Pecinta side scroller mana yang tak mengenal judul Trine? dari sekian banyak diluar sana, franchise racikan Frozenbyte ini memang punya daya tariknya sendiri. Visualisasi memukau dibalut elemen petualangan puzzle yang menantang memang jadi kekuatan Trine dalam Membikin para penggila side scroller Terperosok hati.

Setelah sukses dengan ketiga judulnya, kini akhirnya judul keempatnya – Trine 4 The Nightmare Prince telah berada dalam genggaman dan siap menyuguhkan petualangan baru yang memesona. Bagi kalian yang telah sempat membaca impresi awal kami di bulan Lewat, tentu telah Memperhatikan sedikit gambaran tentang apa yang hendak Frozenbyte tawarkan di seri keempat Trine ini. Dan sesuai janji kami sebelumnya, kini tiba bagi kami Kepada memberikan ulasan penuh Trine 4 melalui review kali ini.

Story

Tetap familiar seperti Trine yang selama ini kita kenal, ia hadir dengan cerita simple yang mudah dicerna oleh siapapun. Disini kalian akan kembali berperan sebagai “tiga serangkai” – Amadeus, Pontius, dan Zoya yang kesemuanya telah menjalani hidupnya masing-masing. Bagi kalian yang kurang familiar, Amadeus merupakan seorang penyihir, Pontius adalah ksatria, dan Zoya adalah seorang pencuri bak Robin Hood.

Lagi ditemani ketiga Kepribadian sebelumnya – Amadeus, Pontius, dan Zoya.

Tetapi dilain sisi, seorang pangeran muda – Selius mengalami mimpi yang dipenuhi oleh kegelapan. Mimpi tersebut membuatnya Mempunyai kekuatan berbahaya yang tak Bisa ia kendalikan dan berpotensi menghancurkan banyak tempat yang ia lewati.

20190905063709 1
Seorang pangeran muda – Selius Mempunyai mimpi Jelek yang dapat merusak dunia Konkret.

Memperhatikan hal tersebut The Astral Academy mengumpulkan Amadeus, Pontius, dan Zoya Kepada menyelamatkan sang pangeran dari mimpi buruknya. Tentu perjalanan ketiganya tak akan mudah, akan Eksis banyak rintangan yang harus mereka hadapi.

20191005203231 1 1
Ancaman dan tantangan seperti apa sajakah yang menunggu ketiga petualang ini dalam menyelamatkan sang pangeran?

Lantas, mampukah ketiga serangkai ini menyelamatkan Pangeran Selius? Kekuatan jahat apa yang Membikin sang pangeran ini terperangkap dalam mimpi Jelek berbahaya? Kesemua pertanyaan tersebut hanya akan terjawab melalui Trine 4 The Nightmare Prince ini!

Gameplay

Petualangan Penuh Asah Otak!

Secara mekanisme, Trine 4 tetap familiar seperti sebelumnya, ia tetaplah sebuah game side scrolling indah dengan unsur puzzle yang menantang. Dan Berita baiknya, kami Bisa menyebut bahwa Trine 4 ini terasa jadi seri terbaik dengan ragam penyempurnaan di berbagai sisi.

Bagi kalian yang kurang familiar, ketiga Kepribadian yang akan kalian gunakan punya perannya masing-masing dalam menghadapi para musuh ataupun menyelesaikan puzzle. Ketiganya juga dapat dengan mudah diganti-ganti sesuka hati di sepanjang permainan. Zoya dapat memanfaatkan ketrampilannya Kepada melakukan serangan jarak jauh dengan panah, Amadeus Bisa menggunakan sihirnya Kepada menyerang dengan objek yang ia ciptakan, dan Pointius dapat menyerang musuh langsung secara melee.

20190905072224 1
Ketiga Kepribadian Lagi dapat kalian ganti Bilaman saja sesuai dengan situasi.

Aspek pertarungannya sendiri memang punya peranan yang kurang signifikan dan Lagi terasa mudah. Dimana selain para musuh punya gerakan yang mudah ditebak, Ketika salah satu Kepribadian Tewas dapat dengan mudah dibangkitkan dengan hanya “disentuhkan” dengan Kepribadian kalian yang Lagi hidup.

20190905071540 1
Aspek pertarungan tetap terasa mudah dan bukan merupakan daya tarik Istimewa.

Daya tarik seri terbaru kali ini memang tak datang dari aspek pertarungannya, Tetapi sebagai gantinya, Trine 4 menyuguhkan banyak puzzle menantang yang siap Membikin otak kalian berotasi. Logika, kreatifitas, dan kecermatan dibutuhkan Kepada mengatasi berbagai puzzle di sepanjang petualangan.

Tetap seperti seri sebelumnya, kalian harus Bisa memanfaatkan ability Spesifik ketiga Kepribadian yang kalian gunakan. Bagi kalian yang kurang familiar, ketiga Kepribadian tersebut dapat diganti-ganti dengan mudah di sepanjang permainan. Puzzle seperti dibawah ini misalnya, membutuhkan objek ciptaan Amadeus, pantulan perisai dari Pontius, dan tali dari Zoya.  Harus diakui, kesemua puzzle yang hadir terasa lebih kreatif dan variatif dibanding ketiga seri sebelumnya, dan tentunya siap mendorong kemampuan otak kalian ke level yang lebih tinggi Kembali.

20191005185626 1
Puzzle yang Eksis siap Membikin “otak berputar”.

Salah satu peningkatan yang bagi kami cukup patut diacungi jempol adalah variasi boss fight yang terasa lebih menantang. Tak hanya sekedar bertarung, kini boss fight juga terkadang hadir dengan sistem puzzle yang juga siap Membikin otak kalian berputar. Seperti boss penyihir ini misalnya yang siap Kepada mengasah kecermatan dan logika kalian.

1530672978167 2
Boss fight juga hadir dalam bentuk puzzle yang super kompleks.

Salah satu fitur andalan seri Trine, yakni co-op kali ini juga kembali hadir. Bagi kalian yang cukup kesulitan menghadapi musuh atau menyelesaikan puzzle sendirian, maka co-op akan sangat membantu. Tak hanya itu, sebagai game yang “family friendly” tentu memainkan mode tersebut Serempak keluarga atau Sahabat akan terasa jauh lebih menarik.

1530672978167
Fitur co-op juga kembali hadir.

Visual Super Indah!

Apa yang menarik mata Kepada pertama kali Ketika Memperhatikan judul Trine? Tentu jawabannya adalah gaya dan visual memukau yang disuguhkan. Ketiga seri Trine terdahulu Bisa menyuguhkan pesona luar Standar melalui presentasi visual indahnya. Dan pada seri keempat kali ini, Frozenbyte berhasil menyuguhkan yang terbaik dari yang terbaik! Segala atmosfir dan keindahan dunia yang tersaji Bisa dibalut dengan presentasi visual yang siap Membikin mata terpana.

20191005004927 1

Visualisasi kartunis penuh Rona yang indah Lagi dipertahankan, dan harus diakui seri keempat ini Bisa tampil sebagai judul Trine dengan aspek visual paling memesona. Tiap aspek visual yang tersaji, mulai dari texture, environment, shadow, lighting, fog, reflection dan lain sebagainya Bisa disuguhkan dengan indah. Sebagai buktinya? kalian Bisa Memperhatikan deretan screenshot yang telah kami abadikan dalam review kali ini.

20190905063038 1

20191005173122 1

Soundtrack

Soundtrack memang jadi Unsur pendukung yang kuat Kepada membangun atmosfir permainan. Game dengan ema fantasy dengan setting dunia super indah seperti Trine 4 ini tentu memerlukan elemen krusial yang satu ini. Dan Berita baiknya, Frozenbyte melalui para komposer handalnya berhasil memberikan yang dibutuhkan.


Trine 4 - Making the Music | PS4

Variasi soundtrack yang hadir Bisa senada dengan tema fantasy indah yang senada, tak seikonik hingga selalu Bisa Membikin terniang dikepala memang. Tetapi deretan soundtrack yang hadir Bisa menyongkong atmosfir permainan agar terasa jauh lebih imersif dan “menggugah”.

Conclusion

Empat tahun absen tanpa franchise Trine, Frozenbyte & Modus game akhirnya Bisa membayarnya melalui Trine 4. Maha karya terbarunya ini merupakan penyempurnaan ketiga judul sebelumnya dari segala aspek. Visual yang jauh lebih memesona, gameplay yang lebih solid, hingga puzzle yang jauh lebih variatif dan kompleks membuatnya judul keempat ini semakin tampil memikat.

20191005195309 1

Beberapa kekurangan yang Eksis terasa sangat minor dan sama sekali tak menggangu experience permainan. Tentu Trine 4 merupakan sebuah game yang sempurna bagi kalian yang mencari side scrolling indah yang siap mengasah otak. Posisinya sebagai game yang “family friendly” juga membuatnya Bisa dimainkan oleh siapapun. Predikat sebagai game “asah otak super indah” tampaknya memang  tak terlalu berlebihan Kepada disematkan pada game yang satu ini.

REVIEW SCORE 2 4


Baca juga Informasi atau artikel menarik lainnya dari Author.

Trending