Need for Speed Carbon – Apabila kita membahas game Need for Speed pada masa – masa keemasan PlayStation 2, gamers indonesia Niscaya langsung menyebut NFS Underground 2 atau NFS Most Wanted yang memang menawarkan gimmick berbeda Tetapi Panggil. Apabila Anda Mau modifikasi mobil gila-gilaan, Anda Dapat memainkan Underground 2. Dan Apabila Mau gameplay pengejaran polisi yang sangat menegangkan, Dapat langsung banting setir ke Need for Speed Most Wanted. Intinya, pada masa itu kedua game Need for Speed tersebut punya tingkat replaybility yang cukup tinggi sehingga digemari oleh gamers Indonesia Buat waktu yang cukup Panjang.

Demi mengulang kesuksesan yang sama dari kedua game tersebut, Black Box yang juga merupakan developer dibalik Need for Speed Most Wanted menambahkan sekuel seri game balap jalanan tersebut pada tahun 2006 dengan judul Need for Speed Carbon. Sayangnya, Kagak seperti dua pendahulunya yang sangat Terkenal dan disetujui sebagai masterpiece oleh mayoritas gamers, Need for Speed Carbon Kagak secerah apa yang diharapkan oleh Black Box dan EA. Padahal, Black Box sudah penulis anggap sangat all-out dalam menghadirkan fitur-fitur menarik yang bahkan jarang sekali Terdapat di game-game racing lainnya.

Need for Speed Carbon Dirilis Buat PS2

Lewat, apa yang Membikin Need for Speed Carbon dipandang sebelah mata oleh gamers? Padahal menawarkan segudang fitur menarik yang Dapat Anda coba pada gamenya? Berikut ulasannya!

Apa Itu Need for Speed Carbon?

Need for Speed Carbon
Need for Speed Carbon yang Underrated

Seperti yang disebutkan diatas, Need for Speed Carbon dirilis pada tahun 2006, setahun setelah perilisan Need for Speed Most Wanted. Anda Dapat memainkan Carbon pada cukup banyak platfrom seperti PS2, PS3, Xbox, Xbox 360, GameCube, Wii, PC dan Game Boy Advance serta Nintendo DS. Tetapi, agar pembahasan kita Dapat lebih Konsentrasi, kita hanya bahas yang versi PS2 yang menjadi konsol mainstream di Indonesia pada zamannya.

Core gameplay dari Need for Speed Carbon nyaris Kagak Terdapat bedanya dengan Most Wanted. Sehingga Anda Kagak perlu banyak menyesuaikan diri dengan handling dari gamenya apabila Anda sudah memainkan Most Wanted. Dengan tambahan mode-mode serta fitur yang belum Terdapat sebelumnya pada game Need for Speed dan juga satu modekembali hadir setelah absen dari pendahulunya yang akan kita bedah satu per satu lebih detail.

Meskipun dianggap underrated, Carbon sendiri sempat masuk nominasi penghargan VGX Awards best racing game tahun 2006, yang sayangnya harus kalah dengan Kerabat satu publisher sendiri Adalah Burnout Revenge.

Melanjutkan Kisah Tokoh Penting di Need for Speed Most Wanted

Cross Tetap Mengejar Player Pada Carbon
Cross Tetap Mengejar Sang Tokoh Utma Pada NFS Carbon

Dikerenakan Carbon merupakan sekuel langsung dari pendahulunya, tentunya dari segi cerita Lagi melanjutkan kisah dari pembalap liar yang kita gunakan sepanjang game Most Wanted. Mengambil latar waktu pasca berhasil melarikan diri dari kota Rockport, sang tokoh Penting Berbarengan dengan BMW M3 GTR yang sudah sangat ikonik pergi ke Palmont City yang menjadi kota Penting dari Need for Speed Carbon.

Ditengah pelarian, kita sebagai player Lagi dalam bayang-bayang kejaran Cross, sang polisi antagonis NFS Most Wanted yang pada NFS Carbon sudah menjadi seorang bounty hunter. Benar Begitu Cross berhasil menangkapmu, datang beberapa orang yang dari crew bernama Stacked Deck datang menghampiri kita Berbarengan sang pemimpinnya Darius dan seorang Perempuan bernama Nikki. Darius pun menyelamatkan kita dengan membayar Cross Buat pergi dari wilayahnya dan Kagak memburu kita Kembali.

Darius Dan Nikki Yang Menyelamatkan Player
Darius dan Nikki yang Menyelamatkan Player

Yang menjadi konflik Penting pada Carbon adalah Begitu dikejar-kejar Cross, terlintas sebuah flashback bahwa sebelumnya kita merupakan pembalap jalanan juga di Palmont City. Dalam flashback, Anda mengikuti sebuah balapan yang terdiri dari 5 kontestan dengan hadiah yang dipegang oleh Nikki berupa Fulus didalam sebuah tas merah. Ditengah balapan tersebut satu tim polisi Tertentu menyentrum Segala mobil kontenstan kecuali mobil kita sang player.

Nikki yang Begitu itu juga ditahan pihak berwajib sempat memberikan hadiah Fulus tersebut pada kita dan dan diperintahkan Buat cabut ke kota tetangga Adalah Rockport yang menjadi latar Penting NFS Most Wanted. Pelarian tersebut terasa sangat janggal kerena hanya mobil kita yang sengaja Kagak disentrum dan seakan dibantu melarikan diri demi tujuan tertentu. Rahasia tersebut akan terkuak perlahan sepanjang berjalannya game.

Penangkapan Besar Besaran Sebelum Story Most Wanted
Penangkapan Besar Besaran Sebelum Story Most Wanted

Dari rangkuman cerita tersebut, Dapat dibilang Carbon menawarkan kisah yang lebih kompleks dan terkesan Rahasia. Berbeda dengan Most Wanted yang terasa lebih mudah dicerna dan hanya bermotifkan balas dendam terhadap satu antagonis Penting Adalah Razor. Story ini yang akan membuatmu makin penasaran dan Lalu memainkan gamenya hingga tamat.

Wingman, Mitra Balapan dengan Kemampuan Spesial

Wingman Yang Akan Membantu Kamu
Wingman Yang Akan Membantu Anda

Setelah Anda dibebaskan oleh Darius dan Nikki, Niki berinisiatif membantumu dalam membetuk crew sendiri yang anggotanya akan semakin banyak sepanjang game. Personil-Personil crew Anda akan disebut sebagai wingman.

Wingman akan hadir membantu Anda pada balapan circuit dan sprint. Anda juga dianggap menang apabila wingman Anda berhasil merebut posisi pertama pada sebuah balapan. Kagak hanya jadi pengaman kemenangan, wingman juga Mempunyai 3 kemampuan yang berbeda tiap anggotanya.

Gameplay Bersama Wingman
Gameplay Berbarengan Wingman

Pertama, Terdapat kemampuan blocker. Blocker Dapat dibilang adalah ‘tukang pukul’ yang akan memblokir musuh-musuh Anda dengan Langkah yang agresif, sehingga kemenangan lebih mudah didapat.

Kedua, Terdapat scouter yang nantinya Dapat menunjukkan Anda rute tercepat atau jalan pintas yang Terdapat pada track. Cocok Buat Anda yang Mau mempelajari lebih lanjut sebuah track

Terakhir, Terdapat drafter yang membantu Anda dalam slipstream agar mobil kita lebih aerodinamis dan jauh lebih kencang. Cukup buntuti sang drafter Begitu skill aktif dan mereka akan ‘menggendong’ Anda menjadi lebih Segera.

Wingman Juga Menjadi Saksi Atas Kejadian Di Masa Lalu
Wingman Juga Menjadi Saksi Atas Kejadian di Masa Lewat

Selain membantu Anda dalam balapan, para wingman juga membantu Anda dalam hal finansial kerena wingman yang aktif akan memberikan diskon upgrade performa maupun visual.

Sepanjang game, Anda akan menemui banyak wingman yang dalam story juga berpengaruh kerena mereka akan menjadi saksi atas kejadian yang menimpa Anda dalam flashback berdasarkan sudut pandang mereka masing-masing. Membikin kehadiran wingman Kagak hanya Buat gameplay semata.

Perebutan Area Bergaya GTA San Andreas

Perebutan Wilayah
Perebutan Area

Tujuan Anda dalam membentuk crew pada game ini tentunya Buat menaklukkan crewcrew yang menguasai tiap distrik dikotanya. Terdapat 4 crew besar Adalah 21st Street, TFK, Bushido, dan Stacked Deck. Fitur inilah yang menutupi kecilnya map Carbon dibandingkan dengan Most Wanted

Keempat crew tersebut punya Area mereka masing masing yang nanti kita akan taklukkan dengan gaya perebutan Area ala gang war GTA San Andreas. Menangkan beberapa balapan hingga Anda mendapatkan bagian dari Area distrik tersebut. Apabila seluruh distrik berhasil dikuasai, sang ketua crew yang juga menjadi boss akan menantang Anda balapan.

Tetapi hati-hati, sewaktu-waktu crew Musuh akan mencoba melawan balik dengan menantang Anda balapan Buat mendapatkan Kembali Area mereka, Apabila Anda menolak tantangan atau kalah dalam balapan tersebut, maka Area Anda akan dicaplok kembali oleh crew Musuh.

Pilih Kelas Mobil yang Sesuai dengan Style Balapan Anda

Mobil Yang Dibagi Menjadi 3 Kelas
Mobil Yang Dibagi Menjadi 3 Kelas

Buat pertama kalinya, Need for Speed memperkenalkan sistem kelas mobil yang akan mempengaruhi gameplay Anda. Meskipun Buat starter Anda hanya dihadapkan dengan 3 pilihan mobil saja, Tetapi tiap pilihan mobil tersebut Mempunyai Tanda khas yang berbeda

Terdapat mobil tuner yang mayoritas terdiri dari kalangan JDM dengan handling terbaik, Terdapat Muscle yang merupakan mobil-mobil muscle amerika dengan akslerasi sangat Segera, dan Exotic, yang terdiri dari mobil-mobil eropa dan supercars.

Pilihan mobil awal game juga menentukan crew Musuh mana yang pertama Anda hadapi. Pilih Mazda RX8 Buat melawan Bushido, Alfa Romeo Brera Buat hadapi TFK, dan Chevrolet Camaro SS Buat Bersua dengan 21st Street

Autosculpt, Fitur Modifikasi yang Membebaskan Anda Mengatur Bentuk Bodykit

Fitur Autosculpt 1
Fitur Autosculpt

Buat membuka Autosculpt, Anda harus mendapatkan dan mengaktifkan seorang wingman dengan speciality fabricator. Fitur ini membebaskan Anda dalam mengatur panjang, lebar, dan tinggi dari sebuah body part hingga Anda Dapat mendesain mobil Anda lebih bebas Kembali.

Bagi Anda yang Kagak Mempunyai jiwa seni seperti penulis, maka biasanya akan berakhir menjadi sebuah mobil yang aneh dan norak. Tapi ditangan beberapa orang kreatif fitur ini menjadikan mobil mereka lebih keren dari yang lain.

Canyon Duel, Balapan Intens di Jalanan Tebing Khas Initial D

Balapan Canyon Duel Ala Anime Initial D 1
Balapan Canyon Duel Ala Anime Initial D

Bagi penulis, Canyon Duel adalah bintang dari Need for Speed Carbon itu sendiri. Bagaimana Kagak? Kita disuguhkan dengan balapan 1 Musuh 1 secara ‘kucing-kucingan’ yang selalu kita temui dalan manga dan anime Initial D.

Normal hadir dalam balapan terakhir boss race, duel ini dibagi menjadi dua ronde. Ronde pertama Anda berada diposisi belakang dan Anda harus menjaga jarak sedekat mungkin dengan Musuh. Semakin dekat jarak antara Anda dan Musuh maka semakin banyak pula poin yang Anda dapatkan. Pada ronde kedua, giliran Anda yang dibuntuti. Buat jarak sejauh mungkin dengan Musuh Anda agar Musuh gagal menyalip skor yang Anda dapatkan sebelumnya Buat meraih kemenangan.

Kamu Bisa Dorong Lawan Masuk Ke Jurang
Anda Dapat Dorong Musuh Masuk Ke Jurang

Bicara soal kemenangan, pada mode ini Terdapat 3 Langkah yang Dapat Anda coba Buat meraih kemenangan. Dua diantaranya Dapat Membikin Anda menang secara instan tanpa harus melewati ronde kedua. Yang pertama tentunya dengan menghasilkan skor terbanyak.

Sedangkan Buat kemenangan instan, Langkah pertama adalah dengan menyalip Musuh Anda pada ronde pertama dan mempertahankan posisi depan selama 10 detik. Atau kalau Anda orangnya Sadis dan tak punya hati, Anda Dapat dorong Musuh ke pagar pembatas jalan yang Ringkih agar Terperosok ke jurang yang dalam.

Kekurangan Need for Speed Carbon yang Membuatnya Underrated

Kekurangan Need For Speed Carbon
Kekurangan Need For Speed Carbon

Lantas dari fitur-fitur keren yang sudah kita bedah, apa yang sebenarnya Membikin game ini kurang diminati dan dipandang sebelah mata oleh gamers? Terdapat Elemen internal dan Elemen eksternal menurut penulis yang Membikin Carbon menjadi underrated.

Dari segi eksternal, Dapat dibilang EA Kagak memberikan jarak pada perilisan carbon yang hanya berjarak satu tahun dari Most Wanted. Padahal, hype dari Most Wanted sangatlah tinggi dan orang-orang belum Dapat lepas dari gameplay adiktif pendahulunya. Terutama dari segi bounty dan kejar-kejaran polisinya yang selalu menghadirkan banyak skenario tak terduga dan selalu berbeda tiap gameplay.

Polisi Nfs Carbon Yang Kurang Menyeramkan
Polisi Nfs Carbon yang Kurang Menyeramkan

Sementara dari segi internal alias dari game itu sendiri, Carbon juga Kagak melupakan kehadiran dari para penegak hukum tersebut. Hanya saja, Kagak adanya misi story yang berhubungan sistem bounty Membikin pengejaran demi pengejaran yang Anda lalui terasa sia-sia. Kondisi ini diperburuk dari sistem teleport yang Dapat langsung memindahkan Anda ke garasi bahkan ditengah tengah kejaran polisi. Membikin polisi menjadi Kagak menyeramkan seperti di Most Wanted.

Dari kedua kombinasi ini, menjadi resep dari Need for Speed Carbon menjadi mendapat perlakuan anak tiri dari para fans. Padahal kalau kita lihat dari pola rilis NFS modern seperti Payback ke Heat, dan Heat ke Unbound, Terdapat jarak kurang lebih 2 tahun dalam pengembangannya. Membikin game sekuelnya mendapatkan spotlight mereka masing-masing dan Dapat unjuk gigi dengan fitur-fitur terbaru gamenya.

Itulah pembahasan mendalam seputar Need for Speed Carbon dan sedikit Pengusutan kenapa game ini dipandang sebelah mata dibandingkan kakaknya. Semoga ulasan ini menjadi pertimbangan Buat Anda yang belum memainkan Carbon atau sekedar Mau kembali bernostalgia.


Baca Informasi terupdate terkait Need for Speed, Game PS2, dan informasi gaming menarik lainnya dari saya Ananda Pratama. For any further collaboration, Contact me at author@Jagat Game.com.

Trending