Ketika produk yang Engkau beli bermasalah, Enggak sesuai ekspektasi, atau bahkan salah beli, tentu Engkau Ingin kembalikan barang dan meminta Fulus kembali alias refund. Hal yang sama juga berlaku pada Begitu membeli game digital. Meski Enggak semudah mengembalikan game di toko fisik, proses refund game digital Begitu ini telah semakin dipermudah oleh distributor, Tetapi tetap harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku terlebih dahulu.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan Metode bagaimana mengajukan refund di berbagai platform mulai dari PC (Steam, Epic Games, Origin, Uplay), Playstation, Xbox dan Nintendo Switch. Maka dari itu, tanpa panjang lebar Kembali, berikut ialah tahapnya:


PC

Steam

Syarat dan Ketentuan:

  • Game yang dibeli harus Enggak Melampaui waktu 14 hari setelah pembelian.
  • Game yang dibeli Enggak Melampaui 2 jam durasi bermain.
  • Game yang dibeli sebelum rilis (pre-order) dapat diajukan refund selama pengajuan dilakukan dalam kurun waktu 2 minggu setelah Rontok rilis game.
  • Pembelian in-app purchase (microtransaction) di luar dari layanan Steam Enggak dapat dikembalikan
  • Apabila game yang mau diajukan refund adalah gift ke Kolega, proses refund harus dimulai oleh penerima gift dengan syarat yang sama dengan di atas.
  • Pengembalian Fulus dapat berlangsung selama 7 hari. Pembelian lewat Steam Wallet mungkin akan menjadi proses tercepat karena lewat sistem pembayaran Punya Valve, Tetapi apabila menggunakan kartu kredit, debit, dan lainnya dapat memakan waktu lebih Panjang Kembali tergantung dari bank.
  • Game yang dikembalikan karena game tersebut didiskon Benar setelah Engkau membelinya itu diperbolehkan, Tetapi akan dilakukan proses refund penuh dalam Definisi game akan ditarik dulu dan Fulus dikembalikan total (yang dimana membutuhkan waktu seperti yang dijelaskan di atas) dan bukan diberikan kembalian dari Komparasi harga diskon dengan harga Asal.

Tahap-Tahap Refund:

  • Mengunjungi halaman Steam Help (https://help.steampowered.com/) dan login menggunakan akun dengan game yang Ingin diajukan refund.
  • Kemudian pilih menu “purchase”.
  • Temukan pembelian game yang Ingin dikembalikan.
  • Pilih masalah atau Dalih pengembalian game.
  • Pilih opsi “I‘d like to request a refund“.
  • Isi form dan baiknya beri penjelasan detil akan mengapa game mau dikembalikan, semakin lengkap dan meyakinkan maka biasanya lebih mudah direspon oleh customer service Steam.
  • Engkau nantinya akan mendapat email konfirmasi dan hanya perlu menunggu respon, apabila sudah memenuhi syarat, maka game akan ditarik dari library-mu dan proses pengembalian Fulus akan dilakukan.

Epic Games

H7us39fz6qcpasgx2t9rgn

Syarat dan Ketentuan:

  • Game yang dibeli harus Enggak Melampaui waktu 14 hari setelah pembelian.
  • Game yang dibeli Enggak Melampaui 2 jam durasi bermain.
  • Pembelian in-app purchase (microtransaction) di luar dari layanan Epic Games Enggak dapat dikembalikan.
  • Proses refund dibatalkan apabila Engkau terdeteksi kena banned dari game.
  • Game yang dibeli tetapi tak Panjang kemudian didiskon boleh diajukan refund. Proses sama seperti di Steam dimana Engkau harus lakukan proses refund penuh dulu baru membeli ulang game.
  • Pengembalian Fulus akan ditransfer ke metode payment yang dipilih sebelumnya. Sebagai Misalnya, apabila memakai Paypal, maka akan dikembalikan kesana. Proses ini akan memakan waktu .

Tahap-tahap Refund:

  • Login ke akun EGS dengan game yang Ingin dikembalikan.
  • Klik nama profilmu di halaman web atau program, Lewat pilih opsi “Manage Account“.
  • Pilih opsi “Transaction” atau sering juga dinamai “Payment History
  • Pilih game yang Ingin dikembalikan.
  • Apabila telah memenuhi syarat, akan muncul opsi “Request Refund“.
  • Pilih Dalih pengembalian game, Lewat klik confirm.
  • Engkau akan mendapatkan email konfirmasi dan proses refund akan segera diproses.

Origin

Ea Announces Origin Access Premier Service Will Include Every New Ea Pc Game

Syarat dan Ketentuan:

  • Refund dapat dilakukan 24 jam setelah game pertama kali diluncurkan.
  • Apabila belum dimainkan sama sekali, game dapat dikembalikan 14 hari setelah pembelian.
  • Apabila dibeli sebelum rilis (pre-order), proses refund hanya dapat diajukan dalam kurun waktu 14 hari setelah Rontok rilis.
  • Apabila game baru rilis yang Engkau beli Rupanya Mempunyai banyak masalah teknis di luar sepengetahuan EA, periode pengajuan refund dapat ditambah menjadi 72 jam dari yang aslinya 24 jam.
  • Dalam beberapa hal tertentu, pembelian game pada promosi spesial Origin Enggak dapat diajukan refund.
  • Beberapa edisi game tertentu yang memuat mata Fulus virtual dapat masuk dalam kategori game yang Enggak dapat diproses refund.

Tahap-Tahap Refund:

  • Login ke akun Origin Lewat kunjungi halaman Order History.
  • Pilih Game yang Ingin dikembalikan.
  • Pilih Opsi “Request Refund“.
  • Isi form secara lengkap.
  • Engkau nantinya akan mendapat email konfirmasi yang dimana proses refund akan dilakukan dalam 48 jam dan proses pengembalian dapat memakan waktu hingga 10 hari tergantung dengan metode payment.

Uplay (Ubisoft Connect)

3750339 Screenshot2020 10 22at9.22.04am 1200x720

Syarat dan ketentuan:

  • Game yang Ingin dikembalikan harus Enggak Melampaui waktu 14 hari setelah pembelian.
  • Game yang Ingin dikembalikan Enggak pernah diluncurkan sama sekali
  • DLC, consumable, Fulus virtual, dan pembelian in-game stores lainnya Enggak dapat diproses refund
  • Pembelian game dari platform distributor lain (steam, EGS, dll) harus dimulai proses refund dari vendor tersebut masing-masing.
  • Pengembalian game yang belum rilis (pre-order) hanya dapat dilakukan sebelum Rontok rilis game tersebut.

Tahap-Tahap Refund:

  • Login ke akun Ubisoft Lewat kunjungi halaman Order History.
  • Pilih Game yang Ingin dikembalikan.
  • Pilih Opsi “Ask for a Refund“.
  • Isi form secara lengkap.
  • Pengembalian akan diproses, Fulus akan dikembalikan sesuai dengan metode pembayaran.

Ps5 Ps4

Syarat dan ketentuan:

  • Game, DLC, dan Season Pass dapat dikembalikan 14 hari setelah pembelian dengan syarat belum diunduh, stream, apalagi dimainkan.
  • In-game items/consumeables hanya akan diaplikasikan Begitu Engkau meluncurkan game, maka apabila Engkau belum luncurkan game tersebut selama 14 hari terakhir, in-game items/consumeables dapat diproses refund. Apabila pembelian in-game items dilakukan dalam game (Misalnya: FIFA pack), pembelian Enggak dapat dikembalikan karena langsung ditransfer ke game.
  • Pre-order dapat diproses refund asalkan dalam kurun waktu 14 hari setelah transaksi, dan juga game tersebut belum diunduh atau stream sama sekali.
  • Game bundle dapat dikembalikan, Kembali-Kembali asalkan belum diunduh atau stream.
  • Subskripsi dapat diproses refund bahkan Begitu layanan telah aktif, Tetapi pengembalian Biaya akan terpotong sesuai berapa Panjang layanan telah aktif.

Tahap-Tahap Refund:

  • Kunjungi halaman PS Refund.
  • Klik Refund Chatbot ya
  • Setelah jendela chat muncul, klik “Refund Request
  • Pilih “I’m Ready
  • Engkau akan ditanyai berbagai hal mulai dari ID PSN hingga game yang mau dikembalikan, jangan lupa Kepada mencatat Support ID Kepada jaga-jaga
  • Pengajuanmu akan diproses, Eksis kemungkinan Engkau akan diarahkan dengan CS langsung Kepada penjelasan lebih lanjut. Apabila telah memenuhi Sekalian syarat, Pengajuanmu akan diproses dan Biaya akan dikembalikan sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan.

Kpslnrraxvshhklcauuvyt

Syarat dan Ketentuan:

  • Proses refund hanya berlaku dalam waktu 14 hari setelah pembelian.
  • Pre-order dapat dibatalkan sebelum perilisan game.
  • Apabila yang Ingin dikembalikan ialah gift Kepada Kolega, maka dapat dilakukan selama sifatnya bukan kode yang telah dipakai. Apabila telah terpakai, refund Enggak dapat dilanjutkan.
  • In-game items/consumeables dapat dikembalikan dengan syarat belum dipakai atau dimodifikasi
  • Eksis banyak aturan tak tertulis yang Enggak disampaikan oleh Microsoft, maka kami Enggak Bisa memastikan Kembali apa aturan yang Eksis selain yang kami tulis diatas.

Tahap-Tahap Refund:

  • Login di link berikut ini dengan akun Microsoft/Xbox
  • Pilih pesanan yang Ingin dikembalikan. Apabila Enggak muncul, maka game atau konten yang dibeli antara belum masuk ke dalam daftar transaksi atau memang Enggak dapat dikembalikan. Tunggu beberapa jam atau bahkan kebesokan harinya Kepada memastikan.
  • Pilih opsi “Request Refund
  • Pilih Dalih pengembalian dan detil penjelasan mengapa Ingin dikembalikan
  • Refund akan diproses dan apabila diterima, Biaya akan dikembalikan dalam waktu 3-5 hari kerja atau bahkan lebih tergantung pada metode pembayaran.

Nintendo Switch Lite 0750 1570034031

Sayangnya, pada Begitu artikel ini ditulis, Nintendo Enggak menerapkan sistem refund bahkan Kepada pembelian yang salah atau juga game bermasalah. Nintendo hanya membujuk pembeli Kepada lebih teliti dan mengecek website gaming review sebelum membeli game di eShop karena tiap pembelian ialah keputusan final.

Meskipun Nintendo menyatakan demikian, banyak gamer yang mengakui bahwa mereka berhasil melakukan refund setidaknya satu kali saja Yakni melalui Customer Support. Maka apabila Engkau melakukan pembelian yang Enggak sengaja atau Dalih masuk Intelek lainnya, mungkin Eksis satu kesempatan dari CS Nintendo Kepada memproses refund, akan tetapi hal tersebut juga Enggak dapat menjadi patokan Niscaya.

Nintendo, game dan console produksimu memang bagus, tapi pelayanan seperti ini sangatlah mengecewakan.


Trending