Bertahun-tahun menanti dengan segudang tanda tanya, kini akhirnya tembok Asrar tersebut terjawabkan, Death Stranding telah berada dalam genggaman! Diracik melalui tangan dingin Hideo Kojima dan tim Kojima Productions, Death Stranding menjadi salah satu karya yang paling diantaisipasi di tahun ini.

Mengambil Jenis baru berjuluk “social strand”, Kojima hendak menghadirkan sebuah pengalaman gaming baru yang tak pernah Eksis sebelumnya. Bagi kalian yang mengikuti sepak terjang Kojima di masa lampau, tentu Mengerti betapa jenius dan gilanya sosok developer legendaris tersebut.

Kanal dan media review lainnya memang telah memberikan Berbagai Ragam penilaian, Bagus positif maupun negatif. Lantas benarkah, setelah berbagai tanda tanya dan penantian panjang ini Kojima kembali Pandai membuktikan tajinya sebagai developer handal? Apa sajakah yang ia tawarkan melalui mahakarya ambisiusnya kali ini dan akankah Death Stranding tampil seperti apa yang kita ekspetasikan? Semuanya akan kami jawab melalui review kali ini.

Story

Mungkin cerita adalah unsur Esensial yang paling banyak menimbulkan tanda tanya dalam beberapa tahun terakhir ini. Penuh Asrar dan tanda tanya, itulah yang Eksis disetiap video dan trailer yang hadir dalam Death Stranding sebelum perilisan resminya. Tetapi kini, semuanya masuk Pikiran ketika kami dapat merasakan storyline tersebut secara langsung.

Akhir Amerika Perkumpulan telah berada di depan mata, peristiwa berjuluk “Death Stranding” membawa petaka yang luar Normal. Peristiwa tersebut membawa entitas jahat berjuluk BT (Beached Things) hadir ke permukaan bumi, dan siap Demi menginvasi umat Mahluk yang tersisa. Tak hanya dapat menghabisi Mahluk dengan mudah, entitas jahat tersebut juga Pandai Membangun mayat menjadi BT dan menimbulkan Dampak voidout. Voidout sendiri merupakan sebuah Dampak kehancuran yang Pandai meluluhlantahkan segalannya dengan mudah, dengan hasil akhir sebuah lubang raksasa layaknya setelah dihantam meteor.

Death Stranding membawa petaka besar bagi Amerika Perkumpulan dan bahkan dunia.

Lebih mengerikannya, Death Stranding juga memicu fenomena lain berjuluk Timefall, dimana fenomena layaknya hujan tersebut Membangun apapun yang tersentuh mengalami Percepatan waktu yang sangat Lekas. Mahluk misalnya, mereka yang terkena hujan Timefall secara langsung akan menua secara Lekas, begitu pula dengan benda-benda lainnya, akan mudah rusak karena langsung termakan usia. Selain itu, munculnya Timefall juga Membangun para BT lebih mudah Demi berkeliaran.

DEATH STRANDING™ 20191110225453 1
Death Stranding membawa entitas jahat berjuluk BT ke permukaan bumi.

Death Stranding Membangun Amerika Perkumpulan luluh lantah dan menyisakan skala yang lebih kecil, kini negara tersebut bahkan telah bergani nama menjadi United City of America (UCA). Dengan kekacauan yang Eksis tersebut, kini memaksa para Mahluk yang tersisa hidup terpecah dengan mengandalkan shelter Tertentu. Tentu sulit rasanya hidup secara terpisah Demi tengah menghadapi kekacauan seperti Death Stranding, dan Enggak Eksis Langkah lain Demi bertahan selain “bersatu”.

DEATH STRANDING™ 20191109202151 1
Dunia kini telah terpecah, Enggak Eksis Langkah lain Demi bertahan selain “bersatu”.

Disini kalian akan berperan sebagai Norman Reedus Sam “Porter” Bridges, seorang kurir dengan kekuatan spesial berjuluk “repatriate”. Kemampuan tersebut tak hanya Membangun Sam jauh lebih kuat dari Mahluk pada umumnya, Tetapi juga memungkinkan ia “kembali” setelah Tewas. Sam sendiri merupakan sosok yang dingin dan acuh pada siapapun, yang ia utamakan hanyalah pekerjaannya sebagai seorang porter/kurir.

DEATH STRANDING™ 20191109224710
Kalian akan berperan sebagai Sam, seorang kurir berkemampuan Tertentu yang punya sifat super dingin.

Dengan kemampuan Tertentu yang dimiliki Sam, sang ibu yang telah sekarat – Bridget Strand meminta Sam Demi menyatukan kembali Amerika yang telah terpecah. Bridget yang juga merupakan presiden Amerika Perkumpulan Demi ini percaya bahwa satu-satunya Langkah Demi menyelamatkan Amerika Perkumpulan Demi ini adalah Membangun Segala jaringan berjuluk Chiral Network. Berbarengan dengan akhir hayatnya, ia mempercayakan apa yang tersisa dari negara tercintanya di pundak Sam.

DEATH STRANDING™ 20191110225453 2
Berbarengan akhir hayatnya, sang ibu mempercayakan masa depan Amerika Perkumpulan ditangan Sam.

Selain para BT, agenda para teroris juga jadi ancaman sendiri bagi Sam, dimana mereka telah berhasil menculik saudarinya – Amelie. Amelie sendiri kini bertanggung jawab mengemban tugas sebagai presiden baru menggantikan Bridget. Sementara para teroris yang dipimpin oleh Higgs punya agenda misterius yang mengancam UCA, mereka berencana memicu akhir dunia dengan fenomena pamungkas berjuluk “Last Stranding”.

DEATH STRANDING™ 20191109200630 1
Tugas Sam tak akan mudah, karena para teroris yang dipimpin Higgs juga punya agendananya sendiri.

Tentunya petualangan Sam tak hanya sendirian, ia akan dibantu para tim handal dari perusahaan Bridges dan Fragile, yang kesemuannya punya kemampuan dan pengetahuan khususnya masing-masing demi membantu perjalanan Sam. Selain itu, Sam juga akan ditemani sebuah alat Tertentu berjuluk BB, alat tersebut merupakan sebuah tabung berisikan bayi yang bertahan hidup secara “Tertentu”. Karena hal tersebut, BB terikat antara dunia yang hidup (Mahluk) dan yang Tewas (BT), memungkinkan BB membantu Sam mengethui ancaman para BT yang mendekat.

DEATH STRANDING™ 20191110225407
Berbarengan dengan BB dan Sokongan para rekan Bridges, Sam akhirnya memulai misi sucinya.

Lantas apa sajakah konflik dan intrik yang akan ditemui Sam disepanjang perjalanananya. Mampukah ia menyelamatkan Amelie dan menyatukan kembali Amerika Perkumpulan yang telah terpecah. Akankah Sam Pandai menyelamatkan dunia dari Last Stranding? Dan yang terpenting, kejutan dan kegilaan apa sajakah yang akan tersaji disepanjang alur cerita? Segala pertanyaan tersebut akan terjawab melalui game ambisius Hideo Kojima yang satu ini!

DEATH STRANDING™ 20191110181126

Super sinematik!

Harus kami akui, kekuatan Esensial dalam Death Stranding adalah pesona cerita Aneh yang disajikan. Kegilaan dan kejeniusan Kojima dalam merangkai cerita terbukti dalam game yang satu ini. Dan menariknya, hal tersebut semakin diperkuat dengan aspek sinematik yang super memesona.

DEATH STRANDING™ 20191114234152 1

Tiap cutscene yang tersaji terasa sangat detail dan panjang, Membangun kalian seakan tengah menikmati sebuah Gambar hidup yang dapat dimainkan. Berbagai adegan yang tersaji punya pengambilan gambar yang Aneh dan sinematik, tak jarang menghadirkan suasana imersif yang Membangun kami merasa tegang dan selalu penasaran.

DEATH STRANDING™ 20191109200553
Aspek sinamatik keren ala Kojima Tetap tetap dipertahankan.

Tak hanya cerita, berbagai detail interaksi seperti mengambil barang, makan, mandi, b*rak, dan lain sebagainya juga dibungkus melalaui cutsenene kecil. Sayangnya, cutcene interaksi tersebut terlalu sering muncul, dan semakin Lamban membuatnya Normal saja dan Membangun kami menekan tombol skip. Sudah Tanda khas dari Kojima Apabila menghadirkan berbagai cutscene yang sinematik, Tetapi dalam Death Stranding ini semuannya tampil jauh lebih imersif dan gila.

DEATH STRANDING™ 20191109232448 1
Sayangnya Eksis banyak interaksi kecil yang memicu cutscene yang berulang-ulang.

Gameplay

Selain cerita, gameplay adalah salah satu hal yang memancing rasa penasaran sebelum perilisan Formal Death Stranding. Pernyataan Kojima soal menghadirkan Jenis baru berjuluk “Social Strand” yang belum pernah Eksis sebelumnya tentu menimbulkan rasa penasaran yang begitu besar. Ia mengaku Mau menghadirkan pengalaman bermain yang belum pernah dirasakan melalui Death Stranding ini.

Harus kami akui bahwa Death Stranding punya irama permainan yang terasa slow burn, bagi kalian yang tak tahan, mungkin akan langsung Letih diawal chapter. Gameplay menarik Esensial dari Death Stranding baru muncul Demi chapter keempat. Secara pelan Tetapi Niscaya, irama permainan Death Stranding semakin terasa padat dan lebih bervariasi seiring berjalannya permainan.

DEATH STRANDING™ 20191109164331 2
Death Stranding punya irama permainan yang “menanjak”.

Sebagai seorang kurir, kalian akan mengantar barang dari satu titik ke titik lainnya. Terdengar simple bukan? Tetapi sebenarnya tiap pengiriman barang selalu menyimpan tantangan yang siap menghadang. Mulai dari sekedar medan yang terjal, hingga para musuh seperti Mahluk dan BT yang siap menggagalkan misi kalian.

Oleh karena itu, Demi menghadapi segala jenis tantangan tersebut diperlukan berbagai perlengkapan yang mempuni. Mulai dari makanan, minuman, persenjataan, kendaraan, dan equipment lainnya harus dipersiapkan dengan matang, bila tak Mau menemui kesulitan di sepanjang perjalanan.

DEATH STRANDING™ 20191109171131 2
Sebelum memulai perjalanan, pastikan perbekalan yang dibawa Pandai mengakomodasi hal-hal Krusial.

Tetapi, tentunya berbagai equipment yang Eksis tersebut tak Pandai dibawa Segala oleh Sam, ia punya kapasitas berat dan ukuran. Semakin banyak item yang dibawa sebagai bekal, maka slot semakin Enggak punya ruang, begitu pula Demi Sam membawa item yang berat, tubuhnya akan merasa terbebani dan membuatnya semakin Lamban dan mudah terjatuh. Demi itu management item sangatlah Krusial, kalian harus memprioritaskan item apa saja yang harus dibawa tanpa melupakan kuota slot paket yang akan diantarkan.

DEATH STRANDING™ 20191122151413
Management item sangatlah Krusial, kalian harus memprioritaskan mana yang harus dibawa dan mana yang Enggak.

Eksis banyak terrain ekstrim yang siap menghalangi kalian dan kesemuannya harus ditangani dengan berbagai equiment berbeda. Medan seperti bebatuan misalnya, membutuhkan item berjuluk Terrain Skeleton Demi dapat dilewati dengan mudah, atau tebing misalnya, membutuhkan alat bantu seperti climb anchor dan tangga Demi dapat dilewati.

DEATH STRANDING™ 20191109034134
Demi melewati Berbagai Ragam terrain yang terjal dibutuhkan berbagai alat bantu yang sesuai.

Seiring berjalannya permainan, kalian juga akan dapat mengakses kendaraan seperti motor dan mobil. Dan harus diakui, kendaraan sangat menolong dalam perjalanan yang melelahkan tersebut. Tetapi bukan berarti alat transportasi tersebut hadir tanpa kekurangan, tiap kendaraan yang Eksis punya bahan bakar berjenis listrik, Demi bahan bakar habis, kalian harus merecharge-nya.

DEATH STRANDING™ 20191109214448 1
Kendaraan jadi moda transportasi yang sangat membantu perjalanan jauh, Tetapi tentu tetap hadir dengan kekurangan, seperti harus dicharge dan tak Pandai melewati terrain yang kompleks.

Diperlukan alat Tertentu berjuluk PCC Demi menciptakan sebuah generator yang dapat merecharge kendaraan listrik. Tak hanya kendaraan saja, berbagai skeleton Tertentu Demi meningkatkan kemampuan Sam juga butuh dicharge ulang setelah habis baterrai. Selain generator, PCC juga dapat menciptakan berbagai alat fungsional lainnya, seperti watch tower yang dapat digunakan bak teropong, post box Demi menyimpan barang, zipline Demi berpindah tempat dengan Lekas, hingga safe house Demi beristirahat.

Equipment yang digunakan Sam tentu semuanya punya kegunaan khususnya masing-masing yang akan membantu Sam. Tetapi kesemuannya memerlukan resource tertentu Demi dapat dibuat, berbagai resource tersebut sendiri dapat ditemukan diberbagai tempat dengan Langkah mendaur ulangnya.

DEATH STRANDING™ 20191109151329 2
Items maupun infrastruktur lainnya membutuhkan resource Demi dibuat.

Selain terrain yang ekstrim, berbagai musuh berbahaya juga siap menggagalkan perjalanan kalian. Mulai dari BT misalnya, entitas ganas yang satu ini akan jadi musuh yang paling sering kalian jumpai, mereka akan sering muncul Demi hujan Timefall tiba. Eksistensinya yang tak kasat mata Membangun mereka Pandai “menangkap” kalian secara tiba-tiba. Demi mengatasi hal tersebut, kalian harus memanfaatkan kekuatan BB dan mendeteksi keberadaan para BT melalui detektor Tertentu berjuluk Odradek.

DEATH STRANDING™ 20191108151559
Alat Tertentu berjuluk Odradek yang terletak di bahu Sam berfungsi Demi mendeteksi Letak BT.

Odradek akan dapat menunjukan Letak presisi para BT yang Eksis dalam jangkauan tertentu, Eksis dua opsi Demi Berjumpa dengan BT, kabur atau menghadapinya secara langsung. Demi kabur, kalian hanya perlu berjalan perlahan menjauhi BT sembari menahan nafas. Sementara Demi menghadapinya, kalian perlu senjata Tertentu anti BT, senjata tersebut biasannya membutuhkan darah Sam Demi digunakan. Jadi semakin banyak digunakan, senjata tersebut akan semakin mengurangi health bar Sam, oleh karena itu perlu equipment kantung darah tambahan berjuluk Blood Bag Demi dapat Membangun Sam tetap Kukuh.

DEATH STRANDING™ 20191110134357
Senjata anti BT yang menimbulkan Dampak merah seperti ini membutuhkan amunisi yang Mempunyai kandungan darah Sam.

Senjata anti BT sendiri punya banyak variasi, mulai dari sekedar handgun, granat, assault rifle, shotgun, grenade launcher, hingga rocket launcher. Kesemuannya punya kegunaan Tertentu Demi menghadapi variasi BT yang Eksis, dan salah satu yang mengerikan adalah BT berjenis Catcher. BT berukuran masif tersebut akan muncul Demi kalian berhasil ditangkap oleh kumpulan BT yang muncul dibawah kaki kalian.

DEATH STRANDING™ 20191112015748
BTs yang berhasil menarik kalian akan langsung membawa kalian Demi langsung berhadapan dengan Catcher.

Setelah tertangkap, kalian akan diseret menuju area pertarungan “hitam” penuh obstacle dan platform. Eksis beberapa jenis Catcher, yang kesemuannya punya desain mengintimidasi dan punya ability khususnya masing-masing. Tentunya tiap Catcher punya berbagai Langkah berbeda Demi ditundukan, Demi berhasil mengalahkannya, kalain akan memperoleh reward berupa chiral crystal yang dapat dimanfaatkan Demi crafting. Tetapi sebaliknya, Apabila kalian yang kalah maka akan menimbulkan Dampak voidout yang meninggalkan lubang permanen super masif.

DEATH STRANDING™ 20191108151559 2
Voidout – lubang raksasa permanen yang mucul Apabila kalian kalah melawan Catcher.

Selain BT, musuh berjenis Mahluk seperti Mule dan Homo Demens juga siap menghadang perjalanan kalian. Umumnya mereka berusaha mencuri paket yang tengah kalian antarkan. Bagus Mule dan Homo Demens punya berbagai perlengkapan canggih layaknya Sam sendiri.

DEATH STRANDING™ 20191109204947 1
Tak hanya BT, kalian juga akan menghadapi musuh Mahluk.

Demi mengalahkan mereka Eksis beberapa opsi, menggunakan senjata lethal dan non lethal. Senjata non lethal seperti peluru karet dan pukulan tangan Nihil memang punya damage yang standard, Tetapi lebih “Terjamin”. Sementara senjata lethal dengan amunisi kuat dapat membunuh Mule dan Homo Demens dengan sangat mudah. Tetapi tentunya hal tersebut menimbulkan konsekuensi yang negatif.

DEATH STRANDING™ 20191110190254
Membunuh mereka dengan senjata lethal terasa lebih mudah, Tetapi akan memberikan konsekuensi negatif.

Semakin banyak Mahluk yang Sam bunuh, BT akan memakan para mayat yang Eksis dan menciptakan para BT baru. Bak Letak angker seusai terjadi pembunuhan berantai, Letak yang penuh mayat tersebut akan jadi rumah baru para BT. Demi mencegah hal tersebut, Sam harus satu persatu membawa para korbannya dan mengkremasinya di tempat Tertentu.

DEATH STRANDING™ 20191112020830
Ladang mayat seperti ini akan memunculkan BTs baru Apabila Enggak segera ditangani.

Mekanisme coop yang Aneh

Jenis baru social strand yang dikemukakan Kojima memang terasa Aneh disini. Meski mengedepaknan fitur kooperatif, disini kalian tak Pandai bermain Berbarengan dengan Kawan atau siapapun yang kalian kenal. Fitur kooperatif yang dimaksudkan Kojima disini adalah sistem dimana para player lainnya Pandai membantu siapapun yang tengah menghadapi kesulitan.

DEATH STRANDING™ 20191112013443
Equipment dan fasilitas yang ditinggalkan para player lain dapat Berfaedah bagi perjalanan kalian, begitu pula sebaliknya.

Intisari “social strand” atau koneksi sosial disini Pas- Pas terasa Aneh, dimana kalian Pandai membantu para player lainnya meski Enggak pernah saling mengenal sebelumnya. Setiap kalian memasang alat bantu di perjalanan, seperti tangga, post box, climb anchor, generator, dan lain sebagainnya, alat-alat tersebut juga Pandai digunakan oleh player lain. Tentunya dengan demikian, secara tak langsung tindakan yang kalian lakukan tersebut akan membantu para player lainnya.

DEATH STRANDING™ 20191122151115
Avatar berbentuk player lain akan membantu kalian Demi tengah menghadapi situasi sulit.

Selain itu, fitur coop ini juga akan muncul Demi kalian berhadapan dengan Catcher maupun boss fight. Dimana Demi kalian memerlukan pertolongan, kalian Pandai memanggil player lainnya Demi “melemparkan” item yang Berfaedah seperti senjata dan blood bag. Yang muncul tentunya bukanlah player real time, Tetapi hanya berbentuk avatar yang mewakili player tersebut.

Simulasi super teladan dunia perkuriran

Kurir adalah pekerjaan yang sering kita jumpai di kehidupan sehari hari. Mengirim barang, manerima barang, adalah hal yang seringkali dilakukan sebagai penjual dan kansomuen. Dan kurir memegang peranan terpenting karena ia jadi jembatan penghubung yang memungkinkan paket dari penjual tiba ditangan konsomen.

DEATH STRANDING™ 20191109034353 2
Menganggapnya sebagai sebuah game simulasi perkuriran? kalain tidaklah salah.

Tentunya sebagai konsumen kita akan senang bila paket yang telah berada dalam gengaman Pas waktu dan dalam kondisi yang Bagus. Tentunya diperlukan pelayanan yang Bagus dari para kurir Demi mewujudkan hal tersebut, dan melalui Death Stranding, kita belajar hal tersebut dengan sangat dalam.

Guyonan seputar Sam mengantar barang bak mas-mas Gojek atau kurir JNE memang sama sekali Enggak salah. Salah satu esensi Esensial dalam game ini memanglah mengantarkan barang bagi mereka yang membutuhkan. Tiap paket yang dihantarkan harus memenuhi berbagai unsur pokok seperti di dunia Konkret, Yakni Pas waktu dan Enggak rusak.

DEATH STRANDING™ 20191109173200
Pas waktu dengan kondisi barang yang tetap Bagus adalah hal yang harus diutamakan

Kurir profesional umumnya menghindari berbagai hal yang Pandai mengancam paket kiriman, seperti membanting, menjatuhkan, dan mengenai air. Ketiga unsur tersebut juga berlaku pada Death Stranding, dimana kesemuannya berpotensi merusak paket, dan Apabila hal tersebut terjadi maka misi yang tengah dijalankan akan Mekanis gagal. Yang paling menarik adalah bom misalnya, dimana ia jadi Teladan Bagus supaya kurir lebih hati-hati pada paketnya, Demi tak sengaja terlempar atau terjatuh, bom akan langsung Mekanis meledak tanpa pengecualian.

DEATH STRANDING™ 20191111000718
Terjatuh, terendam air, dan kehujanan berpotensi merusak paket.

Pas waktu juga jadi salah satu hal yang terpenting dalam mengantar paket, tak hanya benda dan barang lainnya. Terkadang Sam harus mengantarkan kebutuhan yang harus Tamat dengan Lekas, seperti obat ataupun makanan misalnya. Dimana batas waktu pengantaran akan terasa lebih Lekas dibandingkan paket lainnya. Makanan seperti pizza misalnya, dimana konsumen Mau sebuah makanan yang hangat, kalian harus bergerak Lekas dan memberikan pizza tersebut selagi Tetap hangat.

DEATH STRANDING™ 20191109214921
Death Stranding adalah simulasi sempurna bagi kalian yang Mau terjun ke dunia perkuriran.

Death Stranding bukanlah sekedar simulasi kurir Normal, ia juga Pandai jadi Teladan Bagus bagi para pengantar barang. Yaseperti yang kita ketahui, Tetap Eksis cukup banyak jasa ekspedisi yang terkadang membawa barang pelanggan dengan kurang teliti dan hati-hati, yang Bahkan berakhir menimbulkan kerusakan.

Boring dan repetitif, benarkah?

Seperti yang sempat kami jelaskan di point sebelumnya diawal chapter (1-3) irama permainan berjalan secara slow burn, baru setelah chapter tersebut pesona kegilaan Death Stranding baru terbuka secara penuh. Sebagai seorang kurir, kalian akan mengantarkan berbagai barang dari satu titik ke titik yang lain. Mungkin kalian akan menganggap hal tersebut terasa repetitif dan membosankan, Tetapi dari kaca mata kami, definisi repetitif tersebut terasa sangat subjektif.

 

DEATH STRANDING™ 20191109165814
Pelan tapi Niscaya, irama permainan akan terasa semakin padat seiring dengan berjalannya progress.

Berkelana dari satu titik ke titik lain tidaklah repetitif di mata kami, kami merasa disetiap perjalanan kalian akan menghadapi berbagai tantangan dan pemandangan yang berbeda. Mulai dari disuguhkan Pemandangan alam yang berbeda, terrain yang berbeda, hingga variasi musuh yang berbeda, tiap perjalanan tak pernah terasa sama.

DEATH STRANDING™ 20191110165814
Repetitif dan membosankan itu penilaian subjektif, Tetapi kami sendiri tak merasakan hal tersebut.

Seiring berjalannya permainan kalian juga akan semakin Mempunyai equipment menarik yang Berbagai Ragam. Cukup Demi Membangun irama permainan terasa jauh lebih lengkap, seperti perbekalan, senjata, hingga kendaraan Membangun tiap petualangan yang Eksis selalu punya Bagian yang menarik.

DEATH STRANDING™ 20191109225900 1
Tantangan berbeda yang kerap kali menghadang Membangun perjalanan selalu terasa tak sama.

Jenis baru Social Strand yang berhasil?

Apabila ditanya, apakah Kojima berhasil memenuhi kata-katanya mengenai sebuah pengalaman bermain yang Aneh dan belum pernah Eksis sebelumnya. Maka kami akan menjawab “iya”, Death Stranding Pandai menghadirkan pengalaman gameplay yang padat dan lengkap. Lebih dari sekedar simulasi mengantar barang, kalian Pandai menemui dan melakukan banyak hal menarik dalam Death Stranding.

DEATH STRANDING™ 20191122151536
Jenis Social Strand yang ditawarkan Kojima Pas-Pas terasa sangat baru dan Aneh.

Kami Pasti, bahwa kalian akan Letih dibagian chapter 1-3, Tetapi setelah itu, barulah Death Stranding menunjukan kapasitas lengkapnya sebagai sebuah game Social Strand. Mulai dari Berbagai Ragam mekanisme kecil yang Aneh, sistem traversal yang kompleks, elemen stealth, hingga aksi intens, semuanya hadir dalam Death Stranding dan menjadikannya sebuah game open world dengan pesona tak Normal.

Visualisasi yang super memesona!

Apabila ditanya, apa yang pertama kali memikat mata ketika Memperhatikan Death Stranding, tentu adalah tampilan visualnya memesona. Melalui segudang trailer dan screenshot yang diberikan Kojima Productions, mereka seakan juga memberikan gambaran bahwa visual merupakan salah satu daya tarik Esensial game tersebut.

DEATH STRANDING™ 20191114132914

Dan Pas saja, Kojima Productions memang menepati janjinya, Death Stranding Pas-Pas Pandai tampil dengan aspek visual yang sangat memanjakan mata. Disongkong kekuatan Decima Engine yang sebelumnya menangani keindahan Horizon Zero Dawn, engine powerful tersebut kini juga menyongkong Death Stranding. Sama sekali tak mengalami downgrade visual apapun, kami bahkan merasa bahwa visual Death Stranding lebih memesona dari Horizon Zero Dawn, seakan Decima Engine tengah menunjukan kemampuan tertingginya.

DEATH STRANDING™ 20191110173109

Sebagai game yang open world yang menekankan sisi eksplorasi, Death Stranding Pandai menyuguhkan berbagai pemandangan yang epik. Berbagai Pemandangan alam, mulai dari pegunungan, tebing, air terjun, pegunungan salju, padang batu, hingga dataran hijau yang tersaji Pas-Pas terlihat memanjakan mata. Hal tersebutlah yang Membangun berjalan dari satu titik ke titik lainnya tetap terasa menyenangkan dan mengesankan. Tiap aspek visual yang Eksis seperti lighting, reflection, shadow, fog, hingga texture semuanya terlihat detail. Sebagai buktinya? kalian Pandai Memperhatikan segudang screenshot yang telah kami abadikan di sepanjang review kali ini.

DEATH STRANDING™ 20191112004514

Segudang soundtrack yang siap memanjakan telinga!

Selain aspek sinematik khas Gambar hidup, musik juga jadi salah satu senjata Manjur dalam game besutan Kojima, dan kali ini ia sekali Tengah Pandai membuktikan tajinya. Death Stranding Pandai tampil memesona dengan segudang soundtrack yang siap memanjakan telinga.


SILENT POETS / Asylums For The Feeling feat. Leila Adu

Sebelumnya kita memang pernah Memperhatikan bahwa Kojima senang menonton konser band favoritnya, bahkan ia juga cukup dekat dengan para musisi tersebut. Dan Pas saja, deretan musisi favorit Kojima tersebut mengisi soundtrack Death Stranding. Mulai dari Chvrches, Low Roar, Silent Poets, dan bahkan juga Bring Me The Horizon yang juga sempat memberikan NyanyianLalu dan video klip Tertentu Demi Death Stranding.


Bring Me The Horizon - Ludens (Official Video)

Selain NyanyianLalu dari para band tersebut, Tetap banyak Tengah band dengan NyanyianLalu-NyanyianLalu ternama yang siap memanjakan telinga. Kami sendiri bahkan cukup Pasti bahwa Death Stranding merupakan salah satu game dengan list soundtrack terbaik di tahun ini.


Low Roar - Breathe In | Death Stranding OST

Conclusion

Setelah bertahun-tahun menanti, akhirnya Hideo Kojima dan timnya sekali Tengah Pandai membuktikan kapasitasnya sebagai developer bertangan dingin. Melalui Death Stranding, mereka Pandai menghadirkan sesuatu yang luar Normal dan tak pernah Eksis sebelumnya. Jenis baru Social Strand yang Kojima katakan sebelumnya memanglah terasa segar dan Aneh, Death Stranding terbukti Pandai menawarkan sensasi gameplay yang padat dan penuh kejutan.

DEATH STRANDING™ 20191115135341

Aspek visual yang ditawarkan juga terasa Pandai memompa kemampuan tertinggi Decima Engine, ia tampil begitu memesona dan memanjakan mata. Sementara dari segi musik, deretan judul soundtrack yang Eksis Pas-Pas terasa padat dan sangat memanjakan telinga. Dan tentunya yang paling kami apresiasi adalah alur cerita yang Eksis, dimana hal tersebut tampil begitu gila dan Pandai mencampur adukan perasaan dan pikiran. Apalagi dengan balutan aspek sinamatik yang padat, Membangun cerita yang menarik tersebut terbungkus dengan apik, yang Membangun kalian seakan tengah memainkan sebuah Gambar hidup.

Tetapi walaupun demikian, Death Stranding Tetap punya sedikit kekurangan minor, salah satunya adalah aspek sinematik yang terasa “berlebihan” dimana tiap interaksi kecil sekalipun juga memicu munculnya cutscene. Selain itu, meski cerita yang dihadirkan memukau, sang protagonis Esensial – Sam Bahkan tampil dengan kepribadian yang hambar dan kurang menarik.

DEATH STRANDING™ 20191111120758 1

Terlepas dari beberapa kekurangan minor tersebut, Death Stranding merupakan sebuah game open world Aneh yang harus kalian coba sendiri. Death Stranding terasa sebagai game penuh dengan kegilaan yang Pandai dieksekusi secara brilian. Game tersebut sangat cocok bagi kalian yang menginginkan sebuah game open world yang belum pernah Eksis sebelumnya dan Mempunyai durasi playtime yang panjang. Apabila dianalogikan, Death Stranding bagaikan sebuah cake yang terlihat menggoda dan penuh dengan toping yang bervariasi.

REVIEW SCORE 2 4


Baca juga Informasi atau artikel menarik lainnya dari Author.

Contact: erenhartd@Jagat Game.com

Trending