Gundam, siapa tak kenal franchise ini? Dimulai dari anime, franchise Punya Bandai (kini Bandai Namco) tersebut sukses menyihir jutaan pasang mata dengan robot bertanduk V khasnya. Tak hanya menjadi Raut dari industri anime robot Jepang, ceritanya yang bagaikan drama Star Wars juga digandrungi Sekalian kalangan. Bahwa pertempuran dan intrik politik antara Earth Federation melawan Zeon, takkan pernah usai dan Tetap Pandai diceritakan dari berbagai perspektif. Dunianya yang terbagi atas beberapa universe dan tahun, juga mungkinkan Bandai Namco dan Sunrise Kepada menggarap animenya dengan kisah orisinal baru dan desain robot yang lebih keren Tengah.

Franchise ini juga telah merambah ke berbagai media. Diawali dengan anime, Bandai mulai melebarkan sayapnya ke plastic model yang disebut dengan Gunpla, komik, hingga video game. Berbicara video game, mereka berusaha implementasikan dengan berbagai jenis. Mulai dari versi 1:1 dengan robot raksasa sungguhan, MMO, arcade MMO arena PvP x PvE, perspektif pilot yang mengendalikan, game online yang Tertentu hanya Kepada PlayStation, hingga seri SD atau Super Deformed.

gameplay5

Gamenya sendiri sangat Laris manis berkat fansnya yang sangat luas dari berbagai kalangan maupun selera. Berkualitas yang menyukainya berkat cerita intrik politik maupun pembentukan Watak, hingga yang sekedar mencintai desain robotnya. Hal yang paling Istimewa dari gamenya adalah ketika versi SD atau Super Deformed yang nampak mata sekilas “engga banget”, Tetapi Bahkan miliki fanbase yang sangat besar berkat ceritanya. Gameplaynya yang angkat Aliran tactical strategy juga membuatnya sangat Panggil Kepada dimainkan. Karena mengasah otak Kepada menentukan strategi yang Cermat mengalahkan musuh menjadi sebuah keasyikan tersendiri bagi beberapa orang.

Berbicara soal SD Gundam, Bandai Namco telah menelurkan puluhan serinya. Berkualitas dari seri Normal hingga G Generation yang miliki Watak orisinal. Kesuksesan Perulangan terakhirnya yakni G Genesis di tahun 2016 yang berisi Kurang Lebih 40 cerita Gundam mulai dari Universal Century hingga Gundam Unicorn. Membikin Bandai Namco lanjutkannya dengan G Generation Cross Rays yang berisi seri yang dimulai di setting dunia After Colony hingga Post Disaster.

gameplay8

Hal ini Mekanis buat seri Gundam Wing hingga seri teranyarnya, Iron Blooded Orphans termasuk di dalamnya. Lewat, bagaimana Bandai Namco meracik gamenya agar Pandai memuaskan nafsu para fansnya?

Dari Serial Esensial Hingga Komik

gundam cerita2

Terdapat Kurang Lebih 13 seri Gundam yang hadir dalam SD Gundam G Generation Cross Rays. Sekalian cerita dan tokohnya akan diadaptasi langsung dari anime maupun spin-off komiknya. Beberapa serinya meliputi: Gundam Wing, Gundam Wing Endless Waltz, New Mobile Report Gundam Wing Dual Story: G-Unit (komik), Gundam SeeD, Gundam SeeD Astray (komik), Gundam SeeD X Astray (komik), Gundam SeeD Destiny, Gundam SeeD C.E.73 Stargazer, Gundam 00, Gundam 00F (komik), Gundam 00 Awakening of Trailblazer, Gundam Iron Blooded Orphans, Gundam Iron Blooded Orphans: Gekko (komik). Tak heran apabila Engkau menemukan kemiripan dari Sekalian serinya. Menariknya, pengisi Bunyi Asli yang hadir di animenya juga menjadi pengisi Bunyi gamenya. Engkau yang sudah mengikuti Sekalian anime maupun manganya tentu akan Paham bagaimana cerita Asli serialnya. Jadi, saya tak perlu menjelaskan lebih detil Tengah. Cukup dengan menonton atau membaca manganya, karena Sekalian ceritanya akan terpampang Jernih sama persis seperti adaptasinya.

Saya pribadi Tak mengikuti komiknya, Tetapi Menonton banyak sekali kemiripan dengan kisah animenya, kemungkinan beberapa memang diadaptasi dalam gamenya. Saya pribadi merasakan bahwa memainkan gamenya seperti melakukan cheat karena telah menonton nyaris Sekalian seri utamanya. Jadi, kalau Engkau belum membaca komik atau menonton animenya, sepertinya Engkau perlu menontonnya terlebih dahulu sebelum memainkannya. Atau, simple, mainkan saja gamenya karena ceritanya akan sama persis.

scene1

scene2
Adegan ini adalah replikasi dari adegan anime aslinya menggunakan animasi 3D.

Engkau akan menemukan berbagai adegan orisinal dari animenya. Mulai dari bagaimana kerennya Barbatos muncul, hingga pertempuran antara Heero melawan Wufei yang direpresentasikan dengan animasi 3D. Beberapa Ungkapan anime dari tokohnya pada adegan tertentu dari ceritanya yang dibuat ulang, juga menjadi sebuah tambahan yang menarik.

gameplay6
Gundam Iron Blooded Orphans: Gekko diadaptasi dari komik. Engkau Pandai mendengarkan suaranya seolah ia jadi anime di game ini.

Beberapa pengisi Bunyi, khususnya dari adaptasi komiknya Membikin kita Pandai membayangkan apabila Sunrise yang selama ini dipasrahi Kepada Membikin anime utamanya. Juga ikut mengerjakan versi spin-off adaptasi komiknya.

Setiap cerita Gundam akan berimu kesempatan Kepada dapatkan robot Gundam aslinya. Jadi, misalnya Engkau sedang menjalankan cerita Gundam Wing: Endless Waltz, maka Engkau akan berpotensi Kepada mendapatkan Gundam Wing Zero Custom Endless Watz, Gundam Altron Endless Waltz, hingga Tallgeese III Endless Waltz. Kepada mendapatkannya, Engkau hanya perlu menggunakan Sekalian robot tersebut Demi story Kepada menghancurkan musuh-musuhmu. Mereka takkan dapatkan EXP, melainkan status GET yang akan Lalu meningkat seiring Engkau sering menghancurkan musuh dengan robot tersebut. Setelah penuh, maka Engkau Mekanis akan Pandai mendapatkannya Kepada diproduksi Demi Engkau mengkustomisasi grupmu. Tak, Engkau Tak akan mendapatkan robotnya secara gratis. Hal ini juga berlaku dengan pilotnya.

gundam cerita1
Ingin cerita apa? Engkau tinggal pilih!

Engkau Pandai berganti-ganti cerita sesuka hati. Jadi, misalnya Engkau tengah menjalankan cerita Gundam SeeD dan Ingin menikmati cerita Gundam 00, maka Engkau Pandai melakukannya. Tentunya dengan syarat Engkau telah menyelesaikan battle chapter yang tengah Engkau jalani.

anime1
Adegan dari animenya dibuat ulang oleh Bandai Namco dalam gamenya.

Hal yang saya sangat sayangkan dalam ceritanya, adalah Tetap tak adanya cerita orisinal dari G Generation selama kiprahnya. Bandai Namco Tetap pertahankan Watak lawas dan tambahkan Watak baru dengan berbagai background story yang menceritakan latar belakangnya. Tetapi kurangnya interaksi dan cerita Esensial G Generation hingga Perulangan teranyarnya membuatnya seolah terasa kurang. Tak seperti Super Robot Wars yang miliki kisah orisinal, seri ini Tetap pertahankan adaptasi cerita Gundam yang diangkat. Tentunya alangkah lebih Berkualitas, Apabila mereka mulai memikirkan cerita tersendiri bagi G Generation di seri selanjutnya, atau Konsentrasi pada kisah mereka yang digabung dengan cerita Gundam sebagai kisah spin-off.

Semuanya Gundam

countersupport
Demi unitmu diserang, Engkau Pandai menggunakan counter support agar damagemu lebih besar Demi melakukan counter.

Adaptasi anime maupun komiknya rupanya Tetap berbanding lurus dengan battlenya. Battlenya Tetap sama dengan Perulangan sebelumnya maupun seri Super Robot Wars. Engkau Tetap Pandai counter, evade, maupun defend ketika diserang. Counter/defend support yang sangat Bermanfaat apabila robotmu tak Ingin hancur. Sementara, attack support akan mempermudahmu menghancurkan Musuh-Musuh yang miliki defense dan HP besar. Engkau hanya perlu miliki unit yang stand by dan Tak dalam status “end turn” di dekat beberapa unit yang akan menyerang maupun bertahan.

gameplay9
Supercharged akan mungkinkanmu daratkan serangan critical sesering mungkin di setiap seranganmu.

Supercharged mode Demi Engkau mendapatkan morale tinggi juga Tetap tersedia di sini. Kepada mendapatkan morale up, maka Engkau perlu menghancurkan robot Musuh berkali-kali. Metode mendapatkannya cukup acak. Tetapi yang Jernih, unit yang paling sering menghancurkan Musuh akan berkesempatan lebih besar Kepada mendapatkannya. Hal ini juga berlaku pada musuhmu. Tetapi mereka akan jarang menggunakannya Apabila Engkau memainkan gamenya pada difficulty normal. Memainkannya pada tingkat kesulitan yang lebih tinggi Tak saya sarankan Apabila robot dan pilotmu Tetap cupu. Karena tingkat strategi musuh akan jauh lebih Berkualitas. Mereka juga lebih pintar di tingkat kesulitan di atas normal.

Menghancurkan satu musuhmu akan berikanmu kesempatan Kepada berjalan sekali Tengah Tamat maksimal tiga kali termasuk langkah pertamamu. Jadi, misalnya Engkau berhasil menghancurkan satu musuh pertama, maka Engkau dapatkan kesempatan Kepada hancurkan musuh kedua, dan terakhir ketiga. Manfaatkan ini dengan support attack, maka Engkau akan Pandai menghancurkan musuh lebih banyak dibanding harus berjalan sendiri.

ijo ijo
Raid Group akan tingkatkan recovery HP Demi Engkau mengarahkan robotmu di kotak hijau dekat robot rekan satu tim (Dasar). Sementara Warship group hanya akan Pandai recovery HP dan EN Apabila Engkau memasukkan unitmu ke warship (atas). Recovery warship lebih tinggi dibanding recovery raid. Tetapi akan membutuhkan 1 turn sebelum recovery selesai.

Terdapat dua tipe grup yang Pandai Engkau gunakan Demi battle: Warship dan Raid. Grup warship akan membawa banyak robot Kepada dikeluarkan satu persatu di Demi yang Cermat. Sementara grup tipe raid berisi satu squad dengan maksimal enam pilot/robot. Dua grup ini miliki keunikannya sendiri. Selain tipenya yakni squad dan warship, Metode dua tipe grup Kepada lakukan recovery juga berbeda. Warship akan membutuhkan tiap unitmu Kepada kembali ke kapal agar Pandai melakukan recovery HP dan EN. Sementara raid hanya membutuhkanmu Kepada Lalu berdekatan di dekat unit dengan kotak berwarna hijau yang berada di sampingnya.

Dalam beberapa skenario, kebanyakan Engkau akan Pandai menggunakan Kurang Lebih dua grup. Jujur, saya sendiri belum pernah mencoba Kepada menggunakan lebih dari dua grup, karena meningkatkan dua grup saja sudah cukup menyita waktu dan Fulus yang disebut Capital, karena biayanya yang tak murah. Tetapi, saya menemukan bahwa terdapat skenario tertentu di mana Engkau Pandai menggunakan lebih dari dua grup Demi battle.

SD GUNDAM G GENERATION CROSS RAYS 20191212164436 SD GUNDAM G GENERATION CROSS RAYS 20191212164252

Demi battle, Engkau akan disuguhi dua objective: Esensial yang diberi Corak hijau, dan secret yang diberi Corak merah, atau biru dan hijau Kepada victory conditions dan challenge. Objective Esensial akan membuka cerita lebih lanjut dari story utamanya. Sementara secret akan membuka tambahan musuh. Secret juga akan membuka opsi unlock seperti robot yang Pandai dibuat atau Watak baru. Menyelesaikan kedua jenis objective akan berikanmu tambahan mata Fulus gamenya bernama capital.

quest
Quest dari challenge termasuk secret akan berimu tambahan Fulus atau unit/pilot yang Pandai dibuka.
secret
Menyelesaikan challenge akan membuka secret dengan alert “Unknown” seperti ini. Biasanya sih tambahan musuh, antara enam Tamat lebih dari itu.

Sayangnya, Engkau harus berhati-hati dengan robotmu dan memikirkan strategi yang Cermat Kepada menghancurkan musuhmu. Hal ini dikarenakan, Apabila robot berlevel tinggimu hancur, maka selamanya akan hancur. Jadi, Engkau harus atur strategi agar tak gegabah terlalu percaya diri dengan kemampuan robotmu yang berlevel tinggi. Engkau tak mau bukan Apabila harus kembali grinding dari level 1?

Terdapat koleksi puluhan hingga ratusan Gundam yang siap Engkau produksi, dapatkan, dan kustomisasi sesuka hati. Sekalian animasi battlenya dibuat dalam animasi 3D dengan Dampak yang sangat epik demi mereplikasi adegan aslinya. Saya ingat sekali bagaimana Wing Zero Custom Endless Waltz butuh menembakkan beam riflenya tiga kali Kepada melumat musuh-musuhnya. Terlebih animasi ultimate dari Barbatos Lupus Rex yang sangat epik jamin bakal buatmu eyegasm di setiap permainanmu. Jadi, mampukah Engkau mendapatkan Sekalian Gundamnya?

develop1
Dalam level tertentu, Engkau Pandai mengupgrade robotmu dan mengevolusikannya.

Kustomisasinya sendiri Tetap berkutat pada pengaplikasian ability pilot dan robot. Robot yang telah naik level tertentu akan Pandai diupgrade menjadi robot baru atau Gundam baru. Engkau bahkan Pandai mendapatkan robot yang Semestinya belum didapatkan dalam cerita Gundam. Saya sendiri Pandai mendapatkan Gundam Barbatos Lupus Rex sebelum menjalani kisah di mana Mikazuki mendapatkannya. Setiap robot yang Engkau dapatkan Berkualitas dari cerita maupun perubahan Pandai diproduksi dengan jumlah tak terbatas dengan membayar menggunakan Capital. Jadi, bukan Tak mungkin Apabila seisi squadmu berisi enam Gundam Strike Freedom atau Barbatos Lupus Rex. Tentunya selama capitalmu cukup. Sedikit bocoran, Apabila Engkau mendapatkan Phoenix Gundam, maka Engkau harus pertahankan hingga ia Pandai berubah jadi Phoenix Gundam Full Power. Karena Terdapat kejutan di balik perubahan Full Power.

develop2
Sekalian yang sudah Engkau dapatkan Berkualitas dari evolusi maupun grinding Pandai Engkau produksi.

Sayangnya, nyaris Sekalian robot orisinal G Generation miliki serangan beam (ditandai dengan icon magenta/pink di setiap serangannya) yang sangat melempem Apabila digunakan Demi Engkau memainkan cerita Iron Blooded Orphans Kepada pertamakalinya. Hal ini disebabkan Sekalian robot akan miliki anti-beam. Membikin Sekalian serangan beam-mu yang harusnya Pandai daratkan damage sebesar 4000-5000 jadi 900-100 bahkan Pandai 0 di tingkat kesulitan hard dan di atasnya. Mau tak mau Engkau harus menggunakan funnel, missile, atau senjata jarak dekat yang bukan beam. Cukup disayangkan memang, Tetapi Apabila Engkau sudah level tinggi, maka hal tersebut bukanlah sebuah masalah. Karena Engkau Pandai menggunakan senjata maupun robot yang satu level dengan para robot tersebut.

Buat Pilotmu Sendiri atau Scout Pilot Asli Gundam

custom pilot
Engkau Pandai Membikin pilotmu sendiri sesuai seleramu.

Selain kustomisasi robot, Engkau juga Pandai Membikin pilot buatanmu sendiri. Tersedia beberapa preset Berkualitas jenis kelamin, penampilan, pengisi Bunyi, musik latar, Lepas lahir dan golongan darah yang menentukan ability dasar, hingga animasi yang telah dipersiapkan oleh Bandai Namco. Tak Terdapat hal yang spesial dari fitur ini, hanya kemampuan Kepada Membikin pilot sesuai imajinasimu.

scoutlist1

scout list2
Males bikin sendiri dan udah kebanyakan duit? Kenapa ngga nyoba buat rekrut pilot. Bahkan Watak non-pilot Pandai Engkau rekrut juga lho.

Tetapi Apabila Engkau Tak Ingin Membikin pilotmu dengan kemampuan yang acak, maka Engkau Pandai merekrut pilot Asli dari serial orisinalnya. Tentunya dengan syarat Engkau telah membukanya melalui misi. Merekrut pilot Asli dan Membikin Gundam atau robot yang dikendarai akan berikan kemampuan maksimal dari robotmu Demi pertempuran. Misalnya, Engkau merekrut Trowa Barton dan gabungkannya dengan Gundam Heavy Arms Endless Waltz, maka performanya akan jauh lebih Berkualitas dibanding Apabila robot tersebut dikendalikan oleh pilot buatanmu sendiri.

Grinding Jadi Semakin “Mudah”

dispatch1

Selesai Membikin dan mengkustomisasi robot maupun pilot, Terdapat hal yang wajib Engkau lakukan dalam gamenya. Apalagi kalau bukan grinding. Engkau memang Pandai mengulang misimu berkali-kali Kepada dapatkan XP Kepada robot dan pilotmu, Tetapi melakukannya akan sangat menyita waktu. Pasalnya Engkau butuh Kurang Lebih 1-4 jam Kepada menyelesaikan sebuah misi. Bahkan tercepat hanya kisaran 2 jam. Belum Tengah Apabila Engkau menyalakan Sekalian animasi robotnya. Mujur, Bandai Namco memberikan sedikit kemudahan dengan fitur bernama Dispatch.

dispatch2

 

Fitur ini akan mungkinkanmu mengirim grupmu dalam sebuah misi Mekanis yang akan dapatkan XP Kepada robot maupun pilotmu. Semuanya akan dibagi rata, jadi tak Terdapat satupun yang tertinggal. Engkau membutuhkan koneksi internet Kepada melakukannya. Tak, Engkau Tak butuh PSPlus atau premium lain. Misi akan berjalan sesuai waktu dunia Konkret, jadi Apabila Engkau mengirimnya ke misi berdurasi 14 jam, maka Engkau harus menunggu selama 14 jam Kepada menyelesaikannya. Tetapi tenang, Engkau Pandai gunakan item tertentu Kepada mengurangi waktunya. Item ini hanya Pandai didapatkan secara acak di Dispatch, dan dapatkan secara Niscaya setiap Engkau menyelesaikan misi. Setiap item hanya Pandai mengurangi waktu sebesar 30 menit. Semakin banyak Engkau menggunakannya, maka semakin banyak pula waktu yang terpotong.

dispatch3
Komposisi timmu akan menentukan tingkat kesuksesan misimu.

Tiap misi miliki tingkat kesulitannya sendiri yang ditandai dengan bar yang Terdapat di Dasar judul misinya. Ia juga akan miliki syarat tertentu agar tingkat kesuksesannya Letih 100%. Tak mendapatkan tingkat kesulitan 100% akan berimu XP yang lebih sedikit dari yang dijanjikan. Jadi, misalnya Engkau mengirim grup ke misi dengan hadiah total XP 75,000 dan grupmu hanya miliki tingkat kesuksesan 50% dan tak memenuhi syarat, maka Engkau akan mendapatkan XP yang jauh lebih sedikit dari yang dituliskan. Tingkat kesuksesan ini sangat berpengaruh dengan level unit, jenis unit, ability, hingga pilotmu.

Misi akan diupdate setiap jam 9 pagi waktu Jepang. Sayangnya hanya dua misi saja yang akan diupdate, yakni training harian dan patrol. Sisanya akan Pandai Engkau buka dengan menyelesaikan setiap misi Dispatch, atau cerita tertentu di story mode.

gameplay7

Satu hal yang Niscaya Demi Engkau menjalankan Dispatch adalah Tak Pandai digunakannya unitmu di story mode. Jadi, Engkau harus menggunakannya secara bijak. Demi Engkau sibuk banget misalnya. Mematikan PlayStation atau PCmu Tak akan mempengaruhi waktunya, karena waktunya dicatat langsung oleh server gamenya yang Terdapat di Jepang. Jaadi, Apabila Engkau sangat sibuk harus sekolah, kuliah, atau ngantor, maka Engkau Pandai menggunakan fitur grinding Mekanis tersebut Kepada persingkat waktumu.

Pandai Masukkan Musik Kesukaanmu

BGM edit
Engkau Pandai masukkan musik yang tak tersedia karena masalah lisensi.

Grinding Mekanis memang cukup praktis Kepada memainkan gamenya. Tetapi tentunya Sekalian permainanmu takkan lengkap tanpa musik. Apabila Engkau Membikin pilotmu sendiri, maka Engkau akan menyadari bahwa terdapat beberapa musik latar yang Pandai dimasukkan. Berkualitas dari G Generation maupun seri orisinal Gundam. Sayangnya, tak Sekalian musik dimasukkan oleh Bandai Namco yang kemungkinan dikarenakan masalah lisensi. Kepada itu, mereka memberikan opsi Kepada menambahkan musikmu sendiri dari USB PS4 atau dari PC. Engkau Pandai menambahkan musik berformat MP3 Kepada Sekalian stage, per Watak, dan yang lain.

Konklusi

get robot

SD Gundam G Generation Cross Rays memang menjadi salah satu pemuas nafsu fansnya. Terlebih bagi Engkau yang mulai mengenal dan menikmatinya sejak seri Gundam Wing yang pernah ditayangkan di TV Swasta Indonesia. Sekalian ceritanya sangat otentik dengan anime aslinya. Kerja keras Bandai Namco Kepada mereka-ulang adegannya dengan 3D patut diacungi jempol. Terlebih Kepada Sekalian robot dan model pesawat maupun kapal perangnya yang tergolong sangat banyak.

g generation pilot profile
Latar belakang kisah Watak G Generation terasa sangat sia-sia tanpa cerita orisinal.

Sayangnya, di Perulangan teranyarnya ia Tetap menggunakan battle jadul dengan sedikit peningkatan. Tetapi sebuah punishment atau hukuman dengan memberikan perma-death Kepada setiap Gundam atau robot yang Engkau kendalikan menjadi sebuah tantangan tersendiri. Memaksamu Kepada mengatur strategi dengan Berkualitas sebelum memutuskan langkah apa yang harus Engkau lakukan. Sekaligus berikan pertanda bahwa Engkau tak Pandai memainkan gamenya secara asal-asalan. Fitur recoverynya menjadi sangat menantang. Dengan kata lain Engkau harus memikirkan matang-matang strategimu sebelum unit favoritmu hancur.

Fitur dispatch unit Membikin semuanya menjadi sedikit lebih mudah dan melegakan. Buat Sekalian prosesnya tak melulu harus Engkau lakukan sendiri karena kehidupanmu di dunia Konkret yang sibuk.

gameplay10

story2

Sayangnya, musiknya Tetap kurang lengkap karena masalah lisensi. Mujur, ia Pandai teratasi dengan fitur memasukkan custom musik sendiri. Absennya cerita orisinal di Perulangan ini juga Membikin gamenya terasa kurang Kepada representasikan G Generation. Tentunya Cita-cita Kepada hadirkan cerita Tertentu yang berkelanjutan menjadi sesuatu yang akan diapresiasi. Terlebih Apabila cerita tersebut disambungkan dengan kisah Esensial dan ditangani sebagai spin-off.

upgrade1 ultimate attack

Meskipun begitu, gamenya sangat Panggil Kepada dimainkan. Terutama bagi para pecinta robot, Gundam, maupun game strategi taktikal. Saya Tak menyarankanmu memainkannya Apabila Engkau merupakan gamer yang tak begitu menyukai game jenis ini. Tetapi saya sangat merekomendasikannya Apabila Engkau fans berat Gundam secara keseluruhan, pecinta robot, maupun kisah intrik peperangan.

REVIEW SCORE GUNDAM

gameplay11 get ability gameplay3 cover4 anime2

cover3

story1

gameplay1 gameplay2

Trending