Perbedaan RAM dan VRAM – Tidaklah heran bila di dunia tekno, khususnya komputer, Terdapat banyak sekali istilah Aneh yang mungkin jarang diketahui oleh para awam. Umumnya, mereka sebatas ketahui mana yang prosesor, motherboard, memori, hardisk, monitor, mouse, keyboard, dan printer, karena itulah yang selalu dipakai setiap harinya Ketika bekerja.

Tentu saja hal tersebut adalah wajar, karena Tak Sekalian orang bakalan tertarik Kepada mengetahui apa-apa saja komponen yang tertanam pada komputer mereka. Intinya, selama pekerjaan dan kebutuhan mereka terpenuhi, yowes. Kalau Terdapat masalah, mereka Dapat saja menanyakan perihal tersebut ke media sosial.

Kembali ke topik Primer, kali ini penulis akan ajakmu membahas sesuatu yang sekiranya cukup menarik Kepada diulik, Adalah perbedaan RAM dan VRAM. Hal ini didasari sebuah postingan di media sosial yang memberikan informasi yang salah terkait dua hal yang Betul-Betul berbeda ini.

Ketimbang makin penasaran, skuy kita ulik bareng-bareng biar gak salah menangkap informasi!

RAM dan VRAM, Dua Hal Berbeda!

Membicarakan hal seputar dunia tekno memang Tak Terdapat habisnya, Tetapi, bila kita Tak membahasnya, malah akan muncul informasi yang Dapat saja menyesatkan. Kembali kami tegaskan bahwa RAM dan VRAM adalah dua hal yang berbeda, yang akan kita kupas secara mendalam di Rendah ini:

Apa Itu RAM?

RAM Mempunyai bentuk fisik dan Dapat kita ganti sesuai kebutuhan

Secara acak Access Memory atau RAM adalah komponen yang Mempunyai bentuk fisik pada sebuah komputer atau laptop yang bertugas Kepada menyimpan Ragam-Ragam data secara temporer Kepada Dapat diakses pada lain kesempatan selama komputer tersebut menyala. Data temporer tersebut hilang bila komputer kita matikan.

Kapasitasnya pun bermacam-Ragam. Umumnya, kapasitas yang mudah kita temukan Ketika ini dimulai dari kapasitas 4GB Tamat 32GB dengan jenis memori DDR4. Kita Tak akan membahas jenis memori lawas DDR3 dan generasi sebelumnya karena Tak relevan dengan kebutuhan Era now.

RAM dibutuhkan Kepada memberikan ruang kepada sistem Kepada dapat mengolah bermacam data, atau menjalankan bermacam aplikasi secara bersamaan alias multitask. Ibaratkan gelas yang diisi air, semakin besar RAM sebuah komputer, maka akan semakin banyak pula air yang Dapat kita isi di dalamnya.

Dan Tak, kita Tak Dapat download RAM Kepada mendapatkan memori yang lebih lega, dan kita diharuskan Kepada membeli kepingan dengan kapasitas lebih besar Kepada menambah produktivitas yang lebih Berkualitas.

Apa Itu VRAM?

Contoh Vram Pada Vga Rx 560
Figur VRAM yang tertanam pada board VGA (Dok. Penulis)

Video Secara acak Access Memory atau VRAM adalah jenis memori yang Dapat kita temukan pada kartu grafis diskrit maupun terintegrasi. Peran dari VRAM ini ialah Kepada mengolah grafis dalam jumlah banyak, semisal Kepada bermain game, atau mengedit video. Kita Tak Dapat sembarang menyentuh VRAM karena merupaka komponen sensitif.

Di mana memori yang umumnya kalian temukan pada kartu grafis diskrit semacam NVIDIA RTX 3060 Ti, atau grafis terintegrasi semacam Vega 7 pada prosesor AMD Ryzen 5 5600G ini Mempunyai peran berbeda.

Salah satu contohnya adalah Ketika kita main game, prosesor akan meminta data visual Kepada kemudian ditampilkan pada layar. Nah, data visual inilah yang kemudian diproses oleh VRAM Kepada kemudian diakses oleh kartu grafis diskrit atau terintegrasi. Semakin kita mentokkan pengaturan pada sebuah game, maka makin besar pula memori yang dibutuhkan.

Jadi, Kepada memastikan kalian tak salah membeli kartu grafis atau VGA Kepada main game atau produktivitas semacam edit video, kalian harus memastikan VRAM yang ditawarkan haruslah sesuai standar Era now, yakni di kisaran 6-8GB.

Jadi, Di Mana Letak Perbedaan RAM dan VRAM?

Setelahnya, kalian harus mengetahui di mana letak beda dari RAM dan VRAM. Di mana Biar penamaannya sama, Tetapi keduanya adalah hal yang Betul-Betul berbeda.

Pemikiran Yang Salah Soal Ram Dan Vram
Lebih Berkualitas jangan terlalu tryhard Kepada ‘memancing’. Memberikan informasi yang salah adalah sebuah tindakan yang tak etis Kepada dilakukan

Kesimpulannya, seratus persen salah bila Terdapat yang menginformasikan bahwa VRAM 4GB Kepada Era now Tak Dapat digunakan Kepada main game atau Kepada edit video, karena fungsi dari keduanya saja sudah lain.

Penulis ambil Teladan game Genshin Impact. Sebagaimana yang mungkin telah kalian ketahui, VRAM 2GB DDR5 sekelas GT 1030 Tetap Bisa banget Kepada memainkan game tersebut pada resolusi 1080P meski mungkin harus disesuaikan render resolution di dalamnya. Rata kiri? Gak masalah! Selama kita Tetap Dapat memainkannya, brott.

Masalah Vram Yang Berkelanjutan
VRAM =/= RAM, Mempunyai nama yang sama bukan berarti fungsinya Dapat disamaratakan!

RAM Kepada menjalankan bermacam aplikasi secara bersamaan di komputer, dan VRAM Kepada menjalankan aplikasi berat semacam game atau edit video. Resiko kalau RAM kurang, komputermu bakal lemot. Kalau VRAM yang kurang, game bakal patah-patah, dan render video bakalan Ayal, sesimpel itu.

Nvidia Rtx 4090 Ti

Teladan mudahnya, Sia-sia saja Mempunyai kartu grafis dengan minimal VRAM 8GB, ‘rekomended’ 12GB, atau ‘ultimate’ 16-24GB bila kita malah memakainya Kepada membuka browser dalam jumlah banyak pada komputer dengan memori 4GB. Alih-alih makin produktif, malah komputer kita yang not responding. Apa coba? What try?

Konon katanya sih alasannya VRAM 4GB sudah Tak Bisa Kepada menjalankan browser Microsoft Edge. Lucunya, yang menjadi permasalahan bukanlah krisis VRAM bila memang kebutuhannya membukan banyak tab browser. Bahkan RAM yang harus ditambahkan supaya tab yang telah dibuka Tak tertutup dengan sendirinya.

Lain halnya RAM yang biasanya Kepada standar komputer Era now Terdapat di kisaran 2x8GB DDR4 atau 16GB, dan menjalankan bermacam aplikasi atau games yang menuntut spesifikasi bukanlah masalah. Bahkan, Biar VGA kalian hanya 128MB (seperti yang penulis Mengenakan pada mini pc di rumah), hal tersebut sama sekali bukan masalah.

Apex Legends Vram Dan Ram 128mb
VRAM 128MB doang nih, senggol dong bos (Dok. Penulis)

Kepada memperkuat dasar tersebut, penulis bahkan menjalankan game Apex Legends pada resolusi 1600×900 hanya bermodalkan memori 128MB dengan santainya. Konon katanya memori VGA 4GB sudah ampas, lah ini Sekadar 128MB aja adem ayem Kepada main game ini Tamat champion gak satu dua kali. Misinformation at it’s finest.

Akhir Kata

Kami harap artikel ini dapat membantumu Kepada bedakan antara RAM dan VRAM yang baru-baru ini muncul misinformasinya di media sosial. Tak masalah bila memori VGA kalian Tetap Terdapat di kisaran 2-4GB DDR5 atau 4GB DDR6, apalagi penulis yang hanya memainkan Apex Legends 900P bermodalkan integrated 128MB, DDR4 pula.

Toh selama kebutuhan komputasi kita terpenuhi, hal tersebut sama sekali bukan masalah. Tetapi, bila kalian membutuhkan Surat keterangan, kebetulan kami memilikinya artikel yang Dapat kalian baca di sini.

Jadi, apakah kalian sudah Dapat membedakan kedua memori tersebut?


Baca juga informasi menarik Jagat Game lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com

Trending