbeda dari seri klasik yang tak berikanmu petunjuk sama sekali, CTR: Nitro Fueled dengan Bagus hati memberikan petunjuknya. Berikanmu sebuah konsekuensi dari yang mudah maupun berat Kepada mendapatkan Kepribadian favoritmu.

Menariknya, Kalau dulu Engkau memerlukan gameshark Kepada Pandai memainkan boss Penting gamenya Nitros Oxide, maka kini Engkau Pandai memainkannya tanpa harus menggunakan gameshark. Sama seperti empat boss yang disebutkan, Engkau hanya perlu mengalahkannya saja Kepada Pandai membuka Oxide. Sayangnya, ia tak hadir dengan mobilnya karena ia hanya Pandai dibuka secara terpisah melalui pit stop.

Adventure Mode dengan Animasi dan Kepribadian yang Lebih Bagus

CTR ADV4
Diriku-Diriku/Uka-Uka akan membimbingmu di Adventure Mode dan memberikan tutorial.

Meskipun Engkau diberikan kemudahan Kepada membuka Kepribadian di Adventure Mode, Tetapi rupanya mode ini tak banyak berubah dan tetap sama dengan versi PlayStation pertamanya. Engkau akan diberikan penjelasan oleh topeng Diriku-Diriku (Crash, Coco, Polar, Pura, dan Penta Penguin) atau Uka-Uka (Cortex, N.Gin, Tiny, Dingodile, Roo, Papu, Komodo, Pinstripe, Fake Crash, N.Tropy, dan Nitros Oxide)  hanya perlu menyelesaikan empat trek di setiap area dalam posisi pertama Kepada menantang boss yang Eksis seperti Ripper Roo, Papu Papu, Komodo Joe, dan Pinstripe Potoroo. Mengalahkan keempat boss tersebut akan berimu kunci Kepada melawan musuh utamamu yakni Nitros Oxide.

CTR BOSS1

CTR BOSS2
Ripper Roo dan Papu Papu akan miliki animasi seperti ini Demi mereka menantangmu.

Menariknya, setiap Engkau siap melawan boss, perkenalan mereka akan miliki animasi Kepribadian. Membuatnya terasa tak canggung dan lebih seamless tanpa batasan tertentu. Mengalahkan mereka juga akan berikan animasi di mana Roo atau Papu memberikan kunci yang Engkau butuhkan Kepada melanjutkan petualanganmu.

CTR ADV5
Pilih salah satu: Nitro-Fueled atau Classic.

Tetapi terdapat perubahan yang menarik dalam mode ini, Engkau akan diberikan dua pilihan sebelum melanjutkannya lebih lanjut: Nitro-Fueled atau Classic. Nitro-Fueled cenderung akan lebih mudah karena Engkau Pandai melakukan setting tingkat kesulitannya, selain itu, ia juga berikanmu kustomisasi dan mengganti Kepribadian sesuka hati.

CTR UNLOCK
Hanya dengan mengalahkan Papu Papu, Engkau Pandai memainkan karakternya.

Sementara Classic akan miliki fitur yang sama seperti versi lawasnya, di mana Engkau hanya akan memilih satu Kepribadian saja Tiba mengalahkan Oxide tanpa kustomisasi dan kemampuan Kepada mengganti tingkat kesulitannya.

Trek Lebih Banyak

CTR TREK
Selain trek orisinal, trek dari Crash Nitro Kart juga ditambahkan.

Selain adventure mode yang tetap mempertahankan keklasikannya, beberapa trek klasik tetap meramaikan CTR: Nitro-Fueled. Berbeda dari seri orisinalnya yang perlu membuka beberapa trek tertentu, di seri ini Seluruh trek telah terbuka termasuk trek tempatmu bertempur melawan Nitros Oxide. Ia akan tetap miliki Seluruh elemen trek dari versi PlayStation pertamanya, misalnya saja patung yang Pandai menyemburkan api hingga tangki minyak yang bergulung. Berikanmu tantangan tambahan tak hanya dari musuhmu saja, Tetapi juga treknya. Ia juga tak melewatkan beberapa jalan rahasia yang tentunya sangat mudah ditemukan, Tetapi cukup menantang Kepada ditaklukkan.

Menariknya Kembali, Seluruh trek dari Crash Nitro Kart kembali. Sayang, saya belum pernah memainkannya sama sekali, jadi saya Enggak Pandai memberikan keterangan lebih lengkap Kepada trek tersebut.


Crash Team Racing Nitro-Fueled – Grand Prix Introduction

Kalau Engkau mengikuti beritanya, Activision dikabarkan berencana Kepada Lalu menambah trek dan karakternya dengan update DLC di masa mendatang, lengkap dengan sistem Grand Prix yang nampak seperti sistem Battle Pass yang sudah Eksis di beberapa game seperti DotA2, PlayerUnknown’s Battlegrounds atau Apex Legends. Jadi sepertinya game ini akan Lalu mendapatkan hal baru dari sisi konten dan tak stagnan di satu fase saja.

Kustomisasi Buatnya Tak Hanya Berpaut pada Satu Jenis Kart

CTR KUSTOMISASI
Body, Stiker, Kart Set Pandai mengubah Seluruh tampilan kartmu.

Trek yang lebih banyak dengan banyak tantangan yang Eksis tentunya tak Membangun Nitro Fueled yang menjadi embel-embel nama di belakang judulnya miliki identitas yang berbeda dari seri klasiknya. Beenox menambahkan kustomisasi yang meskipun cukup minim, Tetapi sangat berpengaruh karena variasinya yang lengkap.

Engkau Pandai mengkustomisasi Kepribadian dan mobilmu sesuka hati. Mengganti skin karakternya dari skin normal yang mengubah warnanya saja hingga legendary yang mengubah total penampilannya. Sementara mobilmu akan Pandai Engkau kustomisasi body, ban, dan warnanya.

Seperti yang telah saya sebutkan tadi, membuka Kepribadian takkan satu paket dengan mobilnya. Membuatmu harus menyelesaikan tantangan atau membelinya di toko bernama pitstop.

Pit-Stop, Alternatifmu Kepada Membuka Kepribadian dan Item Kosmetik

CTR Pitstop0

Kustomisasi memang Pandai dibuka dengan menyelesaikan challenge yang Eksis, Tetapi beberapa di antaranya Pandai dibuka dengan membelinya di pit-stop. Fitur yang sama seperti microtransaction ini sama sekali Enggak memberikanmu kesempatan Kepada menggunakan Doku Asal demi membukanya. Engkau membutuhkan Wumpa Coin yang Pandai Engkau dapatkan dengan memainkan gamenya, Bagus adventure, klasik, battle, hingga multiplayer online. Menang atau kalah, Engkau akan tetap mendapatkannya.

CTR Pitstop1

CTR Pitstop2
Meski tampilannya seperti microtransaction, percayalah bahwa wumpa coin Pandai didapatkan hanya dengan memainkan gamenya.Engkau Pandai membuka Kepribadian, skin, maupun ban dari kartmu. Tetapi hanya beberapa saja yang Pandai dibuka.

Mengumpulkan wumpa coin dalam jumlah tertentu akan berimu kesempatan Kepada membuka skin, Kepribadian, hingga mobil yang Tertentu Pandai dibuka di sini. Sementara skin dan mobil lain seperti hovercraft Punya Nitros Oxide yang hanya Pandai dibuka dengan menyelesaikan adventure mode dengan 100% completion takkan Pandai dibuka sama sekali.

Musik dan Elemen Klasik yang Tetap Eksis

Penambahan Pit-Stop bukan satu-satunya yang meramaikan game klasik tersebut, Tetapi musiknya yang ikonik akan terdengar sama seperti seri klasiknya meskipun diaransemen ulang menggunakan instrumen modern. Beberapa sound effectnya dibuat dengan jauh lebih Bagus, Tetapi tak menghilangkan Ciri khas utamanya. Mulai dari Bunyi Engkau mendapatkan power-up, TNT, bahkan musik main-menunya Lagi sama.

CTR ANIMASI
Hei, animasi sebelum menu ini muncul yang jadi Ciri khas klasik gamenya juga Lagi Beenox pertahankan.

Elemen klasik seperti animasi Crash di menu Penting sebelum dia memegang piala juga kembali dihadirkan dengan lebih halus tanpa berikan skip frame dan animasi yang tak perlu. Ekspresinya yang Kocak Demi ia ditimpa huruf “CTR” Lagi akan buatmu tersenyum kecil. What a good ol’ days!

Multiplayer Online yang Panggil dan Offline Split Screen Kembali!

CTR ONLINE2

CTR ONLINE
Ingin mainkan gamenya secara online? Pandai! Player yang terkumpul Demi online akan bermain bersamamu dan AI dalam sebuah match.

Dengan musik yang sama lengkap dengan elemen klasiknya yang Lagi dipertahankan, rupanya Beenox Lagi memberikan fitur multiplayer split screen yang mulai ditinggalkan oleh banyak developer modern berkat kecanggihan fitur online. Engkau Pandai bermain hingga empat player dalam game ini seperti seri orisinalnya. Membangun pengalamanmu dan Sahabat-temanmu menjadi lebih Panggil dibanding bermain sendirian.

CTR MULTISPLIT1

CTR MULTISPLIT2

CTR MULTISPLIT4
Tak punya koneksi internet? Tenang! Engkau Lagi Pandai memainkannya bareng temenmu secara offline split-screen.

Tentunya CTR: Nitro Fueled takkan melepaskan elemen modern yang Eksis. Mereka juga tambahkan mode online yang mana mungkinkanmu Kepada bermain Serempak Sahabat-temanmu Bagus dalam custom room atau matchmaking dengan orang asing. Beberapa mode seperti battle dan balapan klasik akan Pandai Engkau mainkan dengan lap dan tingkat kesulitan AI yang Pandai Engkau atur sendiri, atau biarkan sistem yang mengaturnya Demi Engkau melakukan matchmaking.

Sayang, Mereka Melewatkannya

Menghadirkan nyaris Seluruh elemen klasik tentu bukan berarti Beenox melewatkan hal yang cukup kecil Tetapi berikan atmosfir yang begitu mendalam dalam gamenya, yakni beberapa ucapan karakternya.

Kalau Engkau memperhatikan dan membandingkan dengan seksama, versi orisinal Bahkan lebih unggul di sini karena Naughty Dog memberikan teriakan-teriakan Kepribadian Demi mereka terkena misil, TNT, atau Nitro, bahkan di jarak yang cukup jauh. Karaktermu juga akan tertawa ketika power-up mereka mengenainya.

CTR BATTLE3

Di versi remasternya, Beenox Bahkan meminimalisirnya. Memberikan minimnya rasa puas Demi jebakanmu mengenai musuh. Saya Mengerti mereka Ingin memberikan Dampak realisme dalam gamenya, Tetapi karena pada dasarnya game ini merupakan sesuatu yang fiksi, alangkah lebih Bagus mereka tetap memberikan Dampak tersebut demi memberikan rasa puas bagi para playernya.

Beberapa Bunyi dari Kepribadian lain yang seolah menghilang Demi balapan juga berikan rasa kurang rame di setiap balapannya. Dari yang Tiny sering berteriak dengan beberapa voice-linenya hingga teriakan N.Gin yang tak jarang berikan gelak tawa yang jarang terdengar bagaikan memakan sayur tanpa Bunyi kerupuk yang ramai.

Konklusi

Crash Team Racing: Nitro Fueled akan tetap menjadi game paling superior Kalau dibandingkan game balap power-up lainnya. Penggabungan elemen klasik dan modern Bagus gameplay, musik, maupun treknya yang sangat detil, berhasil dibawakan oleh Beenox dengan memperbaiki beberapa kesalahan yang dilakukan Naughty Dog seperti parameternya yang kini berfungsi dengan Bagus.

CTR RELIC

CTR ADV1

CTR BATTLE2

Perubahan tampilan visual yang lebih Ayu dan penambahan elemen kustomisasi tak hanya tunjukkan kemudahan dalam membuka dan memainkan beberapa modenya saja, Tetapi juga tambahkan keseruan yang belum sempat terpenuhi di seri orisinalnya.

Handling dan trik balapnya memang cukup sulit bagi mereka yang belum pernah memainkannya. Tetapi kesulitan tersebut Bahkan menjadi tantangan tersendiri yang harus dikuasai dan dipecahkan sama seperti game Era dulu yang penuh dengan elemen tersebut. Berikan Dampak puas Demi berhasil melewatinya.

CTR BATTLE1

CTR ADV2 CTR ADV3

Meskipun Beenox melewatkan beberapa elemen kecil seperti voice line di tengah permainan yang membuatnya menjadi tambah Panggil, Tetapi tak Pandai dipungkiri bahwa game yang dibuat oleh Naughty Dog di tahun 1999 ini Lagi sangat superior, Panggil, menyenangkan, dan berikanmu senyuman di setiap balapnya.

REVIEW SCORE

Trending