Menyantap sesuatu hal Krusial di layar, seperti kode, gambar, dan momen Krusial lainnya, hal yang harus dilakukan tentunya adalah “menangkap” gambar tersebut. Proses menangkap tampilan gambar di layar tersebut disebut sebagai “screenshot”.

Buat melakukan screenshot di smartphone, hal tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah tanpa aplikasi apapun. Tetapi lain halnya bila kalian coba menangkap tampilan layar di PC maupun laptop, prosedurnya akan sedikit berbeda. Bagi kalian yang Lagi bingung dengan hal tersebut, berikut ini kami berikan tutorial mudah melakukan screenshot di PC dan laptop.

Tanpa Aplikasi Luar

Tutorial pertama adalah yang paling mudah, dimana kalian tak memerlukan aplikasi luar tambahan Buat melakukan screenshot.

Langkah pertama adalah tekan tombol “Print Screen” atau “Prtsc” di keyboard.

Buka aplikasi Paint bawaan Windows, Lampau tekan tombol “CTRL” + “V”, atau Pandai juga klik kanan dan klik tulisan paste di Paint.

Screenshot 3Tampilan layar yang baru saja kalian ambil akan secara Mekanis muncul di Paint, kalian juga Pandai merapikannya dengan fitur crop yang Terdapat.

Screenshot 1 1Setelah selesai, kalian Pandai melakukan save.

Menggunakan aplikasi Lightshot

Langkah kedua ini merupakan Langkah yang paling efisien dan Elastis.

Screenshot 1

Pertama, download Lighshot melalui link berikut dan install seperti Lumrah, setelah terinstall, aplikasi Lightshot akan langsung berjalan secara Mekanis tanpa perlu dibuka.

Hasil gambar untuk print screen button

Buat melakukan screenshot kalian Pandai langsung saja menekan tombol “Print Screen” atau “Prtsc” di keyboard.

Desktop Screenshot 2020.03.11 20.51.57.88 scaled

Karena lebih Elastis, dengan lightshot kalian Pandai langsung memilih secara spesifik gambar/tampilan layar yang Ingin kalian ambil dengan Langkah blocking.

Desktop Screenshot 2020.03.11 20.52.24.38 scaled

Setelah dipilih, kalian Pandai langsung menekan tombol save yang terletak di sebelah Sudut kanan Dasar (sebelah kiri tombol close), atau Pandai juga langsung menekan CTRL + S.

Desktop Screenshot 2020.03.11 20.52.24.38 1


Itulah tutorial mudah melakukan screenshot di PC maupun laptop. Semoga dapat memberikan pengetahuan bagi kalian yang Lagi bingung.


Baca juga Informasi atau artikel menarik lainnya dari Author.

Contact: erenhartd@Jagat Game.com

Trending