Sebelum banyak sekali lahir komik shonen, yakni komik yang diperuntukkan Demi anak lelaki di Jepang. Dragon Ball merupakan salah satu judul yang paling disegani di masanya. Ia menceritakan seorang anak keturunan bangsa Saiya bernama Asal Kakarot yang diubah namanya menjadi Son Goku oleh Son Gohan, kakek yang menemukan Kakarot kecil dari pesawatnya. Alih-alih menjadi jahat seperti misi yang diberikan bangsa Saiya padanya, Goku Malah menjadi anak Berkualitas yang kita cintai hingga detik ini. Karya Akira Toriyama tersebut sontak sukses di Jepang dan menjadi fenomena di dunia berkat kepopulerannya. Ia juga menjadi kiblat para komikus lain Demi Membangun Jenis yang sama dengan cerita yang berbeda.

Kepopuleran Dragon Ball hantarkannya Demi diadaptasi ke berbagai media lain selain komik. Satu yang Niscaya adalah anime, yang kemudian dilanjutkan ke video game yang kala itu ditangani oleh Bandai sebelum bergabung dengan Namco menjadi Bandai Namco.

Tetapi sejak berakhirnya seri Z, Bandai Namco jarang sekali mengangkat game Dragon Ball Demi Pusat perhatian pada cerita utamanya, khususnya Z yang menjadi puncak kesuksesan Toriyama dan serinya. Mereka Malah Membangun game dengan Pusat perhatian lain sembari menyempurnakan mekanik pertempurannya. Salah satunya adalah Dragon Ball FighterZ dan Xenoverse. Tetapi Enggak Demi seri teranyarnya, Dragon Ball Z: Kakarot yang sangat Pusat perhatian pada mekanisme action RPGnya.

Lewat, bagaimana CyberConnect2 dan Bandai Namco Bisa merepresentasikan cerita Z di Dragon Ball Z: Kakarot pada para fansnya dengan dukungan dan Donasi langsung dari kreatornya, Akira Toriyama sendiri?

Dari Drama Kerabat Hingga Melawan si Merah Jambu

DRAGON BALL Z KAKAROT 20200115123343
Raditz akan menjadi boss pertama yang harus Anda hadapi Demi melanjutkan cerita.

Dragon Ball Z: Kakarot sendiri menceritakan kisah Z yang terbagi atas empat saga: Raditz, Frieza, Cell, dan Majin Buu sebagai kisah penutup Z. Bagi Anda yang pernah mengikuti anime maupun manganya, maka kisah mereka bukan yang pertama bagimu. CyberConnect2 merepresentasikannya dengan sangat Berkualitas karena Segala elemen animenya dibuat ulang, termasuk adegan-adegan ikoniknya. Mulai dari kemunculan Kerabat kandung Goku yakni Raditz hingga bagaimana pertempuran epik melawan Frieza. Tenang, mereka Enggak akan membuatmu berlama-Gial menunggu saganya berakhir karena disingkat dengan cukup Berkualitas. Perlihatkan adegan ikonik dan pentingnya saja. Sebuah persembahan yang sangat dinantikan oleh fans Dragon Ball di seluruh dunia Demi gamenya.

Tentunya hal ini bukan lekas menjadikan gamenya menganut kisah yang sama persis Tamat sedetail mungkin. Hal ini mengingat beberapa adegan yang mungkin bagi sebagian dirimu memberikan “greget”-nya Dragon Ball dihilangkan. Misalnya saja adegan kerasnya latihan Goku dan Rekan-Rekan, atau adegan Ketika Cell datang meneror Segala Kaum bumi sebelum menyelenggarakan Cell Game yang sangat dipersingkat.

Adegan kisah Asmara Bulma x Yamcha x Vegeta juga Enggak mereka sajikan, tak menjelaskan sama sekali kenapa Trunks lahir. Padahal di kisah aslinya terdapat drama antara ketiganya yang Dapat menjelaskan asal muasal Trunks. Pernikahan Vegeta dan Bulma juga tak direpresentasikan. Terlebih kisah lahirnya Marron dan Rekanan antara Krilin dan Android 18. Membuatmu bakal bertanya-tanya, Bilaman mereka menikah.

event3
Meskipun Dapat dinikmati dengan sangat enjoy, Tetapi fakta bahwa beberapa adegan yang hilang membuatnya jadi kurang greget dan lengkap.

Pertempuran konyol Trunks dan Goten Ketika Tenka Ichi Budokai melawan Android 18 Ketika mereka menyamar sebagai Mighty Mask juga sepertinya dipotong begitu saja dan langsung lanjutkan cerita serius Babidi dkk. Terkesan bermain Kondusif dengan adegan ikonik yang telah sering mereka munculkan di seri sebelumnya. Sepatutnya mereka Dapat menghadirkan beberapa adegan Spesial, konyol, maupun yang lain demi terciptanya “kejelasan” dan elemen “entertainment” yang lebih detil bagi para pemainnya. Saya Menyaksikan ceritanya seperti tak miliki character progression sama sekali Demi Kepribadian selain yang paling Krusial yakni tokoh Istimewa. Mereka hanya berkutat pada adegan yang itu-itu saja dan tak mencoba Demi berikan yang lain karena seolah bermain Kondusif.

adnroid21 2
Android 21 yang dikenalkan di Dragon Ball FighterZ juga akan muncul di sini, Tetapi dengan nama “Female Researcher”. Ia tak miliki peran apapun selain menjadi penjaga training ground di rumah Bulma.

Beberapa Kepribadian seperti Nam, Eighter (Delapan kalau di terjemahan komik Formal bahasa Indonesianya), hingga Kepribadian orisinal Akira Toriyama yang tak muncul sama sekali dalam anime maupun manganya juga Eksis di sini. Salah satunya adalah Bonyu, satu-satunya mantan Personil Perempuan squad captain Ginyu dan Android 21 yang muncul sebagai staff dari Capsule Corporation dengan nama “Peneliti”. Ya, hanya “peneliti. Tetapi ia Mempunyai desain yang sama persis dengan Android 21 di game Dragon Ball FighterZ. Mereka berdua juga Mempunyai kisah orisinalnya sendiri yang akan masuk dalam beberapa sesi dan takkan mengusik cerita Istimewa gamenya.

DRAGON BALL Z KAKAROT 20200120205549
Mungkin banyak yang kurang percaya bahwa Kepribadian Menggemaskan yang satu ini Rupanya jahat.

Penyingkatan kisahnya memang sangat nikmat Demi diikuti, terlebih bagi Anda fans baru yang baru saja mengenal Dragon Ball. Membuatmu Paham siapa saja tokoh yang berpengaruh dalam kisahnya dan setidaknya akan Paham secara garis besar Rekanan mereka. Tetapi cukup mengecewakan bagi saya yang mengikuti serinya karena beberapa Enggak mereka ceritakan karena terlalu Pusat perhatian pada cerita dari beberapa tokoh utamanya saja. Secara garis besar ceritanya akan sangat memanjakan fans lamanya. Karena inilah game Dragon Ball yang Betul-Betul membuatmu bernostalgia dan cukup enjoy memainkannya, karena penuh dan sangat Pusat perhatian dengan cerita. Setidaknya sedikit lebih Berkualitas dari seri sebelumnya. Meskipun ya pada kenyataannya ia Dapat dibilang nanggung, terlebih bagi mereka fans baru yang Mau mengikuti serinya karena banyak sekali adegan yang hilang.

Action RPG dengan Beberapa Batasan

Pusat perhatian Dragon Ball Z: Kakarot dalam cerita tak Membangun gamenya melupakan tujuan utamanya sebagai game Action RPG. Alih-alih mereka mendesain dunianya sebagai full open-world, CyberConnect2 membuatnya sebagai sandbox dengan berbagai hub area. Jadi misalnya Anda Mau mengeksplorasi Capsule Corporation dan pergi ke Kame House, maka Anda harus membuka world map dan memilih area Kame House Demi dieksplorasi. Sayangnya, hal ini terkendala loading screen yang cukup Gial. Betul mereka telah memberikan patch 1.03 Demi mengurangi waktu loading screen, Tetapi tetap terkendala cukup Gial di PlayStation 4 Normal yang saya gunakan Demi mereviewnya.

DRAGON BALL Z KAKAROT 20200122124040

DRAGON BALL Z KAKAROT 20200115125647
Z Orbs Dapat Anda kumpulkan Demi meningkatkan skillmu.

Beberapa fitur game RPG seperti quest, hunting, collecting, dan eksplorasi juga ditekankan dalam gamenya. Anda Dapat mengeksplorasi beberapa area dan mengoleksi berbagai benda seperti item langka, buah-buahan, ikan, bahan Matang, material crafting, hingga hadiah. Anda juga Dapat memancing Demi dapatkan ikan yang Anda butuhkan Demi memasak. Segala item Dapat Anda cari menggunakan Ki Search yakni dengan menekan tombol L1 di controller PlayStation 4-mu.

Tetapi di antara beberapa item yang Dapat dikoleksi tersebut, terdapat item paling Krusial yakni Z-Orb berwarna-warni. Z-Orb digunakan Demi meningkatkan skill-treemu dari satu level ke level yang lebih tinggi. Ia Dapat didapatkan di penjuru map, mengalahkan musuhmu, atau langsung saja minta kepada Shenlong. Corak Z-Orb yang dominan akan berbeda di setiap hero. Goku misalnya yang Pusat perhatian pada orb Corak merah, sementara Gohan Pusat perhatian pada Corak biru. Ini Eksis hubungannya dengan tipe hero dari attacker, defender, maupun support. Tipe attacker umumnya akan menggunakan Z-Orb Corak merah, sementara defender akan dominan menggunakan Corak biru, terakhir, support akan sangat dominan menggunakan Corak hijau. Tetapi perlu diingat, tak Segala skill Dapat Anda buka dengan Z-Orb. Skill dengan icon tangan berwarna hijau akan Dapat dibuka melalui training.

DRAGON BALL Z KAKAROT 20200119210040

DRAGON BALL Z KAKAROT 20200122123922
Hancurkan Tower atau UFO Frieza, Segala Dapat berimu hadiah.

Seiring berjalannya cerita, Anda akan Dapat membuka fitur lain di map seperti menghancurkan tower tentara Red Ribbon atau pesawat Frieza Demi dapatkan item langka. Tower dan pesawat ini akan kembali tereset setelah arc selesai atau event tertentu. Jadi Anda tak perlu khawatir Enggak mendapatkannya.

Layaknya game RPG pada umumnya, CyberConnect2 juga tak melupakan side quest yang ditandai dengan tanda Panggil berwarna biru. Side quest akan muncul di beberapa momen atau level tertentu. Terdapat berbagai Corak side quest, seperti mengumpulkan barang, mengalahkan musuh, duel, hingga menyampaikan pesan. Terkadang Anda akan dibuat Marah dengan fitur pengumpulan barang, terlebih barang super langka seperti tanduk rusa emas misalnya yang hanya Dapat didapatkan di rusa emas yang Eksis di daerah tertentu. NPC tak memberitahu spesifik areanya dan hanya mengatakan daerah yang namanya saja tak Eksis di map. Belum Kembali rusa emas yang jumlahnya hanya satu di area miliki tingkat kemunculan tak terduga, kadang muncul kadang Enggak. Membuatmu harus berpindah ke area lain dan kembali ke daerah tersebut Demi mendapatkannya. Tingkat kelangkaan item juga mempengaruhi tingkat kesuksesanmu mendapatkannya. Cukup Dapat membuatmu Kecewa karena loading yang Gial Dapat menghabiskan waktumu hanya Demi mendapatkan itemnya.

DRAGON BALL Z KAKAROT 20200122123935

DRAGON BALL Z KAKAROT 20200122123951
Mencari item dan NPC tanpa Menyaksikan map menjadi lebih mudah karena mereka sendiri yang menandai diri mereka Ketika Anda melewatinya dari udara.

Beberapa fitur lain juga Dapat dibuka melalui side-quest. Jadi, sebisa mungkin jangan lewatkan side-quest apapun ketika tersedia di map. Kecuali memang side questnya Enggak Dapat diakses seperti yang sempat saya alami Ketika memainkannya. Cukup mengecewakan karena tanda side-quest yang muncul tak Dapat diakses sama sekali. Terkadang saya menemukan tandanya, Tetapi ketika saya pergi ke sana tempatnya Hampa, atau Eksis NPC Tetapi ia hanya mengatakan sesuatu yang tak masuk Intelek. Tetapi tenang, Apabila Anda telah menamatkan gamenya dan melewatkan side-questnya, Anda Dapat menjalankannya kembali. Sayangnya, kesan side-quest yang repetitif dan itu-itu saja membuatnya jadi kurang spesial.

masak1
Anda Dapat memasak sendiri atau meminta Donasi koki yang Anda temui di jalan.
masak2
Setiap makanan miliki Pengaruh yang berbeda-beda, semakin tinggi bintangnya, semakin tinggi pula efeknya.

Fitur makanan juga menjadi salah satu Unsur Krusial dalam gamenya. Ia akan berikan boost sementara dan permanen dalam gamenya. Ya, Anda tak salah baca, tak perlu leveling terlalu tinggipun Anda juga Dapat meningkatkan statusmu. Tetapi sayangnya saya Enggak menyarankannya karena makanan hanya akan menambah kisaran puluhan status saja dibanding naik level yang tentunya akan menambah status menjadi lebih tinggi.

Chichi
Hanya Chi-Chi yang Dapat memasak full course dengan Pengaruh yang lebih gila.
fullcourse
Full course akan berimu tambahan Pengaruh yang lebih gila Kembali.

Makanan terbagi atas tiga Bentuk: mentah, makanan jadi, dan full course. Makanan mentah akan menambah sedikit sekali status, sewajar-wajarnya +1. Sementara makanan jadi Dapat puluhan. Full course atau lengkap Dapat tambah status lumayan banyak. Tipe ini hanya Dapat dimasak oleh Chi-Chi, jadi Anda harus pulang ke rumah Goku Demi mendapatkan makanan full-course. Tentunya Apabila Anda Mempunyai resep dan bahannya. Tanpa itu Anda takkan Dapat menikmatinya sama sekali.

Eksplorasinya akan berikanmu beberapa fitur Krusial lain seperti time-attack, training, dan villainous enemy. Time attack akan terbagi menjadi dua tipe: mobil atau robot tipe walker. Tipe mobil wajibkanmu mengikuti lintasan yang disediakan dengan melewati checkpoint yang Eksis. Sementara robot walker akan paksamu melompati bukit dan gunung agar Lelah checkpoint. Menyelesaikannya akan berimu hadiah berupa item Secara acak.

koki
Jauh dari Chi Chi? Anda Dapat memasak sendiri atau meminta Donasi Koki.

Segala bahan seperti daging dan spot tambang biasanya akan sangat mudah ditemukan karena tiap spot akan diberikan NPC dengan penanda balon narasi “Di sini Eksis item XXX lho”. Membuatmu tak susah-susah Kembali mencarinya. Sementara tempat tambang umumnya ditandai dengan icon batu perhiasan di map. Ia akan menghilang Apabila Anda berhasil menambang Segala hasil buminya. Tak jarang, Anda harus menghancurkan batu besar yang Apabila dilihat dari ki search-mu akan berwarna ungu. Sayangnya, Anda tak Dapat menghancurkannya menggunakan energy blast, melainkan mendekatinya dan menghancurkannya secara manual.

DRAGON BALL Z KAKAROT 20200122123845
Kotanya besar, Tetapi tak Sunyi dan terkesan hidup.

Sayangnya, desain level eksplorasinya akan buatmu capek sendiri karena dibuat dengan minim rahasia berkat beberapa fitur lain terkunci oleh cerita. Presentasi levelnya memang cukup menarik dan lebih hidup Apabila dibandingkan game serupa yang pernah Bandai Namco publish, One Piece: World Seeker misalnya yang kebanyakan dunianya Hampa meskipun luas. Hal ini diperkuat dengan kota raksasanya yang ramai penduduk dan Betul-Betul merepresentasikan kehidupan orang kota pada umumnya. Bangunannya juga dibuat secara proporsional dan tak terlalu besar maupun kecil.

Bagi Anda fans berat Dragon Ball, Anda akan Dapat bernostalgia dengan membaca cerita Goku masa kecil dengan menemukan memoria yang tersebar di penjuru map. Memoria ini ditandai dengan bentuk seperti icon foto bercahaya dan harus Anda cari sendiri karena takkan Eksis icon atau penanda di mapmu. Tetapi tenang, Anda Dapat mendapatkan tandanya Apabila Anda berbicara pada Baba Demi mencarinya melalui bola ajaibnya. Anda akan dipungut biaya 1,000 zeni, mata Duit dalam gamenya Demi mencari memoria yang Eksis.

training
Training akan butuhkan D-Medal, Dapat Anda temui di sepanjang map. Sementara setelah selesai training, Anda akan Dapat menikmati hadiah dari Master Roshi.

DRAGON BALL Z KAKAROT 20200117173811

Training modenya akan butuhkan sebuah item bernama D-Medal. Medal ini Dapat didapatkan di penjuru map. Keberadaannya cukup langka, jadi pastikan Anda memanfaatkan D-Medal Demi skill yang Anda gunakan saja. Menyelesaikan training mode tak hanya memberimu skill, Tetapi juga hadiah item lain dengan berbicara dengan Master Roshi. Jadi Anda bebas Apabila Mau mempelajari Segala skill yang Eksis dalam gamenya Demi dapatkan hadiah dari Master Roshi. Seperti Normal, hadiahnya akan terbagi secara acak, jadi Anda takkan pernah tau apa hadiah yang akan Anda dapatkan.

Villainous Enemy, Musuh dengan Kekuatan Gila

villainous3
Villainous enemy ditandai dengan icon seperti mahkota spike berwarna merah di peta.

Di pertengahan game, Anda akan menemukan villainous enemy yang ditandai dengan icon seperti mahkota merah di map. Mereka Mempunyai kekuatan di atas rata-rata yang akan membuatmu kewalahan mengalahkannya. Menumpasnya akan berimu XP yang lumayan besar. Sayangnya ia takkan respawn setelah Anda rampung mengalahkannya. Apabila Anda berhasil melumat Segala villainous enemy, maka tipe yang lebih kuat akan muncul di map. Puncaknya, Anda akan melawan yang paling kuat di antara musuh yang telah Anda kalahkan yakni super villainous enemy. Saya menemukan musuh terkuat yang Anda Musuh seperti Frieza akan muncul sebagai yang terkuat dari tipe ini dengan level yang sangat jauh dari levelmu. Jadi misalnya Anda telah mengalahkan level 30 maka musuh tipe ini Dapat muncul kembali dengan level yang lebih tinggi, 66 misalnya. Mengalahkan Segala villainous enemy yang muncul akan hantarkanmu pada boss rahasia buatan Toriyama sendiri yakni Towa dan Mira.

secret boss mira towa
Setelah Anda rampungkan Segala villainous enemies, maka Towa dan Mira (Mira lebih tepatnya) akan menjadi lawanmu selanjutnya. Perlu diingat, ia berada pada level 100.

Perlu dicatat, bahwa perbedaan level antara villainous enemy minimal 3 atau maksimal 10 akan Membangun tingkat kekuatanmu sangat jauh berbeda. Jadi misalnya Anda Tetap level 30 dan menyerang level 40, maka seranganmu takkan Eksis yang Dapat melukai musuh sama sekali karena damage yang masuk hanya terbatas 1 damage saja Berkualitas pukulan maupun kamehame. Saya pernah mencoba melawan musuh yang terpaut kisaran 5-6 level di atas Kepribadian saya, Tetapi hasilnya Malah sangat Enggak Berkualitas karena Kepribadian saya nyaris tak Dapat mendaratkan damage besar pada musuh-musuh tersebut. Ironisnya, ketika musuh berada dalam posisi itu, mereka Tetap Dapat mendaratkan damage Kurang Lebih minimal 3,000-4,000 an meski serangan biasanya hanya daratkan 1 damage saja. Menariknya ketika Anda berbeda cukup jauh dari boss rahasia, seranganmu Malah akan masuk Kurang Lebih 2,000-5,000 damage, Tetapi dengan musuh berdarah lebih dari 50 juta. Good luck!

villainous1
Ketika Anda selesai mengalahkan Segala villainous enemy maka Anda akan Bersua dengan super villainous enemy yang lebih kuat Kembali.

Ketidak-balance-an “Nomor” ini juga terjadi di Ketika side-quest seperti latihan Serempak Goten Ketika mengendalikan Gohan dengan level 63, Goten direpresentasikan dengan level yang setingkat dengan Gohan. Tetapi ketika Anda mengendalikan Goten, maka ia akan diberi level Kurang Lebih 43. Balance 101 baby.

Karena seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa gamenya Pusat perhatian sekali dengan cerita. Maka wajar apabila beberapa fitur yang saya sebutkan di atas akan terkunci sebelum Anda melanjutkan cerita. Ya, Anda memang mau tak mau dipaksa Demi Lalu lanjutkan cerita Demi membuka beberapa fitur lain. Setidaknya Anda Dapat bebas dengan fitur yang sudah banyak terbuka setelah rampung mengalahkan Frieza. Termasuk fitur pre-order, training room, dsb.

Jangan Grinding

event4Meski anut sistem game RPG, Tetapi Anda nampaknya tak perlu lakukan Langkah tradisional seperti game serupa. Dengan kata lain, grinding bukan menjadi opsi paling Istimewa seperti game RPG pada umumnya. Gial laun Anda akan kesulitan Demi lakukan grinding karena next level yang cukup Enggak masuk Intelek. Secara acak encounter musuhnya juga cukup Membangun saya yang hobi grinding ini cukup Marah. Karena setelah Anda menemukan setidaknya tiga encounter dalam satu tempat dan melawan satu saja, maka dua musuh lain akan menghilang setelah Anda mengalahkan satu musuh tersebut.

event9Ini adalah salah satu hal yang saya sesali sebelumnya karena nyaris tiga hari saya lakukan grinding dan terasa tak Eksis gunanya sama sekali karena XP musuh di area lebih sedikit dari XP to gain yang dibutuhkan. Terlebih dengan randomnya musuh yang datang dan pergi begitu saja. Menamatkan gamenya dengan lanjutkan story Istimewa akan saya sarankan karena XP yang diberikan sangat besar dibanding melawan musuh di map.

Sekali Kembali mereka juga alami masalah Nomor Demi grinding dan leveling karena jumlah dan Langkah Demi mendapatkannya Enggak masuk Intelek. Dapat Anda bayangkan Apabila Anda tambah buff 100% XP dengan musuh yang Apabila Anda telah Lelah level 60 akan berimu kisaran 15,000-20,000 XP dikalikan dua menjadi 30,000-40,000 XP sementara next levelmu butuh XP Kurang Lebih 500,000 hingga 1 juta XP. Dengan jumlah populasi musuh yang jarang dan Lalu menghilang ketika Anda Musuh satu dari tiga musuh yang ditemukan dalam satu area ini menjadi masalah besar bagi mereka yang mencari opsi lain Demi naikkan level selain cerita Istimewa. Membangun buff 100% yang disediakan sebagai opsi juga terasa sia-sia. Setidaknya CyberConnect2 harus pertimbangkan beberapa tipe player. Dengan menambah mini boss dan musuh XP besar mungkin. Meskipun jujur, tanpa grindingpun Anda Dapat menamatkan gamenya.

event10
Menyelesaikan cerita Istimewa akan berimu banyak XP dibanding grinding.

Hal ini didukung karena beberapa boss tak begitu sulit setelah Anda Dapat menguasai kontrol dan keputusan Lekas. Terutama Apabila Anda menggunakan tipe Kepribadian agility dan bukan balance atau lebih condong ke power seperti Goku, Gohan, atau Vegeta.

Community Board, Langkah Baru Demi Progress

Meningkatkan level Istimewa dengan grinding dan makan bukanlah satu-satunya jalan ninjamu. Anda Dapat Meningkatkan kemampuanmu yang lain dengan skill pasif yang dirangkum dengan Community Board. Community Board akan cakup Kurang Lebih tujuh kategori. Dimulai dari Z Warrior (Goku), Cooking (Chi-Chi), Training (Kaio), Development (Bulma), Gods (Mr. Popo), Adult (Master Roshi), Adventure (Yajirobe). Setiap kategori akan miliki level hingga 10 yang Dapat ditingkatkan melalui soul emblem.

Soul emblem akan didapatkan dari beberapa Kepribadian ikonik seiring berjalannya cerita maupun side quest. Seperti Normal, Anda takkan pernah tau siapa saja yang akan memberimu soul emblem, jadi jalankan saja side-quest Berkualitas yang Eksis maupun tersembunyi. Beberapa Kepribadian seperti Goku, Gohan, Vegeta, dan yang lain akan menjadi soul emblemmu melalui cerita. Tetapi Kepribadian lain seperti Shen Long misalnya hanya Dapat didapatkan melalui side-quest.

Soul Emblem
Community Board akan berimu Pengaruh skill pasif yang berbeda-beda.

Setiap Community Board akan miliki efeknya masing-masing Demi mendukungmu Ketika battle, grinding, dsb. Goku misalnya dari Z Warrior yang Dapat meningkatkan jumlah Ki, damage, dsb. Sementara Chi-Chi akan menambah keefektifan masakannya.

Sementara, setiap Soul Emblem miliki parameter dasarnya masing-masing akan Dapat ditingkatkan parameternya menggunakan gift item. Gift item Dapat Anda dapatkan melalui quest, pesawat frieza, tower red ribbon, master roshi training, hingga memintanya langsung melalui dragon ball. Seiring meningkatnya tingkat kelangkaan itemnya yang ditandai dengan bintang, maka semakin tinggi pula Pengaruh yang diberikan. Romantic Apron misalnya yang akan berimu 4 poin cooking proficiency. Soul emblem juga akan berubah Corak seiring meningkatnya ability yang Anda tingkatkan. Sementara tingkat pertemanannya akan sangat Krusial bagi progressmu. Karena sangat berpengaruh bagi Kepribadian tipe petarung yang Anda “rekrut” sebagai rekan satu timmu. Semakin tinggi tingkat pertemananmu, maka performanya semakin tinggi pula Ketika pertempuran.

tingkatin soulemblem
Anda Dapat tingkatkan community board dengan memberikan hadiah kepada tiap soul emblem yang Anda pasang atau memasang soul emblem baru.

Sayangnya, tak semuanya begitu Bermanfaat karena penambahan status yang cukup sedikit. Terlebih XP boost dari tipe training yang seperti saya jelaskan sebelumnya Enggak membantu sama sekali mengingat next level yang dibutuhkan terlalu tinggi. Terlebih populasi musuh yang Betul-Betul acak. Sementara Z Orb boost dari God Community Board yang Dapat Anda dapatkan lebih banyak melalui quest dan mengalahkan musuh juga tak begitu Bermanfaat. Pusat perhatian karakternya pada status tertentu juga tak Membangun sistem ini praktis, hal ini mengingat banyak sekali Kepribadian yang belum terbuka bahkan hingga awal Buu saga. Tak terkecuali side-quest yang mengalami bug Ketika saya Mau menamatkannya.

Shen Long! Keluarlah!

dragonball4

dragonball1
Dragon Ball ditandai dengan icon bulat oranye di mapmu.

Progressmu mungkin akan dipermudah oleh Community Board. Tetapi Anda juga Dapat melakukan “cheat Formal” dengan memanggil Dragon Ball dan memintanya pada Shen Long. Tetapi sebelumnya Anda harus mengumpulkan Dragon Ball di penjuru map. Dragon Ball akan mengabulkan satu permintaanmu dan baru Dapat diakses setelah cerita Frieza selesai. Anda Dapat meminta satu dari berbagai permintaan seperti menghidupkan musuh yang telah Anda Musuh Demi dapatkan soul emblemnya, meminta Duit, Z-Orb, maupun item langka berupa masakan dan hadiah Demi meningkatkan status soul emblem. Saya Enggak menyarankanmu Demi meminta Z-Orb atau Duit karena keduanya sangat mudah didapatkan, sementara item langka khususnya hadiah Demi Soul Emblem cukup sulit Demi didapatkan.

dragonball3

dragonball2
Cari dan mintalah permintaan pada Shen Long.

Dragon Ball akan menghilang setelah Anda meminta permintaan tersebut. Anda akan diberi Waktu Waktu kosong Kurang Lebih 20 menit waktu dunia Konkret Demi Dapat mencarinya Kembali. Anda akan diberitahu Bulma Ketika Dragon Ball telah tersedia melalui sebuah notifikasi. Di pertengahan cerita, Anda akan Dapat meminta Tamat tiga permintaan pada Shen Long.

dragonball5
Bulma akan mengingatkanmu Ketika Dragon Ball sudah Dapat Anda kumpulkan Kembali setelah 20 menit.

Dari banyaknya fitur yang Eksis, Dragon Ball adalah fitur paling lumayan dalam gamenya. Tetapi kurangnya permintaan yang muncul membuatnya seolah hanya sebagai pelengkap saja. Anda Enggak Dapat meminta permintaan lain selain yang diberikan. Meningkatkan batas maksimum parameter soul emblem misalnya, atau membuka area di map, dsb akan lebih membantu dibanding memberikan item yang sudah diatur sedemikian Corak dalam gamenya.

Fighting Simple, Tetapi Cukup Kompleks

Selain “cheat Formal” yang disediakan Bandai Namco, tak lengkap rasanya apabila kita tak membicarakan mekanik fighting Dragon Ball Z: Kakarot. Hal ini mengingat gamenya memang sangat unggul dalam bidang ini. CyberConnect2 tetap mempertahankan animasi gelut super Lekas dan memanjakan mata dengan gerakannya yang cukup gila. Dragon Ball banget. Tombol dasar fightingnya cukup simple, Anda Dapat menekan O Lalu menerus Demi serangan melee, kotak Demi serangan ki, tahan segitiga Demi mengisi ki, dan X Demi menghindar dengan teleportasi ala Dragon Ball. Menahan L1 Dapat memilih jurus yang Eksis seperti kamehame dsb dengan representasi tombol X, O, Segitiga, dan Kotak.

battle2Sementara menekan tombol L3 dengan menekan analog kiri akan berikanmu boosting charge, yakni terbang mendekati musuh dengan sangat Lekas. Anda juga Dapat menekan X Ketika musuh mulai mengeluarkan serangan energinya yang akan langsung memakan Daya ki-mu Kurang Lebih nyaris 100 poin Demi teleportasi di belakang musuh dan menyerangnya.

Anda juga Dapat meminta Donasi rekan satu timmu Demi membantumu menggunakan jurus mereka masing-masing. Krillin dan Tien misalnya yang Dapat membutakan mata musuh dengan Solar Flare, dsb. Transformasi menjadi Super Saiya, Kaiouken, hingga Piccolo x Kami form juga Dapat Anda lakukan dengan menahan L2+R2. Tetapi perlu dicatat, setiap transformasi akan membutuhkan kompensasi yang cukup gila. Kaiouken misalnya yang akan Lalu menyedot HP dan Ki-mu dengan meningkatkan kekuatan seranganmu dsb.

Setelah membaca deskripsi saya di atas, mungkin Anda akan menganggap bahwa pertempuran dengan tombol sesimple itu akan sangat mudah dilakukan. Tetapi pada kenyataannya Enggak sama sekali. Layaknya Dark Souls Anda harus mengingat pattern musuh yang tak terduga akan menyerangmu menggunakan jurus apa. Kadang mereka akan menyerangmu dengan membabibuta dengan kecepatan cukup gila yang mungkin akan buatmu kewalahan. Di satu sisi Anda harus menjaga Daya ki mu agar tak turun, Tetapi Anda juga harus waspada dengan serangan Lekas musuh setelah mereka mengisi ki. Memang, kombinasi tombol yang Betul akan Dapat mengalahkan musuh dengan sangat Berkualitas dan memuaskan, Anda Dapat mengkombinasikan combo serangan melee dengan kamehameha misalnya. Tak adanya tingkat kesulitan seperti game RPG pada umumnya akan membuatmu melatih diri Demi membiasakan kontrolnya.

battle1
Tombol fightingnya cukup simple, Tetapi sangat kompleks Apabila Anda telah mempelajarinya lebih lanjut. Terlebih serangan kombinasinya,

Berbeda dengan game fighting pada umumnya, karena game ini adalah RPG maka Anda akan miliki opsi Demi melakukan heal pada karaktermu. Jadi, Anda Dapat menggunakan item healing seperti senzu atau kacang Luar Normal dalam terjemahan komik Formal berbahasa Indonesianya, minuman berenergi, obat, atau yang lain Demi memulihkan HPmu. Cukup tekan tombol Rendah direction padmu maka Anda akan

Tetapi saya menyayangkan pengaturan kamera yang CyberConnect2 lakukan. Terutama ketika karaktermu terpojok Ketika punggungnya menabrak batu atau bukit raksasa. Pandanganmu akan tertutup rapat dan tak Paham kondisi karaktermu tengah mengalami stun atau yang lain. Paksamu Demi langsung menerjang musuhmu apapun konsekuensi yang harus Anda dapatkan.

battle3Beberapa cutscene pendek Ketika pertempuran sebenarnya cukup oke Demi dinikmati, Tetapi sangat mengganggu bagi saya pribadi karena terkadang ia langsung membatalkan jurus yang telah dikeluarkan karaktermu. Misalnya saja Anda mengeluarkan masenko, Tetapi belum sempat masenko keluar, musuh telah mengeluarkan jurus lain dengan animasi pendek zoom innya yang langsung membatalkan masenko padahal jurusnya belum ia gunakan dan Tetap charge. Sepatutnya ini Enggak terjadi karena terasa kurang adil, di Ketika Anda sudah mulai terbiasa dengan serangan musuh Lekas dan susah payah mengatur jarak dan akan mengeluarkan kekuatanmu, mendadak dicancel karena musuh mengeluarkan animasi. Animasi ini juga memperpanjang waktu bertempurmu dan akan terasa Jenuh Apabila harus diulang-ulang karena tak lekas rampung.

Hasil

Dragon Ball Z: Kakarot memang Mempunyai presentasi yang spektakuler dari CyberConnect2. Fokusnya pada cerita dengan Kepribadian dan latar yang sama persis dengan animenya Membangun para fans lawas akan diajak bernostalgia Serempak masterpiece Akira Toriyama tersebut. Peran Goku dan rekan-rekannya dalam melindungi bumi disampaikan dengan sangat Berkualitas oleh CyberConnect2. Beberapa adegan sinematik ikoniknya juga dibuat ulang menggunakan tampilan visual cell shading yang sangat pas.

DRAGON BALL Z KAKAROT 20200121155730Meskipun seolah menjadi sebuah fanservice bagi para fansnya dengan beberapa memoria Demi ingatkanmu pada cerita Goku kecil, Tetapi Kakarot juga Tetap Dapat dinikmati oleh fans baru yang baru mengenal serinya. Ceritanya yang dikemas dengan sangat Berkualitas Serempak adegan ikonik Tetap Dapat dinikmati oleh fans baru. Sayangnya, rangkumannya yang cukup singkat Membangun beberapa adegan lain yang Membangun ceritanya lebih detil dan Jernih Enggak direpresentasikan sama sekali. Membangun CyberConnect2 terkesan hanya bermain Kondusif demi memuaskan fansnya secara Biasa. Padahal, Apabila mereka menambahkannya setidaknya Bagian serius dan Menggemaskan bahkan drama Dapat menjadi sedikit lebih balance dan lebih nikmat daripada harus sedikit terburu-buru.

Gameplaynya yang miliki dasar ide yang cukup Berkualitas dengan fighting yang sangat Panggil dan menantang, sayangnya harus pupus karena pengaturan “Nomor” yang cukup gila. Terlebih Demi Secara acak encounter dan XP multiplier yang terasa kurang Eksis gunanya Apabila dibanding cerita Istimewa yang memberimu XP lebih banyak. Sementara, animasi musuh yang menjengkelkan Dapat mematahkan Segala seranganmu. Membuatnya Enggak balance sama sekali. Membangun seolah dasar mekanik gameplaynya terlebur berkat cerita utamanya yang menjadi Pusat perhatian developer.

DRAGON BALL Z KAKAROT 20200121155742Tetapi, terlepas dari Segala itu, gamenya Tetap Dapat dinikmati Demi Segala Pemeran. Tentunya, fans Istimewa Dragon Ball akan merasakan fanservice gila-gilaan dengan memainkannya. Simplenya, Dragon Ball Z: Kakarot merupakan salah satu game terbaik dari adaptasi karya Akira Toriyama yang pernah dibuat selama ini. Meskipun Tetap banyak kekurangan di sana dan di sini berkat eksekusinya yang kurang matang dan terkesan bermain Kondusif karena saking nanggungnya konten yang diberikan. Terkesan terburu-buru Demi diselesaikan demi sebuah konten.

DBZ KAKAROT REVIEW SCOREevent14event13event11event8event7event6event5event2event1timetrial2timetrial1SS9SS8SS7SS4SS2SS1karakter2karakter1frieza1event15

Trending