Sepak terjang THQ Nordic di industri game Pandai dibilang sangat gemilang, mereka bahkan telah banyak menggaet para developer bertalenta Demi bekerja dibawah benderannya. Selain membangkitkan segudang game lawas lewat proyek remake dan remastered, THQ Nordic Berbarengan dengan para anak perusahaannya juga tetap konsisten meracik sequel dan judul baru.

Dari segudang franchise yang mereka miliki, Darksiders jadi salah satu ujung tombak bagi THQ Nordic. Meski sempat gagal pada seri ketigannya, mereka tetap tak menyerah pada franchise andalannya tersebut. Melalui judul terbarunya – Darksiders Genesis, THQ Nordic hendak menawarkan arah baru pada judul Darksiders.

Tak Tengah diracik oleh Gunfire Games, Darksiders Genesis beralih tangan pada Airship Syndicate, yang memang Lagi tergolong hijau dalam industri game. Menjadi gabungan isometic plus Action RPG, sepintas Darksiders Genesis terlihat mirip dengan Diablo. Lantas apa yang Airship Syndicate tawarkan dalam game terbarunya kali ini? Review kali ini akan membahasnya lebih dalam Tengah.

Story

Perang Eden telah usai, pasca kiamat, para Insan telah ditempatkan di dunia baru Demi memulai kehidupan barunya yang jauh lebih damai. Lagi mengisahkan keempat Horsemen of Apocalypse, tugas mereka kini adalah membawa keseimbangan pada alam semesta.

Pasca perang Eden, para Horsemen ditugaskan Demi membawa keseimbangan pada alam semesta.

Tetapi, kini keseimbangan alam semesta terancam karena kemunculan sang raja iblis Lucifer. Ia berencana mengacaukan keseimbangan semesta agar dapat berkuasa. Tentunya para Horsemen sebagai jembatan keseimbangan tak akan membiarkan hal tersebut terjadi.

20191130160343 1
Lucifer berencana mengacaukan keseimbangan semesta dan memusnahkan umat Insan.

Tetapi sayangnya Demi menghentikan aksi Lucifer, mereka tak Pandai melawan dengan kekuatan penuh karena absennya Death dan Fury yang tengah ditugaskan di tempat lain. Hanya Strife dan War saja yang tersisa, keduannya harus menyelamatkan semesta dari kehancuran, dan jalah satu-satunnya adalah mengalahkan Lucifer.

20191130160329 1
Strife dan War jadi Cita-cita Demi mengalahkan Lucifer.

Strife dan War bekerja sama? tentu ini menjadi salah satu hal menarik, dimana watak Strife yang jenaka harus bekerjasama dengan adiknya yang bersifat dingin. Meski keduannya merupakan Horsemen yang Unggul, tetap saja perlu Donasi ekstra Demi menghadapi Lucifer. Mencari Donasi menjadi salah satu Metode Demi mencapai kemenangan, mereka berdua akhirnya menyatukan kekuatan Berbarengan dengan Samael – sang pangeran iblis sekaligus rival dari Lucifer.

20191130163441 1
“Musuh dari lawanmu adalah temanmu”, War dan Strife bekerjasama dengan Samael yang merupakan rival Lucifer.

Tentu tugas yang mereka emban Begitu ini tidaklah mudah, selain tanpa Donasi kedua Horsemen lainnya, Lucifer juga punya para pengikut yang Unggul. Demi mewujudkan rencana jahatnya, Lucifer mengulur waktu sembari bersembunyi dibalik para pengikutnya. Tentunya Demi memburu Lucifer, Strife dan War harus bekerjasama mencari informasi dan menghabisi para anak buah Lucifer.

20191201141814 1
Strife dan War harus saling bekerja sama Demi mengalahkan Lucifer.

Lantas mampukah Strife dan War menjalankan misi sucinya ini? Tantangan dan para iblis seperti apa sajakah yang akan mereka hadapi? Dan yang terpenting, akankah Lucifer berhasil menghancurkan keseimbangan dan menguasai semesta? Sekalian pertanyaan tersebut akan terjawab melalui Darksiders Genesis!

20191201141826 1
Mampukah Abang beradik ini mengalahkan Lucifer dan membawa keseimbangan pada semesta?
Gaya Penceritaan yang Kurang Solid

Diantara banyaknya elemen yang Terdapat, sayangnya plot menjadi salah satu kekurangan Darksiders Genesis ini. Pandai dibilang alur yang tersaji terasa jauh lebih “ringan” dibanding ketiga seri sebelumnya. Sayangnya Tengah, alur yang terasa kurang menarik tersebut semakin diperburuk dengan gaya penceritaan yang lemah.

20191201142634 1
Gaya penceritaan yang hanya dibawakan dengan gambar bergerak seperti ini terasa kurang Pandai dinikmati.

Tak tersaji dalam berbagai cutscene menarik seperti di ketiga seri sebelumnya, rangkaian cerita yang Terdapat Bahkan hanya dibalut melalui deretan gambar berjalan dengan voice over. Tentunya ini menjadi suatu perombakan baru yang berakhir tak maksimal. Apalagi bagi kalian yang mengharapkan berbagai adegan epik ala judul-judul Darksiders sebelumnya, tentu akan kecewa pada seri kali ini.

Gameplay

Arah Baru yang Tak Kalah Panggil!

Cukup mengejutkan Menonton seri Darksiders yang banting setir ke arah baru melalui Darksiders Genesis ini. Lantas apakah perubahan baru ini Pandai disambut Berkualitas? Dengan senang hati kami Pandai menjawabnya sebagai “iya”, Darksiders Genesis punya segudang perombakan yang terasa lebih segar.

Beralih menjadi Isometric plus ARPG, gameplay yang ditawarkan merupakan perpaduan formula lawas sekaligus baru. Bagi kalian yang sempat mencicipi seri Darksiders sebelumnya akan tetap merasa familiar, Tetapi disisi lain juga akan merasakan pengalaman baru melalui segudang perombakannya.

20191201003007 2
Tak Tengah action third person, Darksiders Genesis banting setir menjadi isometric ARPG.

Darksiders Genesis tetaplah sebuah seri Darksiders yang menawarkan pengalaman hack & slash dengan segudang combo brutalnya, hanya saja, kini hal tersebut semakin lebih dibuat simple. Kalian dapat meggunakan berbagai skill serta elemen berbeda pada senjata kalian, yang nantinya dapat disesuaikan dengan gaya bermain kalian.

20191201142836 1
Terdapat segudang skill yang harus diunlock Demi semakin memperkuat Watak dan memberikan combat baru.

20191130160906 1

Antara Strife dan War tentu punya ability berbeda, War berfokus pada kemampuan pedang besarnya dengan range serangan jarak menengah. Sementara Strife dapat mengandalkan senjata berupa dagger dan pistol dengan kapasitas serangan jarak dekat dan jarak jauh.

20191130161652 1
Death dan Strife punya gaya bertarung yang sangat berbeda dan variatif.

Senjata dari kedua Watak tersebut dapat disematkan elemen, nantinya elemen tersebut akan menghadirkan berbagai skill berbeda. War, ia dapat mengubah elemen pedangnya menjadi bermacam-Jenis, mulai dari earthsplitter (tanah), flamebrand (api), rampage, dan lain sebagainya. Selain memberikan combo yang berbeda, tentunya kesemua elemen tersebut juga punya benefit Demi menghadapi para musuh tertentu, yang berelemen es misalnya, akan sangat efektif Demi dihadapi dengan api.

Sedangkan Demi Strife, tipe elemen untuknya datang pada amunisi yang ia gunakan, mengingat pistol merupakan senjata Primer bagi Strife. Sama seperti War, tipe elemen yang digunakan cukup serupa dengan War, hanya saja ia lebih berfokus pada tipe serangan jarak jauh. Sedangkan serangan jarak dekatnya sama sekali Bukan dibalut dengan tambahan ability maupun elemen Spesifik.

20191201230924 1
Dengan gaya bertarung jarak jauh plus mekanisme elemen yang lebih variatif, Strife membawa pengalaman gameplay berbeda Kalau dibanding ketiga Watak Horsemen lainnya di seri-seri sebelumnya.

Seperti seri sebelumnya, berbagai ability maupun elemen Spesifik dapat diunlock seiring dengan progress yang berjalan. Tetapi seperti yang kami bilang sebelumnya, Darksiders Genesis ini dibuat dengan gameplay yang terasa lebih simple. Itu artinya berbagai skill tree yang dapat diakses tak akan sepadat seri-seri sebelumnya.

Tetapi bagi kami sendiri hal tersebut bukanlah masalah besar, mengingat kita dapat menggunakan kedua Watak berbeda di sepanjang permainan. Tentunya hal tersebut sudah cukup Demi memberikan experience gameplay pertarungan yang terasa padat dan bervariasi.

20191130171235 1
Gaya pertarungan jarak jauh Strife dan jarak dekat War Membikin experience permainan terasa lebih variatif.

Menariknya Tengah, seperti pada seri-seri sebelumnya, kalian juga dapat kembali menggunakan Chaos Form Begitu memerlukannya. Tentunya Bukan sembarangan, kalian harus memenuhi bar indikator Chaos Form disebelah health bar. Form tersebut sangat Berfaedah Demi dimanfaatkan dalam kondisi terdesak, dimana serangan dengan range luas plus damage besar akan siap Demi menghunjam para musuh yang menghadang.

20191201155213 1
Chaos Form kembali hadir dan siap membantu kalian pada keadaan genting.
Boss Fight yang Sayangnya Kurang Variatif

Berbicara mengenai Darksiders, tentu tak lengkap rasannya bila tak membahas soal boss fightnya. Seperti yang kita ketahui, satu daya tarik Darksiders adalah melalui deretan boss fightnya yang menarik. Tetapi sayangnya, dalam Darksiders Genesis ini Art Syndicate tak Pandai mengeksekusi hal tersebut dengan matang.

20191130203242 1
Boss seperti ini, kalian tak hanya akan menemuinya sekali saja.

Boss fight yang hadir terasa sangat kurang variasi, tak jarang setelah melewati berbagai stage, kalian akan tetap berhadapan dengan boss fight yang serupa. Terkadang bahkan yang membedakannya hanyalah Corak kulitnya saja, ability serta gerakannya tetaplah sama.

20191130162936 1
Boss battle yang menarik seperti ini Pandai dibilang sangatlah terbatas.

Memang Terdapat sebagian boss fight yang terlihat berbeda dengan desain yang keren pula, Tetapi para boss fight yang menarik tersebut sangatlah terbatas jumlahnya. Selain itu, sayangnya hanya Terdapat sedikit boss fight yang Pandai menghadirkan tantangan. Rata-rata boss fight yang Terdapat punya patern yang mudah ditebak dan tentunya cenderung mudah ditundukan, apalagi Kalau kalian memainkannya secara coop.

Hadirnya Fitur Co-op yang Terasa Menyegarkan

Seperti yang kita Mengerti, franchise Darksiders sangat identik dengan label single player dengan seorang tokoh saja yang dapat dimainkan di tiap serinya. Tetapi kini melalui Darksiders Genesis, Airship Syndicate hendak memberikan gebrakan yang terlihat lebih menarik.

Arah baru tersebut berakhir membawa judul terbaru Darksiders ini Mempunyai fitur co-op yang Pandai diakses dua orang Pemeran.. Gebrakan anyar yang satu ini Pandai dibilang terasa memberikan experience yang jauh lebih segar, dimana kini kalian dapat berpetualang Berbarengan dengan Sahabat secara online maupun offline dengan split screen.

20191130160906 1 1
Kini kalian dapat bermain Berbarengan Sahabat secara online maupun offline split screen seperti ini.

Tetapi tentunya experience paling asik terasa berada pada mode split screen, dimana kita dapat berinteraksi langsung dengan Sahabat atau Kerabat yang berada disebelah kita. Fitur offline split screen ini Pandai dibilang merupakan salah satu fitur langka yang Terdapat pada game-game Era sekarang. Dan untungnya Darksiders Genesis Pandai menghadirkan dan mengeksekusi fitur tersebut dengan sangat apik.

Soundtrack yang Match

Seperti yang kita ketahui, soundtrack merupakan salah satu formula Primer dalam sebuah game. Dengan soundtrack yang Cocok, maka atmosfir permainan yang tercipta Pandai semakin terasa imersif. Apalagi Demi game bertema fantasy seperti Darksiders Genesis ini, tentunya dibutuhkan soundtack yang menggugah untuknya.


DARKSIDERS GENESIS Soundtrack OST - Main Menu Theme

Berita baiknya, tim komposer dari Airship Syndicate Pandai melakukan tugasnya dengan Berkualitas. Darksiders Genesis Pandai menyuguhkan segudang soundtack yang memperkuat atmosfir permainan. Memang tak Membikin kami terniang-niang, Tetapi soundtrack yang disuguhkan tetaplah terasa match dengan segala apa yang terjadi di sepanjang permainan.


DARKSIDERS GENESIS Soundtrack OST - 21 - Credits (Trailer Theme)

Soundtacknya sendiri didominasi oleh alunan Kemudian yang epik dan menggebu, tentunya sangat selaras dengan berbagai skema pertarungan epik yang tersaji. Tiap stage dan boss fight punya alunan soundtacknya masing-masing, yang akan Membikin pertarungan semakin terasa intens dan penuh adrenalin.

Visualualisasi yang Lebih Dipoles

Meski tak Tengah jadi game berbasis third person, Tetapi aspek visual yang tersaji Lagi tak jauh berbeda dengan Darksiders 3. Tetap menggunakan Unreal Engine 4, kualitas visual yang tersaji tetap Lagi familiar, Tetapi bukan berarti bahwa visual yang tersaji sepenuhnya sama dengan seri sebelumnya.

20191130210308 1

Darksiders Genesis terasa punya kualitas visual yang lebih dipoles dan memanjakan mata. Beralih menjadi isometric, secara Mekanis detail visual seperti partikel dan texture terlihat jauh lebih Pusat perhatian dan Jernih di layar monitor. Desain map yang tersaji terlihat lebih detail dan selaras dengan artstyle visual yang diusung, meski dengan sudut pandang dari atas.

20191201232643 1

Sementara dari visual Dampak pertarungan, Darksiders Genesis juga hadir dengan eksekusi apik, tiap hantaman, proyektil magis yang meluncur, hingga Dampak pertarungan lainnya tersaji dengan solid. Tentunya semakin Membikin tiap pertarungan yang Terdapat tak hanya terasa intens, Tetapi juga colorful dan terlihat keren! Sebagai buktinya, kalian Pandai Menonton segudang screenshot yang telah kami abadikan disepanjang review kali ini.

20191130171801 1

Conclusion

Membanting setir ke arah baru, Darksiders Genesis kali ini Cocok-Cocok Pandai menyuguhkan pengalaman Darksiders yang terasa tak kalah menarik dengan ketiga judul sebelumnya. Formulanya sebagai game isometric plus ARPG membuatnya merangkak ke arah baru yang lebih segar. Tetapi meski demikian, identitas yang sempat melekat pada ketiga seri sebelumnya tak sepenuhnya pudar pada seri kali ini, Terdapat sebagian elemen positif yang tetap disematkan pada Darksiders Genesis ini.

20191201141809 1

Tetapi meski demikian, kami tetap tak Pandai menganggap Darksiders Genesis sebagai sebuah karya baru yang sempurna. Lagi Terdapat beberapa kekurangan yang menggerogotinya, mulai dari masalah teknis seperti bug, hingga pembawaan cerita yang kurang menarik. Alur cerita yang dihadirkan terasa kurang spesial, belum Tengah pembawaannya yang hanya berupa gambar bergerak dan bukannya cutscene sinematik.

Tetapi dibalik kekurangan tersebut, Darksiders Genesis tetaplah sebuah game Darksiders baru yang punya cita rasa baru yang lebih menarik. Sangat cocok bagi kalian yang mengharapkan peleburan antara Darksiders plus Diablo, apalagi bagi kalian pecinta co-op split screen, Darksiders Genesis ini akan menghadirkan keseruan selama berjam-jam lamanya.

REVIEW SCORE 2


Baca juga Informasi atau artikel menarik lainnya dari Author.

Contact: erenhartd@Jagat Game.com

Trending